.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:sara.wibawaning@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 7, 2025, 6:18 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Konstruksi Perkerasan Jalan |
TS240922 |
2 |
0 |
2 |
28 |
4 |
23-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Dr. Sara Wibawaning Respati S.T., M.Sc. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 198705272014042001 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung (P-2) Menguasai prinsip pengujian dan pengukuran komponen bangunan sipil sesuai codes dan standar (P-7) Menguasai pengetahuan faktual tentang perkembangan di bidang teknologi bangunan gedung |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya (KU-5) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia) dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung (KK-9) Mampu membuat dokumen kontrak dan syarat-syarat administrasi untuk tahap perencanaan, pelaksanaan dan pasca konstruksi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK1: Mahasiswa dapat menjelaskan serta menganalisis perencanaan konstruksi perkerasan jalan mulai dari analisis beban lalu lintas hingga tebal perkerasan jalan dan menghasilkan desain perencanaan jalan CP-MK2: Mahasiswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis kerusakan jalan serta metode pemeliharaannya |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK1: Mahasiswa mampu Menjelaskan sejarah perkembangan teknologi jalan raya [C2, P1, A1] Sub-CPMK2: Mahasiswa mampu menjelaskan teori perkerasan jalan meliputi jenis, lapisan serta bahan penyusun perkerasan jalan [C2, P4, A4] Sub-CPMK3: Mahasiswa mampu menjelaskan konstruksi lapis perkerasan dan kinerja perkerasan jalan lentur dan perkerasan kaku [C2, P4, A4] Sub-CPMK4: Mahasiswa Mampu menjelaskan teori karakteristik dan persyaratan aspal, semen dan agregat sebagai bahan konstruksi perkerasan [C2, P4, A4] Sub-CPMK5: Mahasiswa mampu menjelaskan dan merancang tebal perkerasan lentur metode analisa komponen (BM) [C3, P4, A4] Sub-CPMK6: Mahasiswa mampu menjelaskan dan merancang tebal perkerasan lentur Metode PCI [C3, P4, A4] Sub-CPMK7: Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan klasifikasi kerusakan jalan serta sistem penanganannya [C5, P4, A5] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini menyajikan pembelajaran teori konsep desain perkerasan jalan dan dapat merancang campuran perkerasan lentur, dapat menghitung tebal konstruksi perkerasan lentur dan kaku serta mengetahui sistem pemeliharaan perkerasan jalan. Topik-topik dalam bidang ini antara lain: Tahapan pembangunan jalan, perkembangan teknologi jalan dan jenis konstruksi yang ada, karakteristik dan persyaratan aspal dan tanah dasar sebagai bahan konstruksi perkerasan, karakteristik dan persyaratan agregat sebagai bahan konstruksi perkerasan. Serta merencanakan campuran sesuai spesifikasi dan interprerasi hasil pengujian, merencanakan tebal perkerasan lentur metode analisa komponen (BM) konstruksi langsung dan overlay, merencanakan tebal perkerasan lentur metode analisa komponen konstruksi bertahap, merencanakan tebal perkerasan kaku dengan AASHTO, tegangan, regangan, dan defleksi pada perkerasan tiga lapis. Serta mampu mengindentifikasi dan mengklasifikasi kerusakan jalan serta sistem penangannya. Tugas individu dan kelompok akan diberikan untuk melatih kemampuan sintesis dan justifikasi solusi desain perkerasan jalan |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Sejarah perkembangan Teknologi Jalan Raya |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Dewan standarisasi Nasional,Tatacara perencanaan tebal perkerasan lentur jalan raya dengan MAK, SKBI-1732-1989- F,Jakarta,1989. 