.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:candra.irawan@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:10 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
K3 dan Pengetahuan Lingkungan |
JJ360422 |
3 |
0 |
3 |
42 |
6 |
15-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Candra Irawan S.T., M.Si. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 197701242007011010 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-8) Menguasai prinsip dan teknik berkomunikasi (lisan, tulisan, dan grafis) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-7) Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-4) Mampu merancang bangunan jalan dan jembatan dalam bentuk perancangan teknik rinci4 (detail engineering deGISn) dengan menggunakan pangkalan data dan referensi teknik konstruksi5 dengan mempertimbangkan faktor-faktor ekonomi, sosial, budaya, kesehatan da keselamatan publik dan lingkungan. (KK-5) Mampu merencanakan, melaksanakan, mengawasi proses konstruksi jalan dan jembatan dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan publik, serta menerapkan sistem manajemen, keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan (SMK3L) dengan mengacu dokumen perancangan teknik rinci |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK I: Mampu bekerjasama secara tim, bertanggungjawab atas hasil yang diperoleh dengan mempersentasikan dengan baik (CPL S-5 dan S-8) CPMK 2: Mampu menerapkan Prosedur K3 dalam bekerja di Workshop dan Industri (CPL P-8) CPMK 3 : Mampu menjelaskan dan berkomunikasi secara ilmiah secara berkelompok. (KU-7) CPMK 4: Mampu mengolah data K3, permasalahan K3, menyelesaikan permasalahan K3 dan mempersentasikannya (KK-4) CPMK 5: Mampu membuat laporan K3 dan Lingkungan setelah dipresentasikan (KK-5) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK I: Mampu mengidentifikasi masalah yang terjadi di proyek konstruksi yang berkaitan dengan Keselamatan Kesehatan Kerja Karyawan.(CPMK 2) Sub CPMK 2: Mampu merumuskan permasalahan K3 diIndustri (CPMK-1) Sub CPMK 3: Mampu memilih dan menetapkan kasus permasalahan K3 dengan penyelesaian secara sistematis, bermutu dan terukur (CPMK-1) (CPMK-2 Sub-CPMK 4: Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang K3 dan lingkungan dengan permasalahan yang ditimbulkan (CPMK-4). Sub-CPMK 5: Mampu menganalisa dan didokumentasikan berupa laporan tentang K3 dan lingkungan (CPMK-1).(CPMK-3) (CPMK-4) (CPMK-5) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah K3 dan Pengetahuan Lingkungan mempelajari dan mengidentifikasi, merumuskan permasalahan K3 dan lingkungan antara lain yaitu Resiko Kecelakaan kerja, Identifikasi Bahaya dan resiko, Job safety Analisis, Alat Pelindung Diri, Safety Sign, manual handling, LOTO serta mampu memilih dan menetapkan kasus permasalahan K3 dan lingkungan dan mampu mempersentasikannya. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Perundang-Undangan K3 di Indonesia |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Candra Irawan, 2018, Modul K3 dan Lingkungan, Politeknik Negeri Balikpapan 2. H. Abdurahman S, 2013, Modul Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Jakarta |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Modul, LCD, Laptop, Proyektor, Whiteboard, Laporan K3 |
|||||||
Dosen Pengampu |
Candra Irawan, |
Mata Kuliah |
K3 dan Pengetahuan Lingkungan |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ360422 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK I: Mampu mengidentifikasi masalah yang terjadi di proyek konstruksi yang berkaitan dengan Keselamatan Kesehatan Kerja Karyawan.(CPMK 2) |
