.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:emil.azmanajaya@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 16, 2025, 11:06 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Instalasi & Utilitas Bangunan Gedung |
TS230322 |
2 |
0 |
2 |
28 |
3 |
10-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dr. Emil Azmanajaya S.T., M.T. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 197702242012121001 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-3) Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa serta turut menjaga (S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-9) Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-4) Menguasai referensi teknis (codes) dan standar konstruksi yang berlaku di wilayah kerjanya (P-6) Menguasai pengetahuan teknik berkomunikasi (lisan, laporan teknis, dan grafis) (P-7) Menguasai pengetahuan faktual tentang perkembangan di bidang teknologi bangunan gedung |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia) dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung (KK-3) Mampu membuat rancangan teknis2 (engineering design) bangunan sipil dengan skala terbatas, yang memenuhi standar konstruksi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK1 : Mampu memahami tujuan instalasi dan utilitas bangunan gedung (IUBG) CPMK2 : Mampu memahami spesifikasi sistim transportasi vertikal CPMK3 : Mampu memahami spesifikasi sistim plumbing dan pompa mekanik CPMK4 : Mampu memahami spesifikasi sistim pengkondisian udara dan ventilasi CPMK5 : Mampu memahami spesifikasi sistim listrik dan penerangan CPMK6 : Mampu memahami spesifikasi sistim tata suara dan komunikasi CPMK7 : Mampu memahami spesifikasi sistim proteksi kebakaran CPMK8 : Mampu memahami spesifikasi sistim penangkal petir |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK1 : Mahasiswa mampu memahami tujuan instalasi dan utilitas bangunan gedung (IUBG), peraturan selama perkuliahan. Sub CPMK2 : Mahasiswa mampu memahami spesifikasi sistim transportasi vertikal (tangga dan ramp) Sub CPMK3 : Mahasiswa mampu memahami spesifikasi sistim transportasi vertikal (llift dan ekskalator) Sub CPMK4 : Mampu memahami spesifikasi sistim plumbing dan pompa mekanik (air bersih) Sub CPMK5 : Mampu memahami spesifikasi sistim plumbing dan pompa mekanik (air kotor) Sub CPMK6 : Mahasiswa mampu memahami spesifikasi sistim pengkondisian udara dan ventilasi (Ventilasi) Sub CPMK7 : Mahasiswa mampu memahami spesifikasi sistim pengkondisian udara dan ventilasi (AC) Sub CPMK8 : Mahasiswa mampu memahami spesifikasi sistim listrik dan penerangan (Sistem Penerangan) Sub CPMK9 : Mahasiswa mampu memahami spesifikasi sistim listrik dan penerangan (Panel Listrik) Sub CPMK10 : Mahasiswa mampu memahami spesifikasi sistim tata suara dan komunikasi (Sistim komunikasi Gedung) Sub CPMK11 : Mahasiswa mampu memahami spesifikasi sistim tata suara dan komunikasi (Sound System) Sub CPMK12 : Mahasiswa mampu memahami spesifikasi sistim proteksi kebakaran (APAR) Sub CPMK13 : Mahasiswa mampu memahami spesifikasi sistim proteksi kebakaran (Sprinkler) Sub CPMK14 : Mahasiswa mampu memahami spesifikasi sistim penangkal petir |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Instalasi & Utilitas Bangunan Gedung mempelajari tentang identifikasi dan spesifikasi utilitas pada bangunan gedung seperti tangga, lift, saluran air bersih, saluran air kotor, penerangan, pendingin, penangkal petir, instalasi listrik, telpon, dll | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pengantar Instalasi & Utilitas Bangunan Gedung (IUBG) |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Infocus, Papan Tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Emil Azmanajaya, |
Mata Kuliah |
Instalasi & Utilitas Bangunan Gedung |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS230322 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK1 : Mahasiswa mampu memahami tujuan instalasi dan utilitas bangunan gedung (IUBG), peraturan selama perkuliahan. |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Pembahasan Kontrak Perkuliahan dan Protokol Kesehatan selama perkuliahan Pengenalan IUBG :
Pustaka :
|
5 |
|||
2 | Sub CPMK2 : Mahasiswa mampu memahami spesifikasi sistim transportasi vertikal (tangga dan ramp) |
Mahasiswa mampu memahami spesifikasi sistim transportasi vertikal (tangga dan ramp) |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
TM 1x (2x50') |
Tangga dan Ramp Pustaka :
|
5 |
|||
3 | Sub CPMK3 : Mahasiswa mampu memahami spesifikasi sistim transportasi vertikal (llift dan ekskalator) |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
TM 1x (2x50') |
Lift dan Eskalator Pustaka :
|
5 |
|||
4 | Sub CPMK4 : Mampu memahami spesifikasi sistim plumbing dan pompa mekanik (air bersih) |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Sistim Plumbing Air Bersih :
Pustaka :
|
5 |
|||
5 | Sub CPMK5 : Mampu memahami spesifikasi sistim plumbing dan pompa mekanik (air kotor) |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Sistim Plumbing Air Kotor :
Pustaka :
|
5 |
|||
6 | Sub CPMK6 : Mahasiswa mampu memahami spesifikasi sistim pengkondisian udara dan ventilasi (Ventilasi) |
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis ventilasi udara |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Sistim Ventilasi Udara Pustaka :
|
5 |
|||
7 | Sub CPMK7 : Mahasiswa mampu memahami spesifikasi sistim pengkondisian udara dan ventilasi (AC) |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Sistim Pendingin Udara :
Pustaka :
|
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
10 |
|||||||
9 | Sub CPMK8 : Mahasiswa mampu memahami spesifikasi sistim listrik dan penerangan (Sistem Penerangan) |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Project Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Sistim Penerangan :
Pustaka :
|
5 |
|||
10 | Sub CPMK9 : Mahasiswa mampu memahami spesifikasi sistim listrik dan penerangan (Panel Listrik) |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Panel Listrik :
Pustaka :
|
5 |
|||
11 | Sub CPMK10 : Mahasiswa mampu memahami spesifikasi sistim tata suara dan komunikasi (Sistim komunikasi Gedung) |
Mahasiswa mampu menyebutkan jenis-jenis dan speksifikasi sistim komunikasi gedung |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Sistim Komunikasi Gedung :
Pustaka :
|
5 |
|||
12 | Sub CPMK11 : Mahasiswa mampu memahami spesifikasi sistim tata suara dan komunikasi (Sound System) |
Mahasiswa dapat menjelaskan spesifikasi sound syetem pada gedung
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Project Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Sound System Gedung Pustaka :
|
5 |
|||
13 | Sub CPMK12 : Mahasiswa mampu memahami spesifikasi sistim proteksi kebakaran (APAR) |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Project Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
APAR :
Pustaka :
|
5 |
|||
14 | Sub CPMK13 : Mahasiswa mampu memahami spesifikasi sistim proteksi kebakaran (Sprinkler) |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Project Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Sistim Sprinkler Pustaka :
|
5 |
|||
15 | Sub CPMK14 : Mahasiswa mampu memahami spesifikasi sistim penangkal petir |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Sistem Penangkal Petir Pustaka :
|
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Emil Azmanajaya lahir di Jambi pada tanggal 24-02-1977 Jabatan fungsional Lektor Kepala Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|