.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:lisnawaty.simatupang@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 30, 2025, 1:14 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TATA BOGA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
METODOLOGI PENELITIAN |
TB240315 |
2 |
0 |
2 |
28 |
4 |
12-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Lisnawaty Simatupang S.S., M.Hum. |
Dr. Tuatul Mahfud S.Pd., M.Pd. |
|||||||
NIP/NIK. 199112222020122003 |
NIP/NIK. 198609252012121001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S-4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S-5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-8) Mengiternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-14) Menguasai prinsip dan teknik komunikasi efektif untuk bekerja dalam tim |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yangs esuai, baik yang belum maupun yang sudah baku (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-12) Mampu menerapkan teknik-teknik berkomunikasi secara efektif (KK-15) Mampu menyiapkan dan menyusun laporan tertulis tentang hasil pekerjaan baik yang menjadi tanggung jawabnya sendiri maupun menjadi tanggungjawab kelompok kerja (team work) secara komprehensif |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK 1. Memhami Hakikat dan Dasar-dasar penelitian Ilmiah CP-MK 2. Mengidentifikasi jenis-jenis penelitian/ pendekatan ilmiah CP-MK 3. Menjabarkan sub-kategori bagian pendahuluan rancanngan penelitian CP-MK 4. Menjelaskan studi literatur penelitian CP-MK 5. Menyusun hipotesis penelitian CP-MK 6. Menjabarkan tahap-tahap penelitian CP-MK 7. Menyusun kesimpulan dan abstrak penelitian CP-MK 8. Menyusun proposal penelitian CP-MK 9. Presentasi proposal penelitian |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK 1. Mampu memahami dan menjelaskan hakikat penelitian ilmiah Sub CP-MK 2. Mampu menjabarkan dan mengontraskan jenis-jenis penelitian Sub CP-MK 3. Mampu memahami dan menjelaskan bagian pendahuluan rancangan penelitian Sub CP-MK 4. Mampu mengkaji dan menjelaskan pustaka dan refernsi dalam penelitian Sub Cp-MK 5. Mampu menyusun dan menjelaskan hipotesis penelitian Sub CP-MK 6. Mampu menjabarkandan menyusun tahap-tahap pengerjaan penelitian (Bagian 1) Sub CP-MK 7. Mampu menjabarkan dan menyusun tahap-tahap pengerjaan penelitian (Bagian 2) Sub CP-MK 8. Mampu menyusun analisis dalam bagian pembahasan penelitian Sub Cp-MK 9. Mampu menyimpulkan hasil dan abstrak penelitian Sub CP-MK 10. Praktik menyusun proposal penelitian (Bab 1 dan 2) Sub CP-MK 11 Praktik menyusun proposal penelitian (Bab 3) Sub CP-MK 12 Mampu memahami penyusunan salindia penelitian dan teknik presentasi dokumen penelitian Sub CP-MK 13 Mampu mengimplementasi teknik presentasi penelitian |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah METODOLOGI PENELITIAN bertujuan untuk memberikan pem,ahaman mendealam kepada mahasiswa tentang berbagai metode, teknik, dan etika penelitian. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diedukasi dalam menyusun langkah-langkah penelitian dengan sistematis. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Etika dan hakikat dasar penelitian |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Creswell, J.W. (2014). Research Design: Pendekatan metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Sugiyono, P.D. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta Weeks, M. (2020). Presentation Skills/ Techniques: Research Skills C1 & C2 Combined Course Materials. Nagoya: Nagoya University Panduan Tugas Akhir Jurusan Pariwisata |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Lisnawaty Simatupang, |
Mata Kuliah |
METODOLOGI PENELITIAN |
|||
Kode Mata Kuliah |
TB240315 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK 1. Mampu memahami dan menjelaskan hakikat penelitian ilmiah |
1) Mampu memahami hakikat dan konsep dasar penelitian |
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Hakikat Penelitian Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
3 |
|||
2 | Sub CP-MK 2. Mampu menjabarkan dan mengontraskan jenis-jenis penelitian |
Mampu mejelasakan konsep: |
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Jenis-jenis Penelitian Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
3 |
|||
3 | Sub CP-MK 3. Mampu memahami dan menjelaskan bagian pendahuluan rancangan penelitian |
1) Penjabaran latar belakang penelitian |
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
3 |
|||
4 | Sub CP-MK 4. Mampu mengkaji dan menjelaskan pustaka dan refernsi dalam penelitian |
1) Mampu menjabarkan kajian pustaka/ literatur |
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
3 |
|||
5 | Sub Cp-MK 5. Mampu menyusun dan menjelaskan hipotesis penelitian |
Mampu merumuskan hipotesis penelitian |
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Hipotesis Penelitian Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
3 |
|||
6 | Sub CP-MK 6. Mampu menjabarkandan menyusun tahap-tahap pengerjaan penelitian (Bagian 1) |
1) Mampu menjabarkan jenis penelitian |
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
4 |
|||
7 | Sub CP-MK 7. Mampu menjabarkan dan menyusun tahap-tahap pengerjaan penelitian (Bagian 2) |
1) Mampu menjelaskan teknik dan instrumen pengumpulan data penelitian |
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub CP-MK 8. Mampu menyusun analisis dalam bagian pembahasan penelitian |
|
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
1. Interpretasi hasil Penelitian 2. Keterbatasan Penelitian Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
3 |
|||
10 | Sub Cp-MK 9. Mampu menyimpulkan hasil dan abstrak penelitian |
|
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
2 |
|||
11 | Sub CP-MK 10. Praktik menyusun proposal penelitian (Bab 1 dan 2) |
1) Mampu menemukan isu dan solusi terkait bidang penelitian |
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Bagian Pendahuluan dan Landasan Teori Proposal penelitian Panduan Tugas Akhir Jurusan Perhotelan |
5 |
|||
12 | Sub CP-MK 11 Praktik menyusun proposal penelitian (Bab 3) |
Mampu menjelaskan data, teknik dan proses analisis sesuai dengan topik penelitian |
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Metode Penelitian Panduan Tugas Akhir Jurusan Perhotelan |
5 |
|||
13 | Sub CP-MK 12 Mampu memahami penyusunan salindia penelitian dan teknik presentasi dokumen penelitian |
|
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Teknik Presentasi Weeks, M. (2020). Presentation Skills/ Techniques: Research Skills |
3 |
|||
14 | Sub CP-MK 13 Mampu mengimplementasi teknik presentasi penelitian |
1) Mampu membuat salindia rencana penelitian dengan visual dan alur yang sistematis |
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Presentasi Proposal Penelitian Weeks, M. (2020). Presentation Skills/ Techniques: Research Skills |
5 |
|||
15 | Sub CP-MK 13 Mampu mengimplementasi teknik presentasi penelitian |
1) Mampu membuat salindia rencana penelitian dengan visual dan alur yang sistematis |
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Presentasi Proposal Penelitian Weeks, M. (2020). Presentation Skills/ Techniques: Research Skills |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Lisnawaty Simatupang lahir di Dairi pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|