.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:arwin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:10 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pancasila |
KU3503 |
2 |
0 |
2 |
28 |
5 |
11-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Arwin S.Pd., M.T. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199001072022031005 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S-4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa (S-5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-6) Bekerjasama dan memiliki kepekaaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Menginternalisasai nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-10) Menginternalisasi semangat kemandirian, keuangan, dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Mengusai konsep teoritis secara umum matematika terapan fisika terapan kimia, prinsip-prinsip rekayasa (enginering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analasis dan perancangan system, proses, produk atau komponen |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaanya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika, fisika dan kimia terapan ke dalam prosedur dan praktek teknikal (technical practice) untuk menjalankan perawatan alat berat yang terdefinisi dengan jelas (welldefined) |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK : Mahasiswa dapat menganalisis dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara berdasar nilai-nilai Pancasila |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1 : Mampu menjelaskan dan menganalisis Pancasila dalam sejarah perjuangan bangsa Sub-CPMK 2 : Mampu menjelaskan dan menganalisis Pancasila sebagai dasar negara Sub-CPMK 3 : Mampu menjelaskan dan menganalisis Pancasila sebagai ideologi Sub-CPMK 4 : Mampu menjelaskan dan menganalisis Pancasila sebagai filsafat Sub-CPMK 5 : Mampu menjelaskan dan menganalisis Pancasila sebagai sistem etika Sub-CPMK 6 : Mampu menjelaskan dan menganalisis Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan Sub-CPMK 7 : Mampu menjelaskan dan menganalisis Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Pancasila mempelajari tentang Pancasila dalam sejarah Perjuangan Bangsa, Pancasila sebagai Dasar Negara, Pancasila sebagai Ideologi,Pancasila sebagai Filsafat , Pancasila sebagai sistem etika, Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, dan Pancasila sebagai Paradigma Pembangunan Nasional |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pancasila dalam sejarah Perjuangan Bangsa |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Dirjen Dikti, 2013. Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila, Jakarta Astwa, I.P.A, 2017, Pancasila sebagai paradigma pembangunan bangsa indonesia. Bali |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Modul LCD L |
|||||||
Dosen Pengampu |
Arwin, |
Mata Kuliah |
Pancasila |
|||
Kode Mata Kuliah |
KU3503 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1 : Mampu menjelaskan dan menganalisis Pancasila dalam sejarah perjuangan bangsa |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman penskoran) Bentuk Penilaian : Tes Tertulis (Essay) |
TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi BT, 1 x 60 menit. Tugas 1 Membuat ringkasan tentang Pancasila era sebelum dan sesudah kemerdekaan BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-1 di BLP2. |
Materi Pembelajaran :
Sumber Pustaka : Halaman 1-22 Dirjen Dikti, 2013, Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jakarta |
5 |
|||
2 | Sub-CPMK 2 : Mampu menjelaskan dan menganalisis Pancasila sebagai dasar negara |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman penskoran) Bentuk Penilaian : Tes Tertulis (Essay) |
TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi BT, 1 x 60 menit. Tugas 2 Membuat ringkasan tentang Pancasila sebagai dasar negara BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-2 di BLP2. |
Materi Pembelajaran :
Sumber Pustaka : Halaman 24-40 Dirjen Dikti, 2013, Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jakarta |
4 |
|||
3 | Sub-CPMK 2 : Mampu menjelaskan dan menganalisis Pancasila sebagai dasar negara |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman penskoran) Bentuk Penilaian : Tes Tertulis (Essay) |
TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi BT, 1 x 60 menit. Tugas 2 Membuat ringkasan tentang Pancasila sebagai dasar negara BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-3 di BLP2. |
Materi Pembelajaran : Pancasila dalam pembuatan kebijakan Negara dalam bidang politik ekonomi, social budaya dan Hankam. Sumber Pustaka : Halaman 41-50 Dirjen Dikti, 2013, Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jakarta |
3 |
|||
4 | Sub-CPMK 3 : Mampu menjelaskan dan menganalisis Pancasila sebagai ideologi |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman penskoran) Bentuk Penilaian : Tes Tertulis (Essay) |
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi BT, 1 x 60 menit. Tugas 3 Melakukan review jurnal tentang Pancasila sebagai ideologi BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-4 di BLP2. |
Materi Pembelajaran :
Sumber Pustaka : Halaman 52-70 Dirjen Dikti, 2013, Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jakarta |
3 |
|||
5 | Sub-CPMK 3 : Mampu menjelaskan dan menganalisis Pancasila sebagai ideologi |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman penskoran) Bentuk Penilaian : Tes Tertulis (Essay) |
TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi BT, 1 x 60 menit. Tugas 4 Membuat ringkasan tentang perbandingan pancasila dengan ideologi lain BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-5 di BLP2. |
Materi Pembelajaran :
Sumber Pustaka : Halaman 52-70 Dirjen Dikti, 2013, Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jakarta |
3 |
|||
6 | Sub-CPMK 4 : Mampu menjelaskan dan menganalisis Pancasila sebagai filsafat |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman penskoran) Bentuk Penilaian : Tes Tertulis (Essay) |
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi BT, 1 x 60 menit. Tugas 5 Melakukan review jurnal tentang Pancasila sebagai filsafat BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-6 di BLP2. |
Materi Pembelajaran :
Sumber Pustaka : Halaman 73-92 Dirjen Dikti, 2013, Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jakarta |
3 |
|||
7 | Sub-CPMK 4 : Mampu menjelaskan dan menganalisis Pancasila sebagai filsafat |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman penskoran) Bentuk Penilaian : Tes Tertulis (Essay) |
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi BT, 1 x 60 menit. Tugas 5 Melakukan review jurnal tentang Pancasila sebagai ideologi BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-7 di BLP2. |
Materi Pembelajaran : 1. Aspek ontologi Sumber Pustaka : Halaman 73-92 Dirjen Dikti, 2013, Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jakarta |
3 |
|||
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
||||||||
9 | Sub-CPMK 5 : Mampu menjelaskan dan menganalisis Pancasila sebagai sistem etika |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman penskoran) Bentuk Penilaian : Tes Tertulis (Essay) |
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi BT, 1 x 60 menit. Tugas 6 Melakukan review jurnal tentang Pancasila sebagai sistem etika BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-9 di BLP2. |
Materi Pembelajaran :
Sumber Pustaka : Halaman 93-109 Dirjen Dikti, 2013, Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jakarta |
3 |
|||
10 | Sub-CPMK 5 : Mampu menjelaskan dan menganalisis Pancasila sebagai sistem etika |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman penskoran) Bentuk Penilaian : Tes Tertulis (Essay) |
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi BT, 1 x 60 menit. Tugas 6 Melakukan review jurnal tentang Pancasila sebagai sistem etika BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-10 di BLP2. |
Materi Pembelajaran :
Sumber Pustaka : Halaman 93-109 Dirjen Dikti, 2013, Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jakarta |
3 |
|||
11 | Sub-CPMK 6 : Mampu menjelaskan dan menganalisis Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan |
1. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis perkembangan ilmu dan teknologi 2. Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis masalah nilai dalam perkembangan ilmu dan teknologi |
Kriteria : Rubrik (Pedoman penskoran) Bentuk Penilaian : Tes Tertulis (Essay) |
TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi BT, 1 x 60 menit. Tugas 7 Membuat ringkasan tentang Pancasila sebagai dasar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-11 di BLP2. |
Materi Pembelajaran :
Sumber Pustaka : Halaman 111-135 Dirjen Dikti, 2013, Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jakarta |
3 |
|||
12 | Sub-CPMK 6 : Mampu menjelaskan dan menganalisis Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman penskoran) Bentuk Penilaian : Tes Tertulis (Essay) |
TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi BT, 1 x 60 menit. Tugas 7 Membuat ringkasan tentang Pancasila sebagai dasar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-12 di BLP2. |
Materi Pembelajaran :
Sumber Pustaka : Halaman 111-135 Dirjen Dikti, 2013, Materi Ajar Mata Kuliah Pendidikan Pancasila. Jakarta |
3 |
|||
13 | Sub-CPMK 7 : Mampu menjelaskan dan menganalisis Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman penskoran) Bentuk Penilaian : Tes Tertulis (Essay) |
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi BT, 1 x 60 menit. Tugas 8 Melakukan review jurnal tentang pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-13 di BLP2. |
Sumber Pustaka : Halaman 1-18 Astwa, I.P.A, 2017, Pancasila sebagai paradigma pembangunan bangsa indonesia. Bali |
3 |
|||
14 | Sub-CPMK 7 : Mampu menjelaskan dan menganalisis Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman penskoran) Bentuk Penilaian : Tes Tertulis (Essay) |
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi BT, 1 x 60 menit. Tugas 8 Melakukan review jurnal pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-14 di BLP2. |
Materi Pembelajaran :
Sumber Pustaka : Halaman 1-18 Astwa, I.P.A, 2017, Pancasila sebagai paradigma pembangunan bangsa indonesia. Bali |
3 |
|||
15 | Sub-CPMK 7 : Mampu menjelaskan dan menganalisis Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman penskoran) Bentuk Penilaian : Tes Tertulis (Essay) |
CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi BT, 1 x 60 menit. Tugas 8 Melakukan review jurnal pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-15 di BLP2. |
Materi Pembelajaran :
Sumber Pustaka : Halaman 1-18 Astwa, I.P.A, 2017, Pancasila sebagai paradigma pembangunan bangsa indonesia. Bali |
3 |
|||
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
||||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Arwin lahir di Toli-toli pada tanggal 07 Januari 1990 Jabatan fungsional Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|