.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:oktanofia@universitasmulia.ac.id |
Generated by SPMI apps :@April 10, 2025, 10:24 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN AKUNTANSI |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PERBANKAN DAN KEUANGAN DIGITAL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Kewarganegaraan |
PK.120122 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
28-04-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Okta Nofia Sari |
Kety Lulu Agustin S.E., M.M. |
|||||||
NIP/NIK. |
NIP/NIK. 2021.90.005 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S-4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S-5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-8) Menguasai konsep dan teknik manajemen Lalin dan keuangan perbankan nasional |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif, bermutu, dan terukur dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang Perbankan dan Keuangan Digital |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-3) Mampu menerapkan prinsip dan praktik good corporate governance sesuai standar yang berlaku di industri Perbankan dan Keuangan Digital |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CPMK 1:Mampu memaknai arti sesungguhnya tentang kewarganegaraan sebagai satu kesatuan yang utuh guna terciptanya persatuan bangsa CPMK 2: Mampu menjalankan tugas dan kewajiban sebagai warga negara CPMK 3 : Memupuk sikap dan perilaku sesuai dengan nilai-nilai kemajuan serta patriotisme yang cinta Tanah Air |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
mampu memahami tentang keragaman kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara yang hendak dikaji dianalisis dengan penerapan pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai pancasila, wawasan nusantara dan ketahanan nasional |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Kewarganegaraan mempelajari dasar pemahaman peserta didik secara mandiri dapat dinilai realitas ruang publik berdasarkan prinsip-prinsip etis dan menemukan kreatifitas bagi masyarakat yang demokratis serta menghayati pengetahuan dan kemampuan dasar warga negara dalam hubungannya dengan negara. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi, R. Rahaditya, S.H.,M.H. PT. Mandiri |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop Infokus Zoom Powerpoint |
|||||||
Dosen Pengampu |
Okta Nofia Sari, |
Mata Kuliah |
Kewarganegaraan |
|||
Kode Mata Kuliah |
PK.120122 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||||
1 | mampu memahami tentang keragaman kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara yang hendak dikaji dianalisis dengan penerapan pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai pancasila, wawasan nusantara dan ketahanan nasional |
1. Latar belakang pendidikan kewarganegaraan 2. Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan 3. Dasar Hukum 4. Visi masyarakat Indonesia |
Kehadiran, Etika, Tugas, Kuis, UTS, UAS |
Interaktif 100 menit
|
Pengantar Pendidikan Kewarganegaraan Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi, R. Rahaditya, S.H., M.H. PT. Pustaka Mandiri. |
3 |
|||||
2 | mampu memahami tentang keragaman kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara yang hendak dikaji dianalisis dengan penerapan pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai pancasila, wawasan nusantara dan ketahanan nasional |
1. Tentang Sistem filsafat 2. Pancasila sebagai sistem filsafat 3. Ciri-ciri khas pancasila 4. Susunan pancasila yang bersifat hirarki
|
Kehadira, Etika, Kuis, Tugas, UTS, UAS |
Interaktif 100 menit |
Pancasila Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi, R. Rahaditya, S.H., M.H. PT. Pustaka Mandiri. |
2 |
|||||
3 | mampu memahami tentang keragaman kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara yang hendak dikaji dianalisis dengan penerapan pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai pancasila, wawasan nusantara dan ketahanan nasional |
1. Kesadaran dan gerakan mencintai bangsa dan negara 2. Bangsa dan Profesi berbangsa |
Kehadiran, etika, kuis, tugas, uas, uts |
Interaktif 100 menit |
Proses berbangsa dan bernegara Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi, R. Rahaditya, S.H., M.H. PT. Pustaka Mandiri. |
3 |
|||||
4 | mampu memahami tentang keragaman kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara yang hendak dikaji dianalisis dengan penerapan pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai pancasila, wawasan nusantara dan ketahanan nasional |
1. Karakteristik identitas nasional tentang nasionalisme, ciri khas nasionalisme Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika dan Pancasila 2. Nasional Building and character building, empat pilar kebangsaan, Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika |
