.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:yudiono.education@gmail.com |
Generated by SPMI apps :@April 10, 2025, 8:44 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||||
PROGRAM
STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN |
||||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||||
T |
P |
TOTAL |
||||||||
Pengelolaan Kantor Depan |
MP350821 |
1 |
1 |
2 |
42 |
5 |
09-10-2023 |
|||
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||||
Febri Yudiono |
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
|||||||||
NIP/NIK. |
NIP/NIK. 199104022019032018 |
|||||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||||
SIKAP |
||||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan (S-11) Menerapkan nilai-nilai hospitality (Integritas, Sempurna, Terpercaya, Profesional, Berkepribadian), dan |
||||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||||
(P-3) Konsep, prinsip, dan metode perencanaan kapasitas dan tata letak fasilitas, sistem disain kerja (work system design) dan penjadwalan (P-7) Konsep teoretis kepemimpinan, teamwork dan perilaku organisasi secara umum (P-9) Prinsip dan teknik komunikasi persuasif dan lintas budaya. |
||||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||||
(KU-4) Mampu merancang prosedur operasional baru pada bidang divisi kamar dan divisi tata hidang yang efektif dan efisien baik secara mandiri maupun bersama kelompok (KU-5) Mampu secara mandiri memperbaiki prosedur yang sudah ada pada bidang divisi kamar dan divisi tata hidang yang dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi (KU-6) Mampu secara mandiri dan berkelompok merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi pelatihan Sumber Daya Manusia hotel berskala kecil yang dibuktikan dengan peningkatan kompetensi karyawan di bidang divisi kamar dan tata hidang |
||||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||||
(KK-7) Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskkan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya (KK-8) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri dan |
||||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||||
Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang bagaimana mengatur dan bekerja di meja depan (front office) dan melakukan koordinasi dengan departemen lainnya Mahasiswa mampu melakukan pelayanan front office dengan benar dan nyaman |
||||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||||
Mahasiswa mampu memahami tentang industri perhotelan Mahasiswa mampu memahami penentuan tarif kamar hotel Mahasiswa mampu memahami tata cara menangani tamu saat kedatangan Mahasiswa mampu memahami penanganan tamu selama dan sesudah menginap Mahasiswa mampu memahami pentingnya reservasi Mahasiswa mampu memahami penggunaan sistem reservasi/ pemesanan kamar Mahasiswa mampu memahami mekanisme pembatalan dan kerugian yang diakibatkannya Mahasiswa mampu memahami teknik penjualan kamar hotel Mahasiswa mampu memahami proses kedatangan tamu Mahasiswa mampu memahami tata cara registrasi tamu Mahasiswa mampu memahami berbagai jenis pelayanan selama tamu menginap Mahasiswa mampu memahami koordinasi dengan departemen lain |
||||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Pengelolaan Tata Graha dan Fasilitas mempelajari
|
|||||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. , klasifikasi dan elemen-elemen penunjang perhotelan 2. tata cara penentuan tarif dasar 3. perbedaan tarif berdasarkan tipe dan sumber pesanan kamar 4. menangani kedatangan tamu dengan baik 5. perbedaan tipe reservasi 6. sistem reservasi dan tipe reservasi 7. mekanisme pembatalan dan kerugiannya 8. mempromosikan hotel dengan menggunakan berbagai media 9. menerima kedatangan tamu dengan pelayanan yang baik 10. Registrasi (non automatic, semi automatic and automatic) 11. pelayanan yang benar selama tamu menginap 12. mengatasi komplain tamu dengan sopan 13. Koordinasi front office dengan departemen lainnya |
|||||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||||
Dosen Pengampu |
Febri Yudiono, |
Mata Kuliah |
Pengelolaan Kantor Depan |
|||
Kode Mata Kuliah |
MP350821 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
||||||
1 | Mahasiswa mampu memahami tentang industri perhotelan |
|
Tanya Jawab |
ceramah dan Tanya Jawab |
|
2 |
||||||
2 | Mahasiswa mampu memahami tentang industri perhotelan |
|
Diskusi |
ceramah |
Kasavana, M. and Brooks, R. 2001. Managing Front Office Operations (6th ed.), New York: Educational Institute of the American Hotel.2. Bardi, J. 2002. Hotel Front Office Management (3rd ed.). New York: Wiley.3. Ismail, A. 2001. Front Office Operations and Management. (1st ed.). New York: Thomson Delmar Learning |
2 |
||||||
3 | Mahasiswa mampu memahami penentuan tarif kamar hotel |
|
Tanya Jawab |
Ceramah |
Kasavana, M. and Brooks, R. 2001. Managing Front Office Operations (6th ed.), New York: Educational Institute of the American Hotel.2. Bardi, J. 2002. Hotel Front Office Management (3rd ed.). New York: Wiley.3. Ismail, A. 2001. Front Office Operations and Management. (1st ed.). New York: Thomson Delmar Learning |
