
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
|

|
|
PROGRAM
STUDI TEKNOLOGI LISTRIK
|
|
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024
|
|
MATA KULIAH
|
KODE
|
BOBOT SKS
|
JAM/SMT
|
SEMESTER
|
TANGGAL PENYUSUNAN
|
|
T
|
P
|
TOTAL
|
|
Pengukuran Listrik dan Instrumentasi II |
TL120322 |
1 |
1 |
2 |
56 |
2 |
28-01-2024 |
|
OTORISASI
|
DOSEN PENGEMBANG RPS
|
KETUA PROGRAM STUDI
|
|

Scan QR untuk Akses
Dokumen ini
|
|
|
|
|
Andi Sri Irtawaty S.T., M.Eng. |
Hadiyanto S.T., M. Eng. |
|
NIP/NIK. 197704012021212005
|
NIP/NIK. 198007082014041001
|
|
Capaian Pembelajaran
(CPL)
|
CPL
- PRODI
|
|
SIKAP
|
|
(S-2) menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
|
|
PENGETAHUAN
|
|
(P-4) Menguasai pengetahuan tentang IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3.
|
|
KETRAMPILAN
UMUM
|
|
(KU-2) mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur
|
|
KETERAMPILAN
KHUSUS
|
|
(KK-7) Mampu mengikuti perkembangan teknik dan teknologi isu terkini yang terkait di bidang kelistrikan.
|
|
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK)
|
CP
- MK
|
|
CPMK 1 : (S10) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. (P1) Menguasai konsep teoritis matematika teknik dan fisika terapan erkait dengan praktek instalasi dan konfigurasi, interpretasi instruksi, pengopeasian , pengujian, pemeliharaan dan perbaikan untuk menyeleaikan pemasalahan bidang instrumentasi dan sistem kendali. (KU1) Mampu menyelesaikan pekerjaan pada bidang instumentasi dan sistem kendali dan menganalisa data dengan beragam metode yang sesuai dengan bidang elektronika. CPMK 2 : (P2) Menguasai pengetauan tentang teknik pengujian dan pengukuran instrumentasi dan sistem kendali menggunakan prosedur dan standar International Electrotechnical Commision (IEC).. (KU2) mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KK1) Mampu menyelesaikan masalah instalasi listrik tegangan rendah serta operasi & pemeliharaan sampai dengan tegangan menengah 20 KV dengan menerapkan matematika terapan, kelistrikan dan kemagnetan, rekayasa jaringan tegangan rendah dan menengah. CPMK 3 : (P5) Menguasai kosep teoritis tentang sains terapan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. (KU3) Mampu memecahkan masalah pkerjaan pada bidang instumentasi dan sistem kendali dn didasarkan pada pemikiran logis, inovatif dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri. (KK2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan pekerjaan pemasangan dan pengawasan instalasi listrik, serta operasi dan pemeliharaan peralatan listrik menggunakan prosedur dengan acuan Standar SNI, IEC, dan standar lain yang terkait, dan dengan memperhatikan faktor - faktor ekonomi, kesehatan, keselamatan publik, dan lingkungan. CPMK 4 : (P4) Menguasai pengetahuan tentag IEC pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. (KU5) Mampu bekerja sama, bekomunikasi dan berinovatif pada bidang instrumentasi dan sistem kendali. (KK6) Mampu melakukan pengujian dan pengukuran kelaikan nstalasi bedasarkan prosedur dan standar (SNI, IEC, SPLN) dengan menyajikan hasil analisis berdasarkan metode yang dipilih. CPMK 5 : (P8) Menguasai pengetahuan tentang SOP perbengkelan, aktivitas laboratorium dan K3. (KU6) mampu bertanggung- jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan valuasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya. (KK7) Mampu mengikuti perkembangan teknik dan teknologi isu terkini yang terkit di bidang kelistrikan.
