.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:qory.hidayati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:56 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Dasar Teknik Listrik |
TE120422 |
1 |
1 |
2 |
42 |
2 |
16-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Qory Hidayati S.T., M.T. |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 198611142019032014 |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan YME dan mampu menunjukan sikap religius (S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S-7) Taat hokum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasi konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan terkait dengan praktek instalasi dankonfigurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3 |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-5) Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa, penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali (KK-9) Mampu menerapkan regulasi K3 diberbagai sektor tempat kerja |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Menguasai konsep teoriti s matemati ka teknik dan fi sika terapan terkait dengan praktek instalasidankonfi gurasi, interpertasi instruksi, pengoperasian, pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untukmenyelesaikan permasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali dan etika akademik dengan sikap relegius (CPL1) (CPL2)(CPL7)(CPL11) CPMK 2: Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3 serta kinerja bermutu dan terukur (CPL 18)(CPL 19) CPMK 3: Mampu menggunakan alat ukur elektronik perangkat lunak, simulasi dan penggunaan teknologiinformasi untuk rekayasa, penyelesaian pekerjaan dalam bidang instrumentasi dan sistem kendali dengan menerapkan regulasi K3 (CPL 32 ) (CPL36) |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK1: Mahasiswa diberikan gambaran terkait seluruh materi perkuliahan Dasar Teknik Listrik lalu salahseorang perwakilan mahasiswa menandatangani kontrak perkuliahan berdasarkan Rencana PembelajaranSemester. Materi awal perkuliahan berupa pendahuluan terkait prinsip kerja generator arus searah. Sub CPMK2: Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis penguatan pada generator arus searah. Sub CPMK3: Mahasiswa mampu menjelaskan belitan jangkar pada generator arus searah. Sub CPMK4: Mahasiswa mampu menjelaskan tentang reaksi jangkar pada generator arus searah Sub CPMK5: Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan prinsip komutasi pada generator arus searah. Sub CPMK6: Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan prinsip kerja rangkaian inverter dan fungsinya. Sub CPMK7: Menjelaskan dan menerapkan prinsip kerja generator arus bolak-balik. Sub CPMK8: Mahasiswa mampu menjawab soal-soal UTS. Sub CPMK9: Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kerja dan karakteristi k motor arus searah. Sub CPMK10: Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan macam-macam motor DC. Sub CPMK11: Mahasiswa mampu menjelaskan cara mengatur kecepatan perputaran motor DC. Sub CPMK12: Mahasiswa mampu menerapkan motor DC dalam perangkat listrik kehidupan sehari- hari. Sub CPMK13: Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan pengereman motor DC Sub CPMK14: Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kerja motor AC lalu dibandingkan dengan prinsip kerjamotor DC. Sub CPMK15: Mahasiswa mampu mereview materi perkuliahan dari tatap muka ke-1 sampai tatap muka ke-14. Sub CPMK16: Mahasiswa mampu menjawab soal-soal UAS dengan benar. |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Dasar Teknik Listrik mempelajari sumber-sumber listrik, mesin-mesin listrik DC, AC. Materi mencakup jenis-jenissumber/pembangkit listrik, karakteristi k mesin listrik, pengujian mesin listrik, aplikasi mesin listrik danpenggerak peralatan industri | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Prinsip kerja generator arus searah, macam-macam penguatan, belitan jangkar, reaksi jangkar, komutasi,karakteristi k generator arus searah, prinsip kerja motor arus searah, macam-macam motor DC, karakteristi kmotor DC, cara menjalankan motor DC, cara mengatur kecepatannya, cara pengeremannya dan caramenghitung efi siensinya. |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama:Zuhal,Dasar Teknik Tenaga Listrik Dan Elektronika Daya Sunyoto,Mesin-Mesin Listrik,Yogyakarta,1988 |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop, LCD, alat dan bahan listrik yang mendukung mata kuliah Dasar Teknik Listrik |
|||||||
Dosen Pengampu |
Qory Hidayati, |
Mata Kuliah |
Dasar Teknik Listrik |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE120422 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK1: Mahasiswa diberikan gambaran terkait seluruh materi perkuliahan Dasar Teknik Listrik lalu salahseorang perwakilan mahasiswa menandatangani kontrak perkuliahan berdasarkan Rencana PembelajaranSemester. Materi awal perkuliahan berupa pendahuluan terkait prinsip kerja generator arus searah. |
Mahasiswa mampumenjelaskanprinsip kerjagenerator arussearah. |
1. Test terlulis /lisan. Kriteria: |
MetodePembelajaran: Karakteristi kPembelajaran: |
Prinsip kerjagenerator arussearah. - Zuhal, DasarTeknik TenagaListrik DanElektronika Daya |
5 |
|||
2 | Sub CPMK2: Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis penguatan pada generator arus searah. |
Mahasiswa mampumenjelaskan jenis-jenis penguatanpada generatorarus searah. |
Kriteria: |
MetodePembelajaran: Karakteristi kPembelajaran: |
Jenis-jenispenguatan padagenerator arussearah. - Zuhal, DasarTeknik TenagaListrik DanElektronika Daya |
5 |
|||
3 | Sub CPMK3: Mahasiswa mampu menjelaskan belitan jangkar pada generator arus searah. |
Mahasiswa mampumenjelaskanbelitan jangkarpada generatorarus searah. |
Kriteria: |
MetodePembelajaran: Karakteristi kPembelajaran: |
Belitan jangkarpada generatorarus searah. - Zuhal, DasarTeknik TenagaListrik DanElektronika Daya |
5 |
|||
4 | Sub CPMK4: Mahasiswa mampu menjelaskan tentang reaksi jangkar pada generator arus searah |
Mahasiswa mampumenjelaskantentang reaksijangkar padagenerator arussearah. |
Kriteria: |
MetodePembelajaran: Karakteristi kPembelajaran: |
Reaksi jangkarpada generatorarus searah. - Zuhal, DasarTeknik TenagaListrik DanElektronika Daya |
5 |
|||
5 | Sub CPMK5: Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan prinsip komutasi pada generator arus searah. |
Mahasiswa mampumenjelaskan danmenerapkanprinsip komutasipada generatorarus searah. |
Kriteria: |
MetodePembelajaran: Karakteristi kPembelajaran: |
Prinsip komutasipada generatorarus searah. - Zuhal, DasarTeknik TenagaListrik DanElektronika Daya |
5 |
|||
6 | Sub CPMK6: Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan prinsip kerja rangkaian inverter dan fungsinya. |
Mahasiswa mampumenjelaskan danmenerapkanprinsip kerjarangkaian inverterdan fungsinya. |
Kriteria: |
MetodePembelajaran: Karakteristi kPembelajaran: |
Rangkaianinverter danfungsinya - Zuhal, DasarTeknik TenagaListrik DanElektronika Daya |
5 |
|||
7 | Sub CPMK7: Menjelaskan dan menerapkan prinsip kerja generator arus bolak-balik. |
Menjelaskan danmenerapkanprinsip kerjagenerator arusbolak-balik. |
Kriteria: |
MetodePembelajaran: Karakteristi kPembelajaran: |
Prinsip kerjagenerator arusbolak- balik. - Zuhal, DasarTeknik TenagaListrik DanElektronika Daya |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
15 |
|||||||
9 | Sub CPMK9: Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kerja dan karakteristi k motor arus searah. |
Mahasiswa mampumenjelaskanprinsip kerja dankarakteristi k motorarus searah. |
Kriteria: |
MetodePembelajaran: Karakteristi kPembelajaran: |
Prinsip kerja dankarakteristi kmotor arussearah. - Zuhal, DasarTeknik TenagaListrik DanElektronika Daya |
5 |
|||
10 | Sub CPMK10: Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan macam-macam motor DC. |
Mahasiswa mampumenjelaskan danmenerapkanmacam-macam motor DC. |
Kriteria: |
MetodePembelajaran: Karakteristi kPembelajaran: |
Menjelaskan danmenerapkanmacam-macammotor DC. - Zuhal, DasarTeknik TenagaListrik DanElektronika Daya |
5 |
|||
11 | Sub CPMK11: Mahasiswa mampu menjelaskan cara mengatur kecepatan perputaran motor DC. |
Mahasiswa mampumenjelaskan caramengaturkecepatanperputaran motorDC. |
Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
MetodePembelajaran: Karakteristi kPembelajaran: |
Cara mengaturkecepatanperputaranmotor DC. - Zuhal, DasarTeknik TenagaListrik DanElektronika Daya |
5 |
|||
12 | Sub CPMK12: Mahasiswa mampu menerapkan motor DC dalam perangkat listrik kehidupan sehari- hari. |
Mahasiswa mampumenerapkan motorDC dalamperangkat listrikkehidupan sehari-hari. |
Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
MetodePembelajaran: Karakteristi kPembelajaran: |
Menerapkanmotor DC dalamperangkat listrikkehidupansehari- hari. - Zuhal, DasarTeknik TenagaListrik DanElektronika Daya |
5 |
|||
13 | Sub CPMK13: Mahasiswa mampu menjelaskan dan menerapkan pengereman motor DC |
Mahasiswa mampumenjelaskan danmenerapkanpengereman motorDC. |
Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
MetodePembelajaran: Karakteristi kPembelajaran: |
Pengeremanmotor DC. - Zuhal, DasarTeknik TenagaListrik DanElektronika Daya |
5 |
|||
14 | Sub CPMK14: Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip kerja motor AC lalu dibandingkan dengan prinsip kerjamotor DC. |
Mahasiswa mampumenjelaskanprinsip kerja motorAC laludibandingkandengan prinsipkerja motor DC. |
Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
MetodePembelajaran: Karakteristi kPembelajaran: |
Prinsip kerjamotor AC laludibandingkandengan prinsipkerja motor DC. - Zuhal, DasarTeknik TenagaListrik DanElektronika Daya |
5 |
|||
15 | Sub CPMK15: Mahasiswa mampu mereview materi perkuliahan dari tatap muka ke-1 sampai tatap muka ke-14. |
Mahasiswa mampumereview materidasar teknik listrikdari tatap muka ke-1 sampai tatapmuka ke-14. |
Pedoman Penskoran (Marking Scheme) |
MetodePembelajaran: Karakteristi kPembelajaran: |
Materi dasarteknik listrikmulai tatap mukake-1 sampaitatap muka ke-14. - Zuhal, DasarTeknik TenagaListrik DanElektronika Daya |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
15 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Qory Hidayati lahir di Samarinda pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|