.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:lisnawaty.simatupang@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 30, 2025, 1:13 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Metode Penelitian |
MP360921 |
2 |
0 |
2 |
28 |
6 |
21-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Lisnawaty Simatupang S.S., M.Hum. |
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 199112222020122003 |
NIP/NIK. 199104022019032018 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademi |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-5) Konsep, prinsip-prinsip, teknik, dan metode secara mendalam: a) Penyusunan anggaran biaya operasional hotel di bidang tata hidang dan divisi kamar b) Perencanaan pengadaan, pencatatan, penyimpanan dan pendistribusian bahan dan supplies untuk kegiatan operasional pada bidang divisi kamar dan divisi tata hidang c) Perencanaan pengadaan, pencatatan, pendistribusian, perkiraan perawatan dan penghapusan aset untuk kegiatan operasional hotel |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-6) Mampu secara mandiri dan berkelompok merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi pelatihan Sumber Daya Manusia hotel berskala kecil yang dibuktikan dengan peningkatan kompetensi karyawan di bidang divisi kamar dan tata hidang (KU-10) Mampu menyusun perencanaan pengadaan, pencatatan, penyimpanan dan pendistribusian bahan dan supplies untuk kegiatan operasional pada bidang divisi kamar dan divisi tata hidang yang memenuhi standar kualitas yang dapat dibuktikan dengan peningkatan efisiensi biaya operasional dan |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-3) Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan bidang keahliannya untuk menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni (KK-4) Mampu menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni yang mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK 1. Memhami Hakikat dan Dasar-dasar penelitian Ilmiah CP-MK 2. Mengiden fikasi jenis-jenis peneli an/ pendekatan ilmiah CP-MK 3. Menjabarkan sub-kategori bagian pendahuluan rancanngan penelitian CP-MK 4. Menjelaskan studi literatur penelitian CP-MK 5. Menyusun hipotesis penelitian CP-MK 6. Menjabarkan tahap-tahap penelitian CP-MK 7. Menyusun kesimpulan dan abstrak penelitian CP-MK 8. Menyusun proposal penelitian CP-MK 9. Presentasi proposal penelitian |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK 1. Mampu memahami dan menjelaskan hakikat peneli an ilmiah Sub CP-MK 2. Mampu menjabarkan dan mengontraskan jenis-jenis penelitian Sub-CPMK 3.Mampu memahami dan menjelaskan bagian pendahuluan rancangan penelitian Sub-CPMK 4.Mampu mengkaji dan menjelaskan pustaka dan refernsi dalam penelitian Sub-CPMK 5. Mampu menyusun dan menjelaskan hipotesis penelitian Sub-CPMK 6. Mampu menjabarkandan menyusun tahap-tahap pengerjaan penelitian (Bagian 1) Sub CP-MK 7. Mampu menjabarkan dan menyusun tahap-tahap pengerjaan penelitian (Bagian 2) Sub-CPMK 8. Mampu menyusun analisis dalam bagian pembahasan penelitian Sub-CPMK 9. Mampu menyimpulkan hasil dan abstrak penelitian Sub-CPMK 10.. Praktik menyusun proposal penelitian (Bab 1 dan 2) Sub-CPMK 11. Prak k menyusun proposal penelitian (Bab 3) sub-CPMK 12. Mampu memahami penyusunan salindia penelitian dan teknik presentasi dokumen peneli an Sub-CPMK 13. Mampu mengimplementasi teknik presentasi penelitian |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah METODOLOGI PENELITIAN bertujuan untuk memberikan pem,ahaman mendealam kepada mahasiswa tentang berbagai metode, teknik, dan etika penelitian. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diedukasi dalam menyusun langkah-langkah penelitian dengan sistematis. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Etika dan hakikat penelitian |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama:
Creswell, J.W. (2014). Research Design: Pendekatan metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar
Sugiyono, P.D. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Weeks, M. (2020). Presentation Skills/ Techniques: Research Skills C1 & C2 Combined Course Materials. Nagoya: Nagoya
