.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:andi.sri@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:26 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Bahan dan Komponen Listrik |
TL110422 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
18-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Andi Sri Irtawaty S.T., M.Eng. |
Hadiyanto S.T., M. Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 197704012021212005 |
NIP/NIK. 198007082014041001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri, dan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dan konfigurasi, interpretasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali. (P-5) Menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-5) mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan pekerjaan pemasangan dan pengawasan instalasi listrik, serta operasi dan pemeliharaan peralatan listrik menggunakan prosedur dengan acuan Standar SNI, IEC, dan standar lain yang terkait, dan dengan memperhatikan faktor - faktor ekonomi, kesehatan, keselamatan publik, dan lingkungan. (KK-7) Mampu mengikuti perkembangan teknik dan teknologi isu terkini yang terkait di bidang kelistrikan. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1 : (S9) menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (P1) Menguasai konsep teoriti mtematika teknik dan fisika terapan terkat dengan praktek instalasi dan konfigurasi interpretasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali.. (KU2) mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur. CPMK 2 : (P5) menguasai konsep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. (KU5) mampu bekerja sama, berkomunikasi dan berinovatif dalam pekerjaannya. CPMK 3 : (KK2) mampu mengidentifikasikan dan menyelesaikan pekerjaan pemasangan dan pengawasan instalasi listrik, sert operasi dan pemeliharaan peralatan listrik menggunakan prosedur dengan acuan standar SNI, IEC dan standar lain yang terkait, dan dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, kesehatan, keselamatan publik dan lingkungan. CPMK 4 : (KK7) mampu mengikuti perkembangan teknik dan teknologi isu terkini yang terkait di bidang kelistrikan. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1 : Mampu menjelaskan dan memahmi konsep model atom dan pita energi. Sub-CPMK 2 : Mampu menjelaskan dan memahmi konsep pita energi. Sub-CPMK 3 : Mampu menjelaskan dan menghitung nilai pita energi. Sub-CPMK 4 : Mampu menjelaskan dan mengklasifikasikan bahan listrik berbentuk padat beserta karakteristiknya Sub-CPMK 5 : Mampu menjelaskan dan mengklasifikasikan bahan listrik berbentuk cair beserta karakteristiknya Sub-CPMK 6 : Mampu menjelaskan dan mengklasifikasikan bahan listrik berbentuk gas beserta karakteristiknya Sub-CPMK 7 : Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan konduktor Sub-CPMK 8 : Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan isolator. Sub-CPMK 9 : Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan semikonduktor Sub-CPMK 10 : Mampu menjelaskan dan mengklasifikasikan bahan penyekat dan pembagian kelas bahan penyekat. Sub-CPMK 11 : Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan magnetik dan superkonduktor. Sub-CPMK 12 : Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan superkonduktor dan karakteristiknya. Sub-CPMK 13 : Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan nuklir dan khusus lainnya. Sub-CPMK 14 : Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan nuklir dan khusus lainnya serta karakteristiknya. |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Bahan dan Komponen Listrik mempelajari :
|
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Dasar-dasar Bahan dan Komponen Listrik |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop, LCD, bahan-bahan praktek, whiteboard, spidol. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Andi Sri Irtawaty, |
Mata Kuliah |
Bahan dan Komponen Listrik |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL110422 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1 : Mampu menjelaskan dan memahmi konsep model atom dan pita energi. |
Mampu menjelaskan dan memahami konsep model atom dan pita energi |
Kriteria:
Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep model atom dan pita energi. Pustaka :
|
5 |
|||
2 | Sub-CPMK 2 : Mampu menjelaskan dan memahmi konsep pita energi. |
Mampu menjelaskan dan memahmi konsep model atom dan pita energ |
Kriteria:
Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Konsep pita energi Pustaka :
|
5 |
|||
3 | Sub-CPMK 3 : Mampu menjelaskan dan menghitung nilai pita energi. |
