.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ranti.rustika@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:30 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pengantar Manajemen dan Kepemimpinan |
MP120621 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
19-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 199104022019032018 |
NIP/NIK. 199104022019032018 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-11) Menerapkan nilai-nilai hospitality (Integritas, Sempurna, Terpercaya, Profesional, Berkepribadian), dan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-7) Konsep teoretis kepemimpinan, teamwork dan perilaku organisasi secara umum |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu secara mandiri mengelola kegiatan operasional hotel berskala kecil (meliputi kemampuan merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi kegiatan operasional hotel) yang dapat dibuktikan dengan bertambahnya tingkat kepuasan tamu hotel khususnya pada aspek jumlah tamu, reliabilitas dan responsibilitas layanan, kebersihan, dan efisiensi harga |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, dan inovatif dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik, di bidang keahliannya, dengan mutu dan kuantitas yang dapat diukur dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
menganalisis manajemen strategis perilaku etis |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
menguraikan kemampuan membangun hubungan interpersonal menguraikan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik menguraikan definisi pemimpin, kepempimpinan dan manajemen menguraikan hubungan antara manajemen dan kepemimpinan meingidentifikasi pengambilan keputusan menganalisis manajemen strategis perilaku etis |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Pengantar Manajemen dan Kepemimpinan mempelajari tentang manajemen, pemimpin dan kepemimpinan. Mahasiswa mempelajari bagaimana menjadi seorang pemimpin sebagai pengambil keputusan |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Definisi Manajemen, 2. Definisi pemimpin, 3. Definisi Kepemimpinan, 4. Tugas dan Tanggung Jawab Pemimpin, 5. Hubungan antara manajemen dan kepemimpinan, 6. Pengambilan Keputusan, 7. manajemen perilaku etis |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. A. Dale Timple, 1991, Leadership, Gramedia, jakarta.
2. Stephen P. Robbins, 2010, Manajemen, Erlangga, Jakarta
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : powerpoint, jurnal, video |
|||||||
Dosen Pengampu |
Ranti Rustika, |
Mata Kuliah |
Pengantar Manajemen dan Kepemimpinan |
|||
Kode Mata Kuliah |
MP120621 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | menguraikan kemampuan membangun hubungan interpersonal |
1. Interaksi akrab dosen dg mhs, antar mhs 2. Motivasi mahasiswa untuk belajar mandiri. 3. Mahasiswa dapat mengikuti perkuliahan sesuai skedul perkuliahan (Interaktif) |
Kriteria: Diskripsi Hubungan Interpersonal
Bentuk non-test:
Mencari materi makalah secara on-line dengan menggunakan aplikasi e-Learning dan menyusun ringkasan dlm bentuk makalah tentang deskripsi interpersonal |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning: Estimasi Waktu: 2 x 50' |
1. Hubungan Interpersonal 2. Motivasi belajar mandiri 3. Membangun hubungan dosen dan mahasiswa |
2 |
|||
2 | menguraikan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
Mahasiswa mampu menguraikan pengertian manajemen diri, bertanggungjawab secara mandiri |
Kriteria: Diskripsi tentang Manajemen Diri, Tanggungjawab Mandiri
Bentuk non-test:
Mencari materi secara offline dan online tentang definisi manajemen diri, sikap dan tanggungjawab mandiri |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning: Estimasi Waktu: 2 x 50' |
1. Pengantar Manajemen 2. Manajemen Diri 3. Tanggungjawab mandiri 4. Sikap Kepemimpinan |
2 |
|||
3 | menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
Mahasiswa mampu menguraikan teori kepemimpinan, nilai dan norma dalam etika akademik |
riteria: Diskripsi tentang kepemimpinan, etika akademik
Bentuk non-test:
Mencari materi teori kepemimpinan, etika akademik dari sisi nilai dan norma |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning: Estimasi waktu: 2 x 50' |
1. Definisi Kepemimpinan 2. Etika Akademik |
2 |
|||
4 | menguraikan definisi pemimpin, kepempimpinan dan manajemen |
Mahasiswa mampu menganalisis cara kepemimpinan yang baik dalam suatu manajemen |
Kriteria: Analisis Kepemimpinan yang baik dalam suatu manajemen
Bentuk non-test:
Mencari jurnal terkait kepemimpinan yang baik dalam manajemen |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning: Estimasi waktu: 2 x 50' |
1. Kepemimpinan dalam manajemen 2. Komunikasi dalam kelompok 3. Motivasi kepemimpinan |
2 |
|||
5 | menguraikan hubungan antara manajemen dan kepemimpinan |
Mahasiswa mampu mempraktekkan kepemimpinan yang baik dalam manajemen (Efektif) |
Kriteria: Diskripsi tentang kepemimpinan yang baik dalam manajemen
Bentuk non-test:
Mempraktekkan cara mempimpin dalam kegiatan berkelompok. Ketua Kelompok mampu berkomunikasi yang baik dengan anggota kelompok |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning: Estimasi waktu: 2 x 50' |
