.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:ihsan@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 8, 2025, 5:49 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN AKUNTANSI |
|
||||||
PROGRAM
STUDI AKUNTANSI PERPAJAKAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pengantar Komputer |
AP120222 |
0 |
3 |
3 |
84 |
2 |
18-01-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Ihsan S.Kom., M.T. |
Endang Sri Apriani S.E., M.E., CFRM. |
|||||||
NIP/NIK. 199008272019031011 |
NIP/NIK. 2021.90.003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-4) Mampu melakukan evaluasi dan supervisi terhadap pencapaian hasil pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya baik sebagai anggota dan/atau pimpinan dalam suatu organisasi (P-8) Mampu menguasai teknologi informasi yang terkait dengan bidang akuntansi perpajakan untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas pada era revolusi industri 4.0 |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur (KU-9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menjadi teknisi akuntansi ahli yang mampu melakukan pekerjaan di bidang akuntansi pada perusahaan (entitas bisnis) jasa, dagang, dan/atau manufaktur berskala besar dan/atau go-public dan mampu mengaplikasikan pada bidang keahlian akuntansi secara spesifik antara lain akuntansi sektor publik, akuntansi manajemen, akuntansi perpajakan, sistem informasi akuntansi dan akuntansi syariah yang sesuai dengan standar dan prinsip- prinsip yang berlaku umum dan relevan di bidang akuntansi, melalui proses penganalisisan data keuangan dan pemilihan metode yang sesuai, didukung dengan kemampuan di bidang manajemen, teknologi informasi, keahlian interpersonal dan komunikasi (KK-10) Mampu mengoperasikan aplikasi - aplikasi untuk mendukung proses pelaporan akuntansi dan perpajakan, seperti aplikasi komputer akuntansi, pengolah angka (spreadsheet), dan aplikasi komputer lainnya. (KK-11) Mampu mengikuti perkembangan dan isu terkini yang terkait di bidang akuntansi dan perpajakan terutama terkait dengan penggunaan teknologi informasi untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas pelaporan di bidang akuntansi dan perpajakan. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK 1 : Menguasasi konsep dan teknik komputer akuntansi dan memecahkan masalah-masalah pekerjaan, seperti menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data CP-MK 2 : Menunjukkan sikap bertanggung jawab dan mengusai Teknologi Informasi bidang akuntansi perpajakan untuk mendukung transparansi dan akuntabilitas CP-MK 3 : Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur untuk menjadi teknisi akuntansi ahli yang mampu melakukan pekerjaan dibidang akuntansi pada perusahaan |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1 : Mampu memahami fungsi dan mengaplikasikan menu pada Microsoft Office Word terkait bidang akuntansi dan perpajakan Sub-CPMK 2 : Mampu memahami fungsi dan mengaplikasikan menu untuk membuat laporan keuangan, pengolah angka menggunakan Microsoft Excel (Spreadsheet) dan Microsoft Access (database) Sub-CPMK 3 : Mampu membuat website berbasis CMS Wordpress untuk mendukung keterampilan dalam akuntansi khususnya bidang Teknologi Informasi Sub-CPMK 4 : Mampu memahami fungsi dan mengaplikasikan menu untuk pengolahan data yang akurat menggunakan Aplikasi SPSS |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Pengantar Komputer mempelajari dan membahas tentang teknologi komputer dan teknologi komunikasi sebagai pembentuk teknologi informasi, serta membahas mengenai data dan sistem informasi. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Microsoft Office : Word |
|||||||
Pustaka |
|
|||||||
Media Pembelajaran |
|
|||||||
Dosen Pengampu |
Ihsan, |
Mata Kuliah |
Pengantar Komputer |
|||
