.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:yasmin.zulfati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:25 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pancasila |
AB210222 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
11-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Yasmin Zulfati Yusrina S.T., M.T. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199509192022032010 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan memajukan peradaban berdasarkan Pancasila |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaanya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu menjelaskan dan menerapkan prinsip-prinsip Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan tujuan dan fungsi pendidikan Pancasila dengan tepat dan bertanggung jawab (C2, P3, A3) Sub-CPMK 2: Mampu menjelaskan dinamika Pancasila secara historis dengan tepat dan bertanggung jawab (C2, P3, A3) Sub-CPMK 3: Mampu menjelaskan peraturan perundang-undangan dan kebijakan negara dalam perspektif Pancasila sebagai dasar negara dengan tepat dan bertanggung jawab (C2, P3, A3) Sub-CPMK 4: Mampu menjelaskan ideologi Pancasila dengan tepat dan bertanggung jawab (C2, P3, A3) Sub-CPMK 5: Mampu menjelaskan dan menganalisis hakikat sila-sila Pancasila dengan tepat dan bertanggung jawab (C4, P3, A3) Sub-CPMK 6: Mampu menjelaskan etika, aliran-aliran etika, etika Pancasila, dan Pancasila sebagai solusi masalah moralitas bangsa dengan tepat dan bertanggung jawab (C2, P3, A3) Sub-CPMK 7: Mampu menjelaskan konsep karakter keilmuan berdasar Pancasila dengan tepat dan bertanggung jawab (C2, P3, A3) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Pancasila mempelajari latar belakang pendidikan Pancasila dan Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia. Mata kuliah ini juga mempelajari Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, sistem filsafat dan etika, serta dasar nilai pengembangan ilmu. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Pendidikan Pancasila |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media: PowerPoint |
|||||||
Dosen Pengampu |
Yasmin Zulfati Yusrina, |
Mata Kuliah |
Pancasila |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB210222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1-2 | Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan tujuan dan fungsi pendidikan Pancasila dengan tepat dan bertanggung jawab (C2, P3, A3) |
Ketepatan menjelaskan tujuan dan fungsi pendidikan Pancasila. |
Keaktifan Non-tes |
Ceramah, karya wisata 100 menit |
1 |
0 |
|||
Sub-CPMK 1: Mampu menjelaskan tujuan dan fungsi pendidikan Pancasila dengan tepat dan bertanggung jawab (C2, P3, A3) |
Ketepatan menjelaskan tujuan dan fungsi pendidikan Pancasila. |
Tugas Non-tes |
Diskusi 100 menit |
Review artikel jurnal terkait pendidikan Pancasila 3 |
1 |
||||
3-4 | Sub-CPMK 2: Mampu menjelaskan dinamika Pancasila secara historis dengan tepat dan bertanggung jawab (C2, P3, A3) |
Ketepatan menjelaskan dinamika Pancasila secara historis. |
Keaktifan Non-tes |
Ceramah, karya wisata 100 menit |
Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia 1 |
0 |
|||
Sub-CPMK 2: Mampu menjelaskan dinamika Pancasila secara historis dengan tepat dan bertanggung jawab (C2, P3, A3) |
Ketepatan menjelaskan dinamika Pancasila secara historis. |
Tugas Non-tes |
Diskusi 100 menit |
Tugas terkait Pancasila dalam kajian sejarah bangsa Indonesia 1, 2 |
1 |
||||
5-6 | Sub-CPMK 3: Mampu menjelaskan peraturan perundang-undangan dan kebijakan negara dalam perspektif Pancasila sebagai dasar negara dengan tepat dan bertanggung jawab (C2, P3, A3) |
