.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:andi.yasir@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:11 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Etika Profesi Perhotelan |
MP110121 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
17-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Andi Yasir Amsal S.Pd., M.Pd. |
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 199105052022031009 |
NIP/NIK. 199104022019032018 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademi (S-11) Menerapkan nilai-nilai hospitality (Integritas, Sempurna, Terpercaya, Profesional, Berkepribadian), dan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-8) Konsep dan teknik komunikasi lisan dan tulisan dalam Bahasa Indonesia, minimal satu bahasa internasional, atau minimal satu bahasa asing lainnya, dan (P-9) Prinsip dan teknik komunikasi persuasif dan lintas budaya. |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu secara mandiri mengelola kegiatan operasional hotel berskala kecil (meliputi kemampuan merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi kegiatan operasional hotel) yang dapat dibuktikan dengan bertambahnya tingkat kepuasan tamu hotel khususnya pada aspek jumlah tamu, reliabilitas dan responsibilitas layanan, kebersihan, dan efisiensi harga |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-6) Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerjasama dan hasil kerjasama di dalam maupun di luar lembaganya |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan etika profesi kejuruan bidang pariwisata dan perhotelan |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mahasiswa mengetahui kontrak kuliah dan memahami konsep etika profesi kejuruan bidang pariwisata dan perhotelan. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) Mahasiswa mampu menjelaskan profesi di bidang pariwisata dan perhotelan. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) Mahasiswa mampu menjelaskan etika profesi secara umum. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) Mahasiswa mampu menjelaskan isu-isu etika di bidang pariwisata dan perhotelan khususnya tentang Environmental issues and discrimination. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) Mahasiswa mampu menjelaskan isu-isu etika di bidang pariwisata dan perhotelan khususnya tentang Sexual harassment dan AIDS in the workplace. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) Mahasiswa mampu menjelaskan isu-isu etika di bidang pariwisata dan perhotelan khususnya tentang Advertising claims dan truth-in-menu laws. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Hospitality ethics curriculum: an industry perspective. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) Mahasiswa mampu menjelaskan tentang etika perhotelan: Perspektif dari praktisi hotel dan mahasiswa magang. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) Mahasiswa mampu menjelaskan tentang kode etik profesi di bidang pariwisata dan perhotelan. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) Mahasiswa mampu menjelaskan tentang profesionalisme kerja. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) Mahasiswa mampu menjelaskan tentang trend keterampilan untuk profesionalisme kerja di bidang pariwisata dan perhotelan. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) Mahasiswa mampu menjelaskan tentang chef’s competency as a key element in food tourism success: A literature review. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) Mahasiswa mampu menjelaskan tentang etos dan budaya kerja. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) Mahasiswa mampu menjelaskan tentang soft skill competency map for the apprenticeship programme in the Indonesian Balikpapan hospitality industry. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini membahas etika tentang etika dalam tata interaksi di tempat kerja dengan cakupan pembahasan meliputi pengertian etika dan moral, etika profesi secara umum, etika profesi pariwisata dan perhotelan. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Ruang lingkup etika profesi kejuruan |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Andi Yasir Amsal, |
Mata Kuliah |
Etika Profesi Perhotelan |
|||
Kode Mata Kuliah |
MP110121 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mahasiswa mengetahui kontrak kuliah dan memahami konsep etika profesi kejuruan bidang pariwisata dan perhotelan. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) |
Ketepatan menjelaskan ruang lingkup dan kontrak perkuliahan Etika Profesi pada bidang pariwisata dan perhotelan. |
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk : Diskusi |