|
|
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK)
|
|
Sub-CPMK 1 :Mampu menjelaskan Standar Pengukuran dan jenis-jenis kesalahan dalam pengukuran. Sub-CPMK 2 : Mampu menganalisa fungsi dan karakteristik komponen-komponen elektronika dan alat-alat ukur listrik. Sub-CPMK 3 : Mampu menggunakan software simulasi yang digunakan untuk kegiatan pengukuran besaran lstrik. Sub-CPMK 4 : Mampu menjelaskan dan mengukur rangkaian jembatan wheatstone untuk sumber arus searah dan sumber arus bolak-balik. Sub-CPMK 5 : Mampu menjelaskan dan mnggambar grafik pengisian dan pengosongan kapasitor dan induktor baik tegangan maupun arusnya sebagai fungsifungsi waktu. Sub-CPMK 6 : Mampu mengukur parameter tegangan dan arus pada rangkaian RLC pada sumber tegangan searah dan sumber tegangan bolak-balik serta menganalisa hasil outputnya Sub-CPMK 7 : Mampu menjelaskan prinsip rumus pembagi tegangan, rangkaian ekuivalensi thevenin Norton melalui pengukuran tahanan. Sub-CPMK 8 : Mampu membedakan karakteristik komponen SCR dan TRIAC serta mengukur tegangan maupun arus pada rangkaian SCR dan TRIAC. Sub-CPMK 9 : Mampu menggunakan osiloskop dan AFG dalam pengukuran sinyal dan besaan listrik.
|
|
Deskripsi Mata Kuliah
|
Matakuliah Pengukuran Listrik dan Instrumentasi II mempelajari tentang Standar Pengukuran dan jenis-jenis kesalahan dalam pengukuran, fungsi dan karakteristik komponen-komponen elektronika dan alat-alat ukur listrik, software simulasi yang digunakan untuk kegiatan pengukuran besaran lstrik, rangkaian jembatan wheatstone untuk sumber arus searah dan sumber arus bolak-balik, grafik pengisian dan pengosongan kapasitor dan induktor baik tegangan maupun arusnya sebagai fungsifungsi waktu., parameter tegangan dan arus pada rangkaian RLC pada sumber tegangan searah dan sumber tegangan bolak-balik serta menganalisa hasil outputnya, prinsip rumus pembagi tegangan, rangkaian ekuivalensi thevenin Norton melalui pengukuran tahanan., karakteristik komponen SCR dan TRIAC serta mengukur tegangan maupun arus pada rangkaian SCR dan TRIAC.osiloskop dan AFG dalam pengukuran sinyal dan besaan listrik. |
|
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan
|
Ilmu Dasar tentang Teknik Instrumentasi terutama terkait detektor, sensor dan transducer.
|
|
Pustaka
|
Pustaka Utama: - Standar Pengukuran dan jenis-jenis kesalahan dalam pengukuran.
- Fungsi dan karakteristik komponen-komponen elektronika dan alat-alat ukur listrik.
- Software simulasi yang digunakan untuk kegiatan pengukuran besaran lstrik.
- Rangkaian jembatan wheatstone untuk sumber arus searah dan sumber arus bolak-balik.
- Grafik pengisian dan pengosongan kapasitor dan induktor baik tegangan maupun arusnya sebagai fungsifungsi waktu.
- Parameter tegangan dan arus pada rangkaian RLC pada sumber tegangan searah dan sumber tegangan bolak-balik serta menganalisa hasil outputnya.
- Prinsip rumus pembagi tegangan, rangkaian ekuivalensi thevenin Norton melalui pengukuran tahanan.
- Karakteristik komponen SCR dan TRIAC serta mengukur tegangan maupun arus pada rangkaian SCR dan TRIAC.
- Osiloskop dan AFG dalam pengukuran sinyal dan besaan listrik.
|
|
Media Pembelajaran
|
Media : Laptop, LCD dan modul praktikum
|
|
Dosen Pengampu
|
Andi Sri Irtawaty,
|
|
Minggu ke-
|
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan)
|
Indikator
|
Kriteria & Bentuk
Penilaian
|
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu)
|
Materi Pembelajaran
(Pustaka)
|
Bobot Penilaian
(%)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1
|
Sub-CPMK 1 :Mampu menjelaskan Standar Pengukuran dan jenis-jenis kesalahan dalam pengukuran. |
- Ketepatan menjelaskan standar pengukuran.
