.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:lisnawaty.simatupang@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 30, 2025, 1:46 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TATA BOGA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
DASAR-DASAR MANAJEMEN |
TB230115 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
04-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Lisnawaty Simatupang S.S., M.Hum. |
Dr. Tuatul Mahfud S.Pd., M.Pd. |
|||||||
NIP/NIK. 199112222020122003 |
NIP/NIK. 198609252012121001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S-9) Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-11) Menunjukkan sikap responsif dan inovatif, profesional sesuai dengan global code ethic of tourism |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-6) Menguasai konsep dasar manajemen (P-14) Menguasai prinsip dan teknik komunikasi efektif untuk bekerja dalam tim (P-16) Menguasai pengetahuan factual tentang regulasi ketenagakerjaan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-3) Mampu memecahkan maslah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, berinovatif dalam pekerjaannya (KU-6) Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang verada di bawah tanggungjawabnya (KU-7) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang verada dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-11) Mampu menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerjanya dan dapat bekerjasama dalam kerja kelompok (team work) (KK-13) Mampu menerapkan etika pergaulan dan praktik profesional dalam pekerjaan (KK-14) Mampu mengelola SDM dalam bekerja secara kelompok baik sebagai anggota maupun sebagai pemimpin (KK-16) Mampu melakukan evaluasi etrhadap pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya sendiri maupun menjadi tanggungjawab kelompok kerja (KK-17) Mampu melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggung jawab kelompok kerja (team work) yang dipimpinnya. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampuu memahami dan mendiskusika konsep dasar manajemen Mahasiswa mampu mengimpelementasikan ilmu manajemen secara logis dan kritis Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan mengkaji masalah bidang manajemen |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
1.Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan manajemen dan organisasi 2. Mampu menjelaskan hubungan manusiawi dan manajemen modern dalam sejarah manajemen 3.Mampu memahami dan menjelaskan perencanaan dalam manajemen 4. Mampu memahami dan menjelaskan Perencanaan strategi dan perencanaan operasional 5. Mampu memahami dan menjelaskan penilaian efektivitas perencanaan 6. Mampu memahami dan menjelaskan pengorganisasian dalam organisasi 7. Mampu menjelaskan pentingnya koordinasi dalam organisasi serta rentang manajemen 8. Mampu memahami dan menjelaskan wewenang salam organisasi serta pendelegasian dalam organisasi 9. Mampu memahami dan menjelaskan desentralisasi salam pengorganisasian dan penyusunan personalia organisasj 10. Mampu melaksanakan praktik pengorganisasian dan penyusunan personalia 11. Mampu menjelaskan pentingnya motivasi dan komunikasi dalam organisasi 12. Mampu menjelaskan kepemimpinan dalam pengarahan dan pengembangan organisasi, serta mampu melaksanakan praktik kepemimpinan 13. Mampu menjelaskan pengertian dan pentingnya pengawasan 14. Mampu membuat perancang proses pengawasan dan melaksanakan praktik pengawasan |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah DASAR-DASAR MANAJEMEN mempelajari konsep dan fungsi manajemen dari perencanaan hingga pengawasan untuk diri sendiri dan organisasi. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Sejarah majamamen, perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengembangan organisasi, pengawasan |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Handoko, T. 2001. Manajemen. Yogyakarta: BFE Hadapi, M. 2004. Manajemen. Yogyakarta: UPP AMP YKPN Stoner, J. 2002. Manajemen. Jakarta: Salemba |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : PowerPoint LCD dan Projector |
|||||||
Dosen Pengampu |
Lisnawaty Simatupang, |
Mata Kuliah |
DASAR-DASAR MANAJEMEN |