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 2 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Ruang lingkup etika profesi kejuruan bidang pariwisata dan perhotelan. Pustaka : Iswanto.A (2015). Etika profesi Universitas Brawijaya: Malang Jaszay, C. (2002). Teaching Ethics in Hospitality Programs. Journal of Hospitality & Tourism Educaon, 14(3), 57-63. hps://doi.org/10.1080/10963758.2002.1069674 |
2 |
|||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan profesi di bidang pariwisata dan perhotelan. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) |
Ketepatan menjelaskan profesi di |
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 2 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Profesi dibidang pariwisata dan perhotelan Pustaka : Iswanto.A (2015). Etika profesi Universitas Brawijaya: Malang Jaszay, C. (2002). Teaching Ethics in Hospitality Programs. Journal of Hospitality & Tourism Educaon, 14(3), 57-63.https://doi.org/10.1080/10963758.2002.1069674 |
2 |
|||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan etika profesi secara umum. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) |
Ketepatan menjelaskan tentang etika profesi |
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 2 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Etika profesi di bidang pariwisata dan perhotelan Pustaka : Jaszay, C. (2002). Teaching Ethics in Hospitality Programs. Journal of Hospitality & Tourism Education, 14(3), 57–63. https://doi.org/10.1080/10963758.2002.10696744 |
3 |
|||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan isu-isu etika di bidang pariwisata dan perhotelan khususnya tentang Environmental issues and discrimination. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) |
Ketepatan menjelaskan isu-isu etika di bidang pariwisata dan perhotelan khususnya tentang Environmental issues and discrimination. |
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 2 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Isu-isu etika di bidang pariwisata dan perhotelan: Environmental issues and discrimination Pustaka : Iswanto.A (2015). Etika profesi Universitas Brawijaya: Malang Jaszay, C. (2002). Teaching Ethics in Hospitality Programs. Journal of Hospitality & Tourism Education, 14(3), 57–63. https://doi.org/10.1080/10963758.2002.10696744 Strietska-Ilina, O., & Tessaring, M. (2005). Trends and skill needs in tourism. Retrieved from https://www.cedefop.europa.eu/files/5161_en.pdf |
3 |
|||
5 | Mahasiswa mampu menjelaskan isu-isu etika di bidang pariwisata dan perhotelan khususnya tentang Sexual harassment dan AIDS in the workplace. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) |
Ketepatan menjelaskan isu-isu etika di bidang pariwisata dan perhotelan: Sexual harassment dan AIDS in the workplace |
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 2 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Isu-isu etika di bidang pariwisata dan perhotelan: Sexual harassment dan AIDS in the workplace Pustaka : Iswanto.A (2015). Etika profesi Universitas Brawijaya: Malang Jaszay, C. (2002). Teaching Ethics in Hospitality Programs. Journal of Hospitality & Tourism Education, 14(3), 57–63. https://doi.org/10.1080/10963758.2002.10696744 Strietska-Ilina, O., & Tessaring, M. (2005). Trends and skill needs in tourism. Retrieved from https://www.cedefop.europa.eu/files/5161_en.pdf |
4 |
|||
6 | Mahasiswa mampu menjelaskan isu-isu etika di bidang pariwisata dan perhotelan khususnya tentang Advertising claims dan truth-in-menu laws. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) |
Ketepatan menjelaskan isu-isu etika di bidang pariwisata dan perhotelan: Advertising claims dan truth-in-menu laws. |
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 2 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Isu-isu etika di bidang pariwisata dan perhotelan: Advertising claims dan truth-in-menu laws Pustaka : Iswanto.A (2015). Etika profesi Universitas Brawijaya: Malang Strietska-Ilina, O., & Tessaring, M. (2005). Trends and skill needs in tourism. Retrieved from https://www.cedefop.europa.eu/files/5161_en.pdf |
4 |
|||
7 | Mahasiswa mampu menjelaskan tentang Hospitality ethics curriculum: an industry perspective. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) |
Ketepatan menjelaskan tentang hospitality ethics curriculum: an industry perspective. |
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 2 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Review artikel: "Hospitality ethics curriculum: an industry perspective"
