.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:nurul.musfirah@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 15, 2025, 3:17 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN AKUNTANSI |
|
||||||
PROGRAM
STUDI AKUNTANSI PERPAJAKAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Teori Akuntansi |
AP 602 |
2 |
0 |
2 |
28 |
6 |
05-03-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Nurul Musfirah Khairiyah S.E., M.M. |
Endang Sri Apriani S.E., M.E., CFRM. |
|||||||
NIP/NIK. 199007102019032021 |
NIP/NIK. 2021.90.003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Mampu mengaplikasikan bidang keahlian akuntansi perpajakan dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi (P-2) Menguasai konsep teoritis akuntansi secara mendalam dan penerapannya pada bidang secara spesifik antara lain akuntansi sektor publik, akuntansi manajemen, akuntansi perpajakan, sistem informasi akuntansi dan akuntansi syariah untuk menyelesaikan masalah secara sistematis (P-6) Mampu menguasai konsep cabang-cabang ilmu akuntansi meliputi akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, akuntansi perpajakan, audit internal, dan audit eksternal untuk mendukung pengambilan keputusan, baik keputusan internal organisasi maupun eksternal organisasi |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan di bidang akuntansi perpajakan serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang perpajakan (KU-3) Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi pada bidang akuntansi perpajakan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahlian akuntansi perpajakan dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain sistem informasi akuntansi (KU-4) Mampu menyusun hasil kajian bidang akuntansi perpajakan dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menjadi teknisi akuntansi ahli yang mampu melakukan pekerjaan di bidang akuntansi pada perusahaan (entitas bisnis) jasa, dagang, dan/atau manufaktur berskala besar dan/atau go-public dan mampu mengaplikasikan pada bidang keahlian akuntansi secara spesifik antara lain akuntansi sektor publik, akuntansi manajemen, akuntansi perpajakan, sistem informasi akuntansi dan akuntansi syariah yang sesuai dengan standar dan prinsip- prinsip yang berlaku umum dan relevan di bidang akuntansi, melalui proses penganalisisan data keuangan dan pemilihan metode yang sesuai, didukung dengan kemampuan di bidang manajemen, teknologi informasi, keahlian interpersonal dan komunikasi (KK-2) Mampu menghasilkan informasi akuntansi yang akuntabel, benar dan wajar untuk internal perusahaan di bidang perpajakan seperti menyiapkan perhitungan dan penyetoran PPN, PPnBM menyiapkan perhitungan dan penyetoran PPh Wajib Pajak Badan Menyiapkan perhitungan dan penyetoran Wajib Pajak Asing dan menyiapkan perhitungan dan penyetoran PPh khusus (KK-11) Mampu mengikuti perkembangan dan isu terkini yang terkait di bidang akuntansi dan perpajakan terutama terkait dengan penggunaan teknologi informasi untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas pelaporan di bidang akuntansi dan perpajakan. (KK-12) Mampu menerapkan penelitian terapan di bidang akuntansi dan perpajakan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK-1: Mampu mengaplikasikan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi Teori Akuntansi CPMK-2: Mampu menganalisis tentang isu-isu terkini dan memperbaharui pengetahuan serta wawasan luas yang berkaitan dengan Teori Akuntansi CPMK-3: Mampu berkomunikasi secara efektif dan bertnggung jawab, serta memiliki etika profesional sebagai Akuntan |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK1: Mampu menganalisis sejarah dan perkembangan akuntansi (C4, P2, A2) Sub-CPMK2: Mampu memahami tentang teori dan perumusan teori akuntansi (C2, P2, A2) Sub-CPMK3: Mampu menilai aspek kelembagaan dalam pengembangan akuntansi (C5, P4, A4) Sub-CPMK4: Mampu memahami tentang kerangka konseptual pelaporan keuangan (C2, P2, A2) Sub-CPMK5: Mampu menganalisis pendekatan dalam penyusunan standar dan kebijakan akuntansi (C4, P2, A2) Sub-CPMK6: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang konsep aset (C4, P2, A2) Sub-CPMK7: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang konsep utang dan ekuitas (C4, P2, A2) Sub-CPMK8: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang konsep pendapatan (C4, P2, A2) Sub-CPMK9: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang konsep biaya (C4, P2, A2) Sub-CPMK10: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang konsep laba (C4, P2, A2) Sub-CPMK11: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang pengungkapan laporan keuangan (C4, P2, A2) Sub-CPMK12: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis elemen struktur teori akuntansi: Postulat Akuntansi |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Teori Akuntansi mempelajari Sejarah Perkembangan Akuntansi; Teori dan Perumusan Akuntansi; Kerangka Konseptual Pelaporan Keuangan; hingga Prinsip-Prinsip Akuntansi, Standar dan Kebijakan serta, Konsep yang ada pada masing-masing elemen dalam laporan keuangan. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Sejarah dan Perkembangan Akuntansi Teori Dan Perumusan Teori Akuntansi Aspek Kelembagaan Dalam Pengembangan Akuntansi Kerangka Konseptual Pelaporan Keuangan Standar dan Kebijakan Akuntansi Konsep Aset Konsep Utang dan Ekuitas Konsep Pendapatan Konsep Biaya Konsep Laba |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Harahap, Sofyan Syafri (2010). Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Jakarta: Erlangga 2. Belkaoui, Ahmed Riahi (2011). Accounting Theory. 5th edition. Salemba Empat 3. Ikatan Akuntan Indonesia (2004). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat 4. Suwardjono (2006). Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ketiga. Yogyakata: BPFE 5. Yadiati, Winwin. (2010). Teori Akuntansi Suatu Pengantar. Jakarta: Kencana. 6. Wolk Harry I, Michael G. Tearney and James L. Dodd (2001). Accounting Theory: A Conceptual and
Instiutional Approach. USA:South-Western |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. Buku 2. Laptop, tablet 3. Proyektor, pointer 4. Whiteboard 5. gmeet, zoom, dll |
|||||||
Dosen Pengampu |
Nurul Musfirah Khairiyah, |
Mata Kuliah |
Teori Akuntansi |
|||
Kode Mata Kuliah |
AP 602 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK1: Mampu menganalisis sejarah dan perkembangan akuntansi (C4, P2, A2) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak |
Kontekstual Tatap Muka : 2x50 Menit |
Sejarah Perkembangan Akuntansi Dunia dan Indonesia Harahap, Sofyan Syafri (2010).Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Belkaoui, Ahmed Riahi (2011).Accounting Theory. 5thediti on. Salemba Empat Ikatan Akuntan Indonesia (2004). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat |
4 |
|||
2 | Sub-CPMK2: Mampu memahami tentang teori dan perumusan teori akuntansi (C2, P2, A2) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak |
Kontekstual Tatap Muka : 2x50 Menit |
Harahap, Sofyan Syafri (2010).Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Belkaoui, Ahmed Riahi (2011).Accounti ng Theory. 5thediti on. Salemba Empat Ikatan Akuntan Indonesia(2004). Standar AkuntansiKeuangan. Jakarta: SalembaEmpat |
4 |
|||
3 | Sub-CPMK3: Mampu menilai aspek kelembagaan dalam pengembangan akuntansi (C5, P4, A4) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak |
Kontekstual Tatap Muka : 2x50 Menit |
Harahap, Sofyan Syafri (2010).Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Belkaoui, Ahmed Riahi (2011).Accounti ng Theory. 5thediti on. Salemba Empat Ikatan Akuntan Indonesia(2004). Standar AkuntansiKeuangan. Jakarta: Salemba Empat |
4 |
|||
4 | Sub-CPMK2: Mampu memahami tentang teori dan perumusan teori akuntansi (C2, P2, A2) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak |
Kontekstual Tatap Muka : 2x50 Menit |
Harahap, Sofyan Syafri (2010).Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Belkaoui, Ahmed Riahi (2011).Accounti ng Theory. 5thediti on. Salemba Empat Ikatan Akuntan Indonesia(2004). Standar AkuntansiKeuangan. Jakarta: SalembaEmpat |
4 |
|||
5 | Sub-CPMK4: Mampu memahami tentang kerangka konseptual pelaporan keuangan (C2, P2, A2) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak |
Kontekstual Tatap Muka : 2x50 Menit |
Harahap, Sofyan Syafri (2010).Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Belkaoui, Ahmed Riahi (2011).Accounti ng Theory. 5thediti on. Salemba Empat Ikatan Akuntan Indonesia(2004). Standar AkuntansiKeuangan. Jakarta: SalembaEmpat |
4 |
|||
