.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:rahmat.bangun@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:08 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pengetahuan Lingkungan |
TS120922 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
11-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Rahmat Bangun Giarto S.T., M.Eng. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 199109132019031016 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-5) Menguasai prinsip ilmu lingkungan, pengetahuan faktual tentang Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), ekonomi, dan sosial (P-6) Menguasai pengetahuan teknik berkomunikasi (lisan, laporan teknis, dan grafis) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-8) Mampu merealisasikan perancangan teknik rinci4 (detail engineering design) bangunan sipil sesuai metoda konstruksi yang dipilih dan mampu mengawasi proses konstruksi, hingga memenuhi kelaikan struktur, Rencana Kerja dan Syarat, dan nilai kontrak, dengan memperhatikan aspek keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu mengidentifikasi dan menyelesaiakan masalah lingkungan Mampu merancang Teknologi Pengolahan untuk meminimalisir dampak limbah yang ditimbulkan |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mampu menjelaskan berbagai metode pengolahan untuk meminimalisir pencemaran lingkungan [C1. A2, P2] Mampu merumuskan permasalahan pencemaran lingkungan dengan sumber rujukan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. [C1. A2, P2] Mampu memilih dan menetapkan kasus permasalahan dengan penyelesaian secara sistematis, bermutu dan terukur [C1. A2, P2] Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. [C1. A2, P2] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Pengetahuan Lingkungan mempelajari tentang prinsip-prinsip lingkungan hidup dan metode pengolahan pencemaran lingkungan. Mahasiswa belajar pengertian pengetahuan lingkungan hidup, mengidentifikasi dan merumuskan permasalahan lingkungan. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pengetahuan Lingkungan |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 2. Laksmi P. 1989. Manusia dan Lingkungan Hidup, Bandung: FPMIPA-IKIP. 3. Miller G.Yr. 2000, 1998 atau 1996, Living in the Enviromnet Principles, California: Wadsworth Publishing Company.
4. Otto Soemarwoto, 1991, Indonesia dalam Kancah Issue Lingkungan Global, Jakarta: Gramedia.
5. Soeriaatmadja,1991, Ilmu Lingkungan, Bandung: ITB
6. Stanley H.Anderson, 1993, Environmental Science, New York: Mcmillan Publishing Company |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. Power Point
2. BLP
Alat :
1. LCD
2. Papan Tulis
3. Alat Tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Rahmat Bangun Giarto, |
Mata Kuliah |
Pengetahuan Lingkungan |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS120922 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu menjelaskan berbagai metode pengolahan untuk meminimalisir pencemaran lingkungan [C1. A2, P2] |
Ketepatan dalam mengambil pokok penting dalam suatu artikel terkait pencemaran lingkungan |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran: 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tugas Karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan menjelaskan pendahuluan materi yang akan dipelajari) BT : 2 x 60 menit (Mengkaji artikel) |
Permasalahan pencemaran Lingkungan dengan sumber rujukan secara ilmiah [1] Azrul Anwar, 1979, Pengantar Ilmu Lingkungan, Jakarta: Penerbit Mutiara |
2 |
|||
2 | Mampu merumuskan permasalahan pencemaran lingkungan dengan sumber rujukan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. [C1. A2, P2] |
1. Ketepatan Menjelaskan berbagai metode pengolahan 2. Ketepatan Menjelaskan pencemaran Lingkungan |
Kriteria: Rubrik (Pedoman Penskoran) Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran: 1. Diskus 2. Tanya Jawab 3. Tugas Karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca Materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (Pemaparan materi dan diskusi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan Metode Jenisjenis pengolahan limbah, Pencemaran Lingkungan) |
Jenis-jenis Metode Pengolahan untuk pencemaran [2] Laksmi P. 1989. Manusia dan Lingkungan Hidup, Bandung: FPMIPA-IKIP |
3 |
|||
3 | Mampu merumuskan permasalahan pencemaran lingkungan dengan sumber rujukan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. [C1. A2, P2] |
Ketepatan altenatif solusi dalam menjelaskan dan mempersentasikan sesuai dengan Studi kasus yang diberikan: 1. Lingkungan Hidup 2. Masalah yang timbul akibat aktivitas manusia 3. Pencemaran Air 4. Pencemaran Tanah Mampu menyelesaikan permaslaah dengan berbagai alternatif solusi tentang lingkungan hidup |
Kriteria: Rubrik Deskriptif Teknik: Soal Esay |