- Ketepatan menjelaskan jenis-jenis kesalahan dalam pengukuran dilengkapi dengan contohnya.
|
- Rubrik holistk
- Teknik non-test
|
- Kuliah. = 1 sks x 50' = 50'
- Diskusi. (PT= 1 sks x 2 x 60").=120'
- Tugas 1 : merangkum standar pengukuran dan jenis-jenis kesalahan dalam pengukuran. (KM = 170").
- Karalteristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
MATERI PEMBELAJARAN
Standar Pengukuran jenis-jenis kesalahan dalam pengukuran
- Tolok ukur standar pengukuran.
- Kesalahan umum
- Kesalahan sistematis
- Kesalahan acak / random
PUSTAKA
- Abadi Jading, Reniana, Bertha Ollin Paga. (2020). Pengukuran dan Instrumentasi, Cetakan Pertama. ISBN.. 978-623-02-1661-9.
- Sri alyanti. (2020).Alat Ukur dan Teknik Pengukuran. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
|
5
|
2
|
Sub-CPMK 2 : Mampu menganalisa fungsi dan karakteristik komponen-komponen elektronika dan alat-alat ukur listrik. |
- Ketepatan dapat menjelaskan nama, dan fungsi komponen elektronika, seperti resistor, kapasitor, induktor dan transformator.
- Ketepatan dapat mengukur nilai komponen elektronika, seperti resistor, kapasitor, induktor dan transformator.
|
- Rubrik holistik.
- Teknik teat
- Hasil kerja praktek
|
- Kuliah.= 1 sks x 50'
- Praktek.= 1 sks x 3 x 50' = 150'
- Tugas 2 : merangkum macam-macam komponen elektronika misalnya resistor, kapasitor, induktor, transformator dll ; serta mengukur nilainya. (KM = 140 )
- Karakteristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
MATERI PEMBELAJARAN
Fungsi dan karakteristik komponen-komponen elektronika
- Fungsi, karakteristik dan nilai fixed resistor dan variable resistor.
- Fungsi, karakteristik dan nilai kapasitor elektrolit dan kapasitor non-elektrolit.
- Fungsi, karakteristik dan nilai induktor.
PUSTAKA
- Abadi Jading, Reniana, Bertha Ollin Paga. (2020). Pengukuran dan Instrumentasi, Cetakan Pertama. ISBN.. 978-623-02-1661-9.
- Sri alyanti. (2020).Alat Ukur dan Teknik Pengukuran. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
|
5
|
3
|
Sub-CPMK 2 : Mampu menganalisa fungsi dan karakteristik komponen-komponen elektronika dan alat-alat ukur listrik. |
- Ketepatan menjelaskan jenis-jenis alat ukur listrik.
- Ketepatan menjelaskan fungsi dan prinsip kerja dan masing-masing alat ukur..
- Ketepatan menjelaskan cara pembacaan hasil pengukuran yang teliti dan akurat.
|
- Rubrik holistik.
- Teknik test.
- Hasll kerja praktek
|
- Kuliah.= 1 sks x 50' =50'
- Praktek. = 1 sks x 3 x 50' = 150'
- Tugas 3 : Merangkum jenis-jenis alat ukur, fungsi dan prinsip kernya serta cara pembacaan hasil pngukuran yang teliti dan akurat. (Mandiri = 140')
- Karateristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
MATERI PEMBELAJARAN
Jenis-jenis alat ukur listrik.
- Fungsi dan pinsip kerja Multimeter analog dan multimter digital
- Fungsi dan pinsip kerja Tang ampere.
- Fungsi dan pinsip kerja Wattmeter.
- Fungsi dan pinsip kerja Tester grunding
PUSTAKA
- Abadi Jading, Reniana, Bertha Ollin Paga. (2020). Pengukuran dan Instrumentasi, Cetakan Pertama. ISBN.. 978-623-02-1661-9.
- Sri alyanti. (2020).Alat Ukur dan Teknik Pengukuran. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
|
5
|
4
|
Sub-CPMK 3 : Mampu menggunakan software simulasi yang digunakan untuk kegiatan pengukuran besaran lstrik. |
- Ketepatan menjelaskan tentang pengenalan softawre Multisim / EWB.
- Ketepatan merangkai rangkaian resistor seri dan paralel menggunakan multisim
- Ketepatan membaca hasil pengukuran dari alat ukur virtual di Multisim.
|
- Rubrik holistik.