Kehadiran, etika, kuis, tugas, uts, uas |
Interaktif 100 menit |
Identitas Nasional Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi, R. Rahaditya, S.H., M.H. PT. Pustaka Mandiri. |
2 |
|||||
5 | mampu memahami tentang keragaman kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara yang hendak dikaji dianalisis dengan penerapan pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai pancasila, wawasan nusantara dan ketahanan nasional |
1. Wrga negara Indonesia 2. Hak dan kewajiban warga negara |
Kehadiran, etika, tugas, kuis, uts, uas |
Interaktif 100 menit |
Hak dan Kewajiban Warga Negara Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi, R. Rahaditya, S.H., M.H. PT. Pustaka Mandiri. |
5 |
|||||
6 | mampu memahami tentang keragaman kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara yang hendak dikaji dianalisis dengan penerapan pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai pancasila, wawasan nusantara dan ketahanan nasional |
Politik dan Strategi |
Kehadiran, etika, kuis, tugas, uts, uas |
Interaktif 100 menit |
1. Dinamika Konstitusi di Indonesia 2. Pengertian Politik dan Strategi 3. Sistem Politik dan Ketatanegaraan Indonesia Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi, R. Rahaditya, S.H., M.H. PT. Pustaka Mandiri. |
5 |
|||||
7 | mampu memahami tentang keragaman kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara yang hendak dikaji dianalisis dengan penerapan pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai pancasila, wawasan nusantara dan ketahanan nasional |
1.Hak Asasi Manusia 2.Sejarah perkembangan HAM 3. Rule of Law 4.Pelanggarab HAM |
Kehadiran, etika, tugas, kuis, uts, uas |
Interaktif 100 menit |
Hak Asasi Manusia Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi, R. Rahaditya, S.H., M.H. PT. Pustaka Mandiri. |
5 |
|||||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||||
9 | mampu memahami tentang keragaman kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara yang hendak dikaji dianalisis dengan penerapan pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai pancasila, wawasan nusantara dan ketahanan nasional |
Bentuk-bentuk Demokrasi |
Kehadira, Sikap, Kuis, Tugas, UTS, UAS |
Interaktif 100 Menit |
1. Demokrasi Terpimpin 2. Demokrasi Menurut UUD 1945 3. Demokrasi Reformasi
|
3 |
|||||
10 | mampu memahami tentang keragaman kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara yang hendak dikaji dianalisis dengan penerapan pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai pancasila, wawasan nusantara dan ketahanan nasional |
Implementasi Wawasan |
Kehadiran, Kuis, Tugas, UAS, UTS |
Interaktif 100 Menit |
|
2 |
|||||
11 | mampu memahami tentang keragaman kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara yang hendak dikaji dianalisis dengan penerapan pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai pancasila, wawasan nusantara dan ketahanan nasional |
Etika Berwarganegara |
Kehadiran, Kuis, Tugas, UAS, UTS |
Interaktif 100 Menit |
2. Kemenristekdikti, 2016, Kewarganegaraan |
3 |
|||||
12 | mampu memahami tentang keragaman kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara yang hendak dikaji dianalisis dengan penerapan pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai pancasila, wawasan nusantara dan ketahanan nasional |
Perlindungan Terhadap Warga Negara |
Kehadiran, Kuis, Tugas, UAS, UTS |
Interaktif |
2.Kemenristekdikti, 2016, Kewarganegaraan |
2 |
|||||
13 | mampu memahami tentang keragaman kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara yang hendak dikaji dianalisis dengan penerapan pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai pancasila, wawasan nusantara dan ketahanan nasional |
Kewajiban Negara Terhadap Warga Negara |
Kehadiran, Kuis, Tugas, UTS, UAS |
Interaktif 100 Menit |
2.Kemenristekdikti, 2016, Kewarganegaraan |
3 |
|||||
14 | mampu memahami tentang keragaman kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara yang hendak dikaji dianalisis dengan penerapan pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai pancasila, wawasan nusantara dan ketahanan nasional |
Ketahanan Bela Negara |
Kehadiran, Kuis, Tugas, UTS, UAS |
Intetraktif 100 Menit |
2.Kemenristekdikti, 2016, Kewarganegaraan |
2 |
|||||
15 | mampu memahami tentang keragaman kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara yang hendak dikaji dianalisis dengan penerapan pemikiran yang berdasarkan nilai-nilai pancasila, wawasan nusantara dan ketahanan nasional |
Evaluasi |
Kehadiran, Kuis, Tugas, UTS, UAS |
Interaktif 100 Menit |
Evaluasi |
5 |
|||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Okta Nofia Sari lahir di pada tanggal Jabatan fungsional Jurusan AKUNTANSI Program Studi Perbankan dan Keuangan Digital |
|