.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:andi.yasir@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:53 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
|||||||
PROGRAM
STUDI TATA BOGA |
|||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
|||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
||||
T |
P |
TOTAL |
|||||||
KOMPUTER |
TB110315 |
1 |
1 |
2 |
56 |
1 |
17-09-2023 |
||
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
|||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
|||||||
Andi Yasir Amsal S.Pd., M.Pd. |
Dr. Tuatul Mahfud S.Pd., M.Pd. |
||||||||
NIP/NIK. 199105052022031009 |
NIP/NIK. 198609252012121001 |
||||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
||||||||
SIKAP |
|||||||||
(S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S-6) Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-9) Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-11) Menunjukkan sikap responsif dan inovatif, profesional sesuai dengan global code ethic of tourism |
|||||||||
PENGETAHUAN |
|||||||||
(P-14) Menguasai prinsip dan teknik komunikasi efektif untuk bekerja dalam tim |
|||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
||||||||
(KU-3) Mampu memecahkan maslah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, berinovatif dalam pekerjaannya (KU-8) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
|||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
|||||||||
(KK-8) Mampu menggunakan teknologi informasi di bidang tata boga (KK-15) Mampu menyiapkan dan menyusun laporan tertulis tentang hasil pekerjaan baik yang menjadi tanggung jawabnya sendiri maupun menjadi tanggungjawab kelompok kerja (team work) secara komprehensif |
|||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
||||||||
Mahasiswa mampu pengoperasian aplikasi perangkat lunak yang dimanfaatkan untuk mengolah, menyimpan, dan mengombinasikan data berbentuk dokumen Mahasiswa mampu membuat desain grafis dan editing video. Mahasiswa mampu membuat web blog sederhana. |
|||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
|||||||||
Sub CP-MK 1: Menjelaskan pengertian komputer dan mengetahui sejarah computer (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9, P 14) Sub CP-MK 1: Menjelaskan manfaat komputerserta definisi dari software, hardware, dan brainware (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9, P 14) Sub CP-MK 1: Penerapan menu-menu, asar pengetikan, shortcut Microsoft Word (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9 ,P 14, KU 3, KU 4, KU 5, KU 8, KK 8, KK 15) Sub CP-MK 1: Membuat daftar isi, header, footer, dan mengatur penomoran halaman Microsoft word (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9 ,P 14, KU 3, KU 4, KU 5, KU 8, KK 8, KK 15) Sub CP-MK 1: Membuat presentasi menggunakan Microsoft power point (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9 ,P 14, KU 3, KU 4, KU 5, KU 8, KK 8, KK 15) Sub CP-MK 1: Membuat tabel, grafik, dan menerjemahkan operasi dasar matematika kedalam Microsoft excel (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9 ,P 14, KU 3, KU 4, KU 5, KU 8, KK 8, KK 15) Sub CP-MK 1: Mengolah data menggunakan fungsi formula pada Microsoft excel (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9 ,P 14, KU 3, KU 4, KU 5, KU 8, KK 8, KK 15) Sub CP-MK 2: Membuat desain grafis menggunakan Aplikasi Canva (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9, P 14, KU 3, KU 5, KU 8, KK 8) Sub CP-MK 2: Menginstal dan memahami fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi editing video wondershare filmora (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9, P 14, KU 3, KU 5, KU 8, KK 8) Sub CP-MK 2: Membuat sebuah video dengan memadukan suara, teks, gambar, serta video dengan baik menggunakan aplikasi wondershare filmora (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9, P 14, KU 3, KU 5, KU 8, KK 8) Sub CP-MK 3: Membuat web blog sederhama menggunakan Blogger (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9, P 14, KU 3, KU 5, KU 8, KK 8) Sub CP-MK 3:Melakukan editing template web blog (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9, P 14, KU 3, KU 5, KU 8, KK 8) Sub CP-MK 3:Melakukan optimalisasi artikel di web blog dengan menggunakan SEO (search engine optimization) (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9, P 14, KU 3, KU 5, KU 8, KK 8) Sub CP-MK 3:Melakukan pengindeksan artikel ke Google Search Console (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9, P 14, KU 3, KU 5, KU 8, KK 8) |
|||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Pada mata
kuliah ini, mahasiswa diarahkan dalam hal penguasaan teknologi komuter yang
khusus mengarah pada kompetensi dalam menggunakan teknologi informasi khususnya
mengoperasikan program aplikasi komputer, yaitu pengoperasian aplikasi
perangkat lunak yang dimanfaatkan untuk mengolah, menyimpan, dan
mengombinasikan data berbentuk dokumen, program
desain grafis, editing video, dan pembuatan web blog sederhana. Pada akhirnya,
dampak jangka panjang yang diharapkan dari pengembangan kompetensi tersebut kemapuan
mengoperasikan program aplikasi computer dengan baik pada bidang tata boga dan
menjadi pribadi yang memiliki semangat kemandirian, perjuangan, dan
kewirausahaan. |
||||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Pengenalan Komputer |
||||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1.