2. Ir. Hamirhan Saodang, Msce, Konstruksi Jalan Raya, Penerbit Nova Bandung, 2004 3. Silvia sukirman, Perkerasan lentur jalan raya, Penerbit Nova, Bandung,1999 4. Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen, Departemen Pemukiman dan Prasarana Wilayah, 2003 5. Spesifikasi Umum untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan, Dirjen Bina Marga, 2018. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : BLP |
|||||||
Dosen Pengampu |
Sara Wibawaning Respati, |
Mata Kuliah |
Konstruksi Perkerasan Jalan |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS240922 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK1: Mahasiswa mampu Menjelaskan sejarah perkembangan teknologi jalan raya [C2, P1, A1] |
Mampu menjelaskan secara sistematis sejarah perkembangan teknologi jalan raya |
Kriteria: Ketepatan dalam menjelaskan sejarah perkembangan jalan. Bentuk Penilaian: Kesesuaian Hasil riset jurnal |
Metode Pembelajaran: CASE BASED LEARNING (CBL) (Interaktif, kontekstual, Efektif) Estimasi waktu: TM = 1 x 50 Menit BT = 1 x 60 Menit BM = 1 x 60 Menit |
1. INSTRUKSI PROTOKOL KESEHATAN 2. KONTRAK PERKULIAHAN DAN RPS 3. State of the Art, Sejarah perkembangan konstruksi perkerasan jalan Pustaka 1,2 |
3 |
|||
2 | Sub-CPMK2: Mahasiswa mampu menjelaskan teori perkerasan jalan meliputi jenis, lapisan serta bahan penyusun perkerasan jalan [C2, P4, A4] |
- Ketepatan menjelaskan defenisi perkerasanjalan, jenis perkerasan dan bagian-bagiannya - Ketepatan menjelaskan bagian lapisan perkerasan jalan |
Ketepatan dalam menjelaskan teori perkerasan jalan meliputi jenis, lapisan serta bahan penyusun perkerasan jalan Bentuk Penilaian: Diskusi terbatas: Menjawab pertanyaan yang disajikan dalam lembar soal tentang perkerasan jalan, jenis perkerasan dan lapisan bahan penyusun perkerasan jalan dalam lembar jawaban |
Diskusi (Interaktif, kontekstual, Efektif) Estimasi waktu: TM = 1 x 50 Menit BT = 1 x 60 Menit BM = 1 x 60 Menit |
- Jenis perkerasan jalan - Jenis lapisan penyusun perkerasan jalan Pustaka 2 |
3 |
|||
3 | Sub-CPMK3: Mahasiswa mampu menjelaskan konstruksi lapis perkerasan dan kinerja perkerasan jalan lentur dan perkerasan kaku [C2, P4, A4] |
|
Kriteria:
Bentuk Penilaian: CBL Penugasan kelompok disajikan dalam bentuk softcopy dan presentasi |
Metode Pembelajaran: Ceramah dan diskusi (Interaktif, kontekstual, Efektif) Estimasi waktu: TM = 1 x 50 Menit BT = 1 x 60 Menit BM = 1 x 60 Menit |
Konstruksi lapis perkerasan dan kinerja perkerasan jalan lentur dan perkerasan kaku
Pustaka 2, 3, 4, 5 |
4 |
|||
4 | Sub-CPMK4: Mahasiswa Mampu menjelaskan teori karakteristik dan persyaratan aspal, semen dan agregat sebagai bahan konstruksi perkerasan [C2, P4, A4] |
|
Kriteria: Menjawab pertanyaan yang disajikan dalam lembar soal tentang aspal sebagai bahan penyusun perkerasan jalan lentur Bentuk Penilaian: Test Uraian Terbatas (Mandiri) |
Metode Pembelajaran: Case Based Learning (Interaktif, kontekstual, Efektif) Estimasi waktu: TM = 1 x 50 Menit BT = 1 x 60 Menit BM = 1 x 60 Menit |
Teori karakteristik dan persyaratan aspal, tanah dasar dan agregat sebagai bahan konstruksi perkerasan Pustaka 1,3 |
2 |
|||
5 | Sub-CPMK4: Mahasiswa Mampu menjelaskan teori karakteristik dan persyaratan aspal, semen dan agregat sebagai bahan konstruksi perkerasan [C2, P4, A4] |
|
Kriteria: Menjawab pertanyaan yang disajikan dalam lembar soal tentang aspal sebagai bahan penyusun perkerasan jalan lentur Bentuk Penilaian: Test Uraian Terbatas (Mandiri) |
