.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:yasmin.zulfati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 6:52 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Matematika Terapan |
AB110722 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
07-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Yasmin Zulfati Yusrina S.T., M.T. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199509192022032010 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Mengusai konsep teoritis secara umum matematika terapan fisika terapan kimia, prinsip-prinsip rekayasa (enginering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analasis dan perancangan system, proses, produk atau komponen |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu menerapkan konsep-konsep dalam matematika terapan untuk menyelesaikan masalah. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1: Mampu mengaplikasikan konsep fungsi dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) Sub-CPMK 2: Mampu mengaplikasikan konsep limit dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) Sub-CPMK 3: Mampu mengaplikasikan konsep turunan dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) Sub-CPMK 4: Mampu mengaplikasikan konsep integral dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) Sub-CPMK 5: Mampu mengaplikasikan konsep vektor dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) Sub-CPMK 6: Mampu mengaplikasikan konsep persamaan diferensial dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Matematika Terapan mempelajari fungsi, limit, turunan, integral, vektor, dan persamaan diferensial. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Fungsi |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media: PowerPoint |
|||||||
Dosen Pengampu |
Yasmin Zulfati Yusrina, |
Mata Kuliah |
Matematika Terapan |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB110722 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1: Mampu mengaplikasikan konsep fungsi dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep fungsi. |
Tugas Non-tes |
Tematik
100 menit |
1, 2, 3 |
3 |
|||
2 | Sub-CPMK 2: Mampu mengaplikasikan konsep limit dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep limit. |
Tugas Non-tes |
Tematik
100 menit |
Limit 1, 2, 3 |
3 |
|||
3-5 | Sub-CPMK 3: Mampu mengaplikasikan konsep turunan dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep turunan. |
Keaktifan Non-tes |
Tematik
100 menit |
Turunan 1, 2, 3 |
2 |
|||
Sub-CPMK 3: Mampu mengaplikasikan konsep turunan dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep turunan. |
Tugas Non-tes |
Tematik
100 menit |
Turunan 1, 2, 3 |
3 |
||||
Sub-CPMK 3: Mampu mengaplikasikan konsep turunan dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep turunan. |
Keaktifan Non-tes |
Tematik
100 menit |
Aplikasi turunan (termasuk review artikel jurnal terkait) 1, 2, 3, 4 |
4 |
||||
6-7 | Sub-CPMK 4: Mampu mengaplikasikan konsep integral dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep integral. |
Tugas Non-tes |
Tematik
100 menit |
Integral 1, 2, 3 |
3 |
|||
Sub-CPMK 4: Mampu mengaplikasikan konsep integral dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep integral. |
Keaktifan Non-tes |
Tematik
100 menit |
Aplikasi integral 1, 2, 3 |
2 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 1: Mampu mengaplikasikan konsep fungsi dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep fungsi. |
Tugas Non-tes |
Tematik
100 menit |
Fungsi transenden 1, 2, 3 |
3 |
|||
10 | Sub-CPMK 4: Mampu mengaplikasikan konsep integral dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep integral. |
Tugas Non-tes |
Tematik
100 menit |
Teknik integrasi 1, 2, 3 |
3 |
|||
11 | Sub-CPMK 5: Mampu mengaplikasikan konsep vektor dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep vektor. |
Tugas Non-tes |
Tematik
100 menit |
Vektor 1, 2, 3 |
3 |
|||
12-13 | Sub-CPMK 3: Mampu mengaplikasikan konsep turunan dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep turunan. |
Keaktifan Non-tes |
Tematik
100 menit |
Turunan parsial 1, 2, 3 |
2 |
|||
Sub-CPMK 3: Mampu mengaplikasikan konsep turunan dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep turunan. |
Tugas Non-tes |
Tematik
100 menit |
Turunan parsial 1, 2, 3 |
3 |
||||
14-15 | Sub-CPMK 6: Mampu mengaplikasikan konsep persamaan diferensial dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep persamaan diferensial. |
Tugas Non-tes |
Tematik
100 menit |
Persamaan diferensial orde satu 1, 2, 3 |
3 |
|||
Sub-CPMK 6: Mampu mengaplikasikan konsep persamaan diferensial dengan tepat dan bertanggung jawab (C3, P3, A3) |
Ketepatan mengaplikasikan konsep persamaan diferensial. |
Tugas Non-tes |
Tematik
100 menit |
Persamaan diferensial orde dua 1, 2, 3 |
3 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Yasmin Zulfati Yusrina lahir di Samarinda pada tanggal Jabatan fungsional Calon Asisten Ahli Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|