.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:andi.yasir@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:29 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI PENGELOLAAN PERHOTELAN |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Teknologi Informasi Digital |
MP120721 |
1 |
1 |
2 |
42 |
2 |
23-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Andi Yasir Amsal S.Pd., M.Pd. |
Ranti Rustika S.S., M.Sc. |
|||||||
NIP/NIK. 199105052022031009 |
NIP/NIK. 199104022019032018 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-11) Menerapkan nilai-nilai hospitality (Integritas, Sempurna, Terpercaya, Profesional, Berkepribadian), dan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Konsep, prinsip, dan metode perencanaan kapasitas dan tata letak fasilitas, sistem disain kerja (work system design) dan penjadwalan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu secara mandiri mengelola kegiatan operasional hotel berskala kecil (meliputi kemampuan merencanakan, menjalankan, mengawasi, mengevaluasi dan menindaklanjuti hasil evaluasi kegiatan operasional hotel) yang dapat dibuktikan dengan bertambahnya tingkat kepuasan tamu hotel khususnya pada aspek jumlah tamu, reliabilitas dan responsibilitas layanan, kebersihan, dan efisiensi harga |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-6) Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerjasama dan hasil kerjasama di dalam maupun di luar lembaganya (KK-9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan teknologi informasi digital sesuai dengan etika yang berlaku secara efektif dan efisien melalui pembuatan report dalambentuk buku saku teknologi informasi digital yang telah di desain |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan dan ruang lingkup teknologi informasi digital baik secara global maupun nasional Mahasiswa mampu menjelaskan literasi digital mahasiswa mampu menjelaskan penerapan literasi digital dalam kehidupan sehari-hari Mahasiswa mampu menganalisis implementasi literasi digital dan implikasinya Mahasiswa mampu mempersiapkan keterampilan komunikasi profesional digital dalam dunia kerja Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan dan penerapan teknologi informasi baik secara global maupun dalam kehidupan sehari-hari Mahasiswa mampu mengembangkan sebuah website sederhana Mahasiswa mampu menggunakan aplikasi mikrosoft dalam meningkatkan kinerja Mahasiswa mampu mempersiapkan keterampilan komunikasi profesional digital melalui presentasi yang menarik |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Teknologi Informasi Digital mempelajari teriait pengetahian, pemahaman dan keterampilan yang berhubungan dengan perkembangan teknologi informasi, literasi digital, dan software yang digunakan dalam meningkatkan keterampilan komunikasi digital dalam dunia kerja dengan luaran perkuliahan berupa buku saku yang telah di desain tentang penugasan perkuliahan teknologi informasi digital | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Konsep dasar pengantar teknologi informasi digital |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Andi Yasir Amsal, |
Mata Kuliah |
Teknologi Informasi Digital |
|||
Kode Mata Kuliah |
MP120721 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan dan ruang lingkup teknologi informasi digital baik secara global maupun nasional |
|
Kriteria :
Teknik Non Test
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Kolaboratif dan terpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu : Luring :
Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran :
Pustaka: Modul SMART ASN 2021 |
3 |
|||
2 | Mahasiswa mampu menjelaskan literasi digital |
Ketepatan dalam menjelaskan literasi digital |
Kriteria :
Teknik Non Test
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Kolaboratif dan terpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu : Luring :
Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Literasi digital
Pustaka: Bahan Ajar Pengenalan Teknologi informasi PUSDIKLAT BPS RI |
2 |
|||
3 | Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan dan penerapan teknologi informasi baik secara global maupun dalam kehidupan sehari-hari |
Ketepatan dalam menjelaskan sistem informasi manajemen |
Kriteria :
Teknik Non Test
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Kolaboratif dan terpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu : Luring :
Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Sistem informasi manajemen Pustaka: Bahan Ajar Pengenalan Teknologi informasi PUSDIKLAT BPS RI |
2 |
|||
4 | Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan dan penerapan teknologi informasi baik secara global maupun dalam kehidupan sehari-hari |