1.1. Ketepatan mengidentifikasi masalah K3 di bidang Konstruksi, jalan dan jembatan.
|
1. Sikap bentuk penilaian observasi. 2. Keaktifan bentuk penilaian observasi. 3. Pengetahuan bentuk penilaian ketepatan menjelaskan. |
Metode Pembelajaran: Ceramah, Diskusi (Interaktif, SCL, kontektual, scientific, integratif) Estimasi Waktu: 3 x 50 menit = 150 menit
|
1. Perkenalan 2. Kontrak perkuliahan 3. Pengenalan K3 dengan identifikasi Masalah K3
Pustaka [1, 2] |
4 |
|||
2 | Sub CPMK 2: Mampu merumuskan permasalahan K3 diIndustri (CPMK-1) |
2.1 Ketepatan dalam mengambil pokok penting dalam suatu artikel terkait permasalahan K3. |
1. Sikap, penilaian melalui observasi 2. Keaktifan, penilain melalui observasi 3. Pengetahuan, penilaian melalui ketepatan menjelaskan |
Metoda Pembelanjaran: Ceramah, Diskusi (holistik, integratif, interaktif, kolabratif, SCL) dan review Jurnal Penelitian dengan metode komparatif. Estimasi Waktu: 3 x 50 menit = 150 Menit |
Permasalahan K3 dengan sumber rujukan secara ilmiah. Pustaka [1, 2] |
5 |
|||
3 | Sub CPMK 3: Mampu memilih dan menetapkan kasus permasalahan K3 dengan penyelesaian secara sistematis, bermutu dan terukur (CPMK-1) (CPMK-2 |
3.1 Ketepatan dalam memilih dan menetapkan kasus permasalahan dibidang K3 dan Lingkungan dengan penyelesaian secara sistematis dengan merujuk kepada Perundangan K3 dan Jurnal Ilmiah. |
1. Ketelitian, bentuk penilaian dalam memilih kasus permasalahan dibidang K3 dan Lingkungan dengan penyelesaian secara sistematis dengan merujuk kepada Perundangan K3 dan Jurnal Ilmiah. 2. Ketepatan, bentuk penilaian dalam menetapkan kasus permasalahan dibidang K3 dan Lingkungan dengan penyelesaian secara sistematis dengan merujuk kepada Perundangan K3 dan Jurnal Ilmiah. 3. Tugas Mengidentifikasi, merumuskan dan menetapkan masalah K3L merujuk jurnal ilmiah. |
Metoda Pembelanjaran: Ceramah, Diskusi, (holistik, integratif, interaktif, kolabratif, Student Center Learning) Estimasi Waktu: 3 x 50 menit : 150 menit |
kasus permasalahan dibidang K3 dan Lingkungan dengan penyelesaian secara sistematis dengan merujuk kepada Perundangan K3 dan Jurnal Ilmiah. dengam metode komparatif Pustaka [1, 2] |
5 |
|||
4 | Sub-CPMK 4: Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang K3 dan lingkungan dengan permasalahan yang ditimbulkan (CPMK-4). |
4.1. Ketepatan dalam menjelaskan dan mempersentasikan dengan studi kasus Perundangan K3 di Indonesia |
1. Kesesuaian, bentuk penilaian kesesuaian tujuan dan isi presentasi 2. Penampilan, bentuk penilaian pada grooming dan slide presentasi, 3. Valid, betuk penilaian konten presentasi, 4. Ketepatan, bentuk penilaian dalam menjelaskan. |
Metode Pembelajaran: 1. Cased Based Learning 2. Presentasi dan Diskusi Kelompok Estimasi Waktu: 3 x 50 menit: 150 menit
|
Perundang-undangan K3 Pustaka [1, 2] |
6 |
|||
5 | Sub-CPMK 4: Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang K3 dan lingkungan dengan permasalahan yang ditimbulkan (CPMK-4). |
5.1. Ketepatan dalam menjelaskan dan mempersentasikan dengan studi kasus Identifikasi Bahaya di tempat kerja |
1. Kesesuaian, bentuk penilaian kesesuaian tujuan dan isi presentasi 2. Penampilan, bentuk penilaian pada grooming dan slide presentasi, 3. Valid, betuk penilaian konten presentasi, 4. Ketepatan, bentuk penilaian dalam menjelaskan. |
Metode Pembelajaran: 1. Cased Based Learning 2. Presentasi dan Diskusi Kelompok Estimasi Waktu: 3 x 50 menit : 350 menit |
