
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
|

|
|
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA
|
|
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024
|
|
MATA KULIAH
|
KODE
|
BOBOT SKS
|
JAM/SMT
|
SEMESTER
|
TANGGAL PENYUSUNAN
|
|
T
|
P
|
TOTAL
|
|
Basis Data |
TE230822 |
1 |
1 |
2 |
56 |
3 |
09-09-2023 |
|
OTORISASI
|
DOSEN PENGEMBANG RPS
|
KETUA PROGRAM STUDI
|
|

Scan QR untuk Akses
Dokumen ini
|
|
|
|
|
Erick Sorongan S.T., M.Eng. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|
NIP/NIK. 198904222019031012
|
NIP/NIK. 198611142019032014
|
|
Capaian Pembelajaran
(CPL)
|
CPL
- PRODI
|
|
SIKAP
|
|
(S-7) Taat hokum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
|
|
PENGETAHUAN
|
|
(P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-6) Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi
|
|
KETRAMPILAN
UMUM
|
|
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan
|
|
KETERAMPILAN
KHUSUS
|
|
(KK-5) Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa, penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali (KK-7) Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji dan memodifikasi rangkaian elektronika
|
|
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK)
|
CP
- MK
|
|
(CPMK-1) Mampu melaksanakan perancangan rangkaian elektronika dan Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman serta menginternalisasi etika akademik (S-8), (P-3), (KK-5) (CPMK-2) Mampu menyusun laporan hasil kerja secara akurat dan menguasai pengetahuan cara komunikasi dengan pihak lain memperhatikan etika akademik (P-6), (KU-4) (CPMK-3) Mampu melaksanakan perancangan dan memodifikasi rangkaian elektronika dan menunjukkan kinerja terukur dan taat hukum (S-7), (KU-2), (KK-7)
|
|
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK)
|
|
(SUB-CPMK 1) Mampu memahami konsep dasar dari basis data dan relational database (CPMK-1), (CPMK-2) (SUB-CPMK 2) Mampu memahami struktur data (CPMK-3), (CPMK-2) (SUB-CPMK 3) Mampu merancang relasi database dan mengimplementasikannya menggunakan DBMS (CPMK-3), (CPMK-2) (SUB-CPMK 4) Mampu memahami dan menggunakan Structure Query Language (SQL) (CPMK-3)
|
|
Deskripsi Mata Kuliah
|
Matakuliah Basis Data mempelajari
tentang konsep dasar basis data, Structure Query Language (Data
Definition dan Data Manipulation), perancangan relasi database dan
menimplementasikan hasil rancangan menggunakan Database Management
System (DBMS) |
|
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan
|
Konsep-Konsep Dasar dari Basis Data Entitas dan Atribut Normalisasi Data Model Relational dan Aljabar Relational Pemrograman Database dengan SQL Transformasi Data Menggunakan DBMS
|
|
Pustaka
|
Bulger,
B., Greenspan, J., & Wall, D. (2008). MySQL/PHP Database Applications
(Vol. 53, Issue 9). Wiley Publishing, Inc. Dubois, B. P., & Date, P.
(2002). MySQL Cookbook. In Database. Mclaughlin, M. (2014). Oracle
Database 12 c PL / SQL Programming. McG raw-Hill Education.
