.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:hadi.hermansyah@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:55 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Statistik |
AB210922 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
23-11-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dr. Hadi Hermansyah S.Si., M.Si. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198306192014041001 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Mengusai konsep teoritis secara umum matematika terapan fisika terapan kimia, prinsip-prinsip rekayasa (enginering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analasis dan perancangan system, proses, produk atau komponen |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku (KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaanya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-3) Mampu merencanakan waktu, menyiapkan komponen, membuat estimasi, dan merealisasikan prosedur perawatan alat berat sesuai dengan service literatur yang telah ditetapkan dengan pertimbangan K3L |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu memahami/menjelaskan tentang pengetahuan, penguasaan dan terampil melakukan analisa data dengan statistik, menggunakan software dan aplikasi tentang konsep dasar statistik deskriptif dan peran parametriknya untuk pendidikan dan penelitian, yang mencakup pembahasan skala tentang statistik deskriptif. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Dapat menjelaskan arti statistika dan statistic, peranan statistika, serta dapat membedakan jenisjenis statistika dan alat analisis statistiknya. Dapat menyajikan data dalam bentuk tabel, dan diagram/grafik dan mengintepretasikannya. Dapat melakukan pengukuran data melalui ukuran pemusatan dan menyimpulkannya. Dapat melakukan pengukuran data melalui ukuran penempatan dan menyimpulkannya. Dapat melakukan pengukuran data melalui ukuran penyimpangan dan menyimpulkannya. Dapat menjelaskaan konsep probabilitas dan pengujian hipotesis Dapat melakukan uji komparasi dan menyimpulkan hasil uji-uji statistic komparasi. Dapat melakukan uji korelasi serta menganalis dan menyimpulkan hasil uji-uji statistic korelasi. Dapat melakukan uji regresiserta menganalis atau menyimpulkan hasil uji-uji statistic regresi. Dapat melakukan uji statistic non-parametrik dengan memilih jenis uji yang sesuai. Dapat menjelaskan dan membedakan jenis data, populasi, dan sampel serta dapat membedakan dan memilih teknik sampling dan metode pengumpulan data yang sesuai |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Statistika membahas tentang cara pengelompokan data, menyajikan data, menganalisis data, dan memberi simpulan yang diuraikan pada pokok bahasan Distribusi Frekuensi, Ukuran Deskriptif, Distribusi Normal, Regresi Linier, Korelasi dan Regresi Linier Berganda, diaplikasikan pada Ms. Excel dan program SPSS, Uji Hipotesis dan disertai Implikasi Hasil Analisis. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pengantar statistik deskriptif dan inferensial |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. John S. Oakland, “Statistical Process Control”, Butterworth-Heinemann, 2003
2. Husaini Usman, “Pengantar Statistika (Edisi Ketiga): Cara Mudah Memahami Statistika” Bumi Aksara, 2020 Pustaka Pendukung: 1. Gede Mekse Korri Arisena, “Buku Ajar Pengantar Statistika”, Universitas Udayana, 2003
2. Tedjo, “Statistika Teknik”, Refika Aditama, 2009 |
|||||||
Media Pembelajaran |
Software : Ms. Excel, SPSS, Ms. Word, Ms.
Power Point. Hardware : Laptop, LCD Projector. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Hadi Hermansyah, |
Mata Kuliah |
Statistik |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB210922 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Dapat menjelaskan arti statistika dan statistic, peranan statistika, serta dapat membedakan jenisjenis statistika dan alat analisis statistiknya. |
Ketepatan menjelaskan arti statistika dan statistic, peranan statistika, serta Ketepatan membedakan jenis-jenis statistika dan alat analisis statistiknya |
Kuis, Tugas Praktikum, UTS, Partisipasi Kelas |
• KULIAH: Ceramah & Small Group Discussion [TM: 1x (2 x 50”)] • PRAKTIKUM: Small Group Discussion & Simulasi [TM: 1x (1x120”)]; Laporan Praktikum [AT + AM: (1+1) x (2 x 120”)] |
Bahan Kajian: Arti Statistika dan Statistik; Peranan Statistika; Jenis-Jenis Statistika; JenisJenis Analis Statistik Pustaka Utama: 1 dan 2 Pustaka Pendukung: 1 |
5 |
|||
2,3 | Dapat menjelaskan dan membedakan jenis data, populasi, dan sampel serta dapat membedakan dan memilih teknik sampling dan metode pengumpulan data yang sesuai |
Ketepatan menjelaskan dan membedakan jenis data, populasi, dan sampel; serta Ketepatan membedakan dan memilih teknik sampling dan metode pengumpulan data yang sesuai |
