.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:syahruddin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 7, 2025, 7:42 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Intermediate hydraulic |
AB220322 |
1 |
2 |
3 |
70 |
4 |
27-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dr. H. Syahruddin S.Pd., M.T. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 197411272006041017 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan memajukan peradaban berdasarkan Pancasila (S-4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa (S-5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-6) Bekerjasama dan memiliki kepekaaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara (S-8) Menginternalisasai nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-10) Menginternalisasi semangat kemandirian, keuangan, dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Mengusai konsep teoritis secara umum matematika terapan fisika terapan kimia, prinsip-prinsip rekayasa (enginering principles), sains rekayasa dan perancangan rekayasa yang diperlukan untuk analasis dan perancangan system, proses, produk atau komponen (P-2) Menguasai konsep teroritis secara umum tentang tujuan dan metode perawatan, sumber daya, perangkat IT, dan teknologi modern yang sesuai untuk melaksanakan program perawatan alat berat (P-3) Mengusai konsep K3L (P-5) Menguasai konsep aplikasi dasar alat berat (P-6) Menguasai konsep suku cadang (P-7) Mengusai konsep quality manajemen (P-8) Mampu mengusai teknik berkomunikasi sesuai EYD dan bahasa asing lainnya dengan baik |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaanya (KU-6) Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika, fisika dan kimia terapan ke dalam prosedur dan praktek teknikal (technical practice) untuk menjalankan perawatan alat berat yang terdefinisi dengan jelas (welldefined) (KK-2) Mampu melaksanakan program perawatan terencana dan tidak terencana yang terdefinisi dengan jelas (well-defined) sesuai jadwal, checklist, analisis data yang relevan dengan service literature dengan memperhatikan K3L (KK-3) Mampu merencanakan waktu, menyiapkan komponen, membuat estimasi, dan merealisasikan prosedur perawatan alat berat sesuai dengan service literatur yang telah ditetapkan dengan pertimbangan K3L (KK-4) Mampu melakukan pengujian, penyetelan, dan menganalisa pada system-system alata berat berdasarkan service literature (KK-5) Mampu melakukan proses melepas dan memasang komponen-komponen utama alat berat sesuai dengan service literature dan memperhatikan K3L (KK-6) Mampu melakukan proses membongkar dan merakit komponen-komponen utama alat berat sesuai dengan service literature dan memperhatikan K3L (KK-7) Mampu melakukan pemeriksaan visual dengan menggunakan checklist dan service literature kebocoran, kerusakan struktur, kelainan suara, kelainan gas buang, kelainan system dengan memperhatikan K3L (KK-8) Mampu melakukan diagnose dan pemecahan masalah sederhana pada unit alat berat dengan memperhatikan konsep troubleshooting dengan memperhatikan K3L |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK-1: Mampu menjelaskan fungsi, sifat, jenis, faktor-faktor dalam pemilihan serta terminologi yang terkait dengan fluida hidrolik CPMK-2: Mampu menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja serta melakukan perawatan dan perbaikan tangki, oil cooler, accumulator, filter, conductor, hidrolik CPMK-3: Mampu menyusun rangkain sistem hidrolik dan kontrol electro hidrolik CPMK-4: Mampu menginstal sistem hidrolik untuk tujuan khusus |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CPMK-1.1: Mampu menjelaskan fungsi, sifat, jenis, faktor-faktor dalam pemilihan serta terminologi yang terkait dengan fluida hidrolik (C4, A3, P3) Sub CPMK-2.1: Mampu menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja serta melakukan perawatan dan perbaikan tangki hidrolik (C4, A3, P3) Sub CPMK-2.2: Mampu menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja serta melakukan perawatan dan perbaikan oil cooler hidrolik (C4, A3, P3) Sub CPMK-2.3: Mampu menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja serta melakukan perawatan dan perbaikan accumulator hidrolik (C4, A3, P3) Sub CPMK-2.4: Mampu menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja serta melakukan perawatan dan perbaikan filter hidrolik (C4, A3,P3) Sub CPMK-2.5: Mampu menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja serta melakukan perawatan dan perbaikan conductor, hidrolik (C4, A3, P3) Sub CPMK-3.1: Mampu menyusun rangkain sistem hidrolik (C4, A3, P3) Sub CPMK-3.2: Mampu menyusun rangkain sistem kontrol electro hidrolik (C4, A3, P3) Sub CPMK-4.1: Mampu menginstal sistem hidrolik untuk tujuan khusus (C4, A3, P3) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Intermediate hydraulic mempelajari komponen dan bagian bagian hydraulic system, cara kerja komponen dan system, merangkai hydraulic system, merawat, memperbaiki dan mendiagnosa kerusakan electro hydraulic control system dan hydraulic system pada unit-unit alat berat. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Fluida hidrolik |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Fluid Power Control 1 2nd Ed, Manufacturing and Engineering Educational Service New South Wales Technical and Further Education Commission, Australia: 1999
2. Hydraulic Component Maintenance 1, New South Wales TAFE Commission, Bankstown Australia: 1999
3. Hydraulic System Components, Rockhamton Collage of TAFE Australia
4. Hydraulic Fundamentals, Caterpillar
5. Pippenger, John. J & Hicks, Tyler.G, Industrial Hydraulics, Mc. Graw Hill Book Company, Singapore: 1980
6. Schulz, Erich. J, Diesel Equipment I (Hydraulic), Mc. Graw Hill Book Company, Singapore: 1982
System Operation Testing and Adjusting, Caterpillar: 2003 7. Exner, H. Freitag, R. Geis, H. Lang, R. Oppollzer, J. Schwab, P. Sumpf, E. Ostendorff, U. Basic Principles and Components of Fluid Technology, Mannesmann Rexroth AG: 1991. 8. Esposito, A. Fluid Power with applications 7th Ed, Person edition Limited, Edinburg: 2014 9. Chapple, P. Principles of Hydraulic System Design, momentum Press, New York: 2015. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : 1. Buku Referensi 2. White board dan Board marker 3. LCD dan Laptop 4. Hydraulic trainer 5. Heavy Equipment Unit |
|||||||
Dosen Pengampu |
Syahruddin, |
Mata Kuliah |
Intermediate hydraulic |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB220322 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CPMK-1.1: Mampu menjelaskan fungsi, sifat, jenis, faktor-faktor dalam pemilihan serta terminologi yang terkait dengan fluida hidrolik (C4, A3, P3) |
1. Kejelasan informasi tujuan perkulihan, regulasi perkuliahan dan kriteria penilaian 2. Kejelasan informasi terkait prosedur zero accident dan zero contracted 3. Kejelasan informasi dan kebenaran Fungsi, Jenis, faktor-faktor dalam pemilihan dan terminologi yang terkait dengan fluida hidrolik |
1. Kriteria: Rubrik deskriptif 2. Penilaian: Tes lisan Tes tertulis |
Ceramah, diskusi 150 menit |
Sosialisasi Perkuliahan Penyampaian informasi terkait prosedur zero accident dan zero contracted Fluida hydraulic Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 |
5 |
|||
2 | Sub CPMK-2.1: Mampu menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja serta melakukan perawatan dan perbaikan tangki hidrolik (C4, A3, P3) |
Ketepatan dan kebenaran dalam menjelskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, perawatan dan perbaikan tangki hidrolik |
1. Kriteria: Pedoman penskoran 2. Penilaian: Tes lisan Tes tertulis |
Presentasi dan diskusi 150 menit |
Tangki hidrolik Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
5 |
|||
3 | Sub CPMK-2.2: Mampu menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja serta melakukan perawatan dan perbaikan oil cooler hidrolik (C4, A3, P3) |
Ketepatan dan kebenaran dalam menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, perawatan dan perbaikan oil cooler hidrolik |
1. Tes lisan 2. Tes tulis |
Presentasi dan diskusi 150 menit |
Oil cooler hidrolik Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
5 |
|||
