.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:dwi.lesmideyarti@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:52 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Algoritma dan Pemrograman |
TL120422 |
0 |
2 |
2 |
84 |
2 |
03-03-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dwi Lesmideyarti S.T., M.Kom. |
Hadiyanto S.T., M. Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 198605032019032011 |
NIP/NIK. 198007082014041001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-4) Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3. |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-5) Mampu mengoperasikan dan mengendalikan peralatan dan mesin listrik dengan menggunakan peralatan berbasis teknologi elektromagnetik dan VSD (Variable Speed Drive), kendali terprogram, SCADA, sistem terkomputerisasi dan teknologi IT. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
1. Mampu mendemonstrasikan dasar pemrograman pada microcontroller dan atau microprocessor. [C3] [P3, S9] |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
2. mampu menjelaskan Konsep Pemrograman dalam hal : (1) Algortima, (2) Pseudo Code, (3) Flowchart |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang algoritma, pseudocode, flowchart, dan struktur-struktur pemrograman. Untuk mengimplementasikan konsep-konsep pemrograman tersebut digunakan salah satu bahasa pemrograman yang populer. Â
|
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Konsep Pemrograman 2. Input dan Output (I/O) 3. Pengambilan Keputusan 4. Looping 5. Nested Looping 6. Fungsi 7. Array 8. Program Aplikasi Sederhana |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Pratama, Andre. 2018. Pascal Uncover, Panduan Belajar Pascal Untuk Pemula. Duniailkom.com 2. Munir, Rinaldi.
2016. Algoritma dan Pemrograman dalam Bahasa Pascal,
C, dan C++. Bandung: Informatika.
3. Hartono, Jogiyanto.
2009. Pengenalan Komputer:
Dasar Ilmu Komputer,
Pemrograman, Sistem Informasi, dan Intelegensi Buatan. Yogyakarta: Andi |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. Modul, 2.Panduan Praktek, 3. LCD, 4. Proyektor, 5. Laptop, 6. Whiteboard, 8. Spidol (warna hitam, merah dan biru), dan
9. Alat tulis. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Dwi Lesmideyarti, |
Mata Kuliah |
Algoritma dan Pemrograman |
|||
Kode Mata Kuliah |
TL120422 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | 1. Mampu menjelaskan tujuan mata kuliah Algoritma dan Pemrograman, menjelaskan mata kuliah prasyarat dan mengerjakan soal-soal Pre-Test |
|
|
Metode Pembelajaran
Estimasi waktu Teori : a. 1 x 50 menit (Tatap muka) b. 1 x 60 menit ( Terstruktur) c. 1 x 60 menit (Mandiri)
Praktek : a. 3 x 50 menit (Praktek) b. 20 menit (Tugas Mandiri) |
|
0 |
|||
2 | 2. mampu menjelaskan Konsep Pemrograman dalam hal : (1) Algortima, (2) Pseudo Code, (3) Flowchart |
Ketepatan menjelaskan dan menggunakan Konsep Pemrograman dalam hal: (1) Algortima, (2) Pseudo Code, (3) Flowchart |
(1) Kriteria: ketepatan pemahaman materi dan pelaksanaan praktek, (2) Bentuk Penilaian: nontes, laporan praktek, dan tugas |
Metode Pembelajaran
Estimasi waktu Teori : a. 1 x 50 menit (Tatap muka) b. 1 x 60 menit ( Terstruktur) c. 1 x 60 menit (Mandiri)
Praktek : a. 3 x 50 menit (Praktek) b. 20 menit (Tugas Mandiri) |
Konsep Pemrograman (I): (1) Algoritma, (2) Pseudo Code, (3) Flowchart
|
5 |
|||
3 | 3. Mampu menjelaskan dan menerapkan Konsep Pemrograman dalam hal (1) Struktur Flowchart, (2) Pemecahan Masalah dengan Flowchart, (3) Pengenalan Program |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan Konsep Pemrograman dalam hal (1) Struktur Flowchart, (2) Pemecahan Masalah dengan Flowchart, (3) Pengenalan Program |
(1) Kriteria: ketepatan pemahaman materi dan pelaksanaan praktek, (2) Bentuk Penilaian: nontes, laporan praktek,dan tugas |
Metode Pembelajaran
Estimasi waktu Teori : a. 1 x 50 menit (Tatap muka) b. 1 x 60 menit ( Terstruktur) c. 1 x 60 menit (Mandiri)
Praktek : a. 3 x 50 menit (Praktek) b. 20 menit (Tugas Mandiri) |