- Teknik test.
- Hasll kerja praktek
|
- Kuliah.= 1 sks x 50' =50'
- Praktek. = 1 sks x 3 x 50' = 150'
- Tugas 4 : merangkum pengenalan softawre Multisim / EWB... (Mandiri = 140')
- Karateristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
MATERI PEMBELAJARAN
Pengenalan softawre Multisim / EWB.
- Pengenalan softawre Multisim / EWB.
- Merangkai rangkaian uji menggunakan multisim
- •Membaca hasil pengukuran dari alat ukur virtual di Multisim.
|
PUSTAKA
- Abadi Jading, Reniana, Bertha Ollin Paga. (2020). Pengukuran dan Instrumentasi, Cetakan Pertama. ISBN.. 978-623-02-1661-9.
- Sri alyanti. (2020).Alat Ukur dan Teknik Pengukuran. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
|
5
|
5
|
Sub-CPMK 3 : Mampu menggunakan software simulasi yang digunakan untuk kegiatan pengukuran besaran lstrik. |
- Ketepatan merangkai dan mengukur rangkaian penyearah setengah gelombang.
- Ketepatan merangkai dan mengukur rangkaian penyearah gelombang penuh.
|
- Rubrik holistik.
- Teknik teat
- Hasil kerja praktek
|
- Kuliah.= 1 sks x 50' =50'
- Praktek. = 1 sks x 3 x 50' = 150'
- Tugas 5 : menganaisa hsil pengukuran rangkaian penyearah setengah gelombang dan rangkaian penyearah gelombang penuh.. (Mandiri = 140')
- Karateristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa
|
MATERI PEMBELAJARAN
Rangkaian penyearah setengah gelombang dan rangkaian penyearah gelombang penuh.
- Bentuk gelombang output rangkaian penyearah setengah gelombang.
- Bentuk gelombang output rangkaian penyearah gelombang penuh.
PUSTAKA
- Abadi Jading, Reniana, Bertha Ollin Paga. (2020). Pengukuran dan Instrumentasi, Cetakan Pertama. ISBN.. 978-623-02-1661-9.
- Sri alyanti. (2020).Alat Ukur dan Teknik Pengukuran. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
|
5
|
6
|
Sub-CPMK 4 : Mampu menjelaskan dan mengukur rangkaian jembatan wheatstone untuk sumber arus searah dan sumber arus bolak-balik. |
- Ketepatan menjelaskan pengertian rangkaian jembatan wheatstone.
- Ketepatan menjelaskan dan mengukur rangkaian jembatan wheatstone untuk sumber arus searah .
- Ketepatan menganalisa bentuk gelombang output rangkaian jembatan wheatstone untuk sumber arus searah .
|
- Rubrik holistik.
- Teknik test.
- Hasll kerja praktek
|
- Kuliah.= 1 sks x 50' =50'
- Praktek. = 1 sks x 3 x 50' = 150'
- Tugas 6 : merangkum prinsip rangkaian jembatan wheatstone.. (Mandiri = 140')
- Karateristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
MATERI PEMBELAJARAN
Rangkaian jembatan wheatstone dengan sumber tegangan arus searah.
- Pengertian rangkaian jembatan wheatstone dengan sumber arus searah.
- Karakteristik bentuk output rangkaian jembatan wheatstone dengan sumber arus searah.
- Analisa hasil pengukuran tegangan dan arus output pada rangkaian jembatan wheatstone dengan sumber arus searah.
PUSTAKA
- Abadi Jading, Reniana, Bertha Ollin Paga. (2020). Pengukuran dan Instrumentasi, Cetakan Pertama. ISBN.. 978-623-02-1661-9.
- Sri alyanti. (2020).Alat Ukur dan Teknik Pengukuran. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
|
5
|
7
|
Sub-CPMK 4 : Mampu menjelaskan dan mengukur rangkaian jembatan wheatstone untuk sumber arus searah dan sumber arus bolak-balik. |
- Ketepatan menjelaskan pengertian rangkaian jembatan wheatstone untuk sumber arus bolak balik.
- Ketepatan menjelaskan dan mengukur rangkaian jembatan wheatstone untuk sumber arus bolak balik.
|
- Rubrik holistik.