Kuis, Tugas Praktikum, UTS, Partisipasi Kelas |
• KULIAH: Ceramah & Small Group Discussion [TM: 1x (2 x 50”)] • PRAKTIKUM:Small Group Discussion & Simulasi [TM: 1x (1x120”)]; Laporan Praktikum [AT + AM: (1+1) x (2 x 120”)] |
Bahan Kajian: Pengertian dan Jenis Data; Arti Populasi dan Jenis Populasi; Arti Sampel dan Jenis Sampel; Teknik Sampling dan Teknik Pengumpulan Data; Teknik Pengumpulan Data Pustaka Utama: 1 dan 2 Pustaka Pendukung: 1 |
5 |
|||
|
0 |
||||||||
4 | Dapat menyajikan data dalam bentuk tabel, dan diagram/grafik dan mengintepretasikannya. |
Ketepatan menyajikan data dalam bentuk tabel, dan diagram/grafik dan mengintepretasikannya. |
Kuis, Tugas Praktikum, UTS, Partisipasi Kelas |
• KULIAH: Ceramah & Simulasi [TM: 1x (2 x 50”)] |
Bahan Kajian: Bentuk-bentuk penyajian Data; Penyajian data dalam bentuk Tabel dan Diagram/Grafik; Distribusi Frekuensi; Tabel Acuan Kategori Skoring Pustaka Utama: 1 dan 2 Pustaka Pendukung : 1 |
5 |
|||
5 | Dapat melakukan pengukuran data melalui ukuran pemusatan dan menyimpulkannya. |
Ketepatan melakukan pengukuran data melalui ukuran pemusatan dan menyimpulkannya. |
Kuis, Tugas Praktikum, UTS, Partisipasi Kelas |
• KULIAH: Ceramah & Simulasi [TM: 1x (2 x 50”)] |
Bahan Kajian: Modus; Rata-rata Hitung (mean); Rata-rata Ukur Pustaka Utama : 1 dan 2 Pustaka Pendukung : 1 |
10 |
|||
6 | Dapat melakukan pengukuran data melalui ukuran penempatan dan menyimpulkannya. |
Ketepatan melakukan pengukuran data melalui ukuran penempatan dan menyimpulkannya. |
Kuis, Tugas Praktikum, UTS, Partisipasi Kelas |
• KULIAH: Ceramah & Simulasi [TM: 1x (2 x 50”)] |
Bahan Kajian: Median; Kuartil; Desil; Persentil Pustaka Utama: 1 dan 2 Pustaka Pendukung : 1 |
10 |
|||
7 | Dapat melakukan pengukuran data melalui ukuran penyimpangan dan menyimpulkannya. |
Ketepatan melakukan pengukuran data melalui ukuran penyimpangan dan menyimpulkannya |
Kuis, Tugas Praktikum, UTS, Partisipasi Kelas |
• KULIAH: Ceramah & Simulasi [TM: 1x (2 x50”)] |
Bahan Kajian: Simpangan Baku; Varians; Koefisien Varians; Standar Error Pustaka Utama : 1 dan 2 Pustaka Pendukung : 1 |
10 |
|||
8 | Dapat menjelaskaan konsep probabilitas dan pengujian hipotesis |
Ketepatan menjelaskaan konsep probabilitas dan pengujian hipotesis |
Kuis, Tugas Praktikum, UTS, Partisipasi Kelas |
• KULIAH: Ceramah & Simulasi [TM: 1x (2 x 50”)] |
Bahan Kajian: Distribusi Data; Konsep Probabilitas; Pengujian Hipotesis Pustaka Utama : 1 dan 2 Pustaka Pendukung : 1 |
5 |
|||
9 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
0 |
|||||||
10,11 | Dapat melakukan uji komparasi dan menyimpulkan hasil uji-uji statistic komparasi. |
Ketepatan melakukan uji komparasi dan menyimpulkan hasil uji-uji statistic komparasi. |
Kuis, Tugas Praktikum, UAS, Partisipasi Kelas |
• KULIAH: Ceramah & Simulasi [TM: 1x (2 x 50”)] |
Bahan Kajian: Uji-t; Uji-F; Anova Pustaka Utama : 1 dan 2 Pustaka Pendukung : 1 |
20 |
|||
|
0 |
||||||||
12 | Dapat melakukan uji korelasi serta menganalis dan menyimpulkan hasil uji-uji statistic korelasi. |
Ketepatan melakukan uji korelasi serta menganalis dan menyimpulkan hasil uji-uji statistic korelasi |
Kuis, Tugas Praktikum, UAS, Partisipasi Kelas |
• KULIAH: Ceramah & Simulasi [TM: 1x (2 x 50”)] • PRAKTIKUM: Contextual Instruction, Collaborative learning & Discovery learning [TM: 1x (1x120”)]; Laporan Praktikum [AT + AM: (1+1) x (2 x 120”)] |
Bahan Kajian: Korelasi Pearson; Korelasi Parsial Pustaka Utama : 1 dan 2 Pustaka Pendukung : 1 |
10 |
|||
13 | Dapat melakukan uji regresiserta menganalis atau menyimpulkan hasil uji-uji statistic regresi. |
Ketepatan melakukan uji regresi serta menganalis atau menyimpulkan hasil uji-uji statistic regresi. |
Kuis, Tugas Praktikum, UTS, Partisipasi Kelas |
• KULIAH: Ceramah & Simulasi [TM: 1x (2 x 50”)] |
Bahan Kajian: Regresi Liner Sederhana; Regresi Linier Berganda Pustaka Utama : 1 dan 2 Pustaka Pendukung : 1
|
10 |
|||
14,15 | Dapat melakukan uji statistic non-parametrik dengan memilih jenis uji yang sesuai. |
Ketepatan membedakan uji statistic parameterik dan nonparametrik serta Ketepatan memilih jenis uji yang sesuai. |
Kuis, Tugas Praktikum, UTS, Partisipasi Kelas |
• KULIAH: Ceramah & Simulasi [TM: 1x (2 x 50”)] |
Bahan Kajian: Uji Komparasi Non Parametrik (Chi-Square dan pengganti uji-t); Uji Korelasi Non Parametrik ((ran-Spearman & Kendall-Tau) Pustaka Utama : 1 dan 2 Pustaka Pendukung : 1 |
10 |
|||
|
0 |
||||||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
0 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Hadi Hermansyah lahir di Bima pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Kepala Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|