Konsep Pemrograman (II): (1) Struktur Flowchart, (2) Pemecahan Masalah dengan Flowchart, (3) Pengenalan Program
|
5 |
|||
4 | 4. Mampu menjelaskan dan menerapkan komponen Input/Output dalam hal: (1) Tipe Data Dasar, (2) Operator Aritmatika, (3) Operator Penurunan dan Penaikan, (4) Operator Penugasan, (5) Operator Kombinasi (Pemendekan) |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan komponen Input/Output dalam hal: (1) Tipe Data Dasar, (2) Operator Aritmatika, (3) Operator Penurunan dan Penaikan, (4) Operator Penugasan, (5) Operator Kombinasi (Pemendekan) |
(1) Kriteria: ketepatan pemahaman materi dan pelaksanaan praktek, (2) Bentuk Penilaian: nontes, laporan praktek, dan tugas |
Metode Pembelajaran
Estimasi waktu Teori : a. 1 x 50 menit (Tatap muka) b. 1 x 60 menit ( Terstruktur) c. 1 x 60 menit (Mandiri)
Praktek : a. 3 x 50 menit (Praktek) b. 20 menit (Tugas Mandiri) |
Input dan Output (I): (1) Tipe Data Dasar, (2) Operator Aritmatika, (3) Operator Penurunan dan Penaikan, (4) Operator Penugasan, (5) Operator Kombinasi (Pemendekan)
|
5 |
|||
5 | 5. Mampu menjelaskan dan menerapkan komponen Input/Output dalam hal: (1) Menampilkan Data ke Layar, (2) Memasukkan Data dari Keyboard |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan komponen Input/Output dalam hal: (1) Menampilkan Data ke Layar, (2) Memasukkan Data dari Keyboard |
(1) Kriteria: Ketepatan presentasi/ menjawab pertanyaan, (2) Bentuk Penilaian: nontes, bahan presentasi, tugas |
Metode Pembelajaran
Estimasi waktu Teori : a. 1 x 50 menit (Tatap muka) b. 1 x 60 menit ( Terstruktur) c. 1 x 60 menit (Mandiri)
Praktek : a. 3 x 50 menit (Praktek) b. 20 menit (Tugas Mandiri) |
Input/Output (II): (1) Menampilkan Data ke Layar, (2) Memasukkan Data dari Keyboard
|
0 |
|||
6 | 6. Mampu menjelaskan dan menerapkan konsep Pengambilan Keputusan dalam hal: (1) Operator Kondisi, (2) Operator Relasi, (3) Operator Logika, (4) Prioritas Operator Logika dan Relasi |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan konsep Pengambilan Keputusan dalam hal: (1) Operator Kondisi, (2) Operator Relasi, (3) Operator Logika, (4) Prioritas Operator Logika dan Relasi |
(1) Kriteria: ketepatan pemahaman materi dan pelaksanaan praktek, (2) Bentuk Penilaian: nontes, laporan praktek, dan tugas |
Metode Pembelajaran
Estimasi waktu Teori : a. 1 x 50 menit (Tatap muka) b. 1 x 60 menit ( Terstruktur) c. 1 x 60 menit (Mandiri)
Praktek : a. 3 x 50 menit (Praktek) b. 20 menit (Tugas Mandiri) |
Pengambilan Keputusan (I): (1) Operator Kondisi, (2) Operator Relasi, (3) Operator Logika, (4) Prioritas Operator Logika dan Relasi
|
0 |
|||
7 | 7. Mampu menjelaskan dan menerapkan konsep Pengambilan Keputusan dalam hal: (1) Pernyataan IF, (2) Pernyataan IF-ELSE, (3) Nested IF |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan konsep Pengambilan Keputusan dalam hal: (1) Pernyataan IF, (2) Pernyataan IF-ELSE, (3) Nested IF |
(1) Kriteria: ketepatan pemahaman materi dan pelaksanaan praktek, (2) Bentuk Penilaian: nontes, laporan praktek, dan tugas |
Metode Pembelajaran
Estimasi waktu Teori : a. 1 x 50 menit (Tatap muka) b. 1 x 60 menit ( Terstruktur) c. 1 x 60 menit (Mandiri)
Praktek : a. 3 x 50 menit (Praktek) b. 20 menit (Tugas Mandiri) |
Pengambilan Keputusan (II): (1) Pernyataan IF, (2) Pernyataan IF- ELSE, (3) Nested IF
|
5 |
|||
9 | 9. Mampu menjelaskan dan menerapkan konsep Looping dalam hal Nested Loop |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan konsep Looping dalam hal: (1) Pernyataan For, (2) Pernyataan While, (3) Pernyataan Do-While |
(1) Kriteria: ketepatan pemahaman materi dan pelaksanaan praktek, (2) Bentuk Penilaian: nontes, laporan praktek, dan tugas |
Metode Pembelajaran
Estimasi waktu Teori : a. 1 x 50 menit (Tatap muka) b. 1 x 60 menit ( Terstruktur) c. 1 x 60 menit (Mandiri)
Praktek : a. 3 x 50 menit (Praktek) b. 20 menit (Tugas Mandiri) |
Looping (I): (1) Pernyataan For, (2) Pernyataan While, (3) Pernyataan Do-While
|
5 |
|||
