.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:maria.ulfah@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 7, 2025, 11:49 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Teknik Digital Lanjut |
TE121022 |
1 |
1 |
2 |
56 |
2 |
14-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Maria Ulfah S.T., M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198107182014042001 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-6) Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-10) Menginternalisasi semangat kemadirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian dan pengukuran instrumentasi dan system kendali menggunakan prosedur dan standar IEC (P-4) Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3 |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-3) Mampu merealisasikan rancangan sistem kendali sederhana yang memenuhi kebutuhan spesifik berdasarkan standar IEC dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan (KK-7) Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji dan memodifikasi rangkaian elektronika |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan serta Mampu merealisasikan rancangan sistem kendali sederhana yang memenuhi kebutuhan spesifik berdasarkan standar IEC dengan memperhatikan faktor-faktor ekonomi, K3 dan lingkungan (S6) (KK3) CPMK 2: Menguasai pengetahuan tentang teknik pengujian dan pengukuran instrumentasi dan system kendali menggunakan prosedur dan standar IEC serta Mampu melaksanakan perancangan/membuat rancangan baru, menguji dan memodifikasi rangkaian elektronika (P2) KK7) CPMK 3: Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan dalam menghasilkan produk system digital sederhana serta Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (S10) (KU4) CPMK 4: Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali serta Menguasai pengetahuan SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium (P4) (P8)dan K3 |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1: Mampu memahami cara kerja multivibrator Sub-CPMK 2:Mampu memahami cara kerja rangkaian sekuensial Sub-CPMK 3: Mampu memahami cara kerja counter Sub-CPMK 4: Mampu memahami cara kerja register Sub-CPMK 5: Mampu memahami cara kerja Aritmatika Logic Unit (ALU) Sub-CPMK 6: Mampu memahami cara kerja Analog to Digital (ADC) Sub-CPMK 7:Mampu membuat project, laporan dan melakukan presentasi terkait aplikasi rangkaian system digital yang telah dibuat dan diuji. |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Teknik Digital Lanjut mempelajari Multivibrator, Latch, Rangkaian Sekuensial, Flip-Flop, Counter, Register, Arithmetic Logic Unit (ALU), Konversi Sinyal Analog dan Digital dan Aplikasi Rangkaian Digital berupa proyek/alat | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Multivibrator |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 2. Budiono Mismail, Dasar-Dasar Rangkaian Logika Digital, ITB, 1998 3. Sutanto, Rangkaian Elektronika, Universitas Indonesia 1997 4. Roger L. Tokheim, Elektronika Digital, terj. Sutisno, Erlangga, 1995 5. Roger L. Tokheim, Prinsip-Prinsip Digital, terj. Sutisna, Erlangga, 1996 6. Malvino, Prinsip-Prinsip dan Penerapan Digital, terj. Irwan Wijaya, Erlangga, 1994 |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media :Proyektor, laptop, whiteboard, spidol warna (hitam, merah dan biru),dan alat tulis,internet. Digital Trainner |
|||||||
Dosen Pengampu |
Maria Ulfah, |
Mata Kuliah |
Teknik Digital Lanjut |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE121022 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1: Mampu memahami cara kerja multivibrator |
1.1 Ketepatan memahami prinsip kerja multivibrator |
Kriteria: Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan Praktikum Tugas 1 : Menyesaikan soal menghitung Dutycycle dan frekuensi multivibrator |
Metode Karakteristik :Interaktif |
Multivibrator 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
2 |
|||
2 | Sub-CPMK 2:Mampu memahami cara kerja rangkaian sekuensial |
1.1 Ketepatan menjelaskan jenis-jenis rangkaian sekuensial 1.2 Ketepatan menjelaskan prinsip kerja rangkaian sekuensial |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan Praktikum
Tugas 2: Menggambarkan rangkaian RS Flip Flop dari gerbang NAND dan NOR serta mengisi tabel kebenaran |
Metode Karakteristik :Interaktif |
Rangkaian sekuensial 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
3 |
|||
3 | Sub-CPMK 3: Mampu memahami cara kerja counter |
1.1 Ketepatan dalam memahami cara kerja counter |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan Praktikum Tugas 3: Mampu menjawab soal mengenai cara kerja counter sinkron dan asinkron serta menggambarkan rangkaian counter up sinkron dan asinkron 3 bit |
Metode Pembelajaran: Karakteristik :Interaktif |
Counter 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
3 |
|||
4 | Sub-CPMK 4: Mampu memahami cara kerja register |
1.1 Ketepatan dalam memahami cara kerja register |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan Praktikum Tugas 4: Mengerjakan tugas menjelaskan prinsip kerja register SISO, SIPO, PIPO dan PISO |
Metode Karakteristik :Interaktif |
Register 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
3 |
|||
5 | Sub-CPMK 5: Mampu memahami cara kerja Aritmatika Logic Unit (ALU) |