|
|
Media Pembelajaran
|
Media :
|
|
Dosen Pengampu
|
Erick Sorongan,
|
|
Minggu ke-
|
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan)
|
Indikator
|
Kriteria & Bentuk
Penilaian
|
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu)
|
Materi Pembelajaran
(Pustaka)
|
Bobot Penilaian
(%)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1,2
|
(SUB-CPMK 1) Mampu memahami konsep dasar dari basis data dan relational database (CPMK-1), (CPMK-2) |
- Ketepatan menjelaskan perbedaan antara data dan informasi beserta contohnya
- Ketepatan menguraikan dan memberikan contoh bagaimana data menjadi informasi
- Ketepatan dalam menjelaskan tiga langkah penting dalam proses pengembangan database
- Ketepatan dalam menjelaskan contoh bisnis yang menggunakan perangkat lunak database dan pentingnya bagi kesuksesan bisnis
|
- Diskusi Kelompok
- Kuis
- Tugas : Merangkum materi kuliah
|
- Kuliah
- Berpusat pada mahasiswa
- Diskusi; [PB:(2 sksx50”)]
- Tugas-1: Menyusun ringkasan dlm bentuk laporan tertulis tangan contoh dan istilah :perangkat keras, sistem operasi, perangkat lunak; b) evolusi database dan perannya bagi dunia bisnis [PT:(2sksx60”)] [KM:(2x60”)]
|
Konsep-Konsep Dasar dari Basis Data
- Data vs Informasi
- Riwayat Database
- Transformasi Besar dalam Komputasi
|
3
|
|
(SUB-CPMK 2) Mampu memahami struktur data (CPMK-3), (CPMK-2) |
- Ketepatan dalam membedakan antara model konseptual dan implementasi fisiknya
- Ketepatan dalam memberikan contoh model konseptual dan model fisik
- Ketepatan dalam menjabarkan dan memberikan contoh entitas
- ketepatan dalam membedakan antara entitas dan instance entitas
- ketepatan dalam membedakan antara atribut dan nilainya
- ketepatan dalam memilih dan membenarkan pengenal unik (UID) untuk sebuah entitas
|
- Diskusi Kelompok
- Kuis
- Tugas : Merangkum materi kuliah
|
- Kuliah
- Kontekstual
- Diskusi; [PB:(2 sksx50”)]
- Tugas-2: Menyusun ringkasan dlm bentuk laporan tertulis tangan hasil contoh model konseptual dan model fisik; b) menjabarkan dan memberikan contoh entitas dengan UID [PT:(2sksx60”)] [KM:(2x60”)]
|
Konsep-Konsep Dasar dari Basis Data
- Entitas dan Atribut
- Model konseptual dan fisik
- Entitas, Instance, Atribut dan pengidentifikasian
|
3
|
3,4
|
(SUB-CPMK 1) Mampu memahami konsep dasar dari basis data dan relational database (CPMK-1), (CPMK-2) |
- Ketepatan dalam menggunakan model relasional dan aljabar relasional
- Ketepatan dalam menggunakan model aljabar relasional
- ketepatan dalam menentukan arti "bebas implementasi" terkait model data dan penerapan desain database
- ketepatan dalam mengidentifikasi diagram hubungan entitas (ERD)
|
- Diskusi Kelompok
- Kuis
- Tugas : Merangkum materi kuliah
|
- Kuliah
- Kolaboratif
- Diskusi; [PB:(2 sksx50”)]
- Tugas-3: Membuat relasi pemodelan hubungan entitas dan entitas; b)mengimplementasikan hasil pemodelan dan ERD kedalam DBMS PHP MySQL [PT:(2sksx60”)] [KM:(2x60”)]
|
Model Relational dan Aljabar Relational
- Pemodelan Hubungan Entitas
- ERD
|
4
|
|
(SUB-CPMK 1) Mampu memahami konsep dasar dari basis data dan relational database (CPMK-1), (CPMK-2) |
- Ketepatan dalam menjabarkan berbagai jenis pengenal unik (UID)