1. Analisis kasus kepemimpinan 2. Komunikasi pemimpin dengan anggota |
4 |
|||
6 | meingidentifikasi pengambilan keputusan |
Mahasiswa mampu memecahkan kasus dalam suatu permasalahan |
Kriteria: Pemecahan kasus dalam suatu masalah. Pengambilan keputusan dalam suatu masalah
Bentuk non-test:
Mahasiswa membuat kelompok yang akan ditugaskan dalam memecahkan kasus dengan berani mengambil suatu keputusan |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning: Estimasi waktu: 2 x 50' |
1. Analisis Kasus 2. Pemecahan kasus 3. Pengambilan Keputusan |
4 |
|||
7 | meingidentifikasi pengambilan keputusan |
Mahasiswa mampu memecahkan kasus dalam suatu permasalahan (lanjutan) (Holistik) |
Kriteria: Pemecahan kasus dalam suatu masalah. Pengambilan keputusan dalam suatu masalah
Bentuk non-test:
Mahasiswa membuat kelompok yang akan ditugaskan dalam memecahkan kasus dengan berani mengambil suatu keputusan |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning: Estimasi waktu: 2 x 50' |
1. Analisis Kasus (internal) 2. Pemecahan kasus 3. Pengambilan Keputusan |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | menganalisis manajemen strategis perilaku etis |
Mahasiswa mampu menganalisis ambiguitas dan kemungkinan dalam kepemimpinan perguruan tinggi |
riteria: Diskripsi ambiguitas dalam kepemimpinan Perguruan Tinggi
Bentuk non-test:
menganalisis ambiguitas dalam kepemimpinan Perguruan Tinggi |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning: Estimasi waktu: 2 x 50 |
1. Bentuk Kepemimpinan di Perguruan Tinggi 2. Otoritas Kepemimpinan 3. Memimpin dengan Otoritas Terbatas 4. Berbagai Bingkai dan Gaya Kepemimpinan 5. Kepemimpinan Integratif 6. Kesimpulan Divergen dan Konvergen |
5 |
|||
10 | menganalisis manajemen strategis perilaku etis |
Mahasiswa mampu menganalisis Isu Kepemimpinan Abad 21 |
Kriteria: Menganalisis isu kepemimpinan di abad 21
Bentuk non-test:
Mencari jurnal tentang kepemimpinan di abad 21 |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning: Estimasi waktu: 2 x 50' |
Kriteria Pemimpin Abad 21 |
5 |
|||
11 | menganalisis manajemen strategis perilaku etis |
Mahasiswa mampu menganalisis strategi manajemen kepemimpinan |
Kriteria: Diskripsi strategi manajemen kepemimpinan
Bentuk non-test:
Mencari jurnal tentang strategi manajemen kepemimpinan |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning Estimasi Waktu: 2 x 50' |
1. Mengintegrasikan Kepemimpinan dan Proses Strategi 2. Tingkat Strategi 3. Inisiatif dan Imperatif Strategis 4. Sasaran Strategis 5. Tindakan |
5 |
|||
12 | menganalisis manajemen strategis perilaku etis |
Mahasiswa mampu menganalisis strategi manajemen kepemimpinan |
Kriteria: Diskripsi strategi manajemen kepemimpinan
Bentuk non-test:
Mencari jurnal tentang strategi manajemen kepemimpinan |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning Estimasi Waktu: 2 x 50' |
1. Pemikiran Strategis dan Kualitas Akademik 2. Kepemimpinan Strategis dan Pembelajaran yang Kuat 3. Penerimaan: Merek atau Cerita? 4. Pengalaman Siswa 5. Strategi dan Fasilitas 6. Strategi dan Sumber Daya Keuangan 7. Penggalangan dana |
5 |
|||
13 | menganalisis manajemen strategis perilaku etis |
Mahasiswa mampu menganalisis strategi manajemen kepemimpinan |
Kriteria: Diskripsi strategi manajemen kepemimpinan
Bentuk non-test:
Mencari jurnal tentang strategi manajemen kepemimpinan |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning Estimasi Waktu: 2 x 50' |
1. Komunikasi tentang Strategi 2. Strategi dan Budaya : Norma, Cerita, Ritual, dan Upacara 3. Wewenang : Sistem Kepemimpinan, Manajemen, dan Pengendalian 4. Strategi dan Akreditasi 5. Penilaian Strategis 6. Tinjauan Program Strategis 7. Pengurus dan Implementasi Strategi Integrasi dan Momentum Strategi |
5 |
|||
14 | menganalisis manajemen strategis perilaku etis |
Mahasiswa mampu menganalisis strategi kepemimpinan yang berkelanjutan |
Kriteria: Diskripsi strategi manajemen kepemimpinan berkelanjutan
Bentuk non-test:
Mencari jurnal tentang strategi manajemen kepemimpinan berkelanjutan |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning Estimasi Waktu: 2 x 50' |
1. Konflik dan Perubahan : Batasan dan Kemungkinan Kepemimpinan Strategis 2. Kepemimpinan Strategis dan Konflik Struktural 3. Penyelesaian Strategis Konflik Struktural di Perguruan Tinggi 4. Batasan Bermusuhan untuk Kepemimpinan Strategis 5. Kepemimpinan dan Perubahan Strategis 6. Sifat Kepemimpinan Tertanam dalam Perubahan Strategis |
5 |
|||
15 | menganalisis manajemen strategis perilaku etis |
mahasiswa mampu menganalisis manajemen strategis dalam perilaku etis |
Kriteria: Diskripsi strategi manajemen kepemimpinan dalam perilaku etis
Bentuk non-test:
Mencari jurnal tentang strategi manajemen kepemimpinan dalam perilaku etis |
Kuliah
Aktifitas di kelas:
Diskusi kelompok dan studi kasus
Komputer dan LCD Projector, atau gadget dan internet
On-line: E-learning Estimasi Waktu: 2 x 50' |
1. Isu Dalam Kepemimpinan dan Tata Kelola 2. Mempersiapkan Kepemimpinan Strategis 3. Batasan dan Kemungkinan Kepemimpinan Strategis |
10 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ranti Rustika lahir di Tanah Grogot pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|