|||
Kode Mata Kuliah |
TB230115 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | 1.Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan manajemen dan organisasi |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Luring Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Kuliah Tugas 2: Reviu materi manajemen dan organisasi Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Handoko, T. 2001. Manajemen. Yogyakarta: BFE Hadapi, M. 2004. Manajemen. Yogyakarta: UPP AMP YKPN Stoner, J. 2002. Manajemen. Jakarta: Salemba |
2 |
|||
2 | 2. Mampu menjelaskan hubungan manusiawi dan manajemen modern dalam sejarah manajemen |
Ketepatan menjelaskan menjelaskan aliran klasik dalam Sejarah Manajeme, hubungan manusiawi dan manajemen modernadalam Sejarah Manajemen. |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Luring Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Kuliah Tugas 2: Reviu materi hubungan manusiawi dan manajemen modernadalam Sejarah Manajemen. Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Handoko, T. 2001. Manajemen. Yogyakarta: BFE Hadapi, M. 2004. Manajemen. Yogyakarta: UPP AMP YKPN Stoner, J. 2002. Manajemen. Jakarta: Salemba |
2 |
|||
3 | 3.Mampu memahami dan menjelaskan perencanaan dalam manajemen |
ketepatan mejelaskan pengertian dan pentingnya Perencanaan dalam manajemen. Mampu menjelaskan tahap – tahap Perencanaan. |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Kuliah Tugas 2: Reviu materi Perencanaan dalam manajemen Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Handoko, T. 2001. Manajemen. Yogyakarta: BFE Hadapi, M. 2004. Manajemen. Yogyakarta: UPP AMP YKPN Stoner, J. 2002. Manajemen. Jakarta: Salemba |
3 |
|||
4 | 4. Mampu memahami dan menjelaskan Perencanaan strategi dan perencanaan operasional |
Ketepatan menjelaskan hubugan Perencanaan dengan fungsi lain dalam manajemen. Mampu menjelaskan perbedaan Perencanaan strategis dengan perencanaan operasional. |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Luring Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Kuliah Tugas 2: Reviu materi Perencanaan strategis dengan perencanaan operasional Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Handoko, T. 2001. Manajemen. Yogyakarta: BFE Hadapi, M. 2004. Manajemen. Yogyakarta: UPP AMP YKPN Stoner, J. 2002. Manajemen. Jakarta: Salemba |
3 |
|||
5 | 5. Mampu memahami dan menjelaskan penilaian efektivitas perencanaan |
ketepatan menjelaskan hambatan Perencanaan yang efektif dan kriteria penilaian efektifitas perencanaan. Mampu mempraktikkan untuk membuat Perencanaan |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Luring Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Kuliah Tugas : Reviu materi kriteria penilaian efektifitas perencanaan Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Handoko, T. 2001. Manajemen. Yogyakarta: BFE Hadapi, M. 2004. Manajemen. Yogyakarta: UPP AMP YKPN Stoner, J. 2002. Manajemen. Jakarta: Salemba |
3 |
|||
6 | 6. Mampu memahami dan menjelaskan pengorganisasian dalam organisasi |
Ketepatan menjelaskan pengertian dan pentingnya Pengorganisasian dalam organisasi. Mampu menjelaskan pembagian kerja dan struktur organisasi dalam pengorganisasian. |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Luring Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Kuliah Tugas : Reviu materi Pengorganisasian dalam organisasi Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Handoko, T. 2001. Manajemen. Yogyakarta: BFE Hadapi, M. 2004. Manajemen. Yogyakarta: UPP AMP YKPN Stoner, J. 2002. Manajemen. Jakarta: Salemba |
3 |
|||
7 | 7. Mampu menjelaskan pentingnya koordinasi dalam organisasi serta rentang manajemen |
Ketepatan menjelaskan pentingnya koordinasi dalam organisasi. Mampu menjelaskan rentang manajemen. |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Luring Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Kuliah Tugas : Reviu materi koordinasi dalam organisasi dan rentang manajemen Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Handoko, T. 2001. Manajemen. Yogyakarta: BFE Hadapi, M. 2004. Manajemen. Yogyakarta: UPP AMP YKPN Stoner, J. 2002. Manajemen. Jakarta: Salemba |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | 8. Mampu memahami dan menjelaskan wewenang salam organisasi serta pendelegasian dalam organisasi |