- ketepatan dalam menganalisis dan memilih UID utama yang paling sesuai dari kandidat
- Ketepatan dalam mengubah entitas ke bentuk normal pertama
- ketepatan menerapkan aturan bentuk normal kedua untuk mengatasi pelanggaran pada model
- ketepatan menerapkan aturan bentuk nomal ketiga untuk mengatasi pelanggaran pada model
|
- Diskusi Kelompok
- Kuis
- Tugas : merangkum materi kuliah
|
- Kuliah
- Berpusat pada Mahasiswa
- Diskusi; [PB:(2 sksx50”)]
- Tugas-4: Mengidentifikasi, merancang struktur data sesuai kebutuhan bisnis dengan penetapan UID yang paling sesuai setelah melalui tahap normalisasi data kedalam DBMS PHP MySQL [PT:(2sksx60”)] [KM:(2x60”)]
|
Normalisasi Data
- UID buatan, komposit, dan sekunder
- Normalisasi dan bentuk normal pertama
- Bentuk Normal kedua
- Bentuk Normal ketiga
|
3
|
5,6,7
|
(SUB-CPMK 3) Mampu merancang relasi database dan mengimplementasikannya menggunakan DBMS (CPMK-3), (CPMK-2) |
- Ketepatan dalam menjabarkan primary key dan foreign key
- ketepatan mengubah suatu entitas menjadi diagram tabel
- ketepatan menerapkan pemetaan hubungan untuk mengubah hubungan 1:M, hubungan M:M dan hubungan 1:1 dengan benar
- ketepatan membuat tabel menggunakan DBMS PHP: MySQL Database
|
- Diskusi Kelompok
- Kuis
- Tugas : Merangkum materi kuliah
|
- Kuliah
- Berpusat pada Mahasiswa
- Diskusi; [PB:(2 sksx50”)]
- Tugas-5: Menyusun ringkasan dlm bentuk laporan tertulis tangan hasil analisa praktik membuat tabel database berelasi menggunakan DBMS PHP : MySQL [PT:(2sksx60”)] [KM:(2x60”)]
|
Transformasi Data Menggunakan DBMS
- Pemetaan dasar : Proses transformasi
- Pemetaan Hubungan
- DDL (Membuat tabel)
|
5
|
|
(SUB-CPMK 3) Mampu merancang relasi database dan mengimplementasikannya menggunakan DBMS (CPMK-3), (CPMK-2) |
- Ketepatan membuat tabel menggunakan tipe data kolom TIMESTAMP dan TIMESTAMP WITH TIMEZONE Ketepatan membuat tabel menggunakan tipe data kolom INTERVAL YEAR TO MONTH dan INTERVAL DAY TO SECOND
- Ketepatan mencantumkan dan memberikan contoh setiap angka, tanggal, dan tipe data karakter
- Ketepatan memodifikasi Tabel
- Ketepatan menentukan dan memberi contoh constraint PRIMARY KEY, FOREIGN KEY, dan CHECK
- Ketepatan mengelola Constraint
|
- Diskusi Kelompok
- Kuis
- Tugas : Merangkum materi kuliah
|
- Kuliah
- Berpusat pada Mahasiswa
- Diskusi; [PB:(2 sksx50”)]
- Tugas-12: Menyusun ringkasan dlm bentuk laporan tertulis tangan hasil analisa praktik membuat tabel database kedalam PHP : MySQL Databse dengan menggunakan tipe data kolom dan constraint; b) berkerja dengan Date dan Times pada MysQL; c)Mengimport dan mengekport data dengan berbagai jenis sumber [PT:(2sksx60”)] [KM:(2x60”)]
|
Transformasi Data Menggunakan DBMS
- Menggunakan jenis data
- Memodifikasi tabel dengan kueri ALTER TABLE ADD, MODIFY, dan DROP
- Penggunaan kueri FLASHBACK QUERY pada tabel
- Penggunaan TRUNCATE versus DELETE untuk tabel
- Contoh untuk setiap pernyataan DDL - ALTER, DROP, RENAME, dan TRUNCATE dan dampak masing-masing terhadap kolom dan tabel
|
3
|
|
(SUB-CPMK 3) Mampu merancang relasi database dan mengimplementasikannya menggunakan DBMS (CPMK-3), (CPMK-2) |