2 |
||||||
4 | Mahasiswa mampu memahami tata cara menangani tamu saat kedatangan |
|
Tanya Jawab |
Ceramah |
Kasavana, M. and Brooks, R. 2001. Managing Front Office Operations (6th ed.), New York: Educational Institute of the American Hotel.2. Bardi, J. 2002. Hotel Front Office Management (3rd ed.). New York: Wiley.3. Ismail, A. 2001. Front Office Operations and Management. (1st ed.). New York: Thomson Delmar Learning |
2 |
||||||
5 | Mahasiswa mampu memahami penanganan tamu selama dan sesudah menginap |
|
Tanya Jawab |
Ceramah |
Kasavana, M. and Brooks, R. 2001. Managing Front Office Operations (6th ed.), New York: Educational Institute of the American Hotel.2. Bardi, J. 2002. Hotel Front Office Management (3rd ed.). New York: Wiley.3. Ismail, A. 2001. Front Office Operations and Management. (1st ed.). New York: Thomson Delmar Learning |
2 |
||||||
6 | Mahasiswa mampu memahami pentingnya reservasi |
|
Tanya Jawab |
Diskusi |
Kasavana, M. and Brooks, R. 2001. Managing Front Office Operations (6th ed.), New York: Educational Institute of the American Hotel.2. Bardi, J. 2002. Hotel Front Office Management (3rd ed.). New York: Wiley.3. Ismail, A. 2001. Front Office Operations and Management. (1st ed.). New York: Thomson Delmar Learning |
2 |
||||||
7 | Mahasiswa mampu memahami penggunaan sistem reservasi/ pemesanan kamar |
|
Tanya Jawab |
Diskusi |
Kasavana, M. and Brooks, R. 2001. Managing Front Office Operations (6th ed.), New York: Educational Institute of the American Hotel.2. Bardi, J. 2002. Hotel Front Office Management (3rd ed.). New York: Wiley.3. Ismail, A. 2001. Front Office Operations and Management. (1st ed.). New York: Thomson Delmar Learning |
2 |
||||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
||||||||||
9 | Mahasiswa mampu memahami mekanisme pembatalan dan kerugian yang diakibatkannya |
|
Tanya Jawab |
Ceramah |
Kasavana, M. and Brooks, R. 2001. Managing Front Office Operations (6th ed.), New York: Educational Institute of the American Hotel.2. Bardi, J. 2002. Hotel Front Office Management (3rd ed.). New York: Wiley.3. Ismail, A. 2001. Front Office Operations and Management. (1st ed.). New York: Thomson Delmar Learning |
5 |
||||||
10 | Mahasiswa mampu memahami teknik penjualan kamar hotel |
|
Tanya Jawab |
Ceramah |
Kasavana, M. and Brooks, R. 2001. Managing Front Office Operations (6th ed.), New York: Educational Institute of the American Hotel.2. Bardi, J. 2002. Hotel Front Office Management (3rd ed.). New York: Wiley.3. Ismail, A. 2001. Front Office Operations and Management. (1st ed.). New York: Thomson Delmar Learning |
5 |
||||||
11 | Mahasiswa mampu memahami proses kedatangan tamu |
|
Tanya Jawab |
Ceramah |
Kasavana, M. and Brooks, R. 2001. Managing Front Office Operations (6th ed.), New York: Educational Institute of the American Hotel.2. Bardi, J. 2002. Hotel Front Office Management (3rd ed.). New York: Wiley.3. Ismail, A. 2001. Front Office Operations and Management. (1st ed.). New York: Thomson Delmar Learning |
5 |
||||||
12 | Mahasiswa mampu memahami tata cara registrasi tamu |
|
Tanya jawab |
ceramah |
Kasavana, M. and Brooks, R. 2001. Managing Front Office Operations (6th ed.), New York: Educational Institute of the American Hotel.2. Bardi, J. 2002. Hotel Front Office Management (3rd ed.). New York: Wiley.3. Ismail, A. 2001. Front Office Operations and Management. (1st ed.). New York: Thomson Delmar Learning |
5 |
||||||
13 | Mahasiswa mampu memahami berbagai jenis pelayanan selama tamu menginap |
|
Tanya Jawab |
Ceramah |
Kasavana, M. and Brooks, R. 2001. Managing Front Office Operations (6th ed.), New York: Educational Institute of the American Hotel.2. Bardi, J. 2002. Hotel Front Office Management (3rd ed.). New York: Wiley.3. Ismail, A. 2001. Front Office Operations and Management. (1st ed.). New York: Thomson Delmar Learning |
6 |
||||||
14 | Mahasiswa mampu memahami berbagai jenis pelayanan selama tamu menginap |
|
Tanya Jawab |
Ceramah |
Kasavana, M. and Brooks, R. 2001. Managing Front Office Operations (6th ed.), New York: Educational Institute of the American Hotel.2. Bardi, J. 2002. Hotel Front Office Management (3rd ed.). New York: Wiley.3. Ismail, A. 2001. Front Office Operations and Management. (1st ed.). New York: Thomson Delmar Learning |
10 |
||||||
15 | Mahasiswa mampu memahami koordinasi dengan departemen lain |
|
Tanya Jawab |
Ceramah |
Kasavana, M. and Brooks, R. 2001. Managing Front Office Operations (6th ed.), New York: Educational Institute of the American Hotel.2. Bardi, J. 2002. Hotel Front Office Management (3rd ed.). New York: Wiley.3. Ismail, A. 2001. Front Office Operations and Management. (1st ed.). New York: Thomson Delmar Learning |
10 |
||||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
||||||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Febri Yudiono lahir di pada tanggal Jabatan fungsional Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|