.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ranti.rustika@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:18 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||||||||||
PROGRAM
STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN |
||||||||||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||||||||||
T |
P |
TOTAL |
||||||||||||||
Pengantar Pariwisata dan Perhotelan |
MP120521 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
13-03-2024 |
|||||||||
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||||||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||||||||||
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
|||||||||||||||
NIP/NIK. 199104022019032018 |
NIP/NIK. 199104022019032018 |
|||||||||||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||||||||||
SIKAP |
||||||||||||||||
(S-11) Menerapkan nilai-nilai hospitality (Integritas, Sempurna, Terpercaya, Profesional, Berkepribadian), dan |
||||||||||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||||||||||
(P-1) Konsep teoretis pariwisata dan manajemen usaha perhotelan secara mendalam, khususnya manajemen perencanaan, pemasaran, pengendalian mutu, serta manajemen Sumber Daya Manusia, aset, dan keuangan |
||||||||||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||||||||||
(KU-2) Mampu secara mandiri mengelola kegiatan operasional hotel berskala kecil (meliputi kemampuan merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi kegiatan operasional hotel) yang dapat dibuktikan dengan bertambahnya tingkat kepuasan tamu hotel khususnya pada aspek jumlah tamu, reliabilitas dan responsibilitas layanan, kebersihan, dan efisiensi harga |
||||||||||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||||||||||
(KK-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
||||||||||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||||||||||
mampu menganalisis permasalahan yang ada di bidang pariwisata |
||||||||||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||||||||||
mampu mengidentifikasi dasar-dasar pariwisata mampu mengidentifikasi pelaku pariwisata mampu mengidentifikasi permasalahan pariwisata mampu mengidentifikasi dasar dasar industri perhotelan mampu menganalisis permasalahan di department perhotelan mampu menganalisis keberadaan minor department mampu mengevaluasi kondisi dunia pariwisata/ perhotelan saat ini |
||||||||||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Pengantar Pariwisata dan Perhotelan mempelajari tentang dasar-dasar ilmu pariwisata, industri pariwisata serta industri perhotelan sebagai salah satu akomodasi pariwisata. |
|||||||||||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Pengertian, Ruang Lingkup Pariwisata 2. Destinasi pariwisata 4. Produk pariwisata 5. Usaha pariwisata 6. Pengaruh pariwisata 7. Sumber daya pariwisata 8. Pengembangan kepariwisataan, 9. Pengantar Perhotelan, 10. Manajemen Perhotelan, 11. Front Office Department, 12. Food And Beverage Department, 13. Housekeeping Department, 14. Minor Department, 15. Department Penunjang |
|||||||||||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Ni Wayan Suwithi,dkk.,2008, Akomodasi Hotel Jilid 1,2,3 untuk SMK. Jakarta : Dikmenjur. Rachmarwi, Wiwik. 2021. Konsep Waktu Luang, Rekreasi Dan Kegiatan Waktu Luang. Penerbit: Widina Rutherford, D.G., 2007, Hotel Management and Operations Fourt edition,
Scool of Hospitality Business Management, Mashington State University,
John Welley & Sons, Inc. Utama, I Gusti Bagus Rai, 2014. Pengantar Industri Pariwisata Tantangan dan Peluang Bisnis Kreatif. Universitas Dhyana Pura Wijayanti, Ani. 2019. Modul Pengantar Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Bina Sarana Informatika |
|||||||||||||||
Media Pembelajaran |
Media : Media : Powerpoint, Video Alat: Proyektor, Laptop, LCD |
|||||||||||||||
Dosen Pengampu |
Ranti Rustika, |
Mata Kuliah |
Pengantar Pariwisata dan Perhotelan |
|||
Kode Mata Kuliah |
MP120521 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | mampu mengidentifikasi dasar-dasar pariwisata |
Ketepatan menguraikan pengertian pariwisata dan ruang lingkup pariwisata. Mahasiswa lebih interaktif menguraikan definisi pariwisata serta ruang lingkpnya |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 1: Menyusun ringkasan terkait definisi dan ruang lingkup pariwisata Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Pengertian Pariwisata 2. Pengertian wisatawan 3. 4A Pariwisata dan sapta pesona