- Ketepatan dalam mengidentifikasi peran pemodelan data dalam siklus hidup pengembangan sistem
- ketepatan menghubungkan tugas proyek ke berbagai tahap dalam siklus pengembangan sistem
- ketepatan mengidentifikasi proyek pemodelan data untuk mengatasi kebutuhan informasi bisnis
- ketepatan dalam mengidentifikasi konten yang sesuai untuk setiap bagian presentasi
- ketepatan dalam menugaskan peran presentasi ke setiap anggota grup
|
- Diskusi Kelompok
- Kuis
- Tugas : Membuat proyek Database
|
- Kuliah
- Case Method
- Diskusi; [PB:(2 sksx50”)]
- Tugas-7: Menyusun prototipe proyek yang database yang akan dipresentasikan pada saat UTS kedalam sebuah format laporan resmi [PT:(2sksx60”)] [KM:(2x60”)]
|
Membuat Proyek Database
- Siklus hidup pengembangan sistem
- Ikhtisar proyek dan memulai
- manajemen proyek presentasi
- komponen presentasi akhir
|
4
|
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester
|
25
|
9,10
|
(SUB-CPMK 4) Mampu memahami dan menggunakan Structure Query Language (SQL) (CPMK-3) |
- Ketepatan dalam membuat pernyataan SELECT
- Ketepatan dalam membuat pernyataan SELECT dan WHERE
- Ketepatan membatasi baris yang dipilih
- Ketepatan dalam menerapkan operator pembanding
|
- Diskusi Kelompok
- Kuis
- Tugas : Merangkum materi kuliah
|
- Kuliah
- Berpusat pada Mahasiswa
- Diskusi; [PB:(2 sksx50”)]
- Tugas-8: Menyusun ringkasan dlm bentuk laporan tertulis tangan hasil analisa praktik menggunakan kueri SELECT, b) SELECT dan WHERE [PT:(2sksx60”)] [KM:(2x60”)]
|
Pemrograman Database dengan SQL (ORACLE)
- Anatomi pernyataan SQL
- Menerapkan operator rangkaian untuk menautkan kolom ke kolom lain, ekspresi aritmetika, atau nilai konstanta untuk membuat ekspresi karakter
- Menggunakan alias kolom untuk mengganti nama kolom dalam hasil kueri Memasukkan nilai literal dari karakter tipe, angka, atau tanggal ke dalam pernyataan SELECT
- Menentukan dan menggunakan DISTINCT untuk menghapus baris duplikat Mengedit, menjalankan, dan menyimpan pernyataan SQL di Oracle Application Express
- Menunjukkan penerapan sintaks klausa WHERE Menerapkan operator perbandingan yang benar untuk mendapatkan hasil yang diinginkan Menunjukkan penggunaan yang tepat dari kondisi BETWEEN, IN, dan LIKE untuk mendapatkan hasil yang diinginkan
- Membedakan antara nol dan NULL, dengan pilihan terakhir adalah tidak tersedia, tidak ditetapkan, tidak dikenal, atau tidak berlaku
|
2
|
|
(SUB-CPMK 4) Mampu memahami dan menggunakan Structure Query Language (SQL) (CPMK-3) |
- Ketepatan dalam menggunakan fungsi WHERE
- Ketepatan dalam menggunakan fungsi ORDER BY
- Ketepatan dalam menggunakan fungsi Intro to
|
- Diskusi Kelompok
- Kuis
- Tugas : Merangkum materi kuliah
|
- Kuliah
- Kontekstual
- Diskusi; [PB:(2 sksx50”)]
- Tugas-9: Menyusun ringkasan dlm bentuk laporan tertulis tangan hasil analisa praktik melakukan pemrograman database menggunakan klausa SELECT dan WHERE [PT:(2sksx60”)] [KM:(2x60”)]
|
Pemrograman Database dengan SQL (ORACLE)
- Mengevaluasi perbandingan logis untuk membatasi baris yang dihasilkan berdasarkan dua kondisi atau lebih
- Menerapkan aturan yang diutamakan untuk menentukan urutan evaluasi dan penghitungan ekspresi.