Daryanto.
2003. Pengetahuan Dasar Ilmu Komputer. Rama Widya. Bandung 2.
Daryanto.
2010. Teknik Komputer. Malang: Alfabeta. 3.
Erhans
Anggawirya. 2011. Microsoft Powerpoint 2010. Jakarta: PT. Ercontara Rajawali. 4.
Anonim, 2017.
Pengertian Power Point
Menurut Para Ahli.rangkumanpustaka.com. 5.
Anonim. 2020.
Mengungkap Kelebihan Microsoft PowerPoint. kreasipresentasi.com. 6.
Purnomo, C.
H. 2011. Panduan belajarOtodidak Microsoft Office
Word 2010. Mediakita. Jakarta. 7. Canva. (n.d.). Canva Untuk Pendidikan. https://www.canva.com/id_id/pendidikan/ |
||||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. Microsoft Office 2. Canva 3. Wondershare Filmora 4. Web blog 5. Video Alat : 1. LCD, 2. Proyektor 3. Laptop 4. Whiteboard |
||||||||
Dosen Pengampu |
Andi Yasir Amsal, |
Mata Kuliah |
KOMPUTER |
|||
Kode Mata Kuliah |
TB110315 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK 1: Menjelaskan pengertian komputer dan mengetahui sejarah computer (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9, P 14) |
1. Mahasiswa mampu memahami tujuan akhir , aturan kelas, dan sistem penilaian perkuliahan. |
Kriteria : Bentuk Penilaian: |
Metode Pembelajaran: Estimasi Waktu : |
Materi Pembelajaran : Pustaka : |
3 |
|||
2 | Sub CP-MK 1: Menjelaskan manfaat komputerserta definisi dari software, hardware, dan brainware (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9, P 14) |
1. Mahahasiswa mampu menjelaskan manfaat komputer |
Kriteria : Bentuk Penilaian : |
Metode Pembelajaran: Estimasi Waktu :
|
Materi Pembelajaran : Pustaka : |
3 |
|||
3 | Sub CP-MK 1: Penerapan menu-menu, asar pengetikan, shortcut Microsoft Word (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9 ,P 14, KU 3, KU 4, KU 5, KU 8, KK 8, KK 15) |
1. Mahasiswa mampu Mengetahui menu-menu Microsoft Word, |
Kriteria : Bentuk Penilaian : |
Metode Pembelajaran: Estimasi Waktu : |
Materi Pembelajaran: Pustaka : |
3 |
|||
4 | Sub CP-MK 1: Membuat daftar isi, header, footer, dan mengatur penomoran halaman Microsoft word (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9 ,P 14, KU 3, KU 4, KU 5, KU 8, KK 8, KK 15) |
1. Mahasiswa mampu Membuat daftar isi, header, footer, pada microsoft word |
Kriteria : Bentuk Penilaian : |
Metode Pembelajaran: Estimasi Waktu : |
Materi Pembelajaran: Pustaka :
|
3 |
|||
5 | Sub CP-MK 1: Membuat presentasi menggunakan Microsoft power point (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9 ,P 14, KU 3, KU 4, KU 5, KU 8, KK 8, KK 15) |
1. Mahasiswa mampu membuat template master pada Microsoft power point. |
Kriteria : Bentuk Penilaian : |
Metode Pembelajaran : Estimasi Waktu : |
Materi Pembelajaran: Pustaka : |
4 |
|||
6 | Sub CP-MK 1: Membuat tabel, grafik, dan menerjemahkan operasi dasar matematika kedalam Microsoft excel (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9 ,P 14, KU 3, KU 4, KU 5, KU 8, KK 8, KK 15) |
1. Mahasiswa mampu membuat tabel sederhana pada Microsoft excel |
Kriteria : Bentuk Penilaian : |
Metode Pembelajaran: Estimasi Waktu : |
Materi Pembelajaran: Pustaka : Pustaka : |
3 |
|||