Wijayanti, Ani. 2019. Modul Pengantar Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Bina Sarana Informatika |
2 |
|||
2 | mampu mengidentifikasi dasar-dasar pariwisata |
ketepatan dalam menguraikan sarana dan prasarana pariwisata. Mahasiswa dapat menghubungkan masalah sarana dan prasarana di kehidupan nyata (Holistik)ketepatan dalam menguraikan sarana dan prasarana pariwisata. Mahasiswa dapat menghubungkan masalah sarana dan prasarana di kehidupan nyata (Holistik) |
Kriteria
|
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 2: Menyusun ringkasan terkait sarana dan prasarana pariwisata dan menghubungkannya masalah yang ada dikehidupannya nyata Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Macam-macam sarana pariwisata 2. Prasarana perekonomian, sosial, umum dan kebutuhan masyarakat. Wijayanti, Ani. 2019. Modul Pengantar Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Bina Sarana Informatika |
2 |
|||
3 | mampu mengidentifikasi dasar-dasar pariwisata |
Ketepatan dalam menguraikan pengertian dan macam-macam destinasi pariwisata serta macam-macam atraksi pariwisata.Mahasiswa Mahasiswa lebih interaktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas. |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 3: Menyusun ringkasan terkait destinasi Pariwisata Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Pengertian destinasi pariwisata 2. Jenis-jenis destinasi wisata 3. Macam-macam atraksi wisata Wijayanti, Ani. 2019. Modul Pengantar Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Bina Sarana Informatika |
2 |
|||
4 | mampu mengidentifikasi dasar-dasar pariwisata |
Ketepatan dalam menguraikan pengertian produk pariwisata serta dapat menjelaskan jenis-jenis produk pariwisata
|
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 4: Menyusun ringkasan terkait produk pariwisata Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Pengertian produk pariwisata 2. Jenis-jenis produk Pariwisata Wijayanti, Ani. 2019. Modul Pengantar Pariwisata dan Perhotelan, Universitas Bina Sarana Informatika |
2 |
|||
5 | mampu mengidentifikasi pelaku pariwisata |
Mahasiswa mampu menguraikan keterkaitan antar usaha wisata dengan wisatawan. Mahasiswa lebih komunikatif dalam menguraikan hubungan antara usaha wisata dengan wisatawan (Integratif) |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 5: Menyusun ringkasan terkait hubungan antar wisata dengan wisatawan Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Konsep keterkaitan usaha pariwisata 2. Golongan penyedia jasa wisata langsung 3. Golongan usaha pendukung wisata 4. Golongan organisasi pengembangan wisata 5. Hubungan wisatawan dengan usaha pariwsata Utama, I Gusti Bagus Rai, 2014. Pengantar Industri Pariwisata Tantangan dan Peluang Bisnis Kreatif. Universitas Dhyana Pura |
2 |
|||
6 | mampu mengidentifikasi pelaku pariwisata |
Ketepatan dalam menguraikan jenis-jenis sumber daya pariwisata |
Kriteria
|
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 7: Menyusun ringkasan terkait sumber daya pariwisata Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Pengertian sumber daya pariwisata pariwisata 2. Definisi Sumber daya alam 3. Definisi Sumber Daya manusia 4. Definisi Sumber Daya budaya. Utama, I Gusti Bagus Rai, 2014. Pengantar Industri Pariwisata Tantangan dan Peluang Bisnis Kreatif. Universitas Dhyana Pura |
2 |
|||
7 | mampu mengidentifikasi permasalahan pariwisata |
Ketepatan mahasiswa menguraikan pengaruh pariwisata terhadap beberapa sektor. |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 6: Menyusun ringkasan terkait pengaruh pariwisata terhadap beberapa sektor Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Pengaruh pariwisata di sektor ekonomi 2. pengaruh pariwisata di sektor sosial 3. Pengaruh pariwisata di sektor budaya Utama, I Gusti Bagus Rai, 2014. Pengantar Industri Pariwisata Tantangan dan Peluang Bisnis Kreatif. Universitas Dhyana Pura |
2 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | mampu mengidentifikasi dasar dasar industri perhotelan |