Kode Mata Kuliah |
AP120222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1 : Mampu memahami fungsi dan mengaplikasikan menu pada Microsoft Office Word terkait bidang akuntansi dan perpajakan |
Mahasiswa mampu membuat grafik, hyperlink, wordart, dropcap, menyisipkan simbol, dan mengatur margin |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi |
Metode Pembelajaran kolaboratif
[TM:1 mg x (3 sks x 50”)] Tugas 1 [PT+BM:(1+1) mg x (3 sks x 60”)] |
Microsoft Word
Taryana Suryana dan Koesheryatin. Microsoft Office 2007: Word & Excel. |
3 |
|||
2 | Sub-CPMK 1 : Mampu memahami fungsi dan mengaplikasikan menu pada Microsoft Office Word terkait bidang akuntansi dan perpajakan |
Mahasiswa mampu membuat naskah berkolom, watermark, background halaman, border and shading, daftar isi, dan surat keputusan. |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi |
Metode Pembelajaran interaktif
[TM:1 mg x (3 sks x 50”)] Tugas 2 [PT+BM:(1+1) mg x (3 sks x 60”)] |
Microsoft Word
Taryana Suryana dan Koesheryatin. Microsoft Office 2007: Word & Excel. |
3 |
|||
3 | Sub-CPMK 1 : Mampu memahami fungsi dan mengaplikasikan menu pada Microsoft Office Word terkait bidang akuntansi dan perpajakan |
Mahasiswa mampu membuat mail merge menggunakan database Ms. Access dan Ms. Excel. |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi |
Metode Pembelajaran interaktif
[TM:1 mg x (3 sks x 50”)] Tugas 3 [PT+BM:(1+1) mg x (3 sks x 60”)] |
Microsoft Word:
Haryono Wiratno. 2016. Microsoft Excel. |
3 |
|||
4 | Sub-CPMK 2 : Mampu memahami fungsi dan mengaplikasikan menu untuk membuat laporan keuangan, pengolah angka menggunakan Microsoft Excel (Spreadsheet) dan Microsoft Access (database) |
Mahasiswa mampu mendesain lembar kerja dan memodifikasinya menggunakan Ms. Excel. |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi |
Metode Pembelajaran kolaboratif Kuliah [TM:1 mg x (3 sks x 50”)] Tugas 4 [PT+BM:(1+1) mg x (3 sks x 60”)] |
Microsoft Excel: Mendesain lembar kerja dan memodifikasinya
Haryono Wiratno. 2016. Microsoft Excel. |
3 |
|||
5 | Sub-CPMK 2 : Mampu memahami fungsi dan mengaplikasikan menu untuk membuat laporan keuangan, pengolah angka menggunakan Microsoft Excel (Spreadsheet) dan Microsoft Access (database) |
Mahasiswa mampu menyusun Chart of Account serta memasukkan jurnal transaksi. |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi |
Metode Pembelajaran kolaboratif Kuliah [TM:1 mg x (3 sks x 50”)] Tugas 5 [PT+BM:(1+1) mg x (3 sks x 60”)] |
Microsoft Excel: CoA dan Jurnal
Haryono Wiratno. 2016. Microsoft Excel. |
3 |
|||
6 | Sub-CPMK 2 : Mampu memahami fungsi dan mengaplikasikan menu untuk membuat laporan keuangan, pengolah angka menggunakan Microsoft Excel (Spreadsheet) dan Microsoft Access (database) |
Mahasiswa mampu menyusun buku besar menggunakan Ms. Excel. |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi |
Metode Pembelajaran kolaboratif Kuliah [TM:1 mg x (3 sks x 50”)] Tugas 6 [PT+BM:(1+1) mg x (3 sks x 60”)] |
Microsoft Excel: Buku besar Menyusun Otomatisasi buku besar dengan dropdown list Mengaplikasikan rumus SUM, IF, VLOOKUP Haryono Wiratno. 2016. Microsoft Excel. |
2 |
|||
7 | Sub-CPMK 2 : Mampu memahami fungsi dan mengaplikasikan menu untuk membuat laporan keuangan, pengolah angka menggunakan Microsoft Excel (Spreadsheet) dan Microsoft Access (database) |
Mahasiswa mampu memahami materi pertemuan 1 sampai dengan 6 |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi |
Metode diskusi dan review materi Kuliah [TM:1 mg x (3 sks x 50”)] [PT+BM:(1+1) mg x (3 sks x 60”)] |
REVIEW MATERI / QUIZ
|
2 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 2 : Mampu memahami fungsi dan mengaplikasikan menu untuk membuat laporan keuangan, pengolah angka menggunakan Microsoft Excel (Spreadsheet) dan Microsoft Access (database) |