- Membuat kueri untuk mengurutkan hasil yang diatur dalam urutan naik atau turun Menentukan urutan evaluasi dan penghitungan ekspresi berdasarkan aturan yang diutamakan
- Membuat kueri untuk menyusun rangkaian hasil menggunakan alias kolom Membuat kueri untuk menyusun rangkaian hasil untuk satu atau beberapa kolom
- Mengidentifikasi penerapan yang benar dari fungsi satu baris dalam pernyataan kueri
- Mengklasifikasikan fungsi sebagai fungsi satu baris atau multibaris Membedakan antara fungsi satu baris dan fungsi multibaris, serta hasil yang dibuat oleh masing-masing
|
3
|
11,12
|
(SUB-CPMK 4) Mampu memahami dan menggunakan Structure Query Language (SQL) (CPMK-3) |
- Ketepatan dalam melakukan manipulasi huruf dan karakter
- Ketepatan dalam menggunakan fungsi angka
- ketepatan dalam menggunakan fungsi tanggal
|
- Diskusi Kelompok
- Kuis
- Tugas : Merangkum materi kuliah
|
- Kuliah
- Berpusat pada Mahasiswa
- Diskusi; [PB:(2 sksx50”)]
- Tugas-10: Menyusun ringkasan dlm bentuk laporan tertulis tangan hasil analisa praktik melakukan pemrograman database menggunakan fungsi satu baris bagian-I [PT:(2sksx60”)] [KM:(2x60”)]
|
Pemrograman Database dengan SQL (ORACLE)
- Memilih dan menerapkan fungsi satu baris yang melakukan konversi huruf dan/atau manipulasi karakter Memilih dan menetapkan fungsi manipulasi huruf LOWER, UPPER, dan INITCAP dalam kueri SQL
- Memilih dan menerapkan fungsi manipulasi karakter CONCAT, SUBSTR, LENGTH, INSTR, LPAD, RPAD, TRIM, dan REPLACE dalam kueri SQL Menuliskan kueri fleksibel menggunakan variabel pengganti
- Memilih dan menerapkan fungsi angka satu baris ROUND, TRUNC, dan MOD dalam kueri SQL
- Membedakan antara hasil yang diperoleh saat TRUNC diterapkan ke nilai angka dan ROUND diterapkan ke nilai numerik
- Menyatakan dampaknya terhadap bisnis saat menerapkan TRUNC dan ROUND ke nilai numerik
- Menunjukkan penggunaan fungsi SYSDATE dan tanggal
- Menyatakan dampaknya terhadap bisnis dunia untuk dapat memanipulasi dengan mudah data yang disimpan dalam format tanggal
|
6
|
|
(SUB-CPMK 4) Mampu memahami dan menggunakan Structure Query Language (SQL) (CPMK-3) |
- Ketepatan dalam menggunakan fungsi konversi
- Ketepatan dalam menggunakan fungsi NULL
- Ketepatan dalam menggunakan ekspresi bersyarat
|
- Diskusi Kelompok
- Kuis
- Tugas : Merangkum materi kuliah
|
- Kuliah
- integratif
- Diskusi; [PB:(2 sksx50”)]
- Tugas-11: Menyusun ringkasan dlm bentuk laporan tertulis tangan hasil analisa praktik melakukan pemrograman database fungsi satu baris bagian=II [PT:(2sksx60”)] [KM:(2x60”)]
|
Pemrograman Database dengan SQL (ORACLE)
- Memberikan contoh konversi tipe data eksplisit dan konversi tipe data implisit Menjelaskan mengapa penting, dari perspektif bisnis, bagi bahasa untuk memiliki kemampuan konversi data internal
- Membuat kueri SQL yang menerapkan fungsi satu baris TO_Char, TO_NUMBER, dan TO_DATE dengan benar untuk membuat hasil yang diinginkan Menerapkan model format tanggal dan/atau karakter yang sesuai untuk menghasilkan output yang diinginkan
- Menjelaskan dan menerapkan penggunaan YY dan RR untuk menghasilkan tanggal yang benar sebagaimana disimpan di database
- Menunjukkan dan menjelaskan evaluasi fungsi bersarang
- Membuat daftar setidaknya empat fungsi umum yang berfungsi dengan setiap tipe data dan terkait dengan penanganan nilai nihil Menjelaskan penggunaan fungsi COALESCE dan NVL
- Menjelaskan penggunaan fungsi umum untuk menangani nilai nihil dalam data Membuat dan menjalankan kueri SQL yang menerapkan fungsi satu baris NVL, NVL2, NULLIF, dan COALESCE