6 | Sub-CPMK12: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis elemen struktur teori akuntansi: Postulat Akuntansi |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak |
Kontekstual Tatap Muka : 2x50 Menit |
Harahap, Sofyan Syafri (2010).Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Belkaoui, Ahmed Riahi (2011).Accounti ng Theory. 5thediti on. Salemba Empat Ikatan Akuntan Indonesia(2004). Standar AkuntansiKeuangan. Jakarta: SalembaEmpat |
5 |
|||
7 | Sub-CPMK5: Mampu menganalisis pendekatan dalam penyusunan standar dan kebijakan akuntansi (C4, P2, A2) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak |
Kontekstual Tatap Muka : 2x50 Menit |
Harahap, Sofyan Syafri (2010).Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Belkaoui, Ahmed Riahi (2011).Accounti ng Theory. 5thediti on. Salemba Empat Ikatan Akuntan Indonesia(2004). Standar AkuntansiKeuangan. Jakarta: SalembaEmpat |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK6: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang konsep aset (C4, P2, A2) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak |
Kontekstual Tatap Muka : 2x50 Menit |
Harahap, Sofyan Syafri (2010).Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Belkaoui, Ahmed Riahi (2011).Accounti ng Theory. 5thediti on. Salemba Empat Ikatan Akuntan Indonesia(2004). Standar AkuntansiKeuangan. Jakarta: SalembaEmpat |
4 |
|||
10 | Sub-CPMK7: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang konsep utang dan ekuitas (C4, P2, A2) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak |
Kontekstual Tatap Muka : 2x50 Menit |
Harahap, Sofyan Syafri (2010).Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Belkaoui, Ahmed Riahi (2011). Accounting Theory. 5thediti on. Salemba Empat Ikatan Akuntan Indonesia(2004). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat |
4 |
|||
11 | Sub-CPMK7: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang konsep utang dan ekuitas (C4, P2, A2) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak |
Kontekstual Tatap Muka : 2x50 Menit |
Harahap, Sofyan Syafri (2010).Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Belkaoui, Ahmed Riahi (2011). Accounting Theory. 5thediti on. Salemba Empat Ikatan Akuntan Indonesia(2004). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat |
4 |
|||
12 | Sub-CPMK8: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang konsep pendapatan (C4, P2, A2) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak |
Kontekstual Tatap Muka : 2x50 Menit |
Harahap, Sofyan Syafri (2010).Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Belkaoui, Ahmed Riahi (2011). Accounting Theory. 5thediti on. Salemba Empat Ikatan Akuntan Indonesia(2004). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat |
4 |
|||
13 | Sub-CPMK9: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang konsep biaya (C4, P2, A2) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak |
Kontekstual Tatap Muka : 2x50 Menit |
Harahap, Sofyan Syafri (2010).Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Belkaoui, Ahmed Riahi (2011). Accounting Theory. 5thediti on. Salemba Empat Ikatan Akuntan Indonesia(2004). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat |
4 |
|||
14 | Sub-CPMK10: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang konsep laba (C4, P2, A2) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak |
Kontekstual Tatap Muka : 2x50 Menit |
Harahap, Sofyan Syafri (2010).Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Belkaoui, Ahmed Riahi (2011). Accounting Theory. 5thediti on. Salemba Empat Ikatan Akuntan Indonesia(2004). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat |
4 |
|||
15 | Sub-CPMK11: Mampu mengidentifikasi dan menganalisis tentang pengungkapan laporan keuangan (C4, P2, A2) |
|
Tugas dan Study Break dalam bentuk pertanyaan dilakukan secara acak |
Kontekstual Tatap Muka : 2x50 Menit |
Harahap, Sofyan Syafri (2010).Teori Akuntansi. Edisi Revisi. Belkaoui, Ahmed Riahi (2011). Accounting Theory. 5thediti on. Salemba Empat Ikatan Akuntan Indonesia(2004). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat |
6 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Nurul Musfirah Khairiyah lahir di Sangatta pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan AKUNTANSI Program Studi Perbankan dan Keuangan Digital |
|