Case Based Learning (Interaktif, kontekstual, Efektif) Estimasi waktu: TM = 1 x 50 Menit BT = 1 x 60 Menit BM = 1 x 60 Menit |
Teori karakteristik dan persyaratan aspal, semen dan agregat sebagai bahan konstruksi perkerasan Pustaka 1,3 |
2 |
|||
6 | Sub-CPMK4: Mahasiswa Mampu menjelaskan teori karakteristik dan persyaratan aspal, semen dan agregat sebagai bahan konstruksi perkerasan [C2, P4, A4] |
|
Kriteria:
Bentuk Penilaian: CBL Non Test (Penugasan Kelompok) |
Metode Pembelajaran: Case Based Learning (Interaktif, kontekstual, Efektif) Estimasi waktu: TM = 1 x 50 Menit BT = 1 x 60 Menit BM = 1 x 60 Menit |
Peranan agregat pada struktur perkerasan lentur dan perkerasan kaku, sifat-sifat teknis agregat untuk perkerasan lentur dan perkerasan kaku, dan menguraikan sifatsifat agregat tersebut, dan cara pencampuran agregat untuk memenuhi persyaratan gradasi Pustaka 1,4 |
5 |
|||
7 | Sub-CPMK4: Mahasiswa Mampu menjelaskan teori karakteristik dan persyaratan aspal, semen dan agregat sebagai bahan konstruksi perkerasan [C2, P4, A4] |
|
Kriteria:
Bentuk Penilaian: CBL Non Test (Penugasan Kelompok) |
Metode Pembelajaran: Case Based Learning (Interaktif, kontekstual, Efektif) Estimasi waktu: TM = 1 x 50 Menit BT = 1 x 60 Menit BM = 1 x 60 Menit |
Peranan agregat pada struktur perkerasan lentur dan perkerasan kaku, sifat-sifat teknis agregat untuk perkerasan lentur dan perkerasan kaku, dan menguraikan sifatsifat agregat tersebut, dan cara pencampuran agregat untuk memenuhi persyaratan gradasi Pustaka 1,4 |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK4: Mahasiswa Mampu menjelaskan teori karakteristik dan persyaratan aspal, semen dan agregat sebagai bahan konstruksi perkerasan [C2, P4, A4] |
Mampu menyebutkan jenis-jenis campuran beraspal |
Kriteria: Kemampuan Mahasiswa menjawab pertanyaan tentang jenis-jenis campuran beraspal Bentuk Penilaian: Non Tes Mandiri Observasi/Lisan |
Metode Pembelajaran: Case Based Learning (Interaktif, kontekstual, Efektif) Estimasi waktu: TM = 1 x 50 Menit BT = 1 x 60 Menit BM = 1 x 60 Menit |
Jenis-jenis campuran beraspal Pustaka 3,4 |
4 |
|||
10 | Sub-CPMK5: Mahasiswa mampu menjelaskan dan merancang tebal perkerasan lentur metode analisa komponen (BM) [C3, P4, A4] |
- Ketepatan, kesesuaian, dan ketelitian dalam menggunakan parameter yang sesuai kondisi rencana. - Ketepatan, ketelitian, dan ketajaman dalam perhitungan dan analisis data. Ketepatan, ketelitian, keseuaian, dan kerapihan dalam penyusunan tugas laporan - Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis data-data yang dibutuhkan dalam perhitungan tebal perkerasan pada perkerasan lentur metode Analisa Komponen - Mampu merancang perkerasan lentur dengan Metode Analisa Komponen |
Kriteria: 1. Mengetahui dan dapat menjelaskan data-data apa saja yang dibutuhkan dalam merancang tebal perkerasan jalan. 2. Dapat menghitung dengan benar perencanaan tebal perkerasan jalan Bentuk penilaian Non Test: Portofolio (Mandiri) |
Metode Pembelajaran: Case Based Learning (Interaktif, kontekstual, Efektif) Estimasi waktu: TM = 1 x 50 Menit BT = 1 x 60 Menit BM = 1 x 60 Menit |
Perancangan Perkerasan Lentur Metode Analisa Komponen Pustaka 1, 4 |
4 |
|||
11 | Sub-CPMK5: Mahasiswa mampu menjelaskan dan merancang tebal perkerasan lentur metode analisa komponen (BM) [C3, P4, A4] |
- Ketepatan dalam menjelaskan dan menganalisis data-data yang dibutuhkan dalam perhitungan tebal perkerasan pada perkerasan lentur metode Analisa Komponen - Mampu merancang perkerasan lentur dengan Metode Analisa Komponen |
