.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:lisnawaty.simatupang@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 30, 2025, 2:57 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Bahasa Indonesia |
JJ470117 |
2 |
0 |
2 |
28 |
7 |
19-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Lisnawaty Simatupang S.S., M.Hum. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 199112222020122003 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S-3) Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa serta turut menjaga perdamaian dunia (S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-6) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan masyarakat dan bernegara (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-9) Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik (S-10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan kerja perancangan, pelaksanaan dan pengawasan banguna jalan dan jembatan skala menengah1 (P-5) Menguasai konsep teoritis manajemen proyek konstruksi (P-6) Menguasai referensi teknisyang berlaku di Indonesia dan minimal satu standar yang berlaku internasional (misalnya AASHTO, ACI, ASCI) bidang konstruksi jalan dan jembatan (P-8) Menguasai prinsip dan teknik berkomunikasi (lisan, tulisan, dan grafis) (P-9) Menguasai pengetahuan faktual tentang perkembangan di bidang teknologi konstruksi jalan dan jembatan (P-10) Menguasai prosedur dan standar kerja (SOP) konstruksi jalan dan jembatan di area praktikum, studio dan kegiatan laboratorium dengan mengaplikasikan prinsip sistem keselamatan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakuka pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
1. Mampu menjelaskan hakikat dan konsep bahasa Indonesia sebagai bagian dari keragaman budaya 2. Mampu menjelaskan beragam fungsi bahasa 3. Mampu menjelaskan ragam bahasa 4. Mampu menjelaskan unsur pembentuk stuktur bahasa Indonesia 5. Mampu menyampaikan gagasan ilmiah dalam strukur kalimat efektif 6. Mampu menghasilkan wacana dalam teks mikro dan makro sesuai kaidah tulisan ilmiah 7. Mampu membangun dan menuliskan argumen dalam teks makro 8. Mampu memahami dan mnejelaskan informasi teknik penulisan karya ilmiah dan nonilmiah 9. Mampu menghasilkan karya tulis krearif dalam berbagai bentuk teks akademik 10. Mampu menerapkan pengunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar,secara tertulis maupun lisan, dalam penugasan mata kuliah. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
1. Mampu memahami sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia 2. Mampu memahami kedudukan dan fungsi bahasa 3. Mampu membedakan ragam atau variasi bahasa 4. Mampu menjelaskan peran dan kategori kata dalam struktur bahasa Indonesia 5. Mampu menjelaskan peran dan konsep frasa dan klausa dalam tata bahasa Indonesia 6. Mampu menuangkan gagasan ilmiah dalam bentuk kalimat efektif 7. Mampu menggunakan unsur-unsur ejaan, seperti huruf, tanda baca, dan penulisan unsur serapan dalam bahasa Indonesia dengan benar 8. Ujian Tengah Semester 9. Mampu menggunakan diksi secara tepat sesuai konteks tulisan (Genre makro) 10. Mampu menulis esai dengan karakateristik dan sturktur yang tepat 11. Mampu menjelaskan sturtur dan sistematika penulisan artikel 12. Mampu menuangkan gagasan kreatif dalam proposal (bagian 1) 13. Mampu menuangkan gagasan kreatif dalam proposal (bagian 2) 14. Mampu mengeksplorasi karya tulis dengan tepat 15. Mampu menjelaskan orisinalistas karya tulis 16. Ujian Akhir Semester |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Bahasa Indonesia mempelajari kaidah bahasa Indonesia dan penggunanya dalam konteks akademik serta nonakademik | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Sejarah Bahasa |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama 1. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2. Direktoral Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (2016). Pendidikan Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Tinggi. Jakarta: DIKTI 3. Pusat Bahasa. (2007). Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional 4. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2017). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 5. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 6. Nurdjan, S. et al. (2016). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Makassar: Aksara Timur 7. Sukartha, I.N. et al. (2015). Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Denpasar: Udayana University Press 8. Sneddon, J.N. et al. (2010). Indonesian References Grammar 2nd Edition. Melbourne: Allen & Unwin. 9. Hacker, D. & Sommers, N. (2016). APA Version: A Pocket Style Manual 7th Edition. New York: Bedford/St. Martin’s. 10. Simatupang, L. et al. (2021). Panduan Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Perhotelan. Balikpapan: Politeknik Negeri Balikpapan. 11. Direktorat Belmawa Kemdikbud. (2021). Program Kreativitas Mahasiswa: Pedoman Umum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Canda Proyektor LCD |
