.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:intanrawit.sapanti@idlitera.uad.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 10, 2025, 11:10 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Bahasa Asing Pilihan (Mandarin) |
MP230421 |
1 |
1 |
2 |
42 |
3 |
04-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Intan Rawit Sapanti |
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. |
NIP/NIK. 199104022019032018 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-11) Menerapkan nilai-nilai hospitality (Integritas, Sempurna, Terpercaya, Profesional, Berkepribadian), dan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-8) Konsep dan teknik komunikasi lisan dan tulisan dalam Bahasa Indonesia, minimal satu bahasa internasional, atau minimal satu bahasa asing lainnya, dan (P-9) Prinsip dan teknik komunikasi persuasif dan lintas budaya. |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu secara mandiri mengelola kegiatan operasional hotel berskala kecil (meliputi kemampuan merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi kegiatan operasional hotel) yang dapat dibuktikan dengan bertambahnya tingkat kepuasan tamu hotel khususnya pada aspek jumlah tamu, reliabilitas dan responsibilitas layanan, kebersihan, dan efisiensi harga |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-4) Mampu menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni yang mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu memahami dan menerapkan kemampuan dasar berkomunikasi dalam bahasa Mandarin |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
memahami cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, meminta izin, memberi instruksi dan memperkenalkan diri, serta cara meresponnya terkait identitas diri dan kehidupan kampus dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya sesuai dengan konteks menyusun teks lisan dan tulis sederhana untuk merespon perkenalan diri, sapaan, pamitan ucapan terima kasih, permintaan maaf, permintaan izin dan instruksi terkait topik identotas diri dan kehidupan kampus dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya secara benar dan sesuai konteks Mengidentifikasi nama hari, tanggal, bulan, tahun, jam, waktu dalam tindak tutur memeberi dan meninta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis Memproduksi tindak tutur berupa teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan nama hari, tanggal, bulan, tahun, waktu dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Bahasa Asing Pilihan (Mandarin) mempelajari tentang dasar-dasar bahasa mandarin | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
|
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Mandika Mandiri dkk, 2018. Bahasa Mandarin Untuk SMA kelas X, Esis Jakarta2. Muryani J S. 2015. Bahasa Mandarin Untuk Pemula. Erlangga - Jakarta3. Elizabeth S. 2017. Paket Complete Mandarin. kesaint Blanc - Jakarta |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : PPT2. Whiteboard & boardmarker3. LCD4. Laptop5. Flash card6. Speaker |
|||||||
Dosen Pengampu |
Intan Rawit Sapanti, |
Mata Kuliah |
Bahasa Asing Pilihan (Mandarin) |
|||
Kode Mata Kuliah |
MP230421 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||||||||
1 | memahami cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, meminta izin, memberi instruksi dan memperkenalkan diri, serta cara meresponnya terkait identitas diri dan kehidupan kampus dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya sesuai dengan konteks |
|
|
|
|
2 |
|||||||||
2 | memahami cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, meminta izin, memberi instruksi dan memperkenalkan diri, serta cara meresponnya terkait identitas diri dan kehidupan kampus dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya sesuai dengan konteks |
1, Mahasiswa dapat mengindentifikasi ujaran yang didengar2. Mahasiswa dapat menanyakan cara pelafalan yang tidak dipahami3. Mahasiswa dapat menanyakan ujaran tentang menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih dan memperkenalkan diri |
|
|
|
2 |
|||||||||
3 | memahami cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, meminta izin, memberi instruksi dan memperkenalkan diri, serta cara meresponnya terkait identitas diri dan kehidupan kampus dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya sesuai dengan konteks |
|
|
|
|
2 |
|||||||||
4 | memahami cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, meminta izin, memberi instruksi dan memperkenalkan diri, serta cara meresponnya terkait identitas diri dan kehidupan kampus dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya sesuai dengan konteks |
