.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:fatmawati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:28 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Rekayasa Lalu Lintas |
JJ360417 |
2 |
1 |
3 |
70 |
6 |
26-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Fatmawati S.T., M.T. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 198402152019032009 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan kerja perancangan, pelaksanaan dan pengawasan banguna jalan dan jembatan skala menengah1 (P-7) Menguasai issue terkini di bidang transportasi, teknologi jalan dan jembatan, ekonomi, sosial, budaya, kesehatan dan keselamatan publik, lingkungan dan analisa dampak lingkungan akibat lalu lintas (andalalin) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-4) Mampu menyusun hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi (KU-5) Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain, persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan, pelaksanaan dan pengawasan bangunan jalan da jembatan skala menengah 1 |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1: Mahasiswa memahami komponen lalu lintas dan hubungan antar komponen CPMK 2: Mahasiswa mampu memahami dan melakukan survey pengambilan data komponen lalu lintas CPMK 3: Mahasiswa mampu menganalisa dan merancang komponen lalu lintas |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1: Mahasiswa memahami secara umum tentang pengertian dasar lalu lintas dan karakteristik komponen lalu lintas [C2, A5] Sub-CPMK 2: Mahasiswa mampu memaparkan dan menganalisis hubungan antara volume, kecepatan, dan kepadatan lalu lintas [C2, C3, P4] Sub-CPMK 3: Mahasiswa memahami dan dapat melakukan survey lalu lintas [C2, C3, A5] Sub-CPMK 4: Mahasiswa dapat menghitung kapasitas dan tingkat pelayanan ruas jalan [C2, C3, A5] Sub-CPMK 5: Mahasiswa mampu menentukan fasilitas pengendalian lalu lintas, berupa rambu dan marka jalan [C2, C3, A5] Sub-CPMK 6: Mahasiswa mampu merancang kebutuhan ruang parkir on parking street dan off parking [C2, C3, A5] Sub-CPMK 7: Mahasiswa mampu mengevaluasi dan merancang lampu pengatur lalu lintas [C2, C3, A5] Sub-CPMK 8: Mahasiswa mampu memahami tentang sistem jaringan jalan, fungsi, hirarki, dan kewenangan dalam pembinaan jalan [C2, A2 |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Rekayasa Lalu Lintas mempelajari komponen lalu lintas beserta hubungannya, dan pengaplikasian rekayasa lalu lintas pada kehidupan nyata. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Komponen dasar lalu lintas 2. Hubungan antara volume, kecepatan, dan kepadatan lalu lintas 3. Survey lalu lintas 4. Kapasitas dan tingkat pelayanan ruas jalan 5. Fasilitas pengendalian lalu lintas 6. Kebutuhan ruang parkir on parking street dan off parking 7. Merancang lampu pengatur lalu lintas |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Anonimous, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Direktorat Jendral Bina Marga Departemen 2. Direktorat Jenderal Bina Marga, 2014. Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia. (PKJI) 3. Ofyar Z. Tamin, 2008, Perencanaan, Pemodelan dan Rekayasa Transportasi, Penerbit ITB, Bandung 4. Hobbs, F.D 1995, Perencanaan dan Teknik Lalulintas, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : lcd, laptop, blp |
|||||||
Dosen Pengampu |
Fatmawati, |
Mata Kuliah |
Rekayasa Lalu Lintas |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ360417 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1: Mahasiswa memahami secara umum tentang pengertian dasar lalu lintas dan karakteristik komponen lalu lintas [C2, A5] |
Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pengertian dasar lalu lintas dan komponen di dalamnya |
1. Menjelaskan komponen lalu lintas |
Metode pembelajaran: Ceramah di kelas Karakteristik: Holistik, interaktif, kolaboratif Estimasi Waktu: Ceramah 2x50' Tanya Jawab 1x50' Tugas Mandiri/Belajar Mandiri 2x50' |
PUSTAKA 1, 2, 3, 4 |
3 |
|||
2 | Sub-CPMK 2: Mahasiswa mampu memaparkan dan menganalisis hubungan antara volume, kecepatan, dan kepadatan lalu lintas [C2, C3, P4] |
Mahasiswa mampu menjelaskan defenisikecepatan, volume, dankepadatan. |
|
Metode pembelajaran: Ceramah di kelas, tanya jawab dan tugas mandiri Karakteristik: Holistik, interaktif, kolaboratif Estimasi Waktu: Ceramah 2x50' Tanya Jawab 1x50' Tugas Mandiri/Belajar Mandiri 2x50' |
PUSTAKA 1, 2, 3, 4 |
4 |
|||
3 | Sub-CPMK 2: Mahasiswa mampu memaparkan dan menganalisis hubungan antara volume, kecepatan, dan kepadatan lalu lintas [C2, C3, P4] |
Mahasiswa mampu menjelaskan hubungan kecepatan dengan volume dan kepadatan, menggunakan model Grenshield, Greenberg, dan Underwood. |
1. Mampu menjelaskan hubungan kecepatan dengan volume dan kepadatan, menggunakan model Grenshield, Greenberg, dan Underwood. |
Metode pembelajaran: Ceramah di kelas, tanya jawab dan tugas mandiri Karakteristik: Holistik, interaktif, kolaboratif Estimasi Waktu: Ceramah 2x50' Tanya Jawab 1x50' Tugas Mandiri/Belajar Mandiri 2x50' |
Hubungan kecepatan dengan volume dan kepadatan, menggunakan model Grenshield, Greenberg, dan Underwood.
Pustaka 1, 2, 3, 4 |
4 |
|||
4 | Sub-CPMK 3: Mahasiswa memahami dan dapat melakukan survey lalu lintas [C2, C3, A5] |
Mahasiswa mampu mengetahui kebutuhan data dan melakukan survey lalu lintas |
Mampu mengetahui kebutuhan data dan melakukan survey lalu lintas |
Metode pembelajaran: Ceramah di kelas, tanya jawab dan tugas mandiri Karakteristik: Holistik, interaktif, kolaboratif Estimasi Waktu: Ceramah 2x50' Tanya Jawab 1x50' Tugas Mandiri/Belajar Mandiri 2x50' |
Penjelasan terhadapdefenisi, jenis‐jeniskecepatan, kegunaandata, cara memperoleh dan menganalisis data. Pustaka 1, 2, 3, 4 |
5 |
|||
5 | Sub-CPMK 3: Mahasiswa memahami dan dapat melakukan survey lalu lintas [C2, C3, A5] |
Mahasiswa mampu mengolah data survey lalu lintas |
Mampu mengolah data survey lalu lintas |
Metode pembelajaran: Ceramah di kelas, tanya jawab dan tugas mandiri Karakteristik: Holistik, interaktif, kolaboratif Estimasi Waktu: Ceramah 2x50' Tanya Jawab 1x50' Tugas Mandiri/Belajar Mandiri 2x50' |
Penjelasan terhadapcara menganalisis data survey Pustaka 1, 2, 3, 4 |
5 |
|||
6 | Sub-CPMK 4: Mahasiswa dapat menghitung kapasitas dan tingkat pelayanan ruas jalan [C2, C3, A5] |
Mahasiswa mampu:
|
Mahasiswa mampu:
|
Metode pembelajaran: Ceramah di kelas, tanya jawab dan tugas mandiri Karakteristik: Holistik, interaktif, kolaboratif Estimasi Waktu: Ceramah 2x50' Tanya Jawab 1x50' Tugas Mandiri/Belajar Mandiri 2x50' |
Pustaka 1, 2, 3, 4 |
4 |
|||
7 | Sub-CPMK 4: Mahasiswa dapat menghitung kapasitas dan tingkat pelayanan ruas jalan [C2, C3, A5] |
Mahasiswa mampu:
|
|
Metode pembelajaran: Ceramah di kelas, tanya jawab dan tugas mandiri Karakteristik: Holistik, interaktif, kolaboratif Estimasi Waktu: Ceramah 2x50' Tanya Jawab 1x50' Tugas Mandiri/Belajar Mandiri 2x50' |
Kapasitas dan tingkat pelayanan ruas jalan, serta contoh penggunaan. Pustaka 1, 2, 3, 4 |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 5: Mahasiswa mampu menentukan fasilitas pengendalian lalu lintas, berupa rambu dan marka jalan [C2, C3, A5] |
Mahasiswa mampu menentukan fasilitas pengendalian lalu lintas yang diperlukan |
Ketepatan dalam menetukan dan menyebutkan upaya pengendalian lalulintas |
Metode pembelajaran: Ceramah di kelas, tanya jawab dan tugas mandiri Karakteristik: Holistik, interaktif, kolaboratif Estimasi Waktu: Ceramah 2x50' Tanya Jawab 1x50' Tugas Mandiri/Belajar Mandiri 2x50' |
Penjelasan terhadap rambu lalu lintas, persyaratan rambu, bentuk, warna, marka jalan, dan fasilitas pengendali. Pustaka 1, 2, 3, 4 |
4 |
|||
10 | Sub-CPMK 6: Mahasiswa mampu merancang kebutuhan ruang parkir on parking street dan off parking [C2, C3, A5] |
Mahasiswa dapat menentukan dan merancang kebutuhan ruang parkir on parking street dan off parking |
1. Ketepatan dalam menentukan kebutuhan ruang parkir on/off parking street 2. Ketepatan dalam merancang ruang parkir on/off parking street |
Metode pembelajaran: Ceramah di kelas, tanya jawab dan tugas mandiri Karakteristik: Holistik, interaktif, kolaboratif Estimasi Waktu: Ceramah 2x50' Tanya Jawab 1x50' Tugas Mandiri/Belajar Mandiri 2x50' |
Pustaka 3, 4 |
5 |
|||
11 | Sub-CPMK 6: Mahasiswa mampu merancang kebutuhan ruang parkir on parking street dan off parking [C2, C3, A5] |
Mahasiswa dapat menentukan dan merancang kebutuhan ruang parkir on parking street dan off parking |
1. Ketepatan dalam menentukan dan merancang kebutuhan ruang parkir |
Metode pembelajaran: Ceramah di kelas, tanya jawab dan tugas mandiri Karakteristik: Holistik, interaktif, kolaboratif Estimasi Waktu: Ceramah 2x50' Tanya Jawab 1x50' Tugas Mandiri/Belajar Mandiri 2x50' |
Pustaka 3, 4 |
4 |
|||
12 | Sub-CPMK 7: Mahasiswa mampu mengevaluasi dan merancang lampu pengatur lalu lintas [C2, C3, A5] |
Mahasiswa mampu mengevaluasi dan merancang lampu pengatur lalu lintas pada persimpangan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) |
Ketepatan dalam menghitung evaluasi dan rancang bangun pengatur lalu lintas jalan pada persimpangan menggunakan metode MKJI |
Metode pembelajaran: Ceramah di kelas, tanya jawab dan tugas mandiri Karakteristik: Holistik, interaktif, kolaboratif Estimasi Waktu: Ceramah 2x50' Tanya Jawab 1x50' Tugas Mandiri/Belajar Mandiri 2x50' |
Penjelasan terhadapdefenisi, pengertianphase, arus jenuh,waktu hilang, waktusiklus optimum, sikluswaktu hijau, merah,dan merah/kuning Pustaka 1, 3, 4 |
4 |
|||
13 | Sub-CPMK 7: Mahasiswa mampu mengevaluasi dan merancang lampu pengatur lalu lintas [C2, C3, A5] |
Mahasiswa mampu mengevaluasi dan merancang lampupengatur lalu lintas pada persimpangan menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) |
Ketepatan dalam menghitung evaluasi dan rancangan bangun pengatur lalu lintas pada persimpangan dengan metode MKJI |
Metode pembelajaran: Ceramah di kelas, Tanya jawab, dan tugas mandiri Karakteristik: Holistik, interaktif, kolaboratif Ceramah 2x50' Tanya Jawab 1x50' Tugas/Belajar Mandiri 2x50' |
Penjelasan terhadap defenisi, pengertian phase, arus jenuh,waktu hilang, waktu siklus optimum, siklus waktu hijau, merah dan merah/kuning Pustaka 1, 3, 4 |
4 |
|||
14 | Sub-CPMK 7: Mahasiswa mampu mengevaluasi dan merancang lampu pengatur lalu lintas [C2, C3, A5] |
Mahasiswa mampu mengevaluasi dan merancang lampu pengatur lalu lintas pada persimpangan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) |
Ketepatan dalam menjelaskan, mengevaluasi dan merancang lampu pengatur lalu lintas pada persimpangan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) |
Metode pembelajaran: Ceramah di kelas, tanya jawab dan tugas mandiri Karakteristik: Holistik, interaktif, kolaboratif Estimasi Waktu: Ceramah 2x50' Tanya Jawab 1x50' Tugas Mandiri/Belajar Mandiri 2x50' |
Penjelasan terhadap defenisi, pengertian phase, arus jenuh,waktu hilang, waktu siklus optimum, siklus waktu hijau, merah, dan merah/kuning Pustaka 1, 3, 4 |
5 |
|||
15 | Sub-CPMK 8: Mahasiswa mampu memahami tentang sistem jaringan jalan, fungsi, hirarki, dan kewenangan dalam pembinaan jalan [C2, A2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan jaringan jalan, kewenangan pembinaan jalan, kriteria yang dipertimbangkan dalam menetapkan klasifikasi fungsi jalan, kelas jalan |
1. Ketepatan dalam menjelaskan tentang defenisi jaringan jalan 2. Ketepatan dalam menyebutkan kewenangan pembinaan jalan 3. Ketepatan dalam menjelaskan dan menyebutkan kriteria penetapan klasifikasi fungsi jalan dan kelas jalan |
Metode pembelajaran: Ceramah di kelas, tanya jawab dan tugas mandiri Karakteristik: Holistik, interaktif, kolaboratif Estimasi Waktu: Ceramah 2x50' Tanya Jawab 1x50' Tugas Mandiri/Belajar Mandiri 2x50' |
Pustaka 1, 2, 3, 4 |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Fatmawati lahir di Pare-Pare pada tanggal 15-02-1984 Jabatan fungsional Tenaga Pengajar Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|