.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:anis.aulia@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 3:22 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Struktur Beton II |
TS240722 |
3 |
0 |
3 |
42 |
4 |
25-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Anis Aulia Ulfa S.T., M.T. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 199309032022032014 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-1) Menguasai matematika terapan, prinsip-prinsip fisika dan kimia, prinsip rekayasa, dan perancangan rekayasa, untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung (P-4) Menguasai referensi teknis (codes) dan standar konstruksi yang berlaku di wilayah kerjanya (P-6) Menguasai pengetahuan teknik berkomunikasi (lisan, laporan teknis, dan grafis) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU-3) Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni (KU-9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-1) Mampu menerapkan matematika terapan, sains alam (fisika, kimia) dan prinsip rekayasa untuk melakukan perancangan skala terbatas, pelaksanaan dan pengawasan bangunan gedung (KK-3) Mampu membuat rancangan teknis2 (engineering design) bangunan sipil dengan skala terbatas, yang memenuhi standar konstruksi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1 : Mahasiswa mampu menganalisis kapasitas geser balok CPMK 2 : Mahasiswa mampu merancang kolom beton bertulang CPMK 3 : Mahasiswa mampu merancang pondasi telapak beton bertulang |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK1: Mahasiswa mampu menganalisis kapasitas geser balok beton bertulang. dengan mentaati peraturan SNI 2847 (C4,A2) Sub-CPMK2: Mahasiswa mampu merencanakan penampang dan tulangan geser balok beton bertulang dengan mentaati peraturan SNI 2847 (C6,A2) Sub-CPMK3: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kolom beton bertulang dengan mentaati peraturan SNI 2847 (C2,A2) Sub-CPMK4: Mahasiswa mampu menganalisis kapasitas penampang kolom beton bertulang yang dibebani lentur dan aksial tekan terkombinasi dengan mentaati peraturan SNI 2847 (C4,A2) Sub-CPMK5: Mahasiswa mampu merancang tulangan longitudinal dan geser kolom beton bertulang yang dibebani lentur dan aksial tekan terkombinasi dengan mentaati peraturan SNI 2847 (C6,A2) Sub-CPMK6: Mahasiswa mampu merancang pondasi telapak beton bertulang yang dibebani lentur dan aksial tekan terkombinasi dengan mentaati peraturan SNI 2847 (C6,A2) Sub-CPMK7: Mahasiswa mampu menyajikan dan mempresentasikan perencanaan balok, pelat, kolom dan pondasi RC dengan mentaati peraturan SNI 2847 (C6,A2) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Struktur Beton II mempelajari teori dalam menghitung, menganalisa dan mendisain kapasitas geser balok, penampang dan tulangan kolom serta pondasi | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
1. Penampang balok dan tulangan geser yang dibebani oleh geser- lentur dan oleh geser- lentur- aksial |
|||||||
Pustaka |
|
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop, Proyektor, Papan tulis, Spidol, Penghapus, Buku dan Kertas |
|||||||
Dosen Pengampu |
Anis Aulia Ulfa, |
Mata Kuliah |
Struktur Beton II |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS240722 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub-CPMK1: Mahasiswa mampu menganalisis kapasitas geser balok beton bertulang. dengan mentaati peraturan SNI 2847 (C4,A2) |
1. Ketepatan mahasiswa dalam menjelaskan dan mengiplementasikan teori mekanisme geser di elemen struktur balok |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
Metode Simulasi BM, 3x60menit TM, 3 x 50 menit. Presentasi, TT, 3x60 menit Karakteristik: Interaktif |
Menyampaikan protokol kesehatan dan kontrak pembelajaran Pustaka [2][3][5][6][7] |
2 |
|||
2 | Sub-CPMK1: Mahasiswa mampu menganalisis kapasitas geser balok beton bertulang. dengan mentaati peraturan SNI 2847 (C4,A2) |
1. Ketepatan menganalisa kapasitas penampang beton terhadap beban geser, baik yang dibebani geser dan lentur maupun yang terkombinasi dengan aksial |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
Metode Simulasi BM, 3x60menit TM, 3 x 50 menit. Presentasi, TT, 3x60 menit Karakteristik: Interaktif |
1. Kapasitas penampang beton terhadap beban geser, baik yang dibebani geser dan lentur maupun yang terkombinasi dengan aksial Pustaka [2][3][5][6][7] |
5 |
|||
3 | Sub-CPMK1: Mahasiswa mampu menganalisis kapasitas geser balok beton bertulang. dengan mentaati peraturan SNI 2847 (C4,A2) |
1. Ketepatan menjelaskan definisi, pengertian dan asumsi-asumsi torsi |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
Metode Simulasi BM, 3x60menit TM, 3 x 50 menit. Tugas PPT, TT, 3x60 menit Karakteristik: Interaktif |
1.Definisi, pengertian dan asumsi-asumsi torsi Pustaka [2][3][5][6][7] |
2 |
|||
4 | Sub-CPMK2: Mahasiswa mampu merencanakan penampang dan tulangan geser balok beton bertulang dengan mentaati peraturan SNI 2847 (C6,A2) |
