.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ida.bagus@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:24 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
K3L |
AB110622 |
1 |
1 |
2 |
42 |
1 |
21-11-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ir. Ida Bagus Dharmawan S.T., M.Si. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 197412312007011181 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-6) Bekerjasama dan memiliki kepekaaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-9) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Mengusai konsep K3L (P-7) Mengusai konsep quality manajemen |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-7) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu melaksanakan program perawatan terencana dan tidak terencana yang terdefinisi dengan jelas (well-defined) sesuai jadwal, checklist, analisis data yang relevan dengan service literature dengan memperhatikan K3L (KK-3) Mampu merencanakan waktu, menyiapkan komponen, membuat estimasi, dan merealisasikan prosedur perawatan alat berat sesuai dengan service literatur yang telah ditetapkan dengan pertimbangan K3L (KK-5) Mampu melakukan proses melepas dan memasang komponen-komponen utama alat berat sesuai dengan service literature dan memperhatikan K3L (KK-6) Mampu melakukan proses membongkar dan merakit komponen-komponen utama alat berat sesuai dengan service literature dan memperhatikan K3L (KK-7) Mampu melakukan pemeriksaan visual dengan menggunakan checklist dan service literature kebocoran, kerusakan struktur, kelainan suara, kelainan gas buang, kelainan system dengan memperhatikan K3L (KK-8) Mampu melakukan diagnose dan pemecahan masalah sederhana pada unit alat berat dengan memperhatikan konsep troubleshooting dengan memperhatikan K3L |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mengetahui dan memahami dan menerapkan dasar-dasar Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), berbagai macam Alat Pelindung Diri (APD), jenis-jenis respirator, Alat Pemadam api Ringan (APAR), Log-Out dan Tag- Out (LOTO), manual handling dan rambu-rambu keamanan (safety sign) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1 : Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memahami Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Sub-CPMK 2 : Mahasiswa mampu menjelakan dasar-dasar K3 Sub-CPMK 3 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan berbagai macam Alat Pelindung Diri (APD) Sub-CPMK 4 : Mahasiswa Mampu menjelaskan dan membedakan jenis-jenis respirator serta keselamatan dan kesehatan kerja pada wajah dan mata Sub-CPMK 5 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) Sub-CPMK 6 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengaplikasikan K3 lingkungan dan menggunaka alat Log-out dan Tag-out (LOTO) Sub-CPMK 7 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan kegiatan manual handling Sub-CPMK 8 : Mahasiswa mampu mengatasi situasi tangap darurat Sub-CPMK 9 : Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan standar K3 mengelola sound level, kelembaban, dan intensitas cahaya Sub CPMK 10 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan membedakan rambu-rambu keamanan (safety sign) Sub-CPMK 11 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan prinsip K3 pada peristiwa kebakaran Sub-CPMK 12 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan K3 pada tempat ruang sempit |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah K3L mempelajari tentang dasar-dasar K3, alat pelindung diri (APD), respirator, K3 wajah dan mata, alat pemadam api ringan (APAR), K3 lingkungan darurat, K3 mengelola sound level, K3 kelembaban, K3 intensitas cahaya, safety sign, K3 peristiwa kebakaran, K3 ruang sempit terbatas | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Identifikasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Video pembelajaran Slides Audio pembelajaran Alat : Laptop LCD Perangkat audio-visual Alat tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Ida Bagus Dharmawan, |
Mata Kuliah |
K3L |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB110622 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1 : Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan memahami Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) |
Ketepatan menjelaskan mengenai identifikasi K3 |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi. |
Metode Pembelajaran: Ceramah dan diskusi (interaktif, holistik, integratif) Estimasi Waktu : Tatap Muka (3x50') |
Pengertian K3, identifikasi bahaya K3 Lingkungan (K3LH) [1] |
3 |
|||
2 | Sub-CPMK 2 : Mahasiswa mampu menjelakan dasar-dasar K3 |
Mampu menjelaskan mengenai dasar-dasar K3 |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : |
Metode Pembelajaran :
|
Pengantar K3, dan contoh-contoh kecelakaan kerja (accident) [1] [15] |
3 |
|||
3 | Sub-CPMK 3 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan berbagai macam Alat Pelindung Diri (APD) |
Ketepatan menjelaskan definisi alat pelindung diri (APD), penilaian bahaya, dan macam- macam Alat Pelindung Diri (APD) |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : praktik dan diskusi. |
Metode Pembelajaran:
|
Definisi dari Alat Pelindung Diri (APD), penilaian bahaya, macam- macam alat pelindung diri (APD)
|
3 |
|||
4 | Sub-CPMK 4 : Mahasiswa Mampu menjelaskan dan membedakan jenis-jenis respirator serta keselamatan dan kesehatan kerja pada wajah dan mata |
Ketepatan dalam menjelaskan oksigen level, gas beracun, bahan beracun, bahaya pernafasan, dan klasifikasi respirator |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi. |