Ketepatan menguraikan pengertian industri perhotelan. Mahasiswa lebih Interaktif dalam menguraikan definisi perhotelan serta ruang lingkupnya |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 9: Menyusun ringkasan terkait definisi dan ruang lingkup industri perhotelan Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Pengertian Perhotelan 2. Ruang Lingkup industri perhotelan Rutherford, D.G., 2007, Hotel Management and Operations Fourt edition, Scool of Hospitality Business Management, Mashington State University, John Welley & Sons, Inc. |
2 |
|||
10 | mampu menganalisis permasalahan di department perhotelan |
Ketepatan mahasiswa dalam menguraikan department-department yang ada di hotel. Mahasiswa lebih komunikatif dalam menguraikan hubungan antar department di hotel (interaktif) |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 10: Menyusun ringkasan terkait hubungan antar department di hotel Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Department hotel 2. Hubungan antar department hotel Ni Wayan Suwithi,dkk.,2008, Akomodasi Hotel Jilid 1,2,3 untuk SMK. Jakarta : Dikmenjur. |
4 |
|||
11 | mampu menganalisis permasalahan di department perhotelan |
Ketepatan dalam mengidentifikasi department Front Office. Mahasiswa berdiskusi terkait tugas dan tanggungjawab dari department front office. (Interaktif) |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 11: membuat laporan hasil diskusi terkait tugas dan tanggungjawab dari department front office Belajar Mandiri: 2 x 60'
|
1. Department Front Office 2. Tugas dan Tanggungjawab department front office 3. permasalahan yang ada di department front office Ni Wayan Suwithi,dkk.,2008, Akomodasi Hotel Jilid 1,2,3 untuk SMK. Jakarta : Dikmenjur. |
5 |
|||
12 | mampu menganalisis permasalahan di department perhotelan |
Ketepatan dalam mengidentifikasi department Food and beverage. Mahasiswa berdiskusi terkait tugas dan tanggungjawab dari department food and beverage. (Interaktif) |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 12: membuat laporan hasil diskusi terkait tugas dan tanggungjawab dari department food and beverage Belajar Mandiri: 2 x 60'
|
. 1. Department Food and beverage 2. Tugas dan Tanggungjawab department food and beverage 3. permasalahan yang ada di department food and beverage Ni Wayan Suwithi,dkk.,2008, Akomodasi Hotel Jilid 1,2,3 untuk SMK. Jakarta : Dikmenjur. |
5 |
|||
13 | mampu menganalisis permasalahan di department perhotelan |
Ketepatan dalam mengidentifikasi department housekeeping. Mahasiswa berdiskusi terkait tugas dan tanggungjawab dari department housekeeping. (Interaktif) |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 13: membuat laporan hasil diskusi terkait tugas dan tanggungjawab dari department housekeeping Belajar Mandiri: 2 x 60'
|
1. Department housekeeping 2. Tugas dan Tanggungjawab department housekeeping 3. permasalahan yang ada di department housekeeping Ni Wayan Suwithi,dkk.,2008, Akomodasi Hotel Jilid 1,2,3 untuk SMK. Jakarta : Dikmenjur. |
5 |
|||
14 | mampu menganalisis keberadaan minor department |
Ketepatan dalam mengidentifikasi minor department. Mahasiswa berdiskusi terkait tugas dan tanggungjawab dari minor department. (Interaktif) |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 14: membuat laporan hasil diskusi terkait tugas dan tanggungjawab dari minor department Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. minor department 2. Tugas dan Tanggungjawab minor department 3. permasalahan yang ada di minor department Ni Wayan Suwithi,dkk.,2008, Akomodasi Hotel Jilid 1,2,3 untuk SMK. Jakarta : Dikmenjur. |
5 |
|||
15 | mampu mengevaluasi kondisi dunia pariwisata/ perhotelan saat ini |
Ketepatan dalam mengevaluasi kondisi pariwisata dan perhotelan saat ini. Mahasiswa berdiskusi terkait permasalahan-permasalahan yang ada di industri pariwisata dan perhotelan serta memberikan solusi yang tepat terhadap permasalahan tersebut. (Interaktif) |
Kriteria |
Kuliah Luring: Teori: Tatap Muka: 2 x 50' Tugas Terstruktur: 2 x 60' Tugas 15: membuat laporan hasil evaluasi tentang kondisi industri pariwisata dan perhotelan saat ini Belajar Mandiri: 2 x 60' |
1. Kondisi industri pariwisata terkini 2. kondisi industri perhotelan terkini 3. permasalahan di industri pariwisata dan perhotelan
Ni Wayan Suwithi,dkk.,2008, Akomodasi Hotel Jilid 1,2,3 untuk SMK. Jakarta : Dikmenjur. |
10 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ranti Rustika lahir di Tanah Grogot pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|