|
|
|
|
2 |
|||||||||
5 | memahami cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, meminta izin, memberi instruksi dan memperkenalkan diri, serta cara meresponnya terkait identitas diri dan kehidupan kampus dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya sesuai dengan konteks |
|
|
|
|
2 |
|||||||||
6 | memahami cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, meminta izin, memberi instruksi dan memperkenalkan diri, serta cara meresponnya terkait identitas diri dan kehidupan kampus dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya sesuai dengan konteks |
|
|
|
Mandika Mandiri dkk, 2018. Bahasa Mandarin Untuk SMA kelas X, Esis Jakarta2. Muryani J S. 2015. Bahasa Mandarin Untuk Pemula. Erlangga - Jakarta3. Elizabeth S. 2017. Paket Complete Mandarin. kesaint Blanc - Jakarta |
2 |
|||||||||
7 | memahami cara menyapa, berpamitan, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, meminta izin, memberi instruksi dan memperkenalkan diri, serta cara meresponnya terkait identitas diri dan kehidupan kampus dengan memperhatikan unsur kebahasaan, struktur teks dan unsur budaya sesuai dengan konteks |
|
|
|
Mandika Mandiri dkk, 2018. Bahasa Mandarin Untuk SMA kelas X, Esis Jakarta2. Muryani J S. 2015. Bahasa Mandarin Untuk Pemula. Erlangga - Jakarta3. Elizabeth S. 2017. Paket Complete Mandarin. kesaint Blanc - Jakarta |
2 |
|||||||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||||||||
9 | Mengidentifikasi nama hari, tanggal, bulan, tahun, jam, waktu dalam tindak tutur memeberi dan meninta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis |
|
|
|
Mandika Mandiri dkk, 2018. Bahasa Mandarin Untuk SMA kelas X, Esis Jakarta2. Muryani J S. 2015. Bahasa Mandarin Untuk Pemula. Erlangga - Jakarta3. Elizabeth S. 2017. Paket Complete Mandarin. kesaint Blanc - Jakarta |
5 |
|||||||||
10 | Mengidentifikasi nama hari, tanggal, bulan, tahun, jam, waktu dalam tindak tutur memeberi dan meninta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis |
|
|
|
Mandika Mandiri dkk, 2018. Bahasa Mandarin Untuk SMA kelas X, Esis Jakarta2. Muryani J S. 2015. Bahasa Mandarin Untuk Pemula. Erlangga - Jakarta3. Elizabeth S. 2017. Paket Complete Mandarin. kesaint Blanc - Jakarta |
5 |
|||||||||
11 | Mengidentifikasi nama hari, tanggal, bulan, tahun, jam, waktu dalam tindak tutur memeberi dan meninta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis |
|
|
|
Mandika Mandiri dkk, 2018. Bahasa Mandarin Untuk SMA kelas X, Esis Jakarta2. Muryani J S. 2015. Bahasa Mandarin Untuk Pemula. Erlangga - Jakarta3. Elizabeth S. 2017. Paket Complete Mandarin. kesaint Blanc - Jakarta |
6 |
|||||||||
12 | Mengidentifikasi nama hari, tanggal, bulan, tahun, jam, waktu dalam tindak tutur memeberi dan meninta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis |
|
|
|
Tahun Mandika Mandiri dkk, 2018. Bahasa Mandarin Untuk SMA kelas X, Esis Jakarta2. Muryani J S. 2015. Bahasa Mandarin Untuk Pemula. Erlangga - Jakarta3. Elizabeth S. 2017. Paket Complete Mandarin. kesaint Blanc - Jakarta |
10 |
|||||||||
13 | Mengidentifikasi nama hari, tanggal, bulan, tahun, jam, waktu dalam tindak tutur memeberi dan meninta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis |
|
|
|
Jam Mandika Mandiri dkk, 2018. Bahasa Mandarin Untuk SMA kelas X, Esis Jakarta2. Muryani J S. 2015. Bahasa Mandarin Untuk Pemula. Erlangga - Jakarta3. Elizabeth S. 2017. Paket Complete Mandarin. kesaint Blanc - Jakarta |
10 |
|||||||||
14 | Mengidentifikasi nama hari, tanggal, bulan, tahun, jam, waktu dalam tindak tutur memeberi dan meninta informasi sesuai konteks penggunaannya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaaan dari teks interaksi transaksional lisan dan tulis |
|
|
|
Waktu Mandika Mandiri dkk, 2018. Bahasa Mandarin Untuk SMA kelas X, Esis Jakarta2. Muryani J S. 2015. Bahasa Mandarin Untuk Pemula. Erlangga - Jakarta3. Elizabeth S. 2017. Paket Complete Mandarin. kesaint Blanc - Jakarta |
10 |
|||||||||
15 | Memproduksi tindak tutur berupa teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan nama hari, tanggal, bulan, tahun, waktu dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai dengan konteks |
|
|
|
Mandika Mandiri dkk, 2018. Bahasa Mandarin Untuk SMA kelas X, Esis Jakarta2. Muryani J S. 2015. Bahasa Mandarin Untuk Pemula. Erlangga - Jakarta3. Elizabeth S. 2017. Paket Complete Mandarin. kesaint Blanc - Jakarta |
10 |
|||||||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
10 |
|||||||||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Intan Rawit Sapanti lahir di pada tanggal Jabatan fungsional Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|