.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:aryati.muhaymin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 4:00 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Praktek Bengkel |
AB210422 |
0 |
3 |
3 |
84 |
3 |
14-09-2023 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Aryati Muhaymin Marali S.Pd., M.T. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199209062022032009 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Mengusai konsep K3L |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-6) Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya (KU-7) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan bidang teknik mesin secara umum dan terampil dalam pengerjaan logam dan kayu, baik dalam proses maupun pengukuran secara presisi benda kerja yang akan dibuat |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK 1 : Mahasiswa mampu memahami SOP pada bengkel mesin (C3, P3, A3) Sub CPMK 2 : Mahasiswa mampu merawat peralatan kerja bangku dan menerapkan K3L (C3, P3, A3) Sub CPMK 3 : Mahasiswa mampu mengikir rata, siku, dan sejajar (C6, P5, A4) Sub CPMK 4 : Mahasiswa mampu menggergaji lurus dan sejajar (C6, P5, A4) Sub CPMK 5 : Mahasiswa mampu mengoperasikan gerinda dan proses pengeboran dan membuat ulir (C6, P5, A4) Sub CPMK 6 : Mahasiswa mampu membuat sambungan menggunakan las (C6, P5, A4) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Praktek Bengkel mempelajari | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Prinsip dasar praktek bengkel |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Power point |
|||||||
Dosen Pengampu |
Aryati Muhaymin Marali, |
Mata Kuliah |
Praktek Bengkel |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB210422 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK 1 : Mahasiswa mampu memahami SOP pada bengkel mesin (C3, P3, A3) |
Mahasiswa dapat memahami SOP pada bengkel mesin |
Observasi non-tes |
Praktik langsung di workshop 3 x 170 menit |
Pengantar SOP Bengkel dan penyampaian kontrak perkuliahan
1, 2, dan 3 |
3 |
|||
2 | Sub CPMK 2 : Mahasiswa mampu merawat peralatan kerja bangku dan menerapkan K3L (C3, P3, A3) |
Mahasiswa dapat melaksanakan perawatan pada peralatan kerja bangku dan memahami K3L di lingkungan bengkel |
Observasi langsung non-tes |
Praktik di workshop 3 x 170 menit |
1,2,3,4 |
4 |
|||
3 | Sub CPMK 3 : Mahasiswa mampu mengikir rata, siku, dan sejajar (C6, P5, A4) |
Mahasiswa dapat mengoperasikan pahat secara manual dengan benar mengetahui tentang bentuk pahat dan fungsi pahat |
Observasi langsung dan keaktifan non-tes |
Praktik langsung di workshop 3 x 170 menit |
Cara pengeoperasian pahat secara manual, bentuk pahat, dan fungsi pahat 1,2,3, dan 4 |
3 |
|||
4 | Sub CPMK 3 : Mahasiswa mampu mengikir rata, siku, dan sejajar (C6, P5, A4) |
Mahasiswa dapat mengoperasikan pahat secara manual dengan benar mengetahui tentang bentuk pahat dan fungsi pahat |
Observasi langsung dan keaktifan non-tes |
Praktik langsung di workshop 3 x 170 menit |
Cara pengeoperasian pahat secara manual, bentuk pahat, dan fungsi pahat. 1,2,3, dan 4 |
3 |
|||
5,6, dan 7 | Sub CPMK 4 : Mahasiswa mampu menggergaji lurus dan sejajar (C6, P5, A4) |
pemahaman mahasiswa dalam mengoperasikan mesin pemotong manual Dapat menggunakan gergaji dengan posisi yang tepat Mengetahui cara memotong yang baik |