4 | Sub CPMK-2.3: Mampu menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja serta melakukan perawatan dan perbaikan accumulator hidrolik (C4, A3, P3) |
Ketepatan dan kebenaran dalam menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, perawatan dan perbaikan accumulator hidrolik |
1. tes lisan 2. tes tertulis |
Presentasi, diskusi 150 menit |
Accumulator hidrolik Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
5 |
|||
5 | Sub CPMK-2.4: Mampu menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja serta melakukan perawatan dan perbaikan filter hidrolik (C4, A3,P3) |
Ketepatan dan kebenaran dalam menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, perawatan dan perbaikan filter hidrolik |
1. tes lisan 2. tes tertulis |
Presen tasi, diskusi 150 menit |
Filter hidrolik Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
2 |
|||
6 | Sub CPMK-2.5: Mampu menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja serta melakukan perawatan dan perbaikan conductor, hidrolik (C4, A3, P3) |
Ketepatan dan kebenaran dalam menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, perawatan dan perbaikan conductor hidrolik |
Ketepatan dan kebenaran dalam menjelaskan fungsi, jenis, konstruksi, cara kerja, perawatan dan perbaikan conductor hidrolik |
Presentasi, diskusi 150 menit |
Conductor hidrolik Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
5 |
|||
7 | Sub CPMK-3.1: Mampu menyusun rangkain sistem hidrolik (C4, A3, P3) |
Kejelasan menyusun rangkaian sistem hidrolik 1 silinder |
1. tes praktik 2. tugas 3. laporan |
Praktikum dan demostrasi 150 menit |
Menyusun rangkaian sistem hidrolik 1 silinder Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 |
2 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub CPMK-3.1: Mampu menyusun rangkain sistem hidrolik (C4, A3, P3) |
Kejelasan menyusun rangkaian sistem hidrolik 2 silinder |
1. tes praktik 2. tugas 3. laporan |
Praktikum dan demostrasi 150 menit |
Menyusun rangkaian sistem hidrolik 2 silinder Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 |
3 |
|||
10 | Sub CPMK-3.1: Mampu menyusun rangkain sistem hidrolik (C4, A3, P3) |
Kejelasan menyusun rangkaian sistem hidrolik 3 silinder |
1. tes praktik 2. tugas 3. laporan |
Praktikum dan demostrasi 150 menit |
Menyusun rangkaian sistem hidrolik 3 silinder Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 |
3 |
|||
11 | Sub CPMK-3.2: Mampu menyusun rangkain electro hidrolik (C4, A3, P3) |
Kejelasan menyusun rangkaian sistem elektro hidrolik menggunakan 1 silinder |
1. tes prak tik 2. tugas 3. laporan |
Praktikum dan demostrasi 150 menit |
Rangkaian sistem kontrol elektro hidrolik 1 silinder Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 |
4 |
|||
12 | Sub CPMK-3.2: Mampu menyusun rangkain electro hidrolik (C4, A3, P3) |
Kejelasan menyusun rangkaian sistem elektro hidrolik menggunakan 2 silinder |
1. tes praktik 2. tugas 3. laporan |
Praktikum dan demostrasi 150 menit |
Rangkaian sistem kontrol elektro hidrolik 2 silinder Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 |
4 |
|||
13 | Sub CPMK-4.1: Mampu menginstal sistem hidrolik untuk tujuan khusus (C4, A3, P3) |
Kejelasan rangkaian sistem hidrolik untuk tujuan khusus |
1. tes praktik 2. tugas 3. laporan |
Praktikum dan demostrasi 150 menit |
Rangkaian sistem hidrolik untuk tujuan khusus Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
4 |
|||
14 | Sub CPMK-4.1: Mampu menginstal sistem hidrolik untuk tujuan khusus (C4, A3, P3) |
Kejelasan dalam membaca rangkaian sistem hidrolik unit dozer |
Tugas, presentasi dan tes lisan |
Presentasi dan diskusi 150 menit |
Rangkaian sistem hidrolik unit dozer Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 |
6 |
|||
15 | Sub CPMK-4.1: Mampu menginstal sistem hidrolik untuk tujuan khusus (C4, A3, P3) |
Kejelasan dalam membaca rangkaian sistem hidrolik unit exavator |
Tugas, presentasi dan tes lisan |
Presentasi, diskusi 150 menit |
Rangkaian sistem hidrolik unit exavator Pustaka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
7 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Syahruddin, lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|