|||||||
Dosen Pengampu |
Lisnawaty Simatupang, |
Mata Kuliah |
Bahasa Indonesia |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ470117 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu memahami sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 1: Mengumpulkan data kebahasan melalui berbagai sumber, seperti media sosial, TV, spanduk, poster, dll Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x
|
Sejarah bahasa Indonesia Perkembangan bahasa Indonesia Direktoral Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (2016). Pendidikan Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Tinggi. Jakarta: DIKTI |
3 |
|||
2 | Mampu memahami kedudukan dan fungsi bahasa |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 2: Presentasi data kebahasaan bahasa yang ditemukan sebagai bagian dari perkembangan fungsi bahasa Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
|
3 |
|||
3 | Mampu membedakan ragam atau variasi bahasa |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 3: Melakukan survei penggunaan ragam bahasa di lingkungan sekitar Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
|
3 |
|||
4 | Mampu menjelaskan peran dan kategori kata dalam struktur bahasa Indonesia |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
|
4 |
|||
5 | Mampu menjelaskan peran dan konsep frasa dan klausa dalam tata bahasa Indonesia |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
|
3 |
|||
6 | Mampu menuangkan gagasan ilmiah dalam bentuk kalimat efektif |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 4: Menyusun laporan dengan kalimat efektif dan presentasi terkait kegiatan survei ragam bahasa (topik 3) Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
Kalimat Efektif dalam bahasa Indonesia |
5 |
|||
7 | Mampu menggunakan unsur-unsur ejaan, seperti huruf, tanda baca, dan penulisan unsur serapan dalam bahasa Indonesia dengan benar |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 5: Menemukan kesalahan ejaan dalam laporan penelitian Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Ejaan bahasa Indonesia |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Mampu menggunakan diksi secara tepat sesuai konteks tulisan (Genre makro) |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 6: Membuat video penggunaan diksi sesuai konteks Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
Penggunaan diksi dalam genre makro |
4 |
|||
10 | Mampu menyatakan gagasan secara tepat dalam paragraph (teks Mikro) |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 7: Mengidentifikasi jensi paragraph dalam teks Makro Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
Pengembangan ide dalam paragraph (teks mikro) |
4 |
|||
11 | Mampu menulis esai dengan karakateristik dan sturktur yang tepat |
|
Kriteria penilaian: Rubrik deskriptif Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 8: Menulis esai sesuai dengan topik yang ditentukan Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Menuangkan gagasan dalam esai |
4 |
|||
12 | Mampu menjelaskan struktur dan sistematika penulisan artikel |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Struktur dan sistematika artikel ilmiah |
3 |
|||
13 | Mampu menuangkan gagasan kreatif dalam proposal |
|
Kriteria penilaian: Rubrik deskriptif Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
Menyusun Proposal PKM |
3 |
|||
14 | Mampu mengeksplorasi karya tulis |
|
Kriteria penilaian: Rubrik deskriptif Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): 1. Kuliah 2. DIskusi Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 9: Menyusun argumentasi dalam sebuah teks ulasan Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Menulis teks ulasan |
3 |
|||
15 | Mampu menjelaskan orisinalistas karya tulis |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): 1. Kuliah 2. Diskusi Tugas 10: Menginternalisasi nilai-nilai orisinalistas karya tulis dalam proposal Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Menerapkan sistem kutipan dan pustaka untuk menghindari plagiasi |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Lisnawaty Simatupang lahir di Dairi pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|