Mahasiswa mampu membuat jurnal penyesuaian dan neraca lajur, laporan laba rugi, serta neraca dan jurnal penutup menggunakan Ms. Excel. |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi |
Metode Pembelajaran kolaboratif Kuliah [TM:1 mg x (3 sks x 50”)] Tugas 7 [PT+BM:(1+1) mg x (3 sks x 60”)] |
Microsoft Excel: 1. Penyesuaian dan neraca lajur Laporan laba rugi, serta neraca dan jurnal penutup. Haryono Wiratno. 2016. Microsoft Excel. |
4 |
|||
10 | Sub-CPMK 2 : Mampu memahami fungsi dan mengaplikasikan menu untuk membuat laporan keuangan, pengolah angka menggunakan Microsoft Excel (Spreadsheet) dan Microsoft Access (database) |
Mahasiswa mampu membuat database dan memanipulasi data menggunakan Ms. Access. |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi |
Metode Pembelajaran kolaboratif Kuliah [TM:1 mg x (3 sks x 50”)] Tugas 8 [PT+BM:(1+1) mg x (3 sks x 60”)] |
Ms. Access: Database
Taryana Suryana dan Koesheryatin. Microsoft Office 2007: Word, Excel, Power Point, Access. |
5 |
|||
11 | Sub-CPMK 2 : Mampu memahami fungsi dan mengaplikasikan menu untuk membuat laporan keuangan, pengolah angka menggunakan Microsoft Excel (Spreadsheet) dan Microsoft Access (database) |
Mahasiswa mampu membuat form dan report menggunakan Ms. Access. |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi |
Metode Pembelajaran kolaboratif Kuliah [TM:1 mg x (3 sks x 50”)] Tugas 9 [PT+BM:(1+1) mg x (3 sks x 60”)] |
Ms. Access: Pembuatan form dan report.
Taryana Suryana dan Koesheryatin. Microsoft Office 2007: Word, Excel, Power Point, Access. |
4 |
|||
12 | Sub-CPMK 4 : Mampu memahami fungsi dan mengaplikasikan menu untuk pengolahan data yang akurat menggunakan Aplikasi SPSS |
Mahasiswa mampu melakukan uji statistik deskriptif, uji normalitas, dan uji homogenitas menggunakan program SPSS |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi |
Metode Pembelajaran kolaboratif Kuliah [TM:1 mg x (3 sks x 50”)] Tugas 10 [PT+BM:(1+1) mg x (3 sks x 60”)] |
SPSS: Uji Statistik Deskriptif dan Uji Asumsi Klasik Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 23. |
4 |
|||
13 | Sub-CPMK 4 : Mampu memahami fungsi dan mengaplikasikan menu untuk pengolahan data yang akurat menggunakan Aplikasi SPSS |
Mahasiswa mampu melakukan uji analisis variansi serta regresi linear sederhana menggunakan program SPSS. |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi |
Metode Pembelajaran kolaboratif Kuliah [TM:1 mg x (3 sks x 50”)] Tugas 11 [PT+BM:(1+1) mg x (3 sks x 60”)] |
SPSS: Analisis Variansi dan Regresi Linear Sederhana Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 23. |
5 |
|||
14 | Sub-CPMK 3 : Mampu membuat website berbasis CMS Wordpress untuk mendukung keterampilan dalam akuntansi khususnya bidang Teknologi Informasi |
Mahasiswa mampu melakukan konfigurasi dan instalasi dasar dari Wordpress |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi |
Metode Pembelajaran kolaboratif Kuliah [TM:1 mg x (3 sks x 50”)] Tugas 12 [PT+BM:(1+1) mg x (3 sks x 60”)] |
Wordpress : Mempelajari Instalasi Wordpress dan database di Xampp APRI JUNAIDI. 2011. Modul Pembelajaran Wordpress & Joomla. |
4 |
|||
15 | Sub-CPMK 3 : Mampu membuat website berbasis CMS Wordpress untuk mendukung keterampilan dalam akuntansi khususnya bidang Teknologi Informasi |
Mahasiswa mampu mengisi konten website pada wordpress dengan baik |
Kriteria : Ketepatan dan pemahaman materi |
Metode Pembelajaran kolaboratif Kuliah [TM:1 mg x (3 sks x 50”)] Tugas 13 [PT+BM:(1+1) mg x (3 sks x 60”)] |
Wordpress : Belajar melakukan pengisian konten website menggunakan Wordpress APRI JUNAIDI. 2011. Modul Pembelajaran Wordpress & Joomla. |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Ihsan lahir di Samboja pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|