.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:abdul.gafur@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:57 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TATA BOGA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
BAHASA INGGRIS PROFESI LANJUTAN |
TB360115 |
1 |
1 |
2 |
42 |
6 |
||
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Abdul Gafur S.Pd., M.Pd. |
Dr. Tuatul Mahfud S.Pd., M.Pd. |
|||||||
NIP/NIK. 198902182015041001 |
NIP/NIK. 198609252012121001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S-5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-6) Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-9) Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-11) Menunjukkan sikap responsif dan inovatif, profesional sesuai dengan global code ethic of tourism |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-13) Menguasai minimal salah satu bahasa internasional (P-14) Menguasai prinsip dan teknik komunikasi efektif untuk bekerja dalam tim (P-18) Menguasai prinsip dan teknik komunikasi persuasi dalam pemasaran produk-produk masakan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, berinovatif dalam pekerjaannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-9) Mampu berkomunikasi dalam bahasa asing (KK-12) Mampu menerapkan teknik-teknik berkomunikasi secara efektif (KK-15) Mampu menyiapkan dan menyusun laporan tertulis tentang hasil pekerjaan baik yang menjadi tanggung jawabnya sendiri maupun menjadi tanggungjawab kelompok kerja (team work) secara komprehensif |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
. Mahasiswa mampu menguasai bentuk-bentuk surat lamaran, curriculum vitae, dan juga resume sesuai dengan standar penulisan bahasa Inggris yang benar Mahasiswa mampu mempraktekkan bentuk-bentuk pertanyaan dan jawaban pada job interview, dan juga menyiapkan diri mereka dengan mengetahui bagaimana penggunaan bahasa Inggris yang benar pada saat melakukan Job interview. Mahasiswa mampu menguasai trik-trik dalam translation seperti bagaimana memahami source language yang kemudian diterjemahkan kedalam target language sesuai dengan konteks Mahasiswa mampu memahami bagaimana pembuatan abstrak pada suatu karya ilmiah, dan mampu menterjemahkan abstrak dari bahasa Indonesia ke Inggris begitupun sebaliknya, sehingga bis amemudahkan mereka dalam penulisan abstrak pada tugas akhir Mahasiswa mampu mengenali dan menguasi jenis-jenis soal pada Listening comprehension of TOEFL Mahasiswa mampu mengerjakan soal-soal TOEIC dengan benar sehingga tercapai target skor minimal 500. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
1. Mampu mempersiapkan diri untuk dapat menghadapi dunia kerja dan sikap yang harus dimiliki sebagai job seeker 2. Mampu mencari contoh lowongan pekerjaan dalam bahasa Inggris dan menganalisa lowongan perkerjaan tersebut 3. Mampu menganalisa lowongan pekerjaan dan membuat surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris. 4. Mampu membuat resume sesuai dengan data diri masing-masing. 5. Mampu membuat CV sesuai dengan data diri masing-masing. 6. Mampu mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan pada saat job getting ( sikap, performace, dan tata cara pada saat job interview). 7. Mampu menganalisa pertanyaan pada saat job interview dan mempraktekkan bagaimana menjawab pertanyaan tersebut. 9. Mampu menerjemahkan teks berbahasa Inggris kedalam bahasa Indonesia dan sebaliknya. 10. Mampu menganalisa komponen pada abstrak dan struktur bahasa pada abstrak. 11. Ketepatan dalam membuat abstrak dengan menggunakan bahasa Inggris. 12. Ketepatan dalam menganalisa bentuk triktrik penguasaan Listening khususnya dalam pengerjaan soal TOEFL. 13. Ketepatan dalam menganalisa bentuk triktrik penguasaan Structure & Written Expression. 14. Ketepatan dalam menganalisa bentuk triktrik penguasaan Reading Comprehension. 