.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:emil.azmanajaya@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 16, 2025, 11:04 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI REKAYASA KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Hidrolika |
JJ110922 |
2 |
0 |
2 |
28 |
1 |
||
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dr. Emil Azmanajaya S.T., M.T. |
Mohamad Isram M. Ain S.T., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 197702242012121001 |
NIP/NIK. 198903052022031010 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-3) Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa serta turut menjaga perdamaian dunia (S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-9) Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai konsep teoritis matematika terapan, sains alam (fisika, kimia), sains rekayasa dan prinsip rekayasa untuk melakukan kerja perancangan, pelaksanaan dan pengawasan banguna jalan dan jembatan skala menengah1 |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakuka pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-10) Mampu memanfaatkan teknologi (piranti lunak untuk perancangan dan alat bantu konstruksi) dalam melaksanakan pekerjaan bangunan jalan dan jembatan |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1 : Mahasiswa mampu mendisain saluran terbuka dengan baik dan benar CPMK 2 : Mahasiswa mampu mendisain jaringan perpipaan skala komplek perumahan atau perkotaan menggunakan aplikasi EPANET 2.0 secara sistematis, baik dan benar |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK1 : Mahasiswa mengerti dan memahami mengenai sifat fluida, tekanan hidrostatis dan sifat tekanan Sub-CPMK2 : Mahasiswa mengerti dan mampu menjelaskan distriusi vertikal kecepatan, tekanan dan energi Sub-CPMK3 : Mahasiswa mengerti dan mampu menjelaskan definisi bilangan froude beserta persamaannya dan syarat-syarat dan jenis aliran kiritis, sub-kritis dan super kritis serta energi khas dari jenis alirannya Sub-CPMK4 : Mahasiswa mengerti dan mampu menjelaskan pengertian aliran seragam dan syarat-syarat terjadinya sehingga dapat memahami persamaan aliran seragam menurut versi serta penggunaannya Sub-CPMK5 : Mahasiswa mengerti, memahami, dapat menganalisa dan dapat memecahkan permaalahan dalam aliran seragam seperti penentuan dimensii, kedalaman normal dan kritis dan penggambaran profil aliran Sub-CPMK6 : Mahasiswa dapat mengerti dan dapat menjelaskan serta syarat-syarat terjadinya aliran berubah lambat laun beserta persamaannya dan jenis-jenis profil aliran berubah lambat laun (ABLL) Sub-CPMK7 : Mahasiswa dapat mengerti, memahami, menganalisa dan menyelesaikan permasalahan ABLL dengan beberapa metode serta dapat diaplikasikan pada aliran di hulu ambang Sub-CPMK8 : Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan perbedaan ABLL dengan aliran berubah tiba-tiba (ABTT) serta pendekatan yang diperlukan dalam menangani masalah ABTT Sub-CPMK9 : Mahasiswa dapat mengerti dan memahami pemecahan permasalahan ABTT dari 2 kasus yaitu aliran melalui pelimpah dan loncatan hidrolik sehingga dapat mengaplikasikan pada pembuatan profil pelimpah dan membuat dimensi ruang olak dengan tipe tertentu Sub-CPMK10 : Mahasiswa dapat mengerti dan memahami beberapa metode pengukuran debit pada saluran terbuka, saluran tertutup, penggunaan persamaaan debit dan kecepatan aliran dengan alat ukur Sub-CPMK11 : Mahasiswa mengenal aplikasi SWMM 5.2 dan Google Earth dan memahami fungsi dan peruntukannya Sub-CPMK12 : Mahasiswa dapat membuat pemodelan jaringan menggunakan Software SWMM 5.2 dan mensimulasikan hasilnya dengan baik dan benar Sub-CPMK13 : Mahasiswa dapat mengintrepetasikan hasil pemodelan Saluran hasil simulasi aplikasi SWMM 5.2 Sub-CPMK14 : Mahasiswa mampu mendisain jaringansaluram skala komplek perumahan (cluster), dan mampu memecahkan masalah banjir/genangan menggunakan aplikasi SWMM 5.2 |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Hidrolika mempelajari aliran pada saluran terbuka dan saluran tertutup. Hidrolika saluran terbuka meliputi jenis dan karakteristik aliran, disain profil saluran terbuka, aliran seragam, aliran berubah lambat laun (ABLL), dan aliran berubah tiba-tiba (ABTT). Hidrolika saluran tertutup terdiri atas pengenalan software SWMM 5.2, perancangan jaringan perpipaan, simulasi model jaringan pipa/saluran, dan interpretasi simulasi model. Mata kuliah ini juga membahas alat ukur aliran/debit pada saluran terbuka dan tertutup (pipa). |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Jenis dan karakteristik aliran di saluran terbuka |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Infocus, Papan Tulis |
|||||||
Dosen Pengampu |
Emil Azmanajaya, |
Mata Kuliah |
Hidrolika |
|||
Kode Mata Kuliah |
JJ110922 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK 1 : Mahasiswa mengerti dan memahami mengenai sifat-sifat fluida, tekanan hidrostatis dan sifat-sifat tekanan |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Pembahasan Kontrak Perkuliahan dan Protokol Kesehatan selama perkuliahan Pengenalan Mekanika Fluida dan Hidrolika :
Pustaka 1 |
5 |
|||
