.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:nawang.retno@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:51 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pancasila |
MP120221 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
20-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dra. Nawang Retno Dwiningrum M.Si. |
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 196612192007012017 |
NIP/NIK. 199104022019032018 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-6) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademi |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-7) Konsep teoretis kepemimpinan, teamwork dan perilaku organisasi secara umum |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu secara mandiri mengelola kegiatan operasional hotel berskala kecil (meliputi kemampuan merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi kegiatan operasional hotel) yang dapat dibuktikan dengan bertambahnya tingkat kepuasan tamu hotel khususnya pada aspek jumlah tamu, reliabilitas dan responsibilitas layanan, kebersihan, dan efisiensi harga |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1 . Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasar Pancasila CPMK 2 . Memupuk sikap dan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
1. DDapat memahami dan mampu melaksanakan jiwa Pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupan sebagai warga negara Indonesia mampu menerapkan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi dan dasar pengembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Pancasila mempelajari sejarah dan nilai- luhur bangsa Indonesia dan penerapan pancasila dalam kehidupan bangsa dan negara |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
A. mampu menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Kaelan, 2010, Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop, LCD |
|||||||
Dosen Pengampu |
Nawang Retno Dwiningrum, |
Mata Kuliah |
Pancasila |
|||
Kode Mata Kuliah |
MP120221 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | mampu menjelaskan sejarah lahirnya Pancasila |
ketepatan menjelaskan lahirnya Pancasila (integratif) |
kajian literatur |
Kuliah dan diskusi 2x50 Mengkaji literatur tentang sejarah Pancasila |
sejarah lahirnya Pancasila Kaelan , 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma ,Yogyakarta |
3 |
|||
2 | mampu menjelaskan dan menerapkan pancasila sebagai dasar negara |
mampu menjelaskan Pancasila sebagai Dasar negara (kolaboratif) |
kajian literatur |
kuliah dan diskusi berdiskusi tentang sejarah Pancasila |
1. Pengertian Pancasila sebagai Dasar negara 2. Hubungan Pancasila dengan Pembukaan UUD 3, Hubungan Pembukaan dan batang tubuh Kelan, 2001, Pendidikan pancasila, Paradigma, Yogyakarta |
2 |
|||
3 | mampu menjelaskan dan menerapkan pancasila sebagai dasar negara |
mampu menganalisis Pancasila sebagai dasar negara ( Integratif danKolaboratif) |
kriteria: 1. rubrik skala persepsi 2. portopolio Teknik non test: menganlisis implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan negara |
presentasi 2x50 presentasi tentang penerapan dasar negara Pancasila dalam pembuatan kebijakan
|
implementasi Pancasila dalam pembuatan kebijakan negara dalam bidang politik, ekonomi, sosial budaya dan hankam Syarbani, syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Toinggi, Ghalia Indonesia , Bogor |
3 |
|||
4 | mampu menjelaskan pancasila sebagai ideologi |
mampu menjelaskan Pancasila sebagai ideologi (Kolaboratif) |
kritria : 1. rubrik skala persepsi 2. portopolio Tes: kajian literatur, lesan, diskusi |
kuliah dan diskusi 2x50 presentasi mengenai perbandingan ideologi |
1. pengertian ideologi 2, ideologi terbuka dan tertutup 3. Pancaila sebagai ideologi kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma yogyakarta |
2 |
|||
5 | mampu menjelaskan pancasila sebagai ideologi |
mampu menganalisis ideologi Pancasila dan membandingkan dengan ideologi lain (Kolaboratif dan integratif) |
Kriteria : 1. rubrik skala persepsi 2. portopolio presentasi dan kajian literatur |
diskusi dan presentasi tentang perbandingan ideologi |
1. ideologi Pancasila 2. ideologi Komunis, Liberal dan ideologi keagamaan kaelan , 2001, Pendidikan Pancasila, paradigma , Yogyakarta |