Ketepatan menjelaskan peraturan perundang-undangan dan kebijakan negara dalam perspektif Pancasila sebagai dasar negara. |
Keaktifan Non-tes |
Ceramah, karya wisata 100 menit |
Pancasila sebagai dasar negara 1 |
1 |
|||
Sub-CPMK 3: Mampu menjelaskan peraturan perundang-undangan dan kebijakan negara dalam perspektif Pancasila sebagai dasar negara dengan tepat dan bertanggung jawab (C2, P3, A3) |
Ketepatan menjelaskan peraturan perundang-undangan dan kebijakan negara dalam perspektif Pancasila sebagai dasar negara. |
Tugas Non-tes |
Diskusi 100 menit |
Tugas terkait Pancasila sebagai dasar negara 1, 2 |
1 |
||||
7-8 | Sub-CPMK 4: Mampu menjelaskan ideologi Pancasila dengan tepat dan bertanggung jawab (C2, P3, A3) |
Ketepatan menjelaskan ideologi Pancasila. |
Keaktifan Non-tes |
Ceramah, karya wisata 100 menit |
Pancasila sebagai ideologi negara 1 |
1 |
|||
Sub-CPMK 4: Mampu menjelaskan ideologi Pancasila dengan tepat dan bertanggung jawab (C2, P3, A3) |
Ketepatan menjelaskan ideologi Pancasila. |
Tugas Non-tes |
Analisis kasus (CBL) 100 menit |
Tugas besar terkait Pancasila sebagai ideologi negara 1, 2 |
30 |
||||
9 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
10-11 | Sub-CPMK 5: Mampu menjelaskan dan menganalisis hakikat sila-sila Pancasila dengan tepat dan bertanggung jawab (C4, P3, A3) |
Ketepatan menjelaskan dan menganalisis hakikat sila-sila Pancasila. |
Keaktifan Non-tes |
Ceramah, karya wisata 100 menit |
Pancasila sebagai sistem filsafat 1 |
1 |
|||
Sub-CPMK 5: Mampu menjelaskan dan menganalisis hakikat sila-sila Pancasila dengan tepat dan bertanggung jawab (C4, P3, A3) |
Ketepatan menjelaskan dan menganalisis hakikat sila-sila Pancasila. |
Tugas Non-tes |
Diskusi 100 menit |
Tugas terkait Pancasila sebagai sistem filsafat 1, 2 |
1 |
||||
12-13 | Sub-CPMK 6: Mampu menjelaskan etika, aliran-aliran etika, etika Pancasila, dan Pancasila sebagai solusi masalah moralitas bangsa dengan tepat dan bertanggung jawab (C2, P3, A3) |
Ketepatan menjelaskan etika, aliran-aliran etika, etika Pancasila, dan Pancasila sebagai solusi masalah moralitas bangsa. |
Keaktifan Non-tes |
Ceramah, karya wisata 100 menit |
Pancasila sebagai sistem etika 1 |
1 |
|||
Sub-CPMK 6: Mampu menjelaskan etika, aliran-aliran etika, etika Pancasila, dan Pancasila sebagai solusi masalah moralitas bangsa dengan tepat dan bertanggung jawab (C2, P3, A3) |
Ketepatan menjelaskan etika, aliran-aliran etika, etika Pancasila, dan Pancasila sebagai solusi masalah moralitas bangsa. |
Tugas Non-tes |
Diskusi 100 menit |
Tugas terkait Pancasila sebagai sistem etika 1, 2 |
1 |
||||
14 | Sub-CPMK 7: Mampu menjelaskan konsep karakter keilmuan berdasar Pancasila dengan tepat dan bertanggung jawab (C2, P3, A3) |
Ketepatan menjelaskan konsep karakter keilmuan berdasar Pancasila. |
Keaktifan Non-tes |
Ceramah, karya wisata 100 menit |
Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu 1 |
1 |
|||
15 | Sub-CPMK 4: Mampu menjelaskan ideologi Pancasila dengan tepat dan bertanggung jawab (C2, P3, A3) |
Ketepatan dalam mempresentasikan tugas besar kelompok. |
Kejelasan presentasi dan jawaban ketika tanya jawab, kesesuaian dengan aturan, serta kreatifitas dan kerapian tugas besar |
Presentasi analisis kasus (CBL) 100 menit |
Presentasi tugas besar terkait Pancasila sebagai ideologi negara 1, 2 |
20 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Yasmin Zulfati Yusrina lahir di Samarinda pada tanggal Jabatan fungsional Calon Asisten Ahli Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|