.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:lisnawaty.simatupang@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 30, 2025, 1:17 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Bahasa Indonesia |
MP120121 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
19-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Lisnawaty Simatupang S.S., M.Hum. |
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 199112222020122003 |
NIP/NIK. 199104022019032018 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-3) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-8) Konsep dan teknik komunikasi lisan dan tulisan dalam Bahasa Indonesia, minimal satu bahasa internasional, atau minimal satu bahasa asing lainnya, dan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu secara mandiri mengelola kegiatan operasional hotel berskala kecil (meliputi kemampuan merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi kegiatan operasional hotel) yang dapat dibuktikan dengan bertambahnya tingkat kepuasan tamu hotel khususnya pada aspek jumlah tamu, reliabilitas dan responsibilitas layanan, kebersihan, dan efisiensi harga |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-4) Mampu menyusun hasil kajiannya dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni yang mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu menjelaskan hakikat dan konsep bahasa Indonesia sebagai bagian dari keragaman budaya |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Memahami sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Bahasa Indonesia mempelajari pengetahuan tentang bahasa Indonesia. Dalam mata kuliah ini, keterampilan berbahasa mahasiswa diuji dan ditingkatkan sesuai perkembangan bahasa. Mahasiswa dinyatakan lulus mata kuliah bahasa Indonesia dengan nilai minimal C. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
|
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : laptop, proyektor, LCD, papan tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Lisnawaty Simatupang, |
Mata Kuliah |
Bahasa Indonesia |
|||
Kode Mata Kuliah |
MP120121 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu memahami sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 1: Mengumpulkan data kebahasan melalui berbagai sumber, seperti media sosial, TV, spanduk, poster, dll Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x
|
Sejarah bahasa Indonesia Perkembangan bahasa Indonesia Direktoral Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (2016). Pendidikan Bahasa Indonesia untuk Pendidikan Tinggi. Jakarta: DIKTI |
3 |
|||
2 | Mampu memahami kedudukan dan fungsi bahasa |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 2: Presentasi data kebahasaan bahasa yang ditemukan sebagai bagian dari perkembangan fungsi bahasa Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
|
3 |
|||
3 | Mampu membedakan ragam atau variasi bahasa |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 3: Melakukan survei penggunaan ragam bahasa di lingkungan sekitar Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
|
3 |
|||
4 | Mampu menjelaskan peran dan kategori kata dalam struktur bahasa Indonesia |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
|
4 |
|||
5 | Mampu menjelaskan peran dan konsep frasa dan klausa dalam tata bahasa Indonesia |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
|
3 |
|||
6 | Mampu menuangkan gagasan ilmiah dalam bentuk kalimat efektif |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 4: Menyusun laporan dengan kalimat efektif dan presentasi terkait kegiatan survei ragam bahasa (topik 3) Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
Kalimat Efektif dalam bahasa Indonesia |
5 |
|||
7 | Mampu menggunakan unsur-unsur ejaan, seperti huruf, tanda baca, dan penulisan unsur serapan dalam bahasa Indonesia dengan benar |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 5: Menemukan kesalahan ejaan dalam laporan penelitian Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Ejaan bahasa Indonesia |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Mampu menggunakan diksi secara tepat sesuai konteks tulisan (Genre makro) |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 6: Membuat video penggunaan diksi sesuai konteks Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
Penggunaan diksi dalam genre makro |
3 |
|||
10 | Mampu menyatakan gagasan secara tepat dalam paragraph (teks Mikro) |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 7: Mengidentifikasi jensi paragraph dalam teks Makro Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
Pengembangan ide dalam paragraph (teks mikro) |
4 |
|||
11 | Mampu menulis esai dengan karakateristik dan sturktur yang tepat |
|
Kriteria penilaian: Rubrik deskriptif Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 8: Menulis esai sesuai dengan topik yang ditentukan Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Menuangkan gagasan dalam esai |
4 |
|||
12 | Mampu menjelaskan struktur dan sistematika penulisan artikel |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Struktur dan sistematika artikel ilmiah |
5 |
|||
13 | Mampu menuangkan gagasan kreatif dalam proposal |
|
Kriteria penilaian: Rubrik deskriptif Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’):
Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’)
|
Menyusun Proposal PKM |
7 |
|||
14 | Mampu mengeksplorasi karya tulis |
|
Kriteria penilaian: Rubrik deskriptif Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): 1. Kuliah 2. DIskusi Penugasan Terstruktur (1 minggu x (2 sks x 60’): Tugas 9: Menyusun argumentasi dalam sebuah teks ulasan Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Menulis teks ulasan |
7 |
|||
15 | Mampu menjelaskan orisinalistas karya tulis |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x (2 sks x 50’): 1. Kuliah 2. Diskusi Tugas 10: Menginternalisasi nilai-nilai orisinalistas karya tulis dalam proposal Kegiatan Mandiri (1 minggu x (2 sks x 60’) |
Menerapkan sistem kutipan dan pustaka untuk menghindari plagiasi |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Lisnawaty Simatupang lahir di Dairi pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|