.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:candra.irawan@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:52 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Fisika Terapan |
JJ110322 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
15-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Candra Irawan S.T., M.Si. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 197701242007011010 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan masyarakat dan bernegara (S-9) Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan kerja perancangan, pelaksanaan dan pengawasan banguna jalan dan jembatan skala menengah1 |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakuka pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan, pelaksanaan dan pengawasan bangunan jalan da jembatan skala menengah 1 |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mampu memahami pengertian besaran dan satuan dalam Fisika CPMK 2: Mampu menjelaskan Kinematika dan Dinamika Partikel CPMK 3: Mampu Memahami Hukum Dasar Mekanika CPMK 4: Mampu menghitung Elastisitas, Getaran dan Fluida CPMK 5: Mampu memahami besaran dan hukum Thermodinamika |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK I : Mampu menyelesaikan perhitungan Besaran dan Satuan dalam Fisika disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil Sub CPMK 2: Mampu menyelesaikan teori dan soal Kinematika dan Dnamika Partikel disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil Sub CPMK 3: Mampu menyelesaikan teori dan soal Hukum Dasar Mekanika disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil Sub CPMK 4: Mampu menyelesaikan teori dan soal Elastisitas, Getaran dan Fluida disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil Sub CPMK 5: Mampu menyelesaikan teori dan soal Hukum Thermodinanika disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Fisika Terapan mempelajari besaran dan satuan Fisika, serta mengidentifikasi ilmu Fisika yang terkait dengan Teknik Sipil dan Jalan jembatan. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Besaran dan Satuan Fisika |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Fisika I, David Halliday, Robert Resnik, Pantur Silaban, Erwin Sucipto, Erlangga. 2. Fisika Dasar I, Mekanika dan Panas, Dra Inany Furoidah dkk, Gramedia. 3. Theory And Problems of Applied Physics, Arthur Beiser; Schaums Outline Series, McGraw Hill Book Company. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Papan Tulis, LCD, dan Video |
|||||||
Dosen Pengampu |
Candra Irawan, |
Mata Kuliah |
Fisika Terapan |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ110322 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK I : Mampu menyelesaikan perhitungan Besaran dan Satuan dalam Fisika disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Ketepatan menjelaskan fungsi besaran dan satuan dalam Fisika 2. Ketepatan menghitung konversi satuan dalam Fisika 3. Ketepatan menghitung vektor. |
Kriteria: Rubrik Pedoman penskoran Teknik: Soal esay 1. Sikap, penilaian melalui observasi 2. Keaktifan, penilain melalui observasi 3. Pengetahuan, penilaian melalui ketepatan menghitung |
1. Metode Pembelajaran: Kuliah Offline 2. Diskusi sinkron: 1 minggu x ( 2 sks x 50") 3. Tugas I : Menyelesaikan soal satuan, vektor Metode Pembelajaran: Ceramah, Diskusi (Interaktif, SCL, kontektual, scientific, integratif) |
Besaran dan satuan Fisika pada hal.1 1. Modul Fisika Terapan Politeknik Negeri Balikpapan 2. Buku Fisika untuk Universitas |
7 |
|||
2 | Sub CPMK 2: Mampu menyelesaikan teori dan soal Kinematika dan Dnamika Partikel disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa mampu menghitung kecepatan rata-rata dan sesaat, percepatan rata-rata dan sesaat. 2. Mahasiswa mampu menghitung perubahan posisi, kecepatan dan percepatan pada gerak lurus satu dan dua dimensi, dan gerak melingkar. |
1. Sikap, penilaian melalui observasi 2. Keaktifan, penilain melalui observasi 3. Pengetahuan, penilaian melalui ketepatan menghitung |