15. Ketepatan dalam mengerjakan soal TOEIC |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah BAHASA INGGRIS PROFESI LANJUTAN mempelajari tentang cara menulis surat lamaran, daftar riwayat hidup, abstrak hasil penelitian, laporan tugas akhir dan memaparkannya dalam bahasa Inggris baik secara lisan maupun tertulis. Selain itu, pada MK ini mahasiswa dipersiapkan dalam job getting dalam berbagai aspek yang meliputi : sikap dan pertanyaan dalam job getting bersata cara menjawabnya. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Introduction to working atmosphere |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: BARRON’s TOEFL Test Strategies, Binarupa Aksara, 2005 Lees, John, Shahbaz Ahmad, Job Interviews, 2007 |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Modul, LCD, proyektor, laptop, sound system, whiteboard, spidol warna (hitam, merah dan biru), dan alat tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Abdul Gafur, |
Mata Kuliah |
BAHASA INGGRIS PROFESI LANJUTAN |
|||
Kode Mata Kuliah |
TB360115 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | 1. Mampu mempersiapkan diri untuk dapat menghadapi dunia kerja dan sikap yang harus dimiliki sebagai job seeker |
1. Ketepatan dalam mentukan kompetensi spesifik yang dimiliki mahasiswa dalam rangka mempersiapkan dunia kerja yang kompetitif dan selektif. 2. Ketepatan dalam membentuk sikap mahasiswa sebagai calon job seeker agar mudah beradaptasi dan kompetitif dalam dunia kerja yang baru. |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) |
Introduction to working atmosphere Lees, John, Shahbaz Ahmad, Job Interviews, 2007 |
3 |
|||
2 | 2. Mampu mencari contoh lowongan pekerjaan dalam bahasa Inggris dan menganalisa lowongan perkerjaan tersebut |
Ketepatan menganalisa job position yang dicari dalam lowongan perkerjaan disesuaikan dengan kualifikasi yang dibutuhkan dengan kompetensi yang dimiliki setiap mahasiswa
|
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) |
Application Letter (1) Lees, John, Shahbaz Ahmad, Job Interviews, 2007 |
3 |
|||
3 | 3. Mampu menganalisa lowongan pekerjaan dan membuat surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris. |
Ketepatan dalam membuat surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris dengan format penulisan yang terstutruktur dan menggunakan tata bahasa serta diction yang baku.
|
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) |
Application Letter (2) Lees, John, Shahbaz Ahmad, Job Interviews, 2007 |
2 |
|||
4 | 4. Mampu membuat resume sesuai dengan data diri masing-masing. |
Ketepatan dalam membuat resume dengan format dan tata tulis yang baku. |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) |
Resume Lees, John, Shahbaz Ahmad, Job Interviews, 2007 |
3 |
|||
5 | 5. Mampu membuat CV sesuai dengan data diri masing-masing. |
Ketepatan dalam membuat resume dengan format dan tata tulis yang baku.
|
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) |
Curricullum Vitae Lees, John, Shahbaz Ahmad, Job Interviews, 2007 |
3 |
|||
6 | 6. Mampu mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan pada saat job getting ( sikap, performace, dan tata cara pada saat job interview). |
Ketepatan dalam bersikap dan dapat menggunakan dress code yang sesuai pada saat mengahadapi job interview.
|
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) |
Job Interview (1) Lees, John, Shahbaz Ahmad, Job Interviews, 2007 |
3 |
|||
7 | 7. Mampu menganalisa pertanyaan pada saat job interview dan mempraktekkan bagaimana menjawab pertanyaan tersebut. |
Ketepatan menjawab pertanyaan pada saat job interview dan didukung dengan kemapuan mahasiswa dalam memahami kompetensi apa saja yang dimiliki disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan yang akan didaftar.