Metode Pembelajaran: 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tugas Karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan Pemaparan materi dan diskus) BT : 2 x 60 menit (memilih Studi Kasus dengan penyelesaiannya) |
Kasus Permasalahan di Lingkungan Konstruksi dan Pencemaran Lingkungan [3] Miller G.Yr. 2000, 1998 atau 1996, Living in the Enviromnet Principles, California: Wadsworth Publishing Company. |
3 |
|||
4 | Mampu memilih dan menetapkan kasus permasalahan dengan penyelesaian secara sistematis, bermutu dan terukur [C1. A2, P2] |
Ketepatan altenatif solusi dalam menjelaskan dan mempersentasikan sesuai dengan Studi kasus yang diberikan: 1. Lingkungan Hidup 2. Masalah yang timbul akibat aktivitas manusia 3. Pencemaran Air 4. Pencemaran Tanah Mampu menyelesaikan permaslaah dengan berbagai alternatif solusi tentang lingkungan hidup |
Rubrik Penilaian Presentasi secara Kelompok, Rubrik penilaian membuat laporan Teknik non test: 1. Review Makalah 2. Presentasi |
1. Case Based Learning 2. Kuliah 3. Presentasi dan Diskusi Kelompok 4. Tugas Karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 2 x 60 menit (Lingkungan Hidup) |
Pencemaran Lingkungan terkait lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah. [2] Laksmi P. 1989. Manusia dan Lingkungan Hidup, Bandung: FPMIPA-IKIP. |
3 |
|||
5 | Mampu memilih dan menetapkan kasus permasalahan dengan penyelesaian secara sistematis, bermutu dan terukur [C1. A2, P2] |
Ketepatan altenatif solusi dalam menjelaskan dan mempersentasikan sesuai dengan Studi kasus yang diberikan: 1. Lingkungan Hidup 2. Masalah yang timbul akibat aktivitas manusia 3. Pencemaran Air 4. Pencemaran Tanah Mampu menyelesaikan permaslaah dengan berbagai alternatif solusi tentang lingkungan hidup |
Kriteria: Rubrik Penilaian Presentasi secara Kelompok, Rubrik penilaian membuat laporan Teknik non test: 1. Review Makalah 2. Presentasi |
Metode Pembalajaran: 1. Case Based Learning 2. Kuliah 3. Presentasi dan Diskusi Kelompok 4. Tugas Karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 2 x 60 menit (Lingkungan Hidup) |
Permasalahan di Lingkungan Konstruksi dan Pencemaran Lingkungan terkait lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah. [2] Laksmi P. 1989. Manusia dan Lingkungan Hidup, Bandung: FPMIPA-IKIP. |
3 |
|||
6 | Mampu memilih dan menetapkan kasus permasalahan dengan penyelesaian secara sistematis, bermutu dan terukur [C1. A2, P2] |
Ketepatan altenatif solusi dalam menjelaskan dan mempersentasikan sesuai dengan Studi kasus yang diberikan: 1. Lingkungan Hidup 2. Masalah yang timbul akibat aktivitas manusia 3. Pencemaran Air 4. Pencemaran Tanah Mampu menyelesaikan permaslaah dengan berbagai alternatif solusi tentang lingkungan hidup |
Rubrik Penilaian Presentasi secara Kelompok, Rubrik penilaian membuat laporan Teknik non test:1. Review Makalah 2. Presentasi |
Metode Pembalajaran: 1. Case Based Learning 2. Kuliah 3. Presentasi dan Diskusi Kelompok 4. Tugas Karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 2 x 60 menit (Lingkungan Hidup) |
Permasalahan di Lingkungan Konstruksi dan Pencemaran Lingkungan terkait lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah. [2] Laksmi P. 1989. Manusia dan Lingkungan Hidup, Bandung: FPMIPA-IKIP. |
3 |
|||
7 | Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. [C1. A2, P2] |
Ketepatan altenatif solusi dalam menjelaskan dan mempersentasikan sesuai dengan Studi kasus yang diberikan: 1. Lingkungan Hidup 2. Masalah yang timbul akibat aktivitas manusia 3. Pencemaran Air 4. Pencemaran Tanah Mampu menyelesaikan permaslaah dengan berbagai alternatif solusi tentang lingkungan hidup |
Kriteria: Rubrik Penilaian Presentasi secara Kelompok, Rubrik penilaian membuat laporan Teknik non test:1. Review Makalah 2. Presentasi
|
Metode Pembalajaran: 1. Case Based Learning 2. Kuliah 3. Presentasi dan Diskusi Kelompok 4. Tugas karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 2 x 60 menit (Lingkungan Hidup) |
Permasalahan di Lingkungan Konstruksi dan Pencemaran Lingkungan terkait lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah. [2] Laksmi P. 1989. Manusia dan Lingkungan Hidup, Bandung: FPMIPA-IKIP. |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. [C1. A2, P2] |
Ketepatan dalam menjelaskan dan mempersentasikan sesuai dengan Studi kasus yang diberikan: 1. Pencemaran Udara 2. Pencemaran Suara 3. AMDAL |
Kriteria: Rubrik Penilaian Presentasi secara Kelompok Teknik non test: 1. Review Makalah 2. Presentasi |
Metode Pembalajaran: 1. Case Based Learning 2. Kuliah 3. Presentasi dan Diskusi Kelompok 4. Tugas Karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 2 x 60 menit (Lingkungan Hidup) |
Permasalahan di Lingkungan Konstruksi dan Pencemaran Lingkungan terkait Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL [5] Soeriaatmadja,1991, Ilmu Lingkungan, Bandung: ITB |