Identifikasi Bahaya ditempat kerja
Pustaka [1, 2] |
6 |
|||
6 | Sub-CPMK 4: Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang K3 dan lingkungan dengan permasalahan yang ditimbulkan (CPMK-4). |
6.1. Ketepatan dalam menjelaskan dan mempersentasikan dengan studi kasus Job Safety Analisys. |
1. Kesesuaian, bentuk penilaian kesesuaian tujuan dan isi presentasi 2. Penampilan, bentuk penilaian pada grooming dan slide presentasi, 3. Valid, betuk penilaian konten presentasi, 4. Ketepatan, bentuk penilaian dalam menjelaskan. |
Metode Pembelajaran: 1. Cased Based Learning 2. Presentasi dan Diskusi Kelompok Estimasi Waktu: 3 x 50 menit : 150 menit |
Job Safety Analisis Pustaka [1, 2] |
6 |
|||
7 | Sub-CPMK 4: Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang K3 dan lingkungan dengan permasalahan yang ditimbulkan (CPMK-4). |
7.1. Ketepatan dalam menjelaskan dan mempersentasikan dengan studi kasus Alat Pelindung Diri. |
1. Kesesuaian, bentuk penilaian kesesuaian tujuan dan isi presentasi 2. Penampilan, bentuk penilaian pada grooming dan slide presentasi, 3. Valid, betuk penilaian konten presentasi, 4. Ketepatan, bentuk penilaian dalam menjelaskan. |
Metode Pembelajaran: 1. Cased Based Learning 2. Presentasi dan Diskusi Kelompok, Estimasi Waktu: 3 x 50 menit: 150 menit |
Alat Pelindung Diri Pustaka [1, 2] |
6 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
10 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 4: Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang K3 dan lingkungan dengan permasalahan yang ditimbulkan (CPMK-4). |
9.1. Ketepatan dalam menjelaskan dan mempersentasikan dengan studi kasus Manual Handling. |
1. Kesesuaian, bentuk penilaian kesesuaian tujuan dan isi presentasi 2. Penampilan, bentuk penilaian pada grooming dan slide presentasi, 3. Valid, betuk penilaian konten presentasi, 4. Ketepatan, bentuk penilaian dalam menjelaskan. |
Metode Pembelajaran: 1. Cased Based Learning 2. Presentasi dan Diskusi Kelompok, Estimasi Waktu: 3 x 50 menit: 150 menit |
Manual Handling Pustaka [1, 2] |
6 |
|||
10 | Sub-CPMK 4: Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang K3 dan lingkungan dengan permasalahan yang ditimbulkan (CPMK-4). |
10.1. Ketepatan dalam menjelaskan dan mempersentasikan dengan studi kasus Log Out Tag Out (LOTO) |
1. Kesesuaian, bentuk penilaian kesesuaian tujuan dan isi presentasi 2. Penampilan, bentuk penilaian pada grooming dan slide presentasi, 3. Valid, betuk penilaian konten presentasi, 4. Ketepatan, bentuk penilaian dalam menjelaskan. |
Metode Pembelajaran: 1. Cased Based Learning 2. Presentasi dan Diskusi Kelompok. Estimasi Waktu: 3 x 50 menit: 150 menit
|
Log Out Tag Out Pustaka [1, 2] |
6 |
|||
11 | Sub-CPMK 4: Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang K3 dan lingkungan dengan permasalahan yang ditimbulkan (CPMK-4). |
11.1. Ketepatan dalam menjelaskan dan mempersentasikan dengan studi kasus di Ruang Sempit Terbatas (Confined Space) |
1. Kesesuaian, bentuk penilaian kesesuaian tujuan dan isi presentasi 2. Penampilan, bentuk penilaian pada grooming dan slide presentasi, 3. Valid, betuk penilaian konten presentasi, 4. Ketepatan, bentuk penilaian dalam menjelaskan. |
Metode Pembelajaran: 1. Cased Based Learning 2. Presentasi dan Diskusi Kelompok. Estimasi Waktu: 3 x 50 menit: 150 menit |