1.1 Ketepatan dalam memahami prinsip kerja Adder (Half dan Full Adder) 1.2 Ketepatan dalam merangkai dan menguji rangkaian Adder 1.2 Ketepatan dalam memahami prinsip kerja Substractor(Half dan Full Substractor ) 1.2 Ketepatan dalam merangkai dan menguji rangkaian Substractor |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan Praktikum Tugas 5; Mengerjakan soal perhitungan dan penambahan digital |
Metode Pembelajaran: Karakteristik :Interaktif |
Aritmatika Logic Unit (ALU) 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
3 |
|||
6 | Sub-CPMK 6: Mampu memahami cara kerja Analog to Digital (ADC) |
1.1 Ketepatan dalam memahami cara kerja ADC dan DAC 1.2 Ketepatan dalam merangkai ADC dan DAC serta pengujian |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan Praktikum |
Metode Pembelajaran: Karakteristik :Interaktif |
Analog to Digital Converter Digital to Analog Converter 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
3 |
|||
7 | Sub-CPMK 7:Mampu membuat project, laporan dan melakukan presentasi i terkait aplikasi rangkaian system digital yang telah dibuat dan diuji. |
1.1 Ketepatan dalam memilih project aplikasi sistem digital |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan
Tugas 6 : Membuat resume: Latar belakang pemilihan project yang akan dbuat, sistem kerja alat yang akan dibuat dan alternatif mitra tempat implementasi |
Metode Pembelajaran: Karakteristik :Interaktif |
Perancangan Project Aplikasi Sistem Digital_1 (Pemilihan jenis project) 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 7:Mampu membuat project, laporan dan melakukan presentasi i terkait aplikasi rangkaian system digital yang telah dibuat dan diuji. |
1.1 Ketepatan dalam melakukan survey ke Mitra terkait perancangan project aplikasi sistem digital |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan
Tugas 7: Membuat laporan hasil survey ke mitra |
Metode Pembelajaran: |
Perancangan Project Aplikasi Sistem Digital_2 (Survey Mitra) 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
4 |
|||
10 | Sub-CPMK 7:Mampu membuat project, laporan dan melakukan presentasi i terkait aplikasi rangkaian system digital yang telah dibuat dan diuji. |
1.1 Ketepatan dalam melakukan Perancangan Desain Project |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan |
Metode Pembelajaran: Karakteristik :Interaktif |
Perancangan Project Aplikasi Sistem Digital_3 (Perancangan Desain Rangkaian) 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
4 |
|||
11 | Sub-CPMK 7:Mampu membuat project, laporan dan melakukan presentasi i terkait aplikasi rangkaian system digital yang telah dibuat dan diuji. |
1.1 Ketepatan dalam melakukan perancangan hardware project |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan Tugas 9: Membuat laporan tentang rancangan hardware (alat dan bahan) yang dibutuhkan dalam pembuatan project/ alat |
Metode Pembelajaran: Karakteristik :Interaktif |
Perancangan Project Aplikasi Sistem Digital_4 (Perancangan Hardware) 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
4 |
|||
12 | Sub-CPMK 7:Mampu membuat project, laporan dan melakukan presentasi i terkait aplikasi rangkaian system digital yang telah dibuat dan diuji. |
1.1 Ketepatan dalam melakukan perancangan permograman project |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan
Tugas 10: Membuat laporan tentang rancangan pemograman yang dibutuhkan dalam pembuatan project/ alat |
Metode Pembelajaran: Karakteristik :Interaktif |
Perancangan Project Aplikasi Sistem Digital_5 (Perancangan pemograman project) 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
4 |
|||
13 | Sub-CPMK 7:Mampu membuat project, laporan dan melakukan presentasi i terkait aplikasi rangkaian system digital yang telah dibuat dan diuji. |
1.1. Ketepatan dalam melakukan pengujian project aplikasi sistem digital |
Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan Tugas 11: Membuat laporan hasil pengujian project |
Metode Pembelajaran: Karakteristik :Interaktif |
Perancangan Project Aplikasi Sistem Digital_6 (Pengujian Project Aplikasi Sistem Digital) 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
4 |
|||
14 | Sub-CPMK 7:Mampu membuat project, laporan dan melakukan presentasi i terkait aplikasi rangkaian system digital yang telah dibuat dan diuji. |
1.1. Ketepatan dalam membuat laporan, video dan penyusunan artikel publikasi |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan Tugas 12. Laporan Akhir Pengerjaan Project |
Metode Pembelajaran: Karakteristik :Interaktif |
(Pembuatan laporan project, video dan penyusunan artikel publikasi) 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
4 |
|||
15 | Sub-CPMK 7:Mampu membuat project, laporan dan melakukan presentasi i terkait aplikasi rangkaian system digital yang telah dibuat dan diuji. |
1.1 Ketepatan dalam melakukan presentasi project aplikasi sistem digital |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk Penilaian: Sikap, Laporan, Power Point PPT Presentasi |
Metode Pembelajaran: Karakteristik :Interaktif |
Perancangan Project Aplikasi Sistem Digital_8 (Presentasi) 1. Ir. Wijaya Widjanarka N, Teknik Digital, Erlangga, 2006 |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Maria Ulfah lahir di Padang pada tanggal Jabatan fungsional Lektor (300) Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|