3 |
|||
6 | mampu memahamai pancasila sebagai sistem filsafat |
mampu memahami filsafat Pancasila (Kolaboratif) |
kriteria rubrik skala persepsi :tes :lesan |
kuliah dan diskusi 2x50 diskusi tentang filsafat Pancasila |
1. pengertian filsafat, aliran filsafat 2. Pengertian Pancasila secara filsafat Kaelan 2001, Pendidikan Pancasila, Paradigma Yogyakarta |
3 |
|||
7 | mampu memahamai pancasila sebagai sistem filsafat |
mampu menganalisa filsafat pancasila dalam aspek ontologi, epistimologi dan aksiologi (Kolaboratif) |
kriteria : rubrik skala persepsoi dan portopolio |
diskusi, 2x50 presentasi tentang filsafat Pancasila |
aspek ontologi, epistimologi dan aksiologi kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila, paradigma, Yogyakarta |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | mampu memahami dan menerapkan Pancasila sebagai sistem etika |
mampu memahami Pancasila sebagai sistem etika (kolaboratif) |
Tes:lesan
|
kuliah dan disksusi 2x50 Kajian literatur tentang etika |
1, pengertian etika 2. aliran -aliran dalam etika Syarbani syahrial, 2014,Pendidikan Pancasila di Perguruan tinggi, Ghalia Indonesia , Bogor |
3 |
|||
10 | mampu memahami dan menerapkan Pancasila sebagai sistem etika |
mampu menerapkan Pancasila sebagai sistem etika dalam kehidupan sehari-hari (Kolaboratif) |
rubrik skala persepsi dan presntasi |
kuliah dan diskusi 2x50 presentasi tentang penerapan etika Pancasila |
penerapan etika Pancasila dalam bidang ekonomi, politik dan sosial budaya Kaelan, 2001, Pendidikan Pancasila,Paradigma ,Yogyakarta |
3 |
|||
11 | mampu menjelaskan Pancasila sebagai Dasar nilai pengembangan Ilmu dan teknologi |
memahami perkembangan ilmu dan teknologi dan nilai dalam pengembangan ilmu dan teknologi ( integratif dankolaboratif) |
kajian literatur dan tes lesan |
kuliah dan diskusi, 2x50 |
perkembangan ilmu dan teknologi dan masalah nilai dalam perkembangan tehnologi Kaelan, 2001,Pendidikan Pancasila, Paradigma, yogyakarta |
3 |
|||
12 | mampu memahami Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan iptek |
mampu menganalisis ilmu pengetahuan dan teknologi yang sesuai dan tidak sesuai dengan Pancasila (Kolaboratif) |
Kriteria: 1. rubrik skala persepsi 2. portopolio Tes: presentasi |
kuliah dan diskusi 2x50 mempresentasikan tentang pengetahuan yang sesuai dan tidak sesuai dengan Pancasila |
Pancasila sebagai dasar nilai dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi Kaelan, 2001, Pendidikan pancasila, Paradigma , Yogyakarta |
3 |
|||
13 | mampu memahami dan penerapannya Pancasila sebagai paradigma pembangunan |
pengertian Pancasila sebagai paradigma pembanguanan (Kolaboratif) |
tes : menyusun laporan dengan kajian literatur |
kuliah dan diskusi 2 x50 menyusun laporan tentang pancasila sebagai paradigma pembangunan |
pengertian paradigma dan Pancasila sebagai paradigma pembangunan Kaelan, Pendidikan Pancasila , Paradigma , Yogyakarta |
3 |
|||
14 | mampu memahami dan penerapannya Pancasila sebagai paradigma pembangunan |
mampu menganalisa pancasila sebagai paradigma pembangunan dalam bidang politik dan ekonomi (Kolaboratif) |
presentasi |
kuliah dan diskusi 2x50 mempresentasikan tentang Pancasila sebagai paradigma pembangunan bidang politik dan ekonomki |
Pancasila sebagai paradigma pembangunan bidang politik dan ekonomi Kaelan, 2001, Pndidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta |
3 |
|||
15 | mampu memahami dan penerapannya Pancasila sebagai paradigma pembangunan |
menganalisis pancasila sebagai paradigma pembangunan dalam bidang sosial budaya (Integratif dan Kolaboratif) |
kriteria : 1. rubrik skala persepsi 2. portopolio presentasi |
kuliah dan diskusi , 2x50 presentasi tentang Pancasila sebagai dasar paradigma pembangunan bidang sosial budaya dan pertahanan keamanan |
Pancasila sebagai paradigma pembangunan dalam bidang sosial budaya dan pertahanan keamanan Syarbani, Syahrial, 2014, Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi, Ghalia Indonesia, Bogor |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Nawang Retno Dwiningrum lahir di Magelang pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan PERHOTELAN Program Studi Tata Boga |
|