.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:mohamad.isram@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:30 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2024/2025 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Perencanaan Konstruksi Perkerasan Jalan |
JJ240722 |
3 |
0 |
3 |
42 |
4 |
30-09-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 198903052022031010 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-9) Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik (S-10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan kerja perancangan, pelaksanaan dan pengawasan banguna jalan dan jembatan skala menengah1 (P-3) Menguasai prinsip survey (tata guna lahan, kontur, transportasi), prinsip pengujian bahan bangunan dan prinsip perbaikan tanah dasar (P-4) Menguasai perkembangan teknologi khususnya di bidang konstruksi jalan dan jembatan (P-6) Menguasai referensi teknisyang berlaku di Indonesia dan minimal satu standar yang berlaku internasional (misalnya AASHTO, ACI, ASCI) bidang konstruksi jalan dan jembatan (P-9) Menguasai pengetahuan faktual tentang perkembangan di bidang teknologi konstruksi jalan dan jembatan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakuka pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan (KU-5) Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan, pelaksanaan dan pengawasan bangunan jalan da jembatan skala menengah 1 (KK-2) Mampu merumuskan esensi perancangan bangunan jalan dan jembatan sesuai dengan Standar Indonesia dan/atau Standar Internasional 2 (KK-5) Mampu merencanakan, melaksanakan, mengawasi proses konstruksi jalan dan jembatan dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan publik, serta menerapkan sistem manajemen, keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan (SMK3L) dengan mengacu dokumen perancangan teknik rinci (KK-9) Mampu menyusun rencana dan melaksanakan pemeliharaan, perawatan dan perbaikan bangunan jalan dan jembatan mengacu kepada pedoman pembinaan jalan dan jembatan6 (KK-10) Mampu memanfaatkan teknologi (piranti lunak untuk perancangan dan alat bantu konstruksi) dalam melaksanakan pekerjaan bangunan jalan dan jembatan (KK-11) Mampu meningkatkan kinerja proses perancangan dan pelaksanaan konstruksi melalui pengujian, pengukuran, analisis dan interpretasi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK 1 : Mampu mendesain perkerasan lentur serta perkerasan kaku CP-MK 2 : Memahami jenis kerusakan jalan dan cara perawatannya |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK 1 : Mengetahui sejarah perkembangan jalan Sub CP-MK 2 : Mendeskripsikan tentang konsep penyebaran tegangan pada Lapis perkerasan jalan Sub CP-MK 3 : Jenis dan fungsi perkerasan jalan Sub CP-MK 4 : Memahami tentang material penyusun perkerasan jalan Sub CP-MK 5 : Mampu melakukan perencanaan campuran kerja Sub CP-MK 6 : Memahami parameter perencanaan tebal lapisan perkerasan Sub CP-MK 7 : Mampu mendesain tebal perkerasan lentur Sub CP-MK 8 : Mampu mendesain tebal perkerasan kaku Sub CP-MK 9 : Mampu mengidentifikasi jenis kerusakan pada perkerasan jalan |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Perencanaan Konstruksi Perkerasan Jalan mempelajari tentang konstruksi perkerasan jalan, kriteria perancangan perkerasan
jalan, elemen struktur perkerasan jalan, metoda perancangan perkerasan jalan,
rancangan bahan perkerasan jalan, sistem perancangan perkerasan jalan dan jenis
kerusakan jalan. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Sejarah Dan Jenis Konstruksi Perkerasan Jalan |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Hardiyatmo, H. C. (2011). Perancangan Perkerasan Jalan & Penyelidikan Tanah. Gajah Mada University Press 2. Nur Khaerat Nur, dkk. (2021). Perancangan Perkerasan Jalan. Yayasan Kita Menulis 3. Direktorat Jenderal Bina Marga (2017). Manual Desain Perkerasan Jalan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat 4. Direktorat Jenderal Cipta Karya (2023). Buku Saku Petunjuk Konstruksi Jalan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Projector, BLP dan Papan Tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Mohamad Isram M. Ain, |
Mata Kuliah |
Perencanaan Konstruksi Perkerasan Jalan |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ240722 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK 1 : Mengetahui sejarah perkembangan jalan |
Ketepatan dalam mengetahui sejarah perkembangan jalan modern, perkembangan teknologi jalan dan jenis konstruksi jalan |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Ceramah di kelas Estimasi waktu: BM, 2 x 60menit TM, 3 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Materi Pembelajaran :
Pustaka : [1], [2] |
1 |
|||
2 | Sub CP-MK 2 : Mendeskripsikan tentang konsep penyebaran tegangan pada Lapis perkerasan jalan |
Ketepatan dalam mendeskripsikan konsep penyebaran tegangan pada Lapis perkerasan jalan |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Ceramah di kelas Estimasi waktu: BM, 2 x 60menit TM, 3 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Konsep penyebaran tegangan pada Lapis perkerasan jalan Pustaka : [1], [2] |
1 |
|||
3 | Sub CP-MK 3 : Jenis dan fungsi perkerasan jalan |
Ketepatan dalam mendeskripsikan jenis dan fungsi perkerasan jalan |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Ceramah dan diskusi di kelas Estimasi waktu: BM, 2 x 60menit TM, 3 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Materi Pembelajaran : Perkerasan Lentur Pustaka : [1], [2] |
1 |
|||
4 | Sub CP-MK 3 : Jenis dan fungsi perkerasan jalan |
Ketepatan dalam mendeskripsikan jenis dan fungsi perkerasan jalan |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Ceramah di kelas Estimasi waktu: BM, 2 x 60menit TM, 3 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Materi Pembelajaran :
Pustaka : [1], [2] |
1 |
|||
5 | Sub CP-MK 4 : Memahami tentang material penyusun perkerasan jalan |
Ketepatan mendeskripsikan material penyusun perkerasan jalan |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Ceramah dan diskusi di kelas Estimasi waktu: BM, 2 x 60menit TM, 3 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Materi Pembelajaran : Aspal
Pustaka : [1], [2] |
2 |
|||
6 | Sub CP-MK 4 : Memahami tentang material penyusun perkerasan jalan |
Ketepatan mendeskripsikan material penyusun perkerasan jalan |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Ceramah dan diskusi di kelas Estimasi waktu: BM, 2 x 60menit TM, 3 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Materi Pembelajaran : Agregat
Pustaka : [1], [2] |
2 |
|||
7 | Sub CP-MK 4 : Memahami tentang material penyusun perkerasan jalan |
Ketepatan mendeskripsikan material penyusun perkerasan jalan |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Ceramah dan diskusi di kelas Estimasi waktu: BM, 2 x 60menit TM, 3 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Materi Pembelajaran : Semen
Pustaka : [1], [2] |
2 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | Sub CP-MK 5 : Mampu melakukan perencanaan campuran kerja |
Ketepatan memahami perencanaan campuran kerja |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Ceramah dan diskusi di kelas Estimasi waktu: BM, 2 x 60menit TM, 3 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Materi Pembelajaran : Perencanaan campuran kerja
Pustaka : [1], [2] |
3 |
|||
10 | Sub CP-MK 6 : Memahami parameter perencanaan tebal lapisan perkerasan |
Ketepatan menjelaskan parameter perencanaan tebal lapisan perkerasan |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Ceramah dan diskusi di kelas Estimasi waktu: BM, 2 x 60menit TM, 3 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Materi Pembelajaran : Parameter Perencanaan Tebal Lapisan Perkerasan
Pustaka : [1], [2], [3], [4] |
3 |
|||
11,12 | Sub CP-MK 7 : Mampu mendesain tebal perkerasan lentur |
Ketepatan mendesain tebal perkerasan lentur dengan metode Analisa Komponen |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Ceramah dan diskusi di kelas Estimasi waktu: BM, 2 x 60menit TM, 3 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Materi Pembelajaran : Desain tebal perkerasan lentur dengan metode Bina Marga
Pustaka : [1], [2], [3], [4] |
3 |
|||
Sub CP-MK 7 : Mampu mendesain tebal perkerasan lentur |
Ketepatan mendesain tebal perkerasan lentur dengan metode Manual Desain Perkerasan 2017 |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Ceramah dan diskusi di kelas Estimasi waktu: BM, 2 x 60menit TM, 3 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Materi Pembelajaran : Desain tebal perkerasan lentur dengan metode Manual Desain Perkerasan 2017
Pustaka : [1], [2], [3], [4] |
3 |
||||
13 | Sub CP-MK 8 : Mampu mendesain tebal perkerasan kaku |
Ketepatan mendesain tebal perkerasan kaku dengan metode AASHTO |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Ceramah dan diskusi di kelas Estimasi waktu: BM, 2 x 60menit TM, 3 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Materi Pembelajaran : Desain tebal perkerasan kaku dengan metode ASSHTO
Pustaka : [1], [2], [3], [4] |
4 |
|||
14 | Sub CP-MK 8 : Mampu mendesain tebal perkerasan kaku |
Ketepatan mendesain tebal perkerasan kaku dengan metode Bina Marga |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Ceramah dan diskusi di kelas Estimasi waktu: BM, 2 x 60menit TM, 3 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Materi Pembelajaran : Desain tebal perkerasan kaku dengan metode Bina Marga
Pustaka : [1], [2], [3], [4] |
3 |
|||
15 | Sub CP-MK 9 : Mampu mengidentifikasi jenis kerusakan pada perkerasan jalan |
Ketepatan mengetahui jenis kerusakan pada perkerasan jalan |
Kriteria Penilaian :
Bentuk Penilaian :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode pembelajaran: Ceramah dan diskusi di kelas Estimasi waktu: BM, 2 x 60menit TM, 3 x 50 menit. TT, 2x60 menit |
Materi Pembelajaran : Jenis kerusakan pada perkerasan jalan
Pustaka : [1], [2], [3], [4] |
1 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
40 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Mohamad Isram M. Ain lahir di Kali pada tanggal 05-03-1989 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan |
|