Ketepatan menjelaskan wewenang dan pendelegasian dalam organisasi. |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Luring Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Kuliah Tugas : Reviu materi wewenang dan pendelegasian dalam organisasi. Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Handoko, T. 2001. Manajemen. Yogyakarta: BFE Hadapi, M. 2004. Manajemen. Yogyakarta: UPP AMP YKPN Stoner, J. 2002. Manajemen. Jakarta: Salemba |
3 |
|||
10 | 9. Mampu memahami dan menjelaskan desentralisasi salam pengorganisasian dan penyusunan personalia organisasj |
Ketepatan menjelaskan desentralisasi dalam pengorganisasian dan penyusunan personalia organisasi. |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Luring Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Kuliah Tugas : Reviu materi desentralisasi dalam pengorganisasian dan penyusunan personalia organisasi Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Handoko, T. 2001. Manajemen. Yogyakarta: BFE Hadapi, M. 2004. Manajemen. Yogyakarta: UPP AMP YKPN Stoner, J. 2002. Manajemen. Jakarta: Salemba |
3 |
|||
11 | 10. Mampu melaksanakan praktik pengorganisasian dan penyusunan personalia |
Ketepatan melaksanakan praktik Pengorganisasi dan penyusunan personalia. |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Luring Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Kuliah Tugas : Reviu materi pengorganisasi dan penyusunan personalia. Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Handoko, T. 2001. Manajemen. Yogyakarta: BFE Hadapi, M. 2004. Manajemen. Yogyakarta: UPP AMP YKPN Stoner, J. 2002. Manajemen. Jakarta: Salemba |
3 |
|||
12 | 11. Mampu menjelaskan pentingnya motivasi dan komunikasi dalam organisasi |
Ketepatan menjelaskan pentingnya motivasi dan komunikasi dalam organisasi. |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Luring Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Kuliah Tugas : Reviu materi motivasi dan komunikasi dalam organisasi. Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Handoko, T. 2001. Manajemen. Yogyakarta: BFE Hadapi, M. 2004. Manajemen. Yogyakarta: UPP AMP YKPN Stoner, J. 2002. Manajemen. Jakarta: Salemba |
3 |
|||
13 | 12. Mampu menjelaskan kepemimpinan dalam pengarahan dan pengembangan organisasi, serta mampu melaksanakan praktik kepemimpinan |
Ketepatan menjelaskan kepemimpinan dalam Pengarahan dan pengembangan organisasi |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Luring Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Kuliah Tugas : Reviu materi kepemimpinan dalam Pengarahan dan pengembangan organisasi Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Handoko, T. 2001. Manajemen. Yogyakarta: BFE Hadapi, M. 2004. Manajemen. Yogyakarta: UPP AMP YKPN Stoner, J. 2002. Manajemen. Jakarta: Salemba |
3 |
|||
14 | 13. Mampu menjelaskan pengertian dan pentingnya pengawasan |
Ketepatan menjelaskan pengertian dan pentingnya pengawasan, tipe – tipe dan tahap tahap Pengawasan. |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Luring Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Kuliah Tugas : Reviu materi pentingnya pengawasan, tipe – tipe dan tahap tahap Pengawasan. Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Handoko, T. 2001. Manajemen. Yogyakarta: BFE Hadapi, M. 2004. Manajemen. Yogyakarta: UPP AMP YKPN Stoner, J. 2002. Manajemen. Jakarta: Salemba |
3 |
|||
15 | 14. Mampu membuat perancang proses pengawasan dan melaksanakan praktik pengawasan |
ketepatan membuat perancangan proses Pengawasan |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Luring Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): Kuliah Tugas : Reviu materi perancangan proses Pengawasan Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Handoko, T. 2001. Manajemen. Yogyakarta: BFE Hadapi, M. 2004. Manajemen. Yogyakarta: UPP AMP YKPN Stoner, J. 2002. Manajemen. Jakarta: Salemba |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Lisnawaty Simatupang lahir di Dairi pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|