.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:mohamad.isram@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:36 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Laboratorium Uji Tanah |
TS120422 |
0 |
3 |
3 |
126 |
2 |
13-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 198903052022031010 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai prinsip pengujian dan pengukuran komponen bangunan sipil sesuai codes dan standar (P-6) Menguasai pengetahuan teknik berkomunikasi (lisan, laporan teknis, dan grafis) (P-7) Menguasai pengetahuan faktual tentang perkembangan di bidang teknologi bangunan gedung (P-8) Menguasai prosedur dan standar kerja (SOP) bangunangedung di area praktikum, studio dan kegiatan laboratorium dengan mengaplikasikan prinsip sistem keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan sipil yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik , lingkungan (SMK3L),aspek hukum dan ekonomi (KK-5) Mampu melakukan pekerjaan pengukuran tanah (site surveying) untuk bangunan sipil guna mendukung proses perencanaan, perancangan dan pelaksanaan konstruksi dengan menggunakan peralatan terkini yang disajikan dalam format gambar ukur |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa menguasai prosedur pengujian pengambilan contoh tanah undistrub (tidak terganggu) maupun distrub (terganggu) dilapangan, serta pengujian properties tanah dan engineering properties di laboratorium |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK 1: Mampu melakukan pengambilan sampel dengan handboring [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 2 : Mampu melakukan pengujian kadar air tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 3 : Mampu melakukan pengujian berat volume tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 4 : Mampu melakukan pengujian berat jenis tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 5 : Mampu melakukan pengujian batas plastis [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 6 : Mampu melakukan pengujian batas cair [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 7 : Mampu melakukan pengujian analisa saringan [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 8 : Mampu menentukan klasifikasi dan jenis tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 9 : Mampu melakukan pengujian direct shear [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 10 : Mampu melakukan pengujian sandcone [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 11 : Mampu melakukan pengujian dynamic cone penetrometer [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 12 : Mampu melakukan pengujian pemadatan tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 13 : Mampu melakukan pengujian CBR [A5, A2, P2, C2, C3, C4] Sub CP-MK 14 : Mampu melakukan pengujian sondir [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Laboratorium Uji Tanah mempelajari mempelajari pengujian
laboratorium tanah yang dimaksudkan untuk mendapatkan nilai-nilai parameter dan
hasil pengujian tanah untuk keperluan desain pondasi |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Pengujian tanah disturbed Pengujian tanah undisturbed |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Peralatan
uji laboratorium tanah,
papan tulis dan LCD proyektor |
|||||||
Dosen Pengampu |
Mohamad Isram M. Ain, |
Mata Kuliah |
Laboratorium Uji Tanah |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS120422 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||||||
1 | Sub CP-MK 1: Mampu melakukan pengambilan sampel dengan handboring [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
|
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Estimasi waktu:
|
|
3 |
|||||||
2 | Sub CP-MK 2 : Mampu melakukan pengujian kadar air tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
|
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi waktu:
|
Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
4 |
|||||||
3 | Sub CP-MK 3 : Mampu melakukan pengujian berat volume tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
Setelah melakukan pengujian (C) mahasiswa (A) mampu mengetahui langkah-langkah pengujian berat volume tanah (B) dengan tepat |
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi waktu:
|
Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
3 |
|||||||
4 | Sub CP-MK 4 : Mampu melakukan pengujian berat jenis tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
Setelah melakukan pengujian (C) mahasiswa (A) mampu mengetahui urutan pengujian berat jenis tanah (B) dengan tepat |
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi waktu: |
Pengujian berat jenis tanah Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
3 |
|||||||
5 | Sub CP-MK 5 : Mampu melakukan pengujian batas plastis [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
Setelah melakukan pengujian (C) mahasiswa (A) mampu mengetahui urutan pengujian batas plastis (B) dengan tepat |
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi waktu:
|
Pengujian batas plastis Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
3 |
|||||||
6 | Sub CP-MK 6 : Mampu melakukan pengujian batas cair [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
|
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi waktu: |
Pengujian batas cair tanah Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
3 |
|||||||
7 | Sub CP-MK 7 : Mampu melakukan pengujian analisa saringan [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
|
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi waktu: |
Analisa saringan Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
3 |
|||||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||||||
9 | Sub CP-MK 8 : Mampu menentukan klasifikasi dan jenis tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
Setelah melakukan pengujian (C) mahasiswa (A) mampu mengetahui cara menentukan klasifikasi dan jenis tanah (B) dengan tepat |
Kriteria: ketepatan dalam menentukan klasifikasi dan jenis tanah |
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Case Based Learning Estimasi waktu: |
Klasfikasi Tanah dengan Metode USCS dan AASHTO Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
6 |
|||||||
10 | Sub CP-MK 9 : Mampu melakukan pengujian direct shear [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
|
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi waktu: |
Pengujian direct shear Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
3 |
|||||||
11 | Sub CP-MK 10 : Mampu melakukan pengujian sandcone [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
|
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi waktu: |
Pengujian sand cone Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
3 |
|||||||
12 | Sub CP-MK 11 : Mampu melakukan pengujian dynamic cone penetrometer [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
|
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi waktu: |
Pengujian DCP Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
4 |
|||||||
13 | Sub CP-MK 12 : Mampu melakukan pengujian pemadatan tanah [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
Setelah melakukan pengujian (C) mahasiswa (A) mampu mengetahui urutan pemadatan ringan (B) dengan tepat |
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi waktu: |
Pemadatan ringan Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
4 |
|||||||
14 | Sub CP-MK 13 : Mampu melakukan pengujian CBR [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
Setelah melakukan pengujian (C) mahasiswa (A) mampu mengetahui urutan pengujian CBR lab (B) dengan tepat |
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Estimasi waktu: |
CBR Lab Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
8 |
|||||||
15 | Sub CP-MK 14 : Mampu melakukan pengujian sondir [A5, A2, P2, C2, C3, C4] |
|
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Estimasi waktu: |
Uji Sondir Pustaka 1, pustaka 2, pustaka 3, dan pustaka 4 |
10 |
|||||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Mohamad Isram M. Ain lahir di Kali pada tanggal 05-03-1989 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan |
|