Mampu menjelaskan dan memahmi konsep model atom dan pita energi |
Kriteria:
Bentuk Penilaian:
|
Metode Pembelajaran :
Estimasi Waktu
|
Konsep perhitungan pita energi Pustaka :
|
5 |
|||
4 | Sub-CPMK 4 : Mampu menjelaskan dan mengklasifikasikan bahan listrik berbentuk padat beserta karakteristiknya |
Mampu menjelaskan dan mengklasifikasikan bahan listrik berbentuk padat dan karakteristiknya. |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme). Bentuk peniliaian :
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Mengkasifikasikan bahan listrik berbentuk padat dan karakteristiknya. Pustaka :
|
5 |
|||
5 | Sub-CPMK 5 : Mampu menjelaskan dan mengklasifikasikan bahan listrik berbentuk cair beserta karakteristiknya |
Mampu menjelaskan dan mengklasifikasikan bahan listrik berbentuk cair beserta karakteristiknya |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme). Bentuk peniliaian :
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Mengkasifikasikan bahan listrik berbentuk cair dan karakteristiknya. Pustaka :
|
5 |
|||
6 | Sub-CPMK 6 : Mampu menjelaskan dan mengklasifikasikan bahan listrik berbentuk gas beserta karakteristiknya |
Mampu menjelaskan dan mengklasifikasikan bahan listrik berbentuk gas beserta karakteristiknya |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme). Bentuk peniliaian :
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Mengkasifikasikan bahan listrik berbentuk gas dan karakteristiknya. Pustaka :
|
5 |
|||
7 | Sub-CPMK 7 : Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan konduktor |
Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan listrik konduktor dan karakteristiknya. |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme). Bentuk peniliaian :
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Bahan listrik konduktor dan karakteristiknya. Pustaka :
|
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
15 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 8 : Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan isolator. |
Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan listrik isolator. |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme). Bentuk peniliaian :
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Bahan listrik isolator. Pustaka :
|
5 |
|||
10 | Sub-CPMK 9 : Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan semikonduktor |
Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan semikonduktor. |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme). Bentuk peniliaian :
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Bahan semikonduktor. Pustaka :
|
5 |
|||
11 | Sub-CPMK 10 : Mampu menjelaskan dan mengklasifikasikan bahan penyekat dan pembagian kelas bahan penyekat. |
Mampu menjelaskan dan mengklasifikasikan bahan penyekat dan pembagian kelas bahan penyekat. |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme). Bentuk peniliaian :
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Bahan penyekat dan pembagian kelas bahan penyekat. Pustaka :
|
5 |
|||
12 | Sub-CPMK 11 : Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan magnetik dan superkonduktor. |
|
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme). Bentuk peniliaian :
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Pustaka :
|
5 |
|||
13 | Sub-CPMK 12 : Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan superkonduktor dan karakteristiknya. |
Ketepatan dalam menjelaskan superkonduktor dan karakterisknya. |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme). Bentuk peniliaian :
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Superkonduktor dan karakterisknya. Pustaka :
|
5 |
|||
14 | Sub-CPMK 13 : Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan nuklir dan khusus lainnya. |
Ketepatan dalam menjelaskan bahan nuklir dan khusus lainnya. |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme). Bentuk peniliaian :
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Bahan nuklir dan khusus lainnya. Pustaka :
|
5 |
|||
15 | Sub-CPMK 14 : Mampu menjelaskan dan mendeskripsikan bahan nuklir dan khusus lainnya serta karakteristiknya. |
Ketepatan dalam menjelaskan bahan nuklir dan karateristiknya. |
Kriteria: Pedoman Penskoran (Marking Scheme). Bentuk peniliaian :
|
Metode Pembelajaran
Estimasi Waktu
|
Bahan nuklir dan karateristiknya. Pustaka :
|
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
15 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Andi Sri Irtawaty lahir di Ujung Pandang pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknologi Listrik |
|