Metode Pembelajaran: Ceramah, Diskusi (Interaktif, SCL, kontektual, scientific, integratif) 1. Tatap muka (2x50') 2. Tugas 3. Pengerjaan soal latihan
|
Kinematika Partikel Pustaka [1, 2, 3] |
7 |
|||
3 | Sub CPMK 2: Mampu menyelesaikan teori dan soal Kinematika dan Dnamika Partikel disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa mampu mengenali, memahami, dan menjelaskan tentang Hukum Newton I, II, dan III 2. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang gaya-gaya pada sistem |
1. Sikap bentuk penilaian observasi. 2. Keaktifan bentuk penilaian observasi. 3. Pengetahuan bentuk penilaian ketepatan menghitung. |
1. Sikap, penilaian melalui observasi 2. Keaktifan, penilain melalui observasi 3. Pengetahuan, penilaian melalui ketepatan menghitung 1. Tatap muka (2x50') 2. Tugas 3. Pengerjaan soal latihan |
Dinamika Partikel Pustaka [1, 2, 3] |
7 |
|||
4 | Sub CPMK 3: Mampu menyelesaikan teori dan soal Hukum Dasar Mekanika disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
Mahasiswa mampu menerapkan dinanika partikel melalui Hukum Newton I, II, dan III |
1. Sikap bentuk penilaian observasi. 2. Keaktifan bentuk penilaian observasi. 3. Pengetahuan bentuk penilaian ketepatan menghitung. |
1. Tatap muka (2x50') 2. Tugas 3. Pengerjaan soal latihan 4. Metode Pembelajaran: Ceramah, Diskusi (Interaktif, SCL, kontektual, scientific, integratif) |
Pemakaian Hukum Newton Pustaka [1, 2, 3] |
7 |
|||
5 | Sub CPMK 3: Mampu menyelesaikan teori dan soal Hukum Dasar Mekanika disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang usaha pada gaya tetap dan berubah-ubah 2. Mahasiswa mampu menghitung usaha, energi partikel, dan daya 3. Mahasiswa mampu menjelaskan hukum kekekalan energi |
1. Sikap bentuk penilaian observasi. 2. Keaktifan bentuk penilaian observasi. 3. Pengetahuan bentuk penilaian ketepatan menghitung. |
1. Tatap muka (2x50') 2. Tugas 3. Pengerjaan soal latihan 4. Metode Pembelajaran: Ceramah, Diskusi (Interaktif, SCL, kontektual, scientific, integratif) |
Usaha dan Energi Pustaka [1, 2, 3] |
7 |
|||
6 | Sub CPMK 3: Mampu menyelesaikan teori dan soal Hukum Dasar Mekanika disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang momentum linier 2. Mahasiswa dapat menghitung momentum dan hukum 3. Mahasiswa dapat menjelaskan peristiwa tumbukan |
1. Sikap bentuk penilaian observasi. 2. Keaktifan bentuk penilaian observasi. 3. Pengetahuan bentuk penilaian ketepatan menghitung. |
1. Tatap muka (2x50') 2. Tugas 3. Pengerjaan soal latihan 4. Metode Pembelajaran: Ceramah, Diskusi (Interaktif, SCL, kontektual, scientific, integratif) |
Momentum Pustaka [1, 2, 3] |
7 |
|||
7 | Sub CPMK 3: Mampu menyelesaikan teori dan soal Hukum Dasar Mekanika disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan prinsip gerak rotasi 2. Mahasiswa mengetahui besaran terkait dengan jarak rotasi 3. Mahasiswa mengetahui gerak rotasi dan gerak menggelinding |
1. Sikap bentuk penilaian observasi. 2. Keaktifan bentuk penilaian observasi. 3. Pengetahuan bentuk penilaian ketepatan menghitung. |
1. Tatap muka (2x50') 2. Tugas 3. Pengerjaan soal latihan 4. Metode Pembelajaran: Ceramah, Diskusi (Interaktif, SCL, kontektual, scientific, integratif) |
Rotasi Pustaka [1, 2, 3] |
7 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
0 |
|||||||
9 | Sub CPMK 4: Mampu menyelesaikan teori dan soal Elastisitas, Getaran dan Fluida disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pengertian regangan dan tegangan 2. Mahasiswa mampu memahami pengertin elastisitas bahan dan pegas 3. Mahasiswa memahami koefisien elastisitas bahan, koefisien Bulk
|
1. Sikap bentuk penilaian observasi. 2. Keaktifan bentuk penilaian observasi. 3. Pengetahuan bentuk penilaian ketepatan menghitung. |
1. Tatap muka 2x50' 2. Tugas 3. Pengerjaan soal latihan 4. Metode Pembelajaran: Ceramah, Diskusi (Interaktif, SCL, kontektual, scientific, integratif) |
Elastisitas Pustaka [1, 2, 3] |
7 |
|||