- Ketepatan dalam merencanakan tulangan geser + torsi balok beton bertulang |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
PjBL BM, 3x60menit TM, 3 x 50 menit. Tugas 1, TT, 3x60 menit Karakteristik: Interaktif |
Tulangan geser balok beton bertulang Pustaka [2][3][5][6][7] |
10 |
|||
5 | Sub-CPMK3: Mahasiswa mampu menjelaskan konsep kolom beton bertulang dengan mentaati peraturan SNI 2847 (C2,A2) |
- Ketepatan menjelaskan kolom pendek dan kolom panjang. |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
Metode Simulasi BM, 3x60menit TM, 3 x 50 menit. Presentasi, TT, 3x60 menit Karakteristik: Interaktif |
- Kolom pendek dan kolom panjang. Pustaka [2][3][5][6][7] |
2 |
|||
6 | Sub-CPMK4: Mahasiswa mampu menganalisis kapasitas penampang kolom beton bertulang yang dibebani lentur dan aksial tekan terkombinasi dengan mentaati peraturan SNI 2847 (C4,A2) |
- Ketepatan dalam menganalisa kebutuhan tulangan kolom beton bertulang dibebani secara konsentris |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
Metode Simulasi BM, 3x60menit TM, 3 x 50 menit. Presentasi, TT, 3x60 menit Karakteristik: Interaktif |
Kebutuhan tulangan kolom beton bertulang dibebani secara konsentris Pustaka [2][3][5][6][7] |
5 |
|||
7 | Sub-CPMK4: Mahasiswa mampu menganalisis kapasitas penampang kolom beton bertulang yang dibebani lentur dan aksial tekan terkombinasi dengan mentaati peraturan SNI 2847 (C4,A2) |
-Ketepatan mengaplikasikan Diagram Interaksi Gaya aksial- Momen pada kolom untuk menghitung beban pada kolom |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
Metode Simulasi BM, 3x60menit TM, 3 x 50 menit. Presentasi, TT, 3x60 menit Karakteristik: Interaktif |
Diagram Interaksi Gaya aksial- Momen pada kolom untuk menghitung beban pada kolom Pustaka [1][2][3][4][5][6][7][8][9] |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
20 |
|||||||
9 | Sub-CPMK4: Mahasiswa mampu menganalisis kapasitas penampang kolom beton bertulang yang dibebani lentur dan aksial tekan terkombinasi dengan mentaati peraturan SNI 2847 (C4,A2) |
1. Ketepatan menjelaskan hubungan N (gaya Normal) dengan kelangsingan |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
Metode Simulasi BM, 3x60menit TM, 3 x 50 menit. Presentasi, TT, 3x60 menit Karakteristik: Interaktif |
1 Hubungan N (gaya Normal) dengan kelangsingan Pustaka [1][2][3][4][5][6][7][8][9] |
5 |
|||
10 | Sub-CPMK5: Mahasiswa mampu merancang tulangan longitudinal dan geser kolom beton bertulang yang dibebani lentur dan aksial tekan terkombinasi dengan mentaati peraturan SNI 2847 (C6,A2) |
- Ketepatan menjelaskan konsep geser pada kolom RC |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
Metode Simulasi BM, 3x60menit TM, 3 x 50 menit. Presentasi, TT, 3x60 menit Karakteristik: Interaktif |
Konsep geser pada kolom RC Pustaka [1][2][3][4][5][6][7][8][9] |
2 |
|||
11 | Sub-CPMK5: Mahasiswa mampu merancang tulangan longitudinal dan geser kolom beton bertulang yang dibebani lentur dan aksial tekan terkombinasi dengan mentaati peraturan SNI 2847 (C6,A2) |
- Ketepatan merencanakan tulangan kolom RC |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
PjBL BM, 3x60menit TM, 3 x 50 menit. Tugas 4, TT, 3x60 menit Karakteristik: Kolaboratif |
Kebutuhan tulangan kolom RC Pustaka [1][2][3][4][5][6][7][8][9] |
10 |
|||
12 | Sub-CPMK6: Mahasiswa mampu merancang pondasi telapak beton bertulang yang dibebani lentur dan aksial tekan terkombinasi dengan mentaati peraturan SNI 2847 (C6,A2) |
- Ketepatan menjelaskan konsep lentur pada telapak pondasi |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
Metode Simulasi BM, 3x60menit TM, 3 x 50 menit. Presentasi, TT, 3x60 menit Karakteristik: Saintifik |
- Konsep lentur pada telapak pondasi Pustaka [1][2][3][4][5][6][7][8][9] |
2 |
|||
13 | Sub-CPMK6: Mahasiswa mampu merancang pondasi telapak beton bertulang yang dibebani lentur dan aksial tekan terkombinasi dengan mentaati peraturan SNI 2847 (C6,A2) |
- Ketepatan merencanakan tulangan lentrur dan geser pondasi telapak |
- Sikap dan keaktifan Pengalaman belajar yang didapat oleh mahasiswa: |
PjBL BM, 3x60menit TM, 3 x 50 menit. Tugas 3, TT, 2x60 menit Karakteristik: Kolaboratif |
- Perencanaan pondasi telapak RC Pustaka [1][2][3][4][5][6][7][8][9] |
4 |
|||
14,15 | Sub-CPMK7: Mahasiswa mampu menyajikan dan mempresentasikan perencanaan balok, pelat, kolom dan pondasi RC dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C6,A2) |
Presentasi Projek |
Presentasi Projek |
Presentasi Projek |
Presentasi Projek Presentasi Projek |
3 |
|||
Sub-CPMK7: Mahasiswa mampu menyajikan dan mempresentasikan perencanaan balok, pelat, kolom dan pondasi RC dengan mentaati peraturan SNI 2847 dan RSNI T-02 (C6,A2) |
Presentasi Projek |
Presentasi Projek |
Presentasi Projek |
Presentasi Projek Presentasi Projek |
3 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
20 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Anis Aulia Ulfa lahir di Balikpapan pada tanggal 03-09-1993 Jabatan fungsional Tenaga Pengajar Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|