.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:hadiyanto@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 10, 2025, 12:14 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Dasar Teknik Listrik |
TL110522 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
14-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Hadiyanto S.T., M. Eng. |
Hadiyanto S.T., M. Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 198007082014041001 |
NIP/NIK. 198007082014041001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-2) menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S-7) taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dan konfigurasi, interpretasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali. (P-2) Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian dan pengukuran instrumentasi dan sistem kendali menggunakan prosedur dan standar IEC . (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3. |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-3) mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian perapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-5) Mampu mengoperasikan dan mengendalikan peralatan dan mesin listrik dengan menggunakan peralatan berbasis teknologi elektromagnetik dan VSD (Variable Speed Drive), kendali terprogram, SCADA, sistem terkomputerisasi dan teknologi IT. (KK-9) Mampu merancang proses dan komponen sistem pemanfaatan energi baru terbarukan dengan pendekatan analisis, dan mempertimbangkan standar teknis, aspek kinerja, keandalan, kemudahan penerapan, keberlanjutan, serta memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan publik, kultural, sosial, dan lingkungan |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK1: |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Dasar Teknik Listrik mempelajari | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
|
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Hadiyanto, |
Mata Kuliah |
Dasar Teknik Listrik |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL110522 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK1: Mahasiswa diberikan gambaran terkait seluruh materi perkuliahan Dasar Teknik Listrik lalu salah seorang perwakilan mahasiswa menandatangani kontrak perkuliahan berdasarkan Rencana Pembelajaran Semester. Materi awal perkuliahan berupa pendahuluan terkait prinsip kerja generator arus searah. |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep ketenagalistrikan |
1. Test terlulis / lisan. 2. Keterampilan / skill praktikum. |
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Prinsip Ketenagalistrikan - Zuhal, Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya - Sunyoto, Mesin-Mesin Listrik, Yogyakarta, 1988 |
5 |
|||
2 | Sub CPMK2: Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis penguatan pada generator arus searah. |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep ketenagalistrikan |
1. Test terlulis / lisan. 2. Keterampilan / skill praktikum. |
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep Listrik Statis - Zuhal, Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya - Sunyoto, Mesin-Mesin Listrik, Yogyakarta, 1988 |
5 |
|||
3 | Sub CPMK3: Mahasiswa mampu menjelaskan belitan jangkar pada generator arus searah. |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep ketenagalistrikan |
1. Test terlulis / lisan. 2. Keterampilan / skill praktikum. |
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep Listrik Dinamis - Zuhal, Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya - Sunyoto, Mesin-Mesin Listrik, Yogyakarta, 1988 |
5 |
|||
4 | Sub CPMK4: Mahasiswa mampu menjelaskan tentang reaksi jangkar pada generator arus searah |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep ketenagalistrikan |
1. Test terlulis / lisan. 2. Keterampilan / skill praktikum. |
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep Listrik Dinamis 2 - Zuhal, Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya - Sunyoto, Mesin-Mesin Listrik, Yogyakarta, 1988 |
5 |
|||
5 | Sub CPMK5: Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan prinsip komutasi pada generator arus searah. |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kemagnetan |
1. Test terlulis / lisan. 2. Keterampilan / skill praktikum.
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Prinsip Magnet - Zuhal, Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya - Sunyoto, Mesin-Mesin Listrik, Yogyakarta, 1988 |
5 |
|||
6 | Sub CPMK6: Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan prinsip kerja rangkaian inverter dan fungsinya. |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kemagnetan |
1. Test terlulis / lisan. 2. Keterampilan / skill praktikum. |
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Prinsip Magnet 2 - Zuhal, Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya - Sunyoto, Mesin-Mesin Listrik, Yogyakarta, 1988 |
5 |
|||
7 | Sub CPMK7: Menjelaskan dan menerapkan prinsip kerja generator arus bolak-balik. |
Mahasiswa mampu menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan secara terpadu |
1. Test terlulis / lisan. 2. Keterampilan / skill praktikum. |
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep Elektromagnetik - Zuhal, Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya - Sunyoto, Mesin-Mesin Listrik, Yogyakarta, 1988 |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
15 |
|||||||
9 | Sub CPMK9: Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kerja dan karakteristik motor arus searah. |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kerja Transformator |
1. Test terlulis / lisan. 2. Keterampilan / skill praktikum. |
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Transformator - Zuhal, Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya - Sunyoto, Mesin-Mesin Listrik, Yogyakarta, 1988 |
5 |
|||
10 | Sub CPMK10: Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan macam-macam motor DC. |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kerja Generator DC |
1. Test terlulis / lisan. 2. Keterampilan / skill praktikum. |
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Generator DC - Zuhal, Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya - Sunyoto, Mesin-Mesin Listrik, Yogyakarta, 1988 |
5 |
|||
11 | Sub CPMK11: Mahasiswa mampu menjelaskan cara mengatur kecepatan perputaran motor DC. |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kerja Motor DC |
1. Test terlulis / lisan. 2. Keterampilan / skill praktikum. |
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Motor DC - Zuhal, Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya - Sunyoto, Mesin-Mesin Listrik, Yogyakarta, 1988 |
5 |
|||
12 | Sub CPMK12: Mahasiswa mampu menerapkan motor DC dalam perangkat listrik kehidupan sehari- hari. |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kerja Generator AC |
1. Test terlulis / lisan. 2. Keterampilan / skill praktikum. |
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Generator AC - Zuhal, Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya - Sunyoto, Mesin-Mesin Listrik, Yogyakarta, 1988 |
5 |
|||
13 | Sub CPMK13: Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan pengereman motor DC |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kerja Motor AC |
1. Test terlulis / lisan. 2. Keterampilan / skill praktikum.
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Motor AC - Zuhal, Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya - Sunyoto, Mesin-Mesin Listrik, Yogyakarta, 1988 |
5 |
|||
14 | Sub CPMK14: Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kerja motor AC lalu dibandingkan dengan prinsip kerja motor DC. |
Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik alat yang menggunakan konsep elektromagnetik |
1. Test terlulis / lisan. 2. Keterampilan / skill praktikum.
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Proyek Akhir 1 - Zuhal, Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya - Sunyoto, Mesin-Mesin Listrik, Yogyakarta, 1988 |
5 |
|||
15 | Sub CPMK15: Mahasiswa mampu mereview materi perkuliahan dari tatap muka ke-1 sampai tatap muka ke-14. |
Mahasiswa mampu menjelaskan karakteristik alat yang menggunakan konsep elektromagnetik |
1. Test terlulis / lisan. 2. Keterampilan / skill praktikum.
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Proyek Akhir 2 - Zuhal, Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya - Sunyoto, Mesin-Mesin Listrik, Yogyakarta, 1988 |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
15 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Hadiyanto lahir di Samarinda pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknologi Listrik |
|