Ruang Sempit Terbatas Pustaka [1, 2] |
6 |
|||
12 | Sub-CPMK 4: Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang K3 dan lingkungan dengan permasalahan yang ditimbulkan (CPMK-4). |
12.1. Ketepatan dalam menjelaskan dan mempersentasikan dengan studi kasus pada safety Environment (K3 Lingkungan) dengan menerapkan higiene dan sanitasi di tempat kerja |
1. Kesesuaian, bentuk penilaian kesesuaian tujuan dan isi presentasi 2. Penampilan, bentuk penilaian pada grooming dan slide presentasi, 3. Valid, betuk penilaian konten presentasi, 4. Ketepatan, bentuk penilaian dalam menjelaskan. |
Metode Pembelajaran: 1. Cased Based Learning 2. Presentasi dan Diskusi Kelompok. Estimasi Waktu: 3 x 50 menit: 150 menit |
Safety Environmental Pustaka [1, 2] |
6 |
|||
13 | Sub-CPMK 4: Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang K3 dan lingkungan dengan permasalahan yang ditimbulkan (CPMK-4). |
13.1. Ketepatan dalam menjelaskan dan mempersentasikan dengan studi kasus pada pengendalian lingkungan kerja supaya sehat, aman dan nyaman. |
1. Kesesuaian, bentuk penilaian kesesuaian tujuan dan isi presentasi 2. Penampilan, bentuk penilaian pada grooming dan slide presentasi, 3. Valid, betuk penilaian konten presentasi, 4. Ketepatan, bentuk penilaian dalam menjelaskan. |
Metode Pembelajaran: 1. Cased Based Learning 2. Presentasi, Diskusi Kelompok dan Student Center Learning Estimasi Waktu: 3 x 50 menit: 150 menit
|
Pengendalian Lingkungan Kerja Pustaka [1, 2] |
6 |
|||
14 | Sub-CPMK 4: Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang K3 dan lingkungan dengan permasalahan yang ditimbulkan (CPMK-4). |
14.1. Ketepatan dalam menjelaskan dan mempersentasikan dengan studi kasus Dasar Kebakaran dan metode pencegahan. |
1. Kesesuaian, bentuk penilaian kesesuaian tujuan dan isi presentasi 2. Penampilan, bentuk penilaian pada grooming dan slide presentasi, 3. Valid, bentuk penilaian pada konten presentasi, 4. Ketepatan, bentuk penilaian dalam menjelaskan |
Metode Pembelajaran: 1. Cased Based Learning 2. Presentasi dan Diskusi Kelompok. Estimasi Waktu: 3 x 50 menit: 150 menit |
Dasar - dasar Kebakaran dan metode pencegahannya Pustaka [1, 2] |
6 |
|||
15 | Sub-CPMK 5: Mampu menganalisa dan didokumentasikan berupa laporan tentang K3 dan lingkungan (CPMK-1).(CPMK-3) (CPMK-4) (CPMK-5) |
15.1. Ketepatan dalam menjelaskan dan mempersentasikan dengan studi kasus Hazard Identification Risk Assessment and Determining Control (HIRADC), Hazard and Operability Study (HAZOPS), dan Failure Mode Effect Analysis (FMEA) |
1. Kesesuaian, bentuk penilaian kesesuaian tujuan dan isi presentasi 2. Penampilan, bentuk penilaian pada grooming dan slide presentasi, 3. Valid, bentuk penilaian pada konten presentasi, 4. Ketepatan, bentuk penilaian dalam menjelaskan 5. Kelengkapan, bentuk penilaian adanya laporan akhir pada pertemuan ke 4 sampai 15 (TUGAS CBL)
|
Metode Pembelajaran: 1. Cased Based Learning 2. Presentasi dan Diskusi Kelompok. Estimasi Waktu: 3 x 50 menit: 150 menit |
Hazard Identification Risk Assessment and Determining Control (HIRADC), Hazard and Operability Study (HAZOPS), dan Failure Mode Effect Analysis (FMEA) Pustaka [1, 2] |
6 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
10 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Candra Irawan lahir di Malang pada tanggal 24-01-1977 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan |
|