.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:desak.made@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:53 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Matematika Terapan |
JJ120222 |
3 |
0 |
3 |
42 |
2 |
17-03-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Desak Made Ristia Kartika S.Pd., M.Sc. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 199001312020122002 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-9) Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan kerja perancangan, pelaksanaan dan pengawasan banguna jalan dan jembatan skala menengah1 |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakuka pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan, pelaksanaan dan pengawasan bangunan jalan da jembatan skala menengah 1 |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK-1: Mengaplikasikan konsep teoritis matematika terapan |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK1: Mampu menerapkan operasi aljabar dengan tepat untuk menyelesaikan masalah sehari-hari terutama yang berhubungan dengan teknologi rekayasa konstruksi jalan dan jembatan. [C3, A3, P3] Sub-CPMK2: Mampu memahami pernyataan, persamaan, dan grafik. [C2, A3, P3] Sub-CPMK3: Memahami persamaan linear dan persamaan linear simultan. [C2, A3, P3] Sub-CPMK4: Mampu menerapkan operasi matriks dengan tepat. [C3, A3, P3] Sub-CPMK5: Mampu menerapkan konsep trigonometri dalam pemecahan masalah. [C3, A3, P3] Sub-CPMK6: Mampu menerapkan konsep geometri bidang dan ruang dalam pemecahan masalah. [C3, A3, P3] Sub-CPMK7: Mampu menyelesaikan permasalahan turunan/derivatif. [C3, A3, P3] Sub-CPMK8: Mampu menyelesaikan permasalahan integral. [C3, A3, P3] Sub-CPMK9: Mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan interpolasi. [C3, A3, P3] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah Matematika Terapan merupakan materi penunjang mata kuliah keteknikan di bidang Teknik Sipil khususnya teknologi rekayasa konstruksi jalan dan jembatan. Pokok bahasan disesuaikan dengan kebutuhan jurusan Teknik Sipil, seperti aljabar, pernyataan, persamaan, grafik, persamaan linear, persamaan linear simultan, matriks, trigonometri, geometri, derivatif, integral, dan interpolasi serta penerapannya dalam bidang teknologi rekayasa konstruksi jalan dan jembatan. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Aljabar, pernyataan, persamaan, grafik, persamaan linear, persamaan linear simultan, matriks, trigonometri, geometri, derivatif, integral, dan interpolasi serta penerapannya dalam bidang teknologi rekayasa konstruksi jalan dan jembatan. |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Papan tulis, proyektor, spidol, penghapus, Blended Learning Poltekba (BLP), dan software geogebra. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Desak Made Ristia Kartika, |
Mata Kuliah |
Matematika Terapan |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ120222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK1: Mampu menerapkan operasi aljabar dengan tepat untuk menyelesaikan masalah sehari-hari terutama yang berhubungan dengan teknologi rekayasa konstruksi jalan dan jembatan. [C3, A3, P3] |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Diskusi dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
-Protokol kesehatan dan kontrak pembelajaran. -Koefisien, konstanta, variabel, suku aljabar, aturan aljabar, penyederhanaan bentuk aljabar, faktorisasi bentuk aljabar, dan operasi aljabar. Pustaka 3, 4, 5, dan 6 |
3 |
|||
2 | Sub-CPMK2: Mampu memahami pernyataan, persamaan, dan grafik. [C2, A3, P3] |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Diskusi dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Pernyataan, persamaan, transposisi rumus-rumus, persamaan polinomial, dan grafik persamaan. Pustaka 3, 4, 5, dan 6 |
3 |
|||
3 | Sub-CPMK3: Memahami persamaan linear dan persamaan linear simultan. [C2, A3, P3] |
Dapat menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan sistem persamaan linear. |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Sistem Persamaan Linear (SPL): - Definisi Persamaan Linear - Penyelesaian Persamaan Linear Satu Variabel - Pengertian Persamaan Linear Dua Variabel - Sistem Persamaan Linear Dua Variabel - Penyelesaian Sistem Persamaan Linear Dua Variabel - Bentuk Umum Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) - Penyelesaian Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Pustaka 3, 4, 5, dan 6 |