7 | Sub CP-MK 1: Mengolah data menggunakan fungsi formula pada Microsoft excel (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9 ,P 14, KU 3, KU 4, KU 5, KU 8, KK 8, KK 15) |
1. Mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan formula pada pengolahan data di Microsoft excel |
Kriteria : Bentuk Penilaian : |
Metode Pembelajaran: Estimasi Waktu : |
Materi Pembelajaran: Pustaka : |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub CP-MK 2: Membuat desain grafis menggunakan Aplikasi Canva (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9, P 14, KU 3, KU 5, KU 8, KK 8) |
1. Mahasiswa mampu memahami fitur-fitur yang ada pada aplikasi canva |
Kriteria : Bentuk Penilaian : |
Metode Pembelajaran: Estimasi Waktu : |
Materi Pembelajaran: Pustaka : |
4 |
|||
10 | Sub CP-MK 2: Menginstal dan memahami fitur-fitur yang terdapat dalam aplikasi editing video wondershare filmora (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9, P 14, KU 3, KU 5, KU 8, KK 8) |
1. Mahasiswa mampu penginstalan aplikasi wondershare filmora |
Kriteria : Bentuk Penilaian : |
Metode Pembelajaran: Estimasi Waktu : |
Materi Pembelajaran: Pustaka : |
3 |
|||
11 | Sub CP-MK 2: Membuat sebuah video dengan memadukan suara, teks, gambar, serta video dengan baik menggunakan aplikasi wondershare filmora (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9, P 14, KU 3, KU 5, KU 8, KK 8) |
1. Mahasiswa mampu menyusun konsep video yang akan dibuat. |
Kriteria : Bentuk Penilaian : |
Metode Pembelajaran: Estimasi Waktu : |
Materi Pembelajaran: Pustaka : |
4 |
|||
12 | Sub CP-MK 3: Membuat web blog sederhama menggunakan Blogger (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9, P 14, KU 3, KU 5, KU 8, KK 8) |
1. Mahasiswa mampu membuat akun di blogger |
Kriteria : Bentuk Penilaian : |
Metode Pembelajaran: Estimasi Waktu : |
Materi Pembelajaran: Pustaka : |
4 |
|||
13 | Sub CP-MK 3:Melakukan editing template web blog (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9, P 14, KU 3, KU 5, KU 8, KK 8) |
1. Mahasiswa mampu memilih template yang sesuai dengan tema web blog masing-masing. |
Kriteria : Bentuk Penilaian : |
Metode Pembelajaran: Estimasi Waktu : |
Materi Pembelajaran: Pustaka : |
4 |
|||
14 | Sub CP-MK 3:Melakukan optimalisasi artikel di web blog dengan menggunakan SEO (search engine optimization) (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9, P 14, KU 3, KU 5, KU 8, KK 8) |
1. Mahasiswa mampu menyusun artikel di web blog dengan oprimasi kata kunci. |
Kriteria : Bentuk Penilaian : |
Metode Pembelajaran: Estimasi Waktu : |
Materi Pembelajaran: Pustaka : |
4 |
|||
15 | Sub CP-MK 3:Melakukan pengindeksan artikel ke Google Search Console (CPL : S 1, S 6, S 7, S 9, P 14, KU 3, KU 5, KU 8, KK 8) |
1. Mahasiswa mampu melakukan pendafratan di Google Search Console |
Kriteria : Bentuk Penilaian : |
Metode Pembelajaran: Estimasi Waktu : |
Materi Pembelajaran: Pustaka : |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Andi Yasir Amsal lahir di Bulukumba pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|