University
Panduan Tugas Akhir Jurusan Pariwisata |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Lisnawaty Simatupang, |
Mata Kuliah |
Metode Penelitian |
|||
Kode Mata Kuliah |
MP360921 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK 1. Mampu memahami dan menjelaskan hakikat penelitian ilmiah |
1) Mampu memahami hakikat dan konsep dasar penelitian (Holistik) |
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Hakikat Penelitian Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
3 |
|||
2 | Sub CP-MK 2. Mampu menjabarkan dan mengontraskan jenis-jenis penelitian |
1. Ketepatan memahami dan menjelaskan konssep penelitian kuantitatif, kualitaatif, dan campuran (Holistik) 2. Ketepatan mengidentifikasi dan menjelaskan pendekatan penelitian yang paling sesuai dengan studi kasus tertentu (Kontekstual). |
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Jenis-jenis Penelitian Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
3 |
|||
3 | Sub CP-MK 3. Mampu memahami dan menjelaskan bagian pendahuluan rancangan penelitian |
1) Penjabaran latar belakang penelitian |
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
3 |
|||
4 | Sub CP-MK 4. Mampu mengkaji dan menjelaskan pustaka dan refernsi dalam penelitian |
1) Ketepatan menjabarkan kajian pustaka/ literatur |
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
3 |
|||
5 | Sub Cp-MK 5. Mampu menyusun dan menjelaskan hipotesis penelitian |
Mampu merumuskan hipotesis penelitian |
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Hipotesis Penelitian Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
3 |
|||
6 | Sub CP-MK 6. Mampu menjabarkandan menyusun tahap-tahap pengerjaan penelitian (Bagian 1) |
1) Mampu menjabarkan jenis penelitian |
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
4 |
|||
7 | Sub CP-MK 7. Mampu menjabarkan dan menyusun tahap-tahap pengerjaan penelitian (Bagian 2) |
1) Mampu menjelaskan teknik dan instrumen pengumpulan data penelitian |
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub CP-MK 8. Mampu menyusun analisis dalam bagian pembahasan penelitian |
|
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
1. Interpretasi hasil Penelitian 2. Keterbatasan Penelitian Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
3 |
|||
10 | Sub Cp-MK 9. Mampu menyimpulkan hasil dan abstrak penelitian |
|
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. |
2 |
|||
11 | Sub CP-MK 10. Praktik menyusun proposal penelitian (Bab 1 dan 2) |
1) Ketepatan menemukan dan menjelaskan isu serta solusi terkait bidang penelitian (Interaktif) |
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Bagian Pendahuluan dan Landasan Teori Proposal penelitian Panduan Tugas Akhir Jurusan Perhotelan |
5 |
|||
12 | Sub CP-MK 11 Praktik menyusun proposal penelitian (Bab 3) |
Mampu menjelaskan data, teknik dan proses analisis sesuai dengan topik penelitian |
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Metode Penelitian Panduan Tugas Akhir Jurusan Perhotelan |
5 |
|||
13 | Sub CP-MK 12 Mampu memahami penyusunan salindia penelitian dan teknik presentasi dokumen penelitian |
|
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Teknik Presentasi Weeks, M. (2020). Presentation Skills/ Techniques: Research Skills |
3 |
|||
14 | Sub CP-MK 13 Mampu mengimplementasi teknik presentasi penelitian |
1) Mampu membuat salindia rencana penelitian dengan visual dan alur yang sistematis |
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Presentasi Proposal Penelitian Weeks, M. (2020). Presentation Skills/ Techniques: Research Skills |
5 |
|||
15 | Sub CP-MK 13 Mampu mengimplementasi teknik presentasi penelitian |
1) Mampu membuat salindia rencana penelitian dengan visual dan alur yang sistematis |
Kriteria: Bentuk: Non-tes |
1) Bentuk: Kuliah |
Presentasi Proposal Penelitian Weeks, M. (2020). Presentation Skills/ Techniques: Research Skills |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Lisnawaty Simatupang lahir di Dairi pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|