Ketepatan dalam menjelaskan sistem komputer |
Kriteria :
Teknik Non Test
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Kolaboratif dan terpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu : Luring :
Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Sistem Komputer Pustaka: Bahan Ajar Pengenalan Teknologi informasi PUSDIKLAT BPS RI |
2 |
|||
5 | mahasiswa mampu menjelaskan penerapan literasi digital dalam kehidupan sehari-hari |
|
Kriteria :
Teknik Non Test
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Kolaboratif dan terpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu : Luring :
Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran :
Pustaka : Bahan Ajar Pengenalan Teknologi informasi PUSDIKLAT BPS RI |
3 |
|||
6 | mahasiswa mampu menjelaskan penerapan literasi digital dalam kehidupan sehari-hari |
|
Kriteria :
Teknik Non Test
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Kolaboratif dan terpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu : Luring :
Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Pilar literasi digital Pustaka: Bahan Ajar Pengenalan Teknologi informasi PUSDIKLAT BPS RI |
3 |
|||
7 | Mahasiswa mampu menganalisis implementasi literasi digital dan implikasinya |
|
Kriteria :
Teknik Non Test
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Kolaboratif dan terpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu : Luring :
Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Implementasi dan implikasi literasi digital Pustaka: Modul SMART ASN 2021 |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Mahasiswa mampu mempersiapkan keterampilan komunikasi profesional digital dalam dunia kerja |
Ketepatan dalam komunikasi profesional digital dalam dunia kerja |
Kriteria :
Teknik Non Test
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Kolaboratif dan terpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu : Luring :
Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran :
Pustaka: Modul SMART ASN 2021 |
4 |
|||
10 | Mahasiswa mampu menggunakan aplikasi mikrosoft dalam meningkatkan kinerja |
Ketepatan dalam menggunakan aplikasi microsoft office |
Kriteria :
Teknik Non Test
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Kolaboratif dan terpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu : Luring :
Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Microsoft office Pustaka: Microsoft office apps |
5 |
|||
11 | Mahasiswa mampu mempersiapkan keterampilan komunikasi profesional digital melalui presentasi yang menarik |
Ketepatan dalam menyajikan informasi melalui pembuatan presentasi yang menarik |
Kriteria :
Teknik Non Test
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Kolaboratif dan terpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu : Luring :
Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran :
Pustaka: How to give a killer presentation |
3 |
|||
12 | Mahasiswa mampu mempersiapkan keterampilan komunikasi profesional digital dalam dunia kerja |
Keterampilan dalam mengembangkan project plan |
Kriteria :
Teknik Non Test
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Kolaboratif dan terpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu : Luring :
Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Project plan Pustaka: Project Management Handout |
5 |
|||
13 | Mahasiswa mampu mempersiapkan keterampilan komunikasi profesional digital melalui presentasi yang menarik |
Ketepatan dalam pengembangan keterampilan komunikasi dalam digital |
Kriteria :
Teknik Non Test
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Kolaboratif dan terpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu : Luring :
Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran :
Pustaka: Digital communicarion skill, eruni.edu |
5 |
|||
14 | Mahasiswa mampu mengembangkan sebuah website sederhana |
Ketepatan dalam mendesain web perhotelan |
Kriteria :
Teknik Non Test
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Kolaboratif dan terpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu : Luring :
Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Desain Web sederhana Pustaka: Blogger.com |
5 |
|||
15 | Mahasiswa mampu mengembangkan sebuah website sederhana |
Ketepatan dalam membuat konten website SEO |
Kriteria :
Teknik Non Test
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Kolaboratif dan terpusat pada mahasiswa Estimasi Waktu : Luring :
Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Konten website SEO Pustaka: Google Searce Engine Optimaize |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Andi Yasir Amsal lahir di Bulukumba pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|