Metode Pembelajaran : Ceramah dan diskusi (tatap muka 3 x 50') (interaktif, holistik, integratif) |
Oksigen level, gas beracun, bahan beracun, bahaya pernafasan dan klasifikasi respirator [5] [8] [9]
|
10 |
|||
5 | Sub-CPMK 5 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) |
|
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : praktik dan diskusi |
Metode Pembelajaran:
|
Definisi Alat Pemadam Api Ringan, Konsep Segitiga api, klasifikasi bahan bakar, type APAR, prosedur penggunaan APAR, hal yang harus dilakukan saat terjadi kebakaran [9] [13] |
3 |
|||
6 | Sub-CPMK 6 : Mahasiswa mampu menjelaskan, mengaplikasikan K3 lingkungan dan menggunaka alat Log-out dan Tag-out (LOTO) |
|
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : praktik dan diskusi |
Metode Pembelajaran:
|
[8] [12] [13] |
3 |
|||
7 | Sub-CPMK 7 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan kegiatan manual handling |
Ketepatan menjelaskan definisi manual handling, kegiatan manual handling, faktor-faktor manual handling, faktor utama cedera yang diakibatkan manual handling, metode pengendalian manual handling, peralatan material handling, bahaya material handling, mengukur keamanan material handling, peraturan dan regulasi material handling, memindahkan material |
Kriteria : Pemahaman, kelancaran komunikasi, keterampilan, dan kebenaran metode Bentuk test dan non-test : praktek manual handling dan menjelaskan secara mandiri |
Metode Pembelajaran :
|
Definisi manual handling, kegiatan manual handling, faktor-faktor manual handling, faktor utama cedera yang diakibatkan manual handling, metode pengendalian manual handling, peralatan material handling, bahaya material handling, mengukur keamanan material handling, peraturan dan regulasi material handling, memindahkan material dengan tanah [8] [12] [13] |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 8 : Mahasiswa mampu mengatasi situasi tangap darurat |
Ketepatan menjelaskan definisi situasi darurat, persiaapan keadaan darurat, petunjuk menghadapi keadaan darurat, Permenaker No 4/men/1980, tipe-tipe dan sumber kebakaran |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : praktik dan diskusi |
Metode Pembelajaran:
|
Definisi situasi darurat, persiaapan keadaan darurat, petunjuk menghadapi keadaan darurat, Permenaker No 4/men/1980, tipe- tipe dan sumber kebakaran [11] [12] [13] |
3 |
|||
10 | Sub-CPMK 9 : Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan standar K3 mengelola sound level, kelembaban, dan intensitas cahaya |
Ketepatan menjelaskan K3 mengelola sound level |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk test dan non-test : Praktik + diskusi |
Metode Pembelajaran:
|
K3 Sound Level (kebisingan di lingkungan kerja) [15] [16] |
3 |
|||
11 | Sub-CPMK 9 : Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan standar K3 mengelola sound level, kelembaban, dan intensitas cahaya |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan standar K3 kelembaban dan itensitas cahaya di lingkungan kerja |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk test dan non-test : praktik dan diskusi |
Metode Pembelajaran:
|
Kesehatan dan Keselamatan Kerja pada standar kelembaban dan itensitas cahaya pada lingkungan kerja [11] [12] [13] |
3 |
|||
12 | Sub CPMK 10 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan membedakan rambu-rambu keamanan (safety sign) |
Ketepatan menjelaskan definisi dari safety sign, fungsi rambu keselamatan, klasifikasi dan layout safety sign, label pencegahan kecelakaan, klasifikasi bahan berbahaya, perawatan rambu, rambu keselamatan |
Kriteria : Kesesuaian hasil, kerjasama, kelengkapan, komunikasi, pemahaman dan kebenaran materi Bentuk Non-test : tugas membuat poster dan kliping |
Metode Pembelajaran :
|
1. Pengertian komponen sling [2] [3] [4] [5] [6] [11] [14] |
10 |
|||
13 | Sub CPMK 10 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan membedakan rambu-rambu keamanan (safety sign) |
Ketepatan menjelaskan proses penandaan rambu-rambu keselamatan, USA standart safety sign |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : praktik dan diskusi |
Metode Pembelajaran:
|
Proses penandaan rambu-rambu keselamatan, USA standart safety sign [2] [3] [4] [5] |
3 |
|||
14 | Sub-CPMK 11 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan prinsip K3 pada peristiwa kebakaran |
Ketepatan menjelaskan konsep kebakaran, tipe-tipe kebakaran, cara mencegah kebakaran, langkah-langkah pemadaman api, langkah-langkah evakuasi, pertolongan pertama pada kebakaran |
Kriteria : Pemahaman, kelancaran komunikasi, keterampilan, dan kebenaran metode Bentuk non-test : praktek penanganan kebakaran |
Metode Pembelajaran :
|
Konsep kebakaran, tipe-tipe kebakaran, cara mencegah kebakaran, langkah-langkah pemadaman api, langkah-langkah evakuasi, pertolongan pertama pada kebakaran [9] [15] [16] [17] |
7 |
|||
15 | Sub-CPMK 12 : Mahasiswa mampu menjelaskan dan mengaplikasikan K3 pada tempat ruang sempit |
Ketepatan menjelaskan standar paparan, aturan ruang terbatas, macam-macam bahaya di ruang terbatas, penilaian bahaya resiko, pengendalian resiko |
Kriteria : ketepatan dan pemahaman materi Bentuk non-test : diskusi |
Metode Pembelajaran :
|
Standar paparan ruang terbatas, peraturan dan kebijakan ruang terbatas, macam-macam bahaya di ruang terbatas, penilaian bahaya resiko, pengendalian resiko [9] [11] [12] [13] |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ida Bagus Dharmawan lahir di Tanah Grogot pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|