|
Kriteria : Pemahaman, kelancaran komunikasi, dan keterampilan yang dimiliki Bentuk non-test : praktek manual handling dan menjelaskan secara mandiri. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) |
Job Interview (2) Lees, John, Shahbaz Ahmad, Job Interviews, 2007 |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | 9. Mampu menerjemahkan teks berbahasa Inggris kedalam bahasa Indonesia dan sebaliknya. |
Ketepatan dalam menejemahkan teks berbahasa Inggris kedalam bahasa Indonesia dan sebaliknya dengan menggunakan tata bahasa, struktur kalimat, dan tnada baca yang sesuai. |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit |
Translation
Lin Lougheed, Baron's : How to Prepare for the TOEIC : Test of English for International Communication, 2004, Binarupa Aksara, Jakarta. |
3 |
|||
10 | 10. Mampu menganalisa komponen pada abstrak dan struktur bahasa pada abstrak. |
Ketepatan dalam memahami komponen apasa saja yang terdapat di dalam abstrak dan tata penulisan dalam abstrak dengan menggunakan grammar yang sesuai.
|
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) |
Abstract (1) Lin Lougheed, Baron's : How to Prepare for the TOEIC : Test of English for International Communication, 2004, Binarupa Aksara, Jakarta. |
2 |
|||
11 | 11. Ketepatan dalam membuat abstrak dengan menggunakan bahasa Inggris. |
Ketepatan dalam membuat abstrak dalam bahasa Inggris dengan memperhatikan komponen - komponen didalam abstrak beserta dengan tata tulisnnya.
|
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test : diskusi. |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) |
Abstract (2) Lin Lougheed, Baron's : How to Prepare for the TOEIC : Test of English for International Communication, 2004, Binarupa Aksara, Jakarta. |
3 |
|||
12 | 12. Ketepatan dalam menganalisa bentuk triktrik penguasaan Listening khususnya dalam pengerjaan soal TOEFL. |
Ketepatan dalam mempraktekan bentuk trik Listening pada TOEIC Prediction Test dan terdapat peningkatan skor TOEIC pada bagian listening test dengan mengimplementasikan trik tersebut. |
Kriteria : Pemahaman dan implementasi trik Bentuk : Tes
|
Kuliah dan tes (3 x 50 Menit) |
TOEIC Preparation: Listening Skill Lin Lougheed, Baron's : How to Prepare for the TOEIC : Test of English for International Communication, 2004, Binarupa Aksara, Jakarta. |
3 |
|||
13 | 13. Ketepatan dalam menganalisa bentuk triktrik penguasaan Structure & Written Expression. |
Ketepatan dalam mempraktekan bentuk trik - trik Structure & Written Expression pada TOEIC Prediction Test dan terdapat peningkatan skor TOEIC pada bagian Structure & Written Expression dengan mengimplementasikan trik tersebut. |
Kriteria : Pemahaman dan implementasi trik Bentuk : Tes
|
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) |
TOEIC Preparation: Structure & Written Expression Skill Lin Lougheed, Baron's : How to Prepare for the TOEIC : Test of English for International Communication, 2004, Binarupa Aksara, Jakarta. |
3 |
|||
14 | 14. Ketepatan dalam menganalisa bentuk triktrik penguasaan Reading Comprehension. |
Ketepatan dalam mempraktekan bentuk trik - trik Structure & Written Expression pada TOEIC Prediction Test dan terdapat peningkatan skor TOEIC pada bagian Structure & Written Expression dengan mengimplementasikan trik tersebut.
|
Kriteria : Pemahaman dan implementasi trik Bentuk : Tes |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) |
TOEIC Preparation: Reading Skill Lin Lougheed, Baron's : How to Prepare for the TOEIC : Test of English for International Communication, 2004, Binarupa Aksara, Jakarta. |
3 |
|||
15 | 15. Ketepatan dalam mengerjakan soal TOEIC |
Ketepatan dalam mengerjakan soal TOEIC.
|
Kriteria : Implementasi trik pada TOEIC Bentuk : Tes |
Kuliah dan diskusi (3 x 50 Menit) |
TOEIC Prediction Lin Lougheed, Baron's : How to Prepare for the TOEIC : Test of English for International Communication, 2004, Binarupa Aksara, Jakarta. |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Abdul Gafur lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan PERHOTELAN Program Studi Tata Boga |
|