Observasi langsung dan keaktifan Tes praktik memotong kayu secara manual dan menggunakan mesin |
Praktik langsung di workshop 3 x 170 menit |
gergaji manual, gergaji mesin, dan teknik pemotongan 1,2,3, dan 4 |
5 |
|||
Sub CPMK 4 : Mahasiswa mampu menggergaji lurus dan sejajar (C6, P5, A4) |
pemahaman mahasiswa dalam mengoperasikan mesin pemotong manual Dapat menggunakan gergaji dengan posisi yang tepat Mengetahui cara memotong yang baik |
Observasi langsung dan keaktifan Tes praktik memotong kayu secara manual dan menggunakan mesin |
Praktik langsung di workshop 3 x 170 menit |
gergaji manual, gergaji mesin, dan teknik pemotongan 1,2,3, dan 4 |
4 |
||||
Sub CPMK 4 : Mahasiswa mampu menggergaji lurus dan sejajar (C6, P5, A4) |
pemahaman mahasiswa dalam mengoperasikan mesin pemotong manual Dapat menggunakan gergaji dengan posisi yang tepat Mengetahui cara memotong yang baik |
Observasi langsung dan keaktifan Tes praktik memotong kayu secara manual dan menggunakan mesin |
Praktik langsung di workshop 3 x 170 menit |
gergaji manual, gergaji mesin, dan teknik pemotongan 1,2,3, dan 4 |
4 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9, 10 | Sub CPMK 3 : Mahasiswa mampu mengikir rata, siku, dan sejajar (C6, P5, A4) |
pemahaman Mahasiswa terkait berbagai bentuk kikir dan mengetahui posisi dan cara mengikir dengan benar |
Observasi langsung dan keaktifan non-tes |
Praktik langsung di workshop 3 x 170 menit |
bentuk kikir, posisi, dan cara mengikir dengan benar 1,2,3, dan 4 |
4 |
|||
Sub CPMK 3 : Mahasiswa mampu mengikir rata, siku, dan sejajar (C6, P5, A4) |
pemahaman Mahasiswa terkait berbagai bentuk kikir dan mengetahui posisi dan cara mengikir dengan benar |
Observasi langsung dan keaktifan non-tes |
Praktik langsung di workshop 3 x 170 menit |
bentuk kikir, posisi, dan cara mengikir dengan benar 1,2,3,dan 4 |
4 |
||||
11 - 12 & 13 | Sub CPMK 5 : Mahasiswa mampu mengoperasikan gerinda dan proses pengeboran dan membuat ulir (C6, P5, A4) |
|
Observasi langsung dan keaktifan non-tes |
Praktik langsung di workshop 3 x 170 menit |
1,2,3, dan 4 |
3 |
|||
Sub CPMK 5 : Mahasiswa mampu mengoperasikan gerinda dan proses pengeboran dan membuat ulir (C6, P5, A4) |
|
Observasi langsung dan keaktifan Tes Praktek Menggerinda |
Praktik langsung di workshop 3 x 170 menit |
1,2,3, dan 4 |
5 |
||||
Sub CPMK 5 : Mahasiswa mampu mengoperasikan gerinda dan proses pengeboran dan membuat ulir (C6, P5, A4) |
|
Observasi langsung dan keaktifan non-tes |
Praktik langsung di workshop 3 x 170 menit |
1,2,3, dan 4 |
3 |
||||
14, 15 | Sub CPMK 6 : Mahasiswa mampu membuat sambungan menggunakan las (C6, P5, A4) |
Pemahaman Mahasiswa terkait konsep pengelasan, jenis las, dan proses pengelasan. |
Observasi langsung dan keaktifan Tes Praktek Mengelas |
Praktik langsung di workshop 3 x 170 menit |
Konsep pengelasan, jenis-jenis las, dan proses pengelasan 1,2,3, dan 4 |
5 |
|||
Sub CPMK 6 : Mahasiswa mampu membuat sambungan menggunakan las (C6, P5, A4) |
Pemahaman Mahasiswa terkait konsep pengelasan, jenis las, dan proses pengelasan. |
Observasi langsung dan keaktifan Tes Praktek Mengelas |
Praktik langsung di workshop 3 x 170 menit |
Konsep pengelasan, jenis-jenis las, dan proses pengelasan 1,2,3, dan 4 |
5 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Aryati Muhaymin Marali lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|