- Teknik test.
- Hasll kerja praktek
|
- Kuliah.= 1 sks x 50' =50'
- Praktek. = 1 sks x 3 x 50' = 150'
- Tugas 7 : menganalisa hasil pengukuran output rangkaian jembatan wheatstone untuk sumber arus bolak balik.. (Mandiri = 140')
- Karateristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
MATERI PEBELAJARAN
Rangkaian jembatan wheatstone untuk sumber arus bolak balik
- Pengertian Rangkaian jembatan wheatstone untuk sumber arus bolak balik
- Karakteristik Rangkaian jembatan wheatstone untuk sumber arus bolak balik.
- Analisa hasil pengukuran output Rangkaian jembatan wheatstone untuk sumber arus bolak balik.
PUSTAKA
- Abadi Jading, Reniana, Bertha Ollin Paga. (2020). Pengukuran dan Instrumentasi, Cetakan Pertama. ISBN.. 978-623-02-1661-9.
- Sri alyanti. (2020).Alat Ukur dan Teknik Pengukuran. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
|
10
|
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester
|
10
|
9
|
Sub-CPMK 5 : Mampu menjelaskan dan mnggambar grafik pengisian dan pengosongan kapasitor dan induktor baik tegangan maupun arusnya sebagai fungsifungsi waktu. |
- Ketepatan menjelaskan dan menggambar grafik pengisian dan pengosongan kapasitor baik tegangan maupun arusnya sebagai fungsi waktu.
- Ketepatan menjelaskan dan menggambar grafik induktor baik tegangan maupun arusnya sebagai fungsi waktu.
|
- Rubrik holistik.
- Teknik test.
- Hasll kerja praktek
|
- Kuliah.= 1 sks x 50' =50'
- Praktek. = 1 sks x 3 x 50' = 150'
- Tugas 8 :menganalisa grafik pengisian dan pengosongan kapasitor baik tegangan maupun arusnya sebagai fungsi waktu.. menganalisa grafik induktor baik tegangan maupun arusnya sebagai fungsi waktu.. (Mandiri = 140')
- Karateristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
MATERI PEMBELAJARAN
Pengisian dan pengosongan kapasitor dan induktor baik tegangan maupun arusnya sebagai fungsi waktu.
- Bentuk gelombang dari karakteristik proses pengisian dan pengosongan kapasitor baik tegangan maupun arusnya sebagai fungsi waktu.
- Bentuk gelombang dari karakteristi induktor baik tegangan maupun arusnya sebagai fungsi waktu.
PUSTAKA
- Abadi Jading, Reniana, Bertha Ollin Paga. (2020). Pengukuran dan Instrumentasi, Cetakan Pertama. ISBN.. 978-623-02-1661-9.
- Sri alyanti. (2020).Alat Ukur dan Teknik Pengukuran. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
|
5
|
10
|
Sub-CPMK 6 : Mampu mengukur parameter tegangan dan arus pada rangkaian RLC pada sumber tegangan searah dan sumber tegangan bolak-balik serta menganalisa hasil outputnya |
- Ketepatan mengukur tegangan dan arus pada rangkaian RLC dengan sumber arus searah.
- Ketepatan mengukur tegangan dan arus pada rangkaian RLC dengan sumber arus bolak-balik.
- Ketepatan menganalisa dan membandingkatan hasil output antara rangkaian RLC dengan sumber arus searah. dengan rangkaian RLC dengan sumber arus bolak-balik.
|
- Rubrik holistik.
- Teknik test.
- Hasll kerja praktek
|
- Kuliah.= 1 sks x 50' =50'
- Praktek. = 1 sks x 3 x 50' = 150'
- Tugas 9 : merangkum hasil pengukuran tegangan dan arus rangkaian RLC dengan sumber arus searah. dengan hasil pengukuran tegangan dan arus rangkaian RLC dengan sumber arus bolak-balik... (Mandiri = 140')
- Karateristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
MATERI PEBELAJARAN
Rangkaian RLC dengan sumber arus searah dan rangkaian RLC dengan sumber arus bolak-balik
- Pengukuran tegangan dan arus pada rangkaian RLC dengan sumber arus searah..
- Pengukuran tegangan dan arus pada rangkaian RLC dengan sumber arus bolak-balik.