2 |
|||
10 | Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. [C1. A2, P2] |
Ketepatan dalam menjelaskan dan mempersentasikan sesuai dengan Studi kasus yang diberikan: 1. Pencemaran Udara 2. Pencemaran Suara 3. AMDAL |
Kriteria: Rubrik Penilaian Presentasi secara Kelompok Teknik non test: 1. Review Makalah 2. Presentasi |
Metode Pembelajaran: 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tugas Karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan RPS dan menjelaskan pendahuluan materi yang akan dipelajari) BT : 2 x 60 menit (Mengkaji artikel) |
Permasalahan di Lingkungan Konstruksi dan Pencemaran Lingkungan terkait Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL [5] Soeriaatmadja,1991, Ilmu Lingkungan, Bandung: ITB |
3 |
|||
11 | Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. [C1. A2, P2] |
Ketepatan dalam menjelaskan dan mempersentasikan sesuai dengan Studi kasus yang diberikan: 1. Pencemaran Udara 2. Pencemaran Suara 3. AMDAL |
Kriteria: Rubrik Penilaian Presentasi secara Kelompok Teknik non test: 1. Review Makalah 2. Presentasi |
Metode Pembalajaran: 1. Case Based Learning 2. Kuliah 3. Presentasi dan Diskusi Kelompok 4. Tugas Karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 2 x 60 menit (Lingkungan Hidup) |
Permasalahan di Lingkungan Konstruksi dan Pencemaran Lingkungan terkait Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL [5] Soeriaatmadja,1991, Ilmu Lingkungan, Bandung: ITB |
3 |
|||
12 | Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. [C1. A2, P2] |
1. Ketepatan dalam mendesign Alat. 2. Kesesuaian alat dan bahan dalam membuat alat. 3. Ketepatan dalam menjelaskan rancangan teknologi pengolahan secara rinci dan detail dengan menggunakan media visual. |
Kriteria: Rubrik Penilaian Presentasi secara Kelompok Teknik non test: 1. Review Makalah 2. Presentasi |
Metode Pembalajaran: 1. Case Based Learning 2. Kuliah 3. Presentasi dan Diskusi Kelompok 4. Tugas Karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 2 x 60 menit (Lingkungan Hidup) |
Perancangan Teknologi pengolahan sederhana untuk pencemaran lingkungan [6] Stanley H.Anderson, 1993, Environmental Science, New York: Mcmillan Publishing Company. |
3 |
|||
13 | Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. [C1. A2, P2] |
1. Ketepatan dalam mendesign Alat. 2. Kesesuaian alat dan bahan dalam membuat alat. 3. Ketepatan dalam menjelaskan rancangan teknologi pengolahan secara rinci dan detail dengan menggunakan media visual. |
Kriteria: Rubrik Penilaian Presentasi secara Kelompok Teknik non test: 1. Review Makalah 2. Presentasi |
Metode Pembalajaran: 1. Case Based Learning 2. Kuliah 3. Presentasi dan Diskusi Kelompok 4. Tugas Karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 2 x 60 menit (Lingkungan Hidup) |
Perancangan Teknologi pengolahan sederhana untuk pencemaran lingkungan [6] Stanley H.Anderson, 1993, Environmental Science, New York: Mcmillan Publishing Company. |
3 |
|||
14 | Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. [C1. A2, P2] |
1. Ketepatan dalam mendesign Alat. 2. Kesesuaian alat dan bahan dalam membuat alat. 3. Ketepatan dalam menjelaskan rancangan teknologi pengolahan secara rinci dan detail dengan menggunakan media visual. |
Kriteria: Rubrik Penilaian Presentasi secara Kelompok Teknik non test: 1. Review Makalah 2. Presentas |
Metode Pembalajaran: 1. Case Based Learning 2. Kuliah 3. Presentasi dan Diskusi Kelompok 4. Tugas Karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 2 x 60 menit (Lingkungan Hidup) |
Perancangan Teknologi pengolahan sederhana untuk pencemaran lingkungan [6] Stanley H.Anderson, 1993, Environmental Science, New York: Mcmillan Publishing Company. |
3 |
|||
15 | Mampu menjelaskan dan mempersentasikan tentang lingkungan hidup, masalah yang timbul aktivitas manusia, pencemaran air, pencemaran tanah, Pencemaran udara, pencemaran suara dan AMDAL. [C1. A2, P2] |
1. Ketepatan dalam mendesign Alat. 2. Kesesuaian alat dan bahan dalam membuat alat. 3. Ketepatan dalam menjelaskan rancangan teknologi pengolahan secara rinci dan detail dengan menggunakan media visual. |
Kriteria: Rubrik Penilaian Presentasi secara Kelompok Teknik non test: 1. Review Makalah 2. Presentasi |
Metode Pembalajaran: 1. Case Based Learning 2. Kuliah 3. Presentasi dan Diskusi Kelompok 4. Tugas Karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca materi yang diupload BLP) TM : 2 x 50 menit (pemaparan materi dan diskusi) BT : 2 x 60 menit (Lingkungan Hidup) |
Perancangan Teknologi pengolahan sederhana untuk pencemaran lingkungan [6] Stanley H.Anderson, 1993, Environmental Science, New York: Mcmillan Publishing Company. |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Rahmat Bangun Giarto lahir di Palangka Raya pada tanggal 13-09-1991 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|