Kriteria: 1. Mengetahui dan dapat menjelaskan data-data apa saja yang dibutuhkan dalam merancang tebal perkerasan jalan. 2. Dapat menghitung dengan benar perencanaan tebal perkerasan jalan Bentuk penilaian Non Test: Portofolio (Mandiri) |
Metode Pembelajaran: Case Based Learning (Interaktif, kontekstual, Efektif) Estimasi waktu: TM = 1 x 50 Menit BT = 1 x 60 Menit BM = 1 x 60 Menit |
Perancangan Perkerasan Lentur Metode Analisa Komponen Pustaka 1, 4 |
5 |
|||
12 | Sub-CPMK5: Mahasiswa mampu menjelaskan dan merancang tebal perkerasan lentur metode analisa komponen (BM) [C3, P4, A4] |
Mampu merancang perkerasan lentur dengan Metode Analisa Komponen |
Kriteria: - Dapat menjelaskan dengan tepat data-data yang dibutuhkan serta langkah-langkah analisis perencaaan tebal perkerasan jalan lentur dengan metode Analisa Komponen - Dapat menghitung hingga menghasilkan tebal perkerasan yang direncanakan dengan analisis yang benar Bentuk Penilaian: Non Test Portofolio Mandiri |
Metode Pembelajaran: Case Based Learning (Interaktif, kontekstual, Efektif) Estimasi waktu: TM = 1 x 50 Menit BT = 1 x 60 Menit BM = 1 x 60 Menit |
Perancangan Perkerasan Lentur Metode Analisa Komponen Pustaka 1, 3, 5 |
5 |
|||
13 | Sub-CPMK6: Mahasiswa mampu menjelaskan dan merancang tebal perkerasan lentur Metode PCI [C3, P4, A4] |
- Mampu menyebutkan dan menjelaskan dengan tepar komponen perhitungan perencanaan tebal perkerasan kaku metode PCI - Mampu merancang tebal perkerasan jalan kaku metode PCI |
Kriteria: - Dapat menjelaskan dengan tepat data-data yang dibutuhkan serta langkah-langkah analisis perencaaan tebal perkerasan jalan kaku dengan metode PCI - Dapat menghitung hingga menghasilkan tebal perkerasan yang direncanakan dengan analisis yang benar Bentuk Penilaian: Non Test Portofolio Mandiri |
Metode Pembelajaran: Case Based Learning (Interaktif, kontekstual, Efektif) Estimasi waktu: TM = 1 x 50 Menit BT = 1 x 60 Menit BM = 1 x 60 Menit |
Perancangan lapisan perkerasan kaku metode PCI Pustaka 1, 4, 5 |
5 |
|||
14 | Sub-CPMK7: Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan klasifikasi kerusakan jalan serta sistem penanganannya [C5, P4, A5] |
1. Mampu menyebutkan dan menjelaskan jenisjenis kerusakan jalan berdasakan metode Bina Marga 2. Mampu menyebutkan dan menjelaskan jenisjenis pemeliharaan jalan |
Kriteria: Dapat menjelaskan dengan benar jenis kerusakan dan metode pemeliharaan jalan dan membedakan jenis kerusakan jalan Bentuk Penilaian: Non Test kelompok Observasi Lapangan |
Metode Pembelajaran: Case Based Learning (Interaktif, kontekstual, Efektif) Estimasi waktu: TM = 1 x 50 Menit BT = 1 x 60 Menit |
Jenis kerusakan jalan dan metode pemeliharaan jalan Pustaka 1, 3, 5 |
4 |
|||
15 | Sub-CPMK7: Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan klasifikasi kerusakan jalan serta sistem penanganannya [C5, P4, A5] |
1. Mampu menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis kerusakan jalan berdasakan metode Bina Marga 2. Mampu menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis pemeliharaan jalan |
Kriteria: Dapat menjelaskan dengan benar jenis kerusakan dan metode pemeliharaan jalan dan membedakan jenis kerusakan jalan Bentuk Penilaian: Non Test kelompok Observasi Lapangan |
Metode Pembelajaran: Case Based Learning (Interaktif, kontekstual, Efektif) Estimasi waktu: TM = 1 x 50 Menit BT = 1 x 60 Menit BM = 1 x 60 Menit |
Jenis kerusakan jalan dan metode pemeliharaan jalan Pustaka 1,3,5 |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Sara Wibawaning Respati lahir di Yogyakarta pada tanggal 27-05-1987 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan |
|