- Perbandingan hasil output antara rangkaian RLC dengan sumber arus searah dan rangkaian RLC dengan sumber arus bolak-balik.
PUSTAKA
- Abadi Jading, Reniana, Bertha Ollin Paga. (2020). Pengukuran dan Instrumentasi, Cetakan Pertama. ISBN.. 978-623-02-1661-9.
- Sri alyanti. (2020).Alat Ukur dan Teknik Pengukuran. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
|
5
|
11
|
Sub-CPMK 7 : Mampu menjelaskan prinsip rumus pembagi tegangan, rangkaian ekuivalensi thevenin Norton melalui pengukuran tahanan. |
- Ketepatan menjelaskan prinsip rumus pembagi tegangan rangkaian thevenin
- Ketepatan menjelaskan prinsip rumus pembagi tegangan rangkaian Norton.
- Ketepatan menguji rangkaian thevenin dan norton melalui pengukuran tahanan.
|
- Rubrik holistik.
- Teknik test.
- Hasll kerja praktek
|
- Kuliah.= 1 sks x 50' =50'
- Praktek. = 1 sks x 3 x 50' = 150'
- Tugas 10 : menganalisa hasil pengukuran pada rangkaian thevenin dan rangkaian norton.. (Mandiri = 140')
- Karateristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
MATERI PEMBELAJARAN
Prinsip rumus pembagi tegangan rangkaian thevenin dan rangkaian norton.
- Prinsip rumus pembagi tegangan rangkaian thevenin.
- Prinsip rumus pembagi tegangan rangkaian norton.
PUSTAKA
- Abadi Jading, Reniana, Bertha Ollin Paga. (2020). Pengukuran dan Instrumentasi, Cetakan Pertama. ISBN.. 978-623-02-1661-9.
- Sri alyanti. (2020).Alat Ukur dan Teknik Pengukuran. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
|
5
|
12
|
Sub-CPMK 7 : Mampu menjelaskan prinsip rumus pembagi tegangan, rangkaian ekuivalensi thevenin Norton melalui pengukuran tahanan. |
- Ketepatan menguji rangkaian thevenin dengan merubah nilai tahanan bebannya.
- Ketepatan menguji rangkaian norton dengan merubah nilai tahanan bebannya.
- Ketepatan membandingkan hasil output antara rangkaian thevenin dengan rangkaian norton..
- Ketepatan menarik kesimpuln pengaruh tahanan beban pada rangkaian thevenin dan norton.
|
- Rubrik holistik.
- Teknik test.
- Hasll kerja praktek
|
- Kuliah.= 1 sks x 50' =50'
- Praktek. = 1 sks x 3 x 50' = 150'
- Tugas 11 : menganalisa dan merangkum hasil output antara rangkaian thevenin dengan rangkaian norton. ... (Mandiri = 140')
- Karateristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
MATERI PEBELAJARAN
Rangkaian thevenin dan norton dengan nilai tahanan yang berbeda dari sebelumnya.
- Pengujian rangkaian thevenin dengan merubah nilai tahanan bebannya.
- Pengujian rangkaian nortonn dengan merubah nilai tahanan bebannya.
- Perbandingan hasil output rangkaian thevenin dengan merubah nilai tahanan bebannya
- Perbandingan hasil output rangkaian norton dengan merubah nilai tahanan bebannya
PUSTAKA
- Abadi Jading, Reniana, Bertha Ollin Paga. (2020). Pengukuran dan Instrumentasi, Cetakan Pertama. ISBN.. 978-623-02-1661-9.
- Sri alyanti. (2020).Alat Ukur dan Teknik Pengukuran. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
|
5
|
13
|
Sub-CPMK 8 : Mampu membedakan karakteristik komponen SCR dan TRIAC serta mengukur tegangan maupun arus pada rangkaian SCR dan TRIAC. |
- Ketepatan menjelaskan karakteristik dan fungsi komponen SCR .
- Ketepatan mengukur tegangan dan arus pada rangkaian SCR.
- Ketepatan menganalisa perubahan tegangan dan arus jika sumber tegangan input dinaikkan 5 volt.
|
- Rubrik holistik.
- Teknik test.