10 | 10. Mampu menjelaskan dan menerapkan bentuk Fungsi dalam (1) Dasar Fungsi, (2) Memberikan Nilai Keluaran Fungsi, (3) Fungsi dengan Keluaran Bukan Integer, (4) Prototipe Fungsi, (5) Parameter Fungsi |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan konsep Looping dalam hal Nested loop |
(1) Kriteria: ketepatan pemahaman materi dan pelaksanaan praktek, (2) Bentuk Penilaian: nontes, laporan praktek, dan tugas |
Metode Pembelajaran
Teori : a. 1 x 50 menit (Tatap muka) b. 1 x 60 menit ( Terstruktur) c. 1 x 60 menit (Mandiri) Praktek : a. 3 x 50 menit (Praktek) b. 20 menit (Tugas Mandiri) |
Looping II: (1) Nested Loop
|
5 |
|||
11 | 11. menjelaskan dan menerapkan bentuk Fungsi dalam (1) Dasar Fungsi, (2) Memberikan Nilai Keluaran Fungsi, (3) Fungsi dengan Keluaran Bukan Integer, (4) Prototipe Fungsi, (5) Parameter Fungsi |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan bentuk Fungsi dalam (1) Dasar Fungsi, (2) Memberikan Nilai Keluaran Fungsi, (3) Fungsi dengan Keluaran Bukan Integer, (4) Prototipe Fungsi, (5) Parameter Fungsi |
(1) Kriteria: ketepatan pemahaman materi dan pelaksanaan praktek, (2) Bentuk Penilaian: nontes, laporan praktek, dan tugas |
Metode Pembelajaran
Teori : a. 1 x 50 menit (Tatap muka) b. 1 x 60 menit ( Terstruktur) c. 1 x 60 menit (Mandiri) Praktek : a. 3 x 50 menit (Praktek) b. 20 menit (Tugas Mandiri) |
Fungsi: (1) Dasar Fungsi, (2) Memberikan Nilai Keluaran Fungsi, (3) Fungsi dengan Keluaran Bukan Integer, (4) Prototipe Fungsi, (5) Parameter Fungsi
|
5 |
|||
12 | 12. Mampu menjelaskan dan menerapkan konsep Array dalam hal: (1) Konsep Pemrograman Terstruktur, (2) Array Berdimensi Satu, (3) Array Berdimensi Dua, (4) Array Berdimensi Banyak |
Ketepatan menjelaskan dan menerapkan konsep Array dalam hal: (1) Konsep Pemrograman Terstruktur, (2) Array Berdimensi Satu, (3) Array Berdimensi Dua, (4) Array Berdimensi Banyak |
(1) Kriteria: ketepatan pemahaman materi dan pelaksanaan praktek, (2) Bentuk Penilaian: nontes, laporan praktek, dan tugas |
Metode Pembelajaran
Teori : a. 1 x 50 menit (Tatap muka) b. 1 x 60 menit ( Terstruktur) c. 1 x 60 menit (Mandiri) Praktek : a. 3 x 50 menit (Praktek) b. 20 menit (Tugas Mandiri)
|
Variabel Array: (1) Konsep Pemrograman Terstruktur, (2) Array Berdimensi Satu, (3) Array Berdimensi Dua, (4) Array Berdimensi Banyak
|
5 |
|||
13 | 13. Mampu membuat dan mempresentasikan aplikasi Konversi Suhu |
Ketepatan membuat dan mempresentasikan aplikasi Konversi Suhu |
(1) Kriteria: Ketepatan pengerjaan tugas dan presentasi, (2) Bentuk Penilaian: nontes, bahan presentasi, tugas |
Metode Pembelajaran
Teori : a. 1 x 50 menit (Tatap muka) b. 1 x 60 menit ( Terstruktur) c. 1 x 60 menit (Mandiri) Praktek : a. 3 x 50 menit (Praktek) b. 20 menit (Tugas Mandiri) |
Program Aplikasi (I): Program Aplikasi Konversi Suhu
|
10 |
|||
14 | 14. Mampu membuat dan mempresentasikan aplikasi Kalkulator |
Ketepatan membuat dan mempresentasikan aplikasi Kalkualtor |
(1) Kriteria: Ketepatan pengerjaan tugas dan presentasi, (2) Bentuk Penilaian: nontes, bahan presentasi, tugas |
Metode Pembelajaran
Teori : a. 1 x 50 menit (Tatap muka) b. 1 x 60 menit ( Terstruktur) c. 1 x 60 menit (Mandiri) Praktek : a. 3 x 50 menit (Praktek) b. 20 menit (Tugas Mandiri) |
Program Aplikasi (II): Program Aplikasi Kalkulator
|
10 |
|||
15 | 15. Mampu membuat dan mempresentasikan aplikasi Kalender |
Ketepatan membuat dan mempresentasikan aplikasi Kalender |
(1) Kriteria: Ketepatan pengerjaan tugas dan presentasi, (2) Bentuk Penilaian: nontes, bahan presentasi, tugas |
Metode Pembelajaran
Teori : a. 1 x 50 menit (Tatap muka) b. 1 x 60 menit ( Terstruktur) c. 1 x 60 menit (Mandiri) Praktek : a. 3 x 50 menit (Praktek) b. 20 menit (Tugas Mandiri) |
Program Aplikasi (III): Program Aplikasi Kalender
|
10 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
15 |
|||||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
15 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Dwi Lesmideyarti lahir di Bengkulu Selatan pada tanggal 03/05/1986 Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|