.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:hadi.hermansyah@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:51 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Matematika Teknik I |
TE110422 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
04-12-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dr. Hadi Hermansyah S.Si., M.Si. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198306192014041001 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-7) Taat hokum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-10) Menginternalisasi semangat kemadirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasi konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dankonfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-6) Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika teknik dan fisika terapan kedalam prosedur dan praktek instalasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan, mengidentifikasi sumber masalah (trouble shooting), dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali berdasarkan teori yang bersesuaian |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK1: Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik CPMK2: Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri CPMK3: Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan CPMK4: Menguasi konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dan konfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali CPMK5: Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi CPMK6: Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur CPMK7: Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri CPMK8: Mampu menerapkan matematika teknik dan fisika terapan ke dalam prosedur dan praktek instalasi, interpretasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan, mengidentifikasi sumber masalah (trouble shooting), dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali berdasarkan teori yang bersesuaian |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-M-1: Memahami Sistem Bilangan dan Logaritma Sub CP-M-2: Memahami Fungsi Komposisi dan Koordinat Polar Sub CP-M-3: Memahami Deret Bilangan Sub CP-M-4: Memahami Trigonometri Sub CP-M-5: Memahami Limit Fungsi Sub CP-M-6: Sistem Persamaan Linier |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini memberi pengalaman kognitif kepada mahasiswa dalam belajar matematika. Mahasiswa diberi pengalaman kognitif melalui penalaran aksiomatik, deduktif dan logis serta sistematis untuk membangun suatu bentuk kepastian. Bahan penalaran dalam mata kuliah matematika teknik ini adalah: Sistim Bilangan dan logaritma, Fungsi Komposisi dan Koordinat Polar, Deret Bilangan, Trigonometri, Limit Fungsi, dan Sistim Persamaan Linier, yang akan diterapkan dalam bidang ilmu teknik elektro. Perkuliahan dilaksanakan dengan pendekatan student centered learning. Penilaian berbasis kompetensi melibatkan partisipasi aktif, dan komunikasi interaksi secara individu dan kelompok.Mata kuliah ini memberi pengalaman kognitif kepada mahasiswa dalam belajar matematika. Mahasiswa diberi pengalaman kognitif melalui penalaran aksiomatik, deduktif dan logis serta sistematis untuk membangun suatu bentuk kepastian. Bahan penalaran dalam mata kuliah matematika teknik ini adalah: Sistim Bilangan dan logaritma, Fungsi Komposisi dan Koordinat Polar, Deret Bilangan, Trigonometri, Limit Fungsi, dan Sistim Persamaan Linier, yang akan diterapkan dalam bidang ilmu teknik elektro. Perkuliahan dilaksanakan dengan pendekatan student centered learning. Penilaian berbasis kompetensi melibatkan partisipasi aktif, dan komunikasi interaksi secara individu dan kelompok. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Sistem Bilangan |
|||||||
Pustaka |
1. Ayres, Frank, Jr. 1981 , Calculus 2
nd ed, Singapore: McGraw-Hill International Book Company.
2. Stroud, K.A. & Booth, Dexter J. 2003. Matematika Teknik. Jakarta: Penerbit Erlangga.
3. Mizrahi, Abe & Sullivan, Michael. 1986.Calculus and Analytic Geometry. Belmont, California: Wadsworth Publishing Company.
4. Khairunnisa, Afidah. 2018. Matematika Dasar. Depok: Rajawali Press
5. Spiegel, Murray R. 1981. Vector. Singapore: McGraw-Hill International Book Company. 6. Hirst, Keith, 1984, Numbers, Sequences and Series, Butterwood-Heinemann.
7. Spiegel, Murray R. 1992. Matematika Lanjutan untuk Para Insinyur dan Ilmuwan. Jakarta: Penerbit Erlangga. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1.
LCD.
2.Laptop 3. Internet |
|||||||
Dosen Pengampu |
Hadi Hermansyah, |
Mata Kuliah |
Matematika Teknik I |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE110422 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1,2,3 | Sub CP-M-1: Memahami Sistem Bilangan dan Logaritma |
Mahasiswa mampu menunjukkan sikap religius dan berkarakter yang baik. Mahasiswa menunjukkan sikap positif terhadap matakuliah ini Mahasiswa mampu menyelesaikan tugastugas yang diberikan baik indidvidual maupun kelompok |
Observasi: lembar observasi Tes tertulis: Essay |
Penjelasan Diskusi Kelompok di kelas Penugasan individual Latihan [TM: 3x(2x50”)] |
Sistem Bilangan: a Desimal dan Biner b. Oktal c. Heksadesimal d. Operasi Penjumlahan Pengurangan e. Operasi Perkalian, komplemen system bilangan Pustaka Utama: [2.7] |
5 |
|||
|
0 |
||||||||
|
0 |
||||||||
4,5 | Sub CP-M-2: Memahami Fungsi Komposisi dan Koordinat Polar |
Mahasiswa mampu mampu menunjukkan sikap religius dan berkarakter yang baik. Mahasiswa menunjukkan sikap positif terhadap matakuliah ini Mahasiswa mampu menyelesaikan tugastugas yang diberikan baik indidvidual maupun kelompok |
Observasi Tes lisan/ tertulis |
Penjelasan Diskusi Kelompok di kelas Penugasan individual Latihan [TM: 2x(2x50”)] |
Fungsi Komposisi dan Koordinat Polar: a. Definisi dan pengertian b. Komposisi Fungsi c. Invers Fungsi d. Sifat-sifat Fungsi Komposisi dan inversnya e. Koordinat Kartesius dan Polar Pustaka Utama: [1,2,7] |
5 |
|||
|
0 |
||||||||
6,7,8 | Sub CP-M-4: Memahami Trigonometri |
Mahasiswa mampu mampu menunjukkan sikap religius dan berkarakter yang baik. |
Observasi |
Penjelasan (TM: 3 x (2x50”)) |
Trigonometri: Pustaka Utama: [1, 2, 3, 4, 7] |
10 |
|||
|
0 |
||||||||
|
0 |
||||||||
9 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
10 | Sub CP-M-3: Memahami Deret Bilangan |
Mahasiswa mampu mampu menunjukkan sikap religius dan berkarakter yang baik.
|
Observasi |
Penjelasan (TM: 1x (2x50”)) |
Deret Bilangan
Pustaka Utama: [4, 6] |
4 |
|||
11,12,13 | Sub CP-M-5: Memahami Limit Fungsi |
Mahasiswa mampu mampu menunjukkan sikap religius dan berkarakter yang baik. |
Rubik penilaian |
Penjelasan (TM: 3 x (2x50”)) |
Limit Fungsi: Pustaka Utama: [1, 2, 3, 4, 7] |
8 |
|||
|
0 |
||||||||
|
0 |
||||||||
14,15 | Sub CP-M-6: Sistem Persamaan Linier |
Mahasiswa mampu mampu menunjukkan sikap religius dan berkarakter yang baik. |
Rubik penilaian |
Penjelasan (TM: 2 x (2x50”)) |
Sistem Persamaan Linier (SPL): Pustaka Utama: [2, 3, 4, 5, 7] |
8 |
|||
|
0 |
||||||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Hadi Hermansyah lahir di Bima pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Kepala Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|