4 |
|||
4, 5 | Sub-CPMK4: Mampu menerapkan operasi matriks dengan tepat. [C3, A3, P3] |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Diskusi dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Matriks Definisi matriks, notasi matriks, jenis matriks, kesaman matriks, transpos matriks, penjumlahan matriks, pengurangan matriks, dan perkalian matriks. Pustaka 1, 3, 4, dan 6 |
4 |
|||
Sub-CPMK4: Mampu menerapkan operasi matriks dengan tepat. [C3, A3, P3] |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Diskusi dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Matriks: Invers matriks dan penyelesaian set persamaan linear. Pustaka 1, 3, 4, dan 6
|
5 |
||||
6, 7 | Sub-CPMK5: Mampu menerapkan konsep trigonometri dalam pemecahan masalah. [C3, A3, P3] |
Dapat menerapkan konsep trigonometri dalam pemecahan masalah di bidang teknik sipil dengan tepat. |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
TRIGONOMETRI
Pustaka 3, 4, dan 6 |
5 |
|||
Sub-CPMK5: Mampu menerapkan konsep trigonometri dalam pemecahan masalah. [C3, A3, P3] |
Dapat menerapkan konsep trigonometri dalam pemecahan masalah di bidang teknik sipil dengan tepat. |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
TRIGONOMETRI LANJUTAN
Pustaka 3, 4, dan 6 |
5 |
||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK6: Mampu menerapkan konsep geometri bidang dan ruang dalam pemecahan masalah. [C3, A3, P3] |
Dapat menerapkan konsep geometri bidang dan ruang dalam pemecahan masalah di bidang teknik sipil. |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Geometri - Luas Bidang Datar - Volume dan Luas Permukaan Bangun Ruang Pustaka 3, 4, dan 6 |
4 |
|||
10 | Sub-CPMK7: Mampu menyelesaikan permasalahan turunan/derivatif. [C3, A3, P3] |
Dapat menyelesaikan masalah turunan/derivatif dengan tepat. |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Turunan - Definisi - Notasi - Aturan pencarian turunan fungsi aljabar Pustaka 2, 3, 4, 5, 6, dan 7 |
4 |
|||
11 | Sub-CPMK7: Mampu menyelesaikan permasalahan turunan/derivatif. [C3, A3, P3] |
Dapat menyelesaikan masalah turunan/derivatif dengan tepat. |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Turunan - Aturan rantai - Rumus turunan fungsi trigonometri - Turunan fungsi eksponensial dan logaritma
Pustaka 2, 3, 4, 5, 6, dan 7 |
4 |
|||
12 | Sub-CPMK7: Mampu menyelesaikan permasalahan turunan/derivatif. [C3, A3, P3] |
Dapat menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan aplikasi turunan. |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Persamaan garis singgung Persamaan garis normal Nilai maksimum dan nilai minimum
Pustaka 2, 3, 4, 5, 6, dan 7
|
5 |
|||
13 | Sub-CPMK8: Mampu menyelesaikan permasalahan integral. [C3, A3, P3] |
Dapat menyelesaikan permasalahan integral dengan tepat. |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Diskusi dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Integral - Rumus dasar integral - Integral dengan substitusi aljabar - Integral parsial - Integral Fungsi Trigonometri Pustaka 2, 3, 4, 5, 6, dan 7 |
5 |
|||
14 | Sub-CPMK8: Mampu menyelesaikan permasalahan integral. [C3, A3, P3] |
Dapat menyelesaikan permasalahan integral dengan tepat. |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Diskusi dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Integral - Integral dengan substitusi fungsi trigonometri - Integral tentu - Aplikasi Integral Pustaka 2, 3, 4, 5, 6, dan 7 |
5 |
|||
15 | Sub-CPMK9: Mampu menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan interpolasi. [C3, A3, P3] |
Dapat menggunakan interpolasi dengan tepat. |
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. Bentuk non-test: diskusi Bentuk tes: latihan soal dan tugas individu |
Problem Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Interpolasi Linear Pustaka 3, 6, dan 8 |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Desak Made Ristia Kartika lahir di Parigi Moutong pada tanggal 1990-01-31 Jabatan fungsional Tenaga Pengajar Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|