- Hasll kerja praktek
|
- Kuliah.= 1 sks x 50' =50'
- Praktek. = 1 sks x 3 x 50' = 150'
- Tugas 12 : merangkum hasil pengukuran tegangan dan arus pada rangkaian SCR.... (Mandiri = 140')
- Karateristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
MATERI PEMBELAJARAN
Rangkaian SCR
- Karakteistik dan fungsi SCR.
- Prinsip kerja rangkaian SCR.
- Pengukuran tegangan dan arus pada rangkaian SCR.
- Analisa hasil output jika sumber tegangan input dinaikkan 5 volt.
PUSTAKA
- Abadi Jading, Reniana, Bertha Ollin Paga. (2020). Pengukuran dan Instrumentasi, Cetakan Pertama. ISBN.. 978-623-02-1661-9.
- Sri alyanti. (2020).Alat Ukur dan Teknik Pengukuran. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
|
5
|
14
|
Sub-CPMK 8 : Mampu membedakan karakteristik komponen SCR dan TRIAC serta mengukur tegangan maupun arus pada rangkaian SCR dan TRIAC. |
- Ketepatan menjelaskan karakteristik dan fungsi komponen TRIAC.
- Ketepatan mengukur tegangan dan arus pada rangkaian TRIAC.
- Ketepatan menganalisa hasil pengukuran output pada rangkaian TRIAC. jika sumber tegangan input dinaikkan 5 volt.
|
- Rubrik holistik.
- Teknik test.
- Hasll kerja praktek
|
- Kuliah.= 1 sks x 50' =50'
- Praktek. = 1 sks x 3 x 50' = 150'
- Tugas 13 : merangkum hasil pengukuran output rangkaian TRIAC.. ... (Mandiri = 140')
- Karateristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
MATERI PEMBELAJARAN
Rangkaian TRIAC
- Karakteristik dan fungsi komponen TRIAC.
- Prinsip kerja rangkaian TRIAC.
- Pengukran dan pengujian output pada rangkaian TRIAC.
- Analisa hasil output pada rangkaian TRIAC jika sumber tegangan input dinaikkan 5 volt.
PUSTAKA
- Abadi Jading, Reniana, Bertha Ollin Paga. (2020). Pengukuran dan Instrumentasi, Cetakan Pertama. ISBN.. 978-623-02-1661-9.
- Sri alyanti. (2020).Alat Ukur dan Teknik Pengukuran. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
|
5
|
15
|
Sub-CPMK 9 : Mampu menggunakan osiloskop dan AFG dalam pengukuran sinyal dan besaan listrik. |
- Ketepatan menjelaskan fungsi dan prinsip kerja osiloskop digital dan AFG.
- Ketepatan mengimplementasikan osiloskop dan AFG pada rangkaian SCR dan TRIAC.
- Ketepatan menganalisa bentuk gelombang output pada rangkaian SCR dan TRIAC
- Ketepatan membandingkan hasil pengukuran output pada rangkaian SCR dan TRIAC dengan aplikasi multisim.
|
- Rubrik holistik.
- Teknik test.
- Hasll kerja praktek
|
- Kuliah.= 1 sks x 50' =50'
- Praktek. = 1 sks x 3 x 50' = 150'
- Tugas 14 : membandingkan hasil pengukuran output pada rangkaian SCR dan TRIAC menggunakan hardware (osiloskop dan AFG) dengan menggunakan aplikasi multisim.. (Mandiri = 140')
- Karateristik pembelajaran bersifat interaktif, holistik, integratif, kooperatif dan berpusat pada mahasiswa.
|
MATERI PEMBELAJARAN
Osiloskop digital dan AFG.
- Prinsip kerja osiloskop dan AFG.
- Implementasi osiloskop dan AFG pada rangkaian SCR dan TRIAC.
- Membandingkan hasil pengukuran output pada rangkaian SCR dan TRIAC menggunakan apikasi multisim
PUSTAKA
- Abadi Jading, Reniana, Bertha Ollin Paga. (2020). Pengukuran dan Instrumentasi, Cetakan Pertama. ISBN.. 978-623-02-1661-9.
- Sri alyanti. (2020).Alat Ukur dan Teknik Pengukuran. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional.
|
10
|
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|