Pustaka : Iswanto.A (2015). Etika profesi Universitas Brawijaya: Malang Jaszay, C. (2002). Teaching Ethics in Hospitality Programs. Journal of Hospitality & Tourism Education, 14(3), 57–63. https://doi.org/10.1080/10963758.2002.10696744 Strietska-Ilina, O., & Tessaring, M. (2005). Trends and skill needs in tourism. Retrieved from https://www.cedefop.europa.eu/files/5161_en.pdf |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Mahasiswa mampu menjelaskan tentang etika perhotelan: Perspektif dari praktisi hotel dan mahasiswa magang. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) |
Ketepatan menjelaskan tentang etika perhotelan: Perspektif dari praktisi hotel dan mahasiswa magang. |
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 2 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Etika perhotelan: Perspektif dari praktisi hotel dan mahasiswa magang Pustaka : Sylvester, Y. (2004). Hospitality ethics curriculum: an industry perspective. International Journal of Contemporary Hospitality Management, 16(4), 253–262. https://doi.org/10.1108/09596110410537 |
4 |
|||
10 | Mahasiswa mampu menjelaskan tentang kode etik profesi di bidang pariwisata dan perhotelan. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) |
Ketepatan menjelaskan tentang kode etik profesi di bidang pariwisata dan perhotelan. |
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 2 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Kode Etik Profesi di bidang pariwisata dan perhotelan Pustaka : Iswanto.A (2015). Etika profesi Universitas Brawijaya: Malang Strietska-Ilina, O., & Tessaring, M. (2005). Trends and skill needs in tourism. Retrieved from https://www.cedefop.europa.eu/files/5161_en.pdf Kode Etik dalam Kepariwisataan (binus.ac.id) |
4 |
|||
11 | Mahasiswa mampu menjelaskan tentang profesionalisme kerja. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) |
Ketepatan menjelaskan tentang profesionalisme kerja. |
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 2 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Profesionalisme kerja Pustaka : Iswanto.A (2015). Etika profesi Universitas Brawijaya: Malang Mahfud, T., Kusuma, B. J., & Mulyani, Y. (2017). Soft skill competency map for the apprenticeship programme in the Indonesian balikpapan hospitality industry. Journal of Technical Education and Training, 9(2). |
4 |
|||
12 | Mahasiswa mampu menjelaskan tentang trend keterampilan untuk profesionalisme kerja di bidang pariwisata dan perhotelan. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) |
Ketepatan menjelaskan tentang trend keterampilan untuk profesionalisme kerja di bidang pariwisata dan perhotelan. |
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 2 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Trend keterampilan untuk profesionalisme kerja di bidang pariwisata dan perhotelan. Pustaka : Iswanto.A (2015). Etika profesi Universitas Brawijaya: Malang |
4 |
|||
13 | Mahasiswa mampu menjelaskan tentang chef’s competency as a key element in food tourism success: A literature review. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) |
Ketepatan menjelaskan tentang chef’s competency as a key element in food tourism success: A literature review. |
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 2 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Review artikel: Chef’s competency as a key element in food tourism success: A literature review Pustaka : Iswanto.A (2015). Etika profesi Universitas Brawijaya: Malang Mahfud, T., Pardjono, & Lastariwati, B. (2019). Chef’s competency as a key element in food tourism success: A literature review. Geojournal of Tourism and Geosites, 26(3), 1057–1071. |
4 |
|||
14 | Mahasiswa mampu menjelaskan tentang etos dan budaya kerja. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) |
Ketepatan menjelaskan tentang etos dan budaya kerja. |
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 2 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Etos dan budaya kerja Pustaka : Iswanto.A (2015). Etika profesi Universitas Brawijaya: Malang |
4 |
|||
15 | Mahasiswa mampu menjelaskan tentang soft skill competency map for the apprenticeship programme in the Indonesian Balikpapan hospitality industry. (CPL : S 8,S 11, P 8, P 9, KU 6, KK 1, KK 2) |
Ketepatan menjelaskan tentang soft skill competency map for the apprenticeship programme in the Indonesian Balikpapan hospitality industry. |
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 2 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Review artikel: Soft skill competency map for the apprenticeship programme in the Indonesian Balikpapan hospitality industry Pustaka : Iswanto.A (2015). Etika profesi Universitas Brawijaya: Malang |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Andi Yasir Amsal lahir di Bulukumba pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|