2 | Sub-CPMK 2: Mahasiswa mengerti dan mampu menjelaskan mengenai distribusi vertikal kecepatan, tekanan dan energi |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
TM 1x (2x50') |
Kecepatan dan Tekanan dalam Aliran Air Saluran Terbuka :
Pustaka 2,4 |
5 |
|||
3 | Sub-CPMK 3 : Mahasiswa dapat mengerti dan menjelaskan definisi bilangan Froude beserta persamaannya dan syarat-syarat dan jenis aliran kritis, sub kritis dan super kritis serta energi khas dari jenis alirannya |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
TM 1x (2x50') |
Aliran Kritis : - Bilangan Froude dan pengertiannya - Pengertian aliran kritis dan syarat terjadinya - Jenis-jenis aliran kritis: sub kritis, kritis dan super kritis Pustaka (2,4) |
5 |
|||
4 | Sub-CPMK 4 : Mahasiswa mengerti dan mampu menjelaskan pengertian aliran seragam dan syarat-syarat terjadinya sehingga dapat memahami persamaan aliran seragam menurut berbagai versi serta penggunaannya |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Aliran Seragam I (Pengertian dan Persamaan) : - Pengertian aliran seragam dan syarat-syarat terjadinya aliran seragam - Persamaan dalam aliran seragam :
Pustaka 2,4 |
5 |
|||
5 | Sub-CPMK 5 : Mahasiswa mengerti, memahami, dapat menganalisa dan dapat memecahkan permasalahan dalam aliran seragam seperti penentuan dimensi, kedalaman normal dan kritis dan penggambaran profil aliran |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Aliran Seragam II (Perhitungan dan Aplikasi) :
Pustaka 2,4 |
5 |
|||
6 | Sub-CPMK 6 : Mahasiswa dapat mengerti dan dapat menjelaskan serta syarat-syarat terjadinya aliran berubah lambat laun beserta persamaannya dan jenis-jenis profil aliran berubah lambat laun |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Aliran Berubah Lambat Laun I (Pengertian dan Persamaan) :
Pustaka 2,4 |
5 |
|||
7 | Sub-CPMK 7 : Mahasiswa dapat mengerti, memahami, menganalisa dan menyelesaikan permasalahan aliran berubah lambat laun (ABLL) dengan beberapa metode serta dapat diaplikasikan pada aliran di hulu ambang |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Case Based Learning (CBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Aliran Berubah Lambat Laun (ABLL) II (Perhitungan dan Aplikasi) : - Metode ABLL : integrasi grafis, dan analitis langsung, - Aplikasi ABLL pada aliran di hulu sebuah ambang Pustaka 2,4 |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
10 |
|||||||
9 | Sub-CPMK 8 : Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan perbedaan aliran berubah lambat laun (ABLL) dengan aliran berubah tiba-tiba (ABTT) serta pendekatanpendekatan yang diperlukan dalam menangani permasalahan ABTT. |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Project Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Aliran Berubah Tiba-Tiba I (Pengertian dan Persamaan) :
Pustaka 2,4 |
5 |
|||
10 | Sub-CPMK 9 : Mahasiswa dapat mengerti dan memahami pemecahan permasalahan aliran berubah tiba-tiba dari dua kasus, yaitu aliran melalui pelimpah dan loncatan hidrolik sehingga dapat mengaplikasikannya pada pembuatan profil pelimpah dan membuat dimensi ruang olak dengan type tertentu |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Project Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Aliran Berubah Tiba-Tiba (ABTT) II (Permasalahan dan Pemecahan) :
Pustaka 2,4 |
5 |
|||
11 | Sub-CPMK 10 : Mahasiswa dapat mengerti dan memahami beberapa metode pengukuran debit pada saluran terbuka dan saluran tertutup, penggunaan persamaan debit dan kecepatan dengan alat ukur. |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Project Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Alat-Alat Ukur di Saluran Terbuka dan Saluran Tertutup :
Pustaka 2,4 |
5 |
|||
12 | Sub-CPMK 11 : Mahasiswa dapat mengenal Software EPA NET dan memahami fungsi dan peruntukannya |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Project Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Pengenalan SWMM 5.2:
Pustaka 3,4 |
5 |
|||
13 | Sub-CPMK 12 : Mahasiswa dapat membuat pemodelan jaringan menggunakan software EPANET 2.0 dan mensimulasikannya dengan baik dan benar |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Project Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Pemodelan Jaringan Menggunakan Software EPANET 2.0 :
Pustaka 3,4 |
5 |
|||
14 | Sub-CPMK 13 : Mahasiswa dapat menginterpretasikan hasil pemodelan jaringan perpipaan menggunakan software EPANET 2.0 |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Project Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Interpretasi hasil simulasi model jaringan perpipaan menggunakan EPANET ver 2.0:
Pustaka 3,4 |
5 |
|||
15 | Sub-CPMK 14 : Mahasiswa mampu mendisain Jaringan Perpipaan Skala Komplek Perumahan (Cluster), dan mampu memecahkan masalah jaringan perpipaan menggunkan Software EPANET 2.0 |
|
Kriteria: ketepatan dan pemahaman materi. |
Project Based Learning (PBL), diskusi, dan tanya jawab dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa. TM 1x (2x50') |
Perencanaan Jaringan Perpipaan Skala Komplek Perumahan (Clustering) :
Pustaka 3,4 |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Emil Azmanajaya lahir di Jambi pada tanggal 24-02-1977 Jabatan fungsional Lektor Kepala Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|