10 | Sub CPMK 4: Mampu menyelesaikan teori dan soal Elastisitas, Getaran dan Fluida disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan prinsip dasar getaran 2. Mahasiswa dapat menghitung besaran besaran terkait gerak harmonik sederhana 3. Mahasiswa mengetahui persamaan gerak harmonik sederhana |
1. Sikap bentuk penilaian observasi. 2. Keaktifan bentuk penilaian observasi. 3. Pengetahuan bentuk penilaian ketepatan menghitung. |
1. Tatap Muka 2x50' 2. Tugas 3. Pengerjaan tugas latihan 4. Metode Pembelajaran: Ceramah, Diskusi (Interaktif, SCL, kontektual, scientific, integratif) |
Getaran Pustka [1, 2, 3] |
7 |
|||
11 | Sub CPMK 4: Mampu menyelesaikan teori dan soal Elastisitas, Getaran dan Fluida disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang statika dan fluida 2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang dinamika fluida 3. Mahasiswa mampu menjelaskan hukuh hukum dalam fluida statis dan dinamis |
1. Sikap bentuk penilaian observasi. 2. Keaktifan bentuk penilaian observasi. 3. Pengetahuan bentuk penilaian ketepatan menghitung. |
1. Tatap Muka 2x50' 2. Tugas 3. Pengerjaan tugas latihan 4. Metode Pembelajaran: Ceramah, Diskusi (Interaktif, SCL, kontektual, scientific, integratif) |
Fluida Pustaka [1, 2, 3] |
7 |
|||
12 | Sub CPMK 5: Mampu menyelesaikan teori dan soal Hukum Thermodinanika disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang temperatur 2. Mahasiswa mengetahui skala temperatur 3. Mahasiswa mampu menghitung temperatur dalam berbagai skala |
1. Sikap bentuk penilaian observasi. 2. Keaktifan bentuk penilaian observasi. 3. Pengetahuan bentuk penilaian ketepatan menghitung. |
1. Tatap Muka 2x50' 2. Tugas 3. Pengerjaan tugas latihan 4. Metode Pembelajaran: Ceramah, Diskusi (Interaktif, SCL, kontektual, scientific, integratif) |
Temperatur dan skala temperatur Pustaka [1, 2, 3] |
7 |
|||
13 | Sub CPMK 5: Mampu menyelesaikan teori dan soal Hukum Thermodinanika disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa mampu dan memahami, menjelaskan tentang perubahan linier bahan karena ekspansi temperatur 2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang perubahan luas akibat ekspansi temperatur 3. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang perubahan volume akibat ekspansi temperatur |
1. Sikap bentuk penilaian observasi. 2. Keaktifan bentuk penilaian observasi. 3. Pengetahuan bentuk penilaian ketepatan menghitung. |
1. Tatap Muka 2x50' 2. Tugas 3. Pengerjaan tugas latihan 4. Metode Pembelajaran: Ceramah, Diskusi (Interaktif, SCL, kontektual, scientific, integratif) |
Ekspansi temperatur Pustaka [1, 2, 3] |
7 |
|||
14 | Sub CPMK 5: Mampu menyelesaikan teori dan soal Hukum Thermodinanika disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang kalor dan kalor laten 2. Mahasiwa mampu menjelaskan tentang perpindahan kalor pada benda padat 3. Mahasiwa mampu menjelaskan tentang perpindahan kalor pada benda cair dan gas
|
1. Sikap bentuk penilaian observasi. 2. Keaktifan bentuk penilaian observasi. 3. Pengetahuan bentuk penilaian ketepatan menghitung. |
1. Tatap Muka 2x50' 2. Tugas 3. Pengerjaan tugas latihan 4. Metode Pembelajaran: Ceramah, Diskusi (Interaktif, SCL, kontektual, scientific, integratif) |
kalor dan perpindahan Kalor Pustaka [1, 2, 3] |
8 |
|||
15 | Sub CPMK 5: Mampu menyelesaikan teori dan soal Hukum Thermodinanika disesuaikan pada Teknologi Teknik Sipil |
1. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang hukumThermodinamika 1 2. Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang entropi dan hukum Thermodinamika 2 |
1. Sikap bentuk penilaian observasi. 2. Keaktifan bentuk penilaian observasi. 3. Pengetahuan bentuk penilaian ketepatan menghitung. |
1. Tatap Muka 2x50' 2. Tugas 3. Pengerjaan tugas latihan 4. Metode Pembelajaran: Ceramah, Diskusi (Interaktif, SCL, kontektual, scientific, integratif) |
Hukum Thermodinamika Pustaka [1, 2, 3] |
8 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
0 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Candra Irawan lahir di Malang pada tanggal 24-01-1977 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan |
|