- Membandingkan dan membedakan fungsi DECODE dan CASE
- Membuat dan menjalankan kueri SQL yang menggunakan fungsi DECODE dan CASE dengan benar
- Membuat dan menjalankan dua metode untuk menerapkan logika kondisional IF-THEN-ELSE
|
3
|
13,14
|
(SUB-CPMK 4) Mampu memahami dan menggunakan Structure Query Language (SQL) (CPMK-3) |
- Ketepatan melakukan Join Silang dan Join Alami
- Ketepatan menggunakan Klausa Join
- Ketepatan dalam melakukan Join dalam versus Luar
- Ketepatan dalam melakukan Join mandiri dan Kueri Hierarkis
|
- Diskusi Kelompok
- Kuis
- Tugas : Merangkum materi kuliah
|
- Kuliah
- Berpusat pada Mahasiswa
- Diskusi; [PB:(2 sksx50”)]
- Tugas-12: Menyusun ringkasan dlm bentuk laporan tertulis tangan hasil analisa praktik melakukan pemrograman database JOIN Bagian-I [PT:(2sksx60”)] [KM:(2x60”)]
|
Pemrograman Database dengan SQL (Oracle)
- Membuat dan menjalankan join alami menggunakan sintaks join ANSI-99 SQL
- Membuat join silang menggunakan sintaks join ANSI-99 SQL
- Menjelaskan pentingnya memiliki standar untuk SQL sebagaimana dijabarkan oleh ANSI
- Menguraikan kebutuhan bisnis untuk menggabungkan informasi dari beberapa sumber data
- Membuat dan menjalankan join dengan Clause ANSI-99 ON
- Membuat dan menjalankan kueri ANSI-99 yang menggabungkan tiga tabel
- Membandingkan dan membedakan join dalam dan luar
- Membuat dan menjalankan kueri untuk menggunakan join luar kiri
- Membuat dan menjalankan permintaan untuk menggunakan join luar kanan
- Membuat dan menjalankan kueri untuk menggunakan join luar penuh
- Membuat dan menjalankan pernyataan SELECT untuk menggabungkan tabel dengan dirinya sendiri menggunakan join mandiri
- Menafsirkan konsep kueri hierarkis
- Membuat laporan silsilah terstruktur
- Memformat data hierarkis
- Mengecualikan cabang dari struktur silsilah
|
6
|
|
(SUB-CPMK 4) Mampu memahami dan menggunakan Structure Query Language (SQL) (CPMK-3) |
- Ketepatan dalam menggunakan fungsi Grup
Ketepatan dalam menggunakan fungsi COUNT, DISTINCT, NVL
|
- Diskusi Kelompok
- Kuis
- Tugas : Merangkum materi kuliah
|
- Kuliah
- Berpusat pada Mahasiswa
- Diskusi; [PB:(2 sksx50”)]
- Tugas-13: Menyusun ringkasan dlm bentuk laporan tertulis tangan hasil analisa praktik melakukan pemrograman database fungsu GRUP [PT:(2sksx60”)] [KM:(2x60”)]
|
Pemrograman Database dengan SQL (ORACLE)
- Menjabarkan dan memberi contoh dari tujuh fungsi grup: SUM, AVG, COUNT, MIN, MAX, STDDEV, VARIANCE
- Membuat dan menjalankan kueri SQL menggunakan fungsi grup
- Membuat dan menjalankan fungsi grup yang hanya beroperasi dengan tipe data numerik
- Membuat dan menjalankan kueri SQL menggunakan fungsi grup COUNT
- Menggunakan fungsi DISTINCT dan NVL dengan fungsi grup
|
2
|
15
|
(SUB-CPMK 4) Mampu memahami dan menggunakan Structure Query Language (SQL) (CPMK-3) |
- Ketepatan dalam menerapkan strategi menguji database berfungsi sesuai dengan transaksi data
- ketepatan menerapkan konsep SQL untuk membuat database fungsional untuk bisnis skala kecil
|
- Diskusi Kelompok
- Kuis
|
- Kuliah
- Case Method
- Diskusi; [PB:(2 sksx50”)]
- Tugas-14: Menyusun ringkasan dlm bentuk laporan tertulis tangan proyek akhir database [PT:(2sksx60”)] [KM:(2x60”)]
|
Proyek Akhir dan Tinjauan Ujian
- Mengembangkan dan menerapkan strategi untuk menguji apakah database berfungsi sesuai yang didesain
- Menerapkan konsep SQL untuk membuat database fungsional yang sesuai untuk bisnis kecil
|
3
|
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester
|
25
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|