.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:abdul.gafur@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:32 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TATA BOGA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
BAHASA INGGRIS |
TB110415 |
1 |
1 |
2 |
56 |
2 |
23-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Abdul Gafur S.Pd., M.Pd. |
Dr. Tuatul Mahfud S.Pd., M.Pd. |
|||||||
NIP/NIK. 198902182015041001 |
NIP/NIK. 198609252012121001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S-4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa (S-5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain (S-8) Mengiternalisasi nilai, norma, dan etika akademik (S-9) Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-13) Menguasai minimal salah satu bahasa internasional (P-14) Menguasai prinsip dan teknik komunikasi efektif untuk bekerja dalam tim |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yangs esuai, baik yang belum maupun yang sudah baku (KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-3) Mampu memecahkan maslah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengkomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, berinovatif dalam pekerjaannya (KU-6) Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang verada di bawah tanggungjawabnya (KