.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:fatmawati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:58 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Laboratorium Uji Bahan |
TS120822 |
0 |
2 |
2 |
84 |
2 |
26-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Fatmawati S.T., M.T. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 198402152019032009 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan sipil yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik , lingkungan (SMK3L),aspek hukum dan ekonomi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK 1: Mahasiswa dapat menjelaskan sifat fisis dan mekanis material pembuatan beton CP-MK 2: Mahasiswa mampu memahami dan menerapkan mix desain beton CP-MK 3: Mahasiswa dapat menjelaskan pengujian beton segar, serta dapat membuat, menguji, menghitung kuat tekan beton CP-MK 4: Mahasiswa mampu membuat beton dengan campuran admixture |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1: Mampu mejelaskan jenis alat dan bahan yang digunakan dalam pengujian bahan konstruksi (C2, A2) Sub-CPMK 2: Mampu menguji sifat fisis da mekanis material pembuatan beton, serta mampu menjelaskan hasil pengujian (C2, A2, P1) Sub-CPMK 3: Mampu menghitung kebutuhan campuran beton berdasarkan standar SNI (C3, A2, P2) Sub-CPMK 4: Mampu mengaplikasikan hasil desain campuran beton (C3, A2, P2) Sub-CPMK 5: Mampu melakukan uji kuat tekan sampel beton (C2, A2, P1) Sub-CPMK 6: Mampu melakukan uji kuat tarik sampel tulangan (C2, A2, P1) Sub-CPMK 7: Mampu mendesain campuran beton dengan bahan tambah admixture (C3, A2, P2) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah laboratorium uji bahan mempelajari tentang pemeriksaan gradasi, kadar air, berat jenis & penyerapan, berat isi, kadar lumpur, uji keausan, perencanaan campuran beton normal, pembuatan dan perawatan benda uji, pengujian slump, berat volume beton segar, pengujian kuat tekan beton dan perencanaan campuran beton dengan admixture. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Pengenalan alat dan bahan campuran beton |
|||||||
Pustaka |
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : White board, slide, Proyektor, hand out/buku/referensi lainnya yang berisikan tentang pendidikan pancasila |
|||||||
Dosen Pengampu |
Fatmawati, |
Mata Kuliah |
Laboratorium Uji Bahan |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS120822 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1: Mampu mejelaskan jenis alat dan bahan yang digunakan dalam pengujian bahan konstruksi (C2, A2) |
1. Mampu menjelaskan fungsi alat dalam uji bahan pembuatan beton |
Kriteria :
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Estimasi Waktu: 6x50 menit |
1. Safety Induction, K3 dan Prokes Pustaka: 1, 3, 5, 6 |
3 |
|||
2 | Sub-CPMK 2: Mampu menguji sifat fisis da mekanis material pembuatan beton, serta mampu menjelaskan hasil pengujian (C2, A2, P1) |
1. Mampu melakukan pengujian berat jenis, penyerapan dan kadar air agregat halus sesuai langkah kerja |
Kriteria:
Bentuk Penilaian: 2. Pengetahuan 3. Sikap Kerja |
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa
Metode Pembelajaran :
Estimasi Waktu : |
1. Berat Jenis Agregat Halus Pustaka: 1, 3, 4, 6 |
4 |
|||
3 | Sub-CPMK 2: Mampu menguji sifat fisis da mekanis material pembuatan beton, serta mampu menjelaskan hasil pengujian (C2, A2, P1) |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Pustaka [1], [3], [4], [6] |
4 |
|||
4 | Sub-CPMK 2: Mampu menguji sifat fisis da mekanis material pembuatan beton, serta mampu menjelaskan hasil pengujian (C2, A2, P1) |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Pustaka [1], [3], [4], [6] |
4 |
|||
5 | Sub-CPMK 2: Mampu menguji sifat fisis da mekanis material pembuatan beton, serta mampu menjelaskan hasil pengujian (C2, A2, P1) |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Pustaka [1], [3], [4], [6] |
4 |
|||
6 | Sub-CPMK 2: Mampu menguji sifat fisis da mekanis material pembuatan beton, serta mampu menjelaskan hasil pengujian (C2, A2, P1) |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Gradasi Agregat Halus
Pustaka [1], [3], [4], [6] |
4 |
|||
7 | Sub-CPMK 2: Mampu menguji sifat fisis da mekanis material pembuatan beton, serta mampu menjelaskan hasil pengujian (C2, A2, P1) |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Pustaka [1], [3], [4], [6] |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 3: Mampu menghitung kebutuhan campuran beton berdasarkan standar SNI (C3, A2, P2) |
Mampu melakukan perhitungan kebutuhan bahan campuran beton berdasarkan SNI 03-6468-2000 |
Kriteria:
Bentuk Penilaian:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Perhitungan Campuran Beton SNI 03-6468-2000
Pustaka [1], [3], [4], [5], [6] |
5 |
|||
10 | Sub-CPMK 4: Mampu mengaplikasikan hasil desain campuran beton (C3, A2, P2) |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Pustaka [1], [3], [4], [5], [6] |
5 |
|||
11 | Sub-CPMK 5: Mampu melakukan uji kuat tekan sampel beton (C2, A2, P1) |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Pustaka [1], [3], [4], [5], [6] |
5 |
|||
12 | Sub-CPMK 6: Mampu melakukan uji kuat tarik sampel tulangan (C2, A2, P1) |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Pembelajaran berbasis praktikum Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Kuat Tarik Tulangan Beton
Pustaka [1], [3], [4], [5], [6] |
5 |
|||
13 | Sub-CPMK 7: Mampu mendesain campuran beton dengan bahan tambah admixture (C3, A2, P2) |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Project Based Learning (PjBL) Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Chemical Admixture
Pustaka : [1], [2], [5], [6] |
4 |
|||
14 | Sub-CPMK 7: Mampu mendesain campuran beton dengan bahan tambah admixture (C3, A2, P2) |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Project Based Learning (PjBL) Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Additive Admixture
Pustaka : [1], [2], [5], [6] |
4 |
|||
15 | Sub-CPMK 7: Mampu mendesain campuran beton dengan bahan tambah admixture (C3, A2, P2) |
|
Kriteria:
|
Karakteristik: Interaktif, Saintifik, Efektif, Kolaboratif, berpusat kepada mahasiswa Metode Pembelajaran : Project Based Learning (PjBL) Estimasi Waktu : 6 x 50 Menit |
Pustaka : [1], [2], [5], [6] |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Fatmawati lahir di Pare-Pare pada tanggal 15-02-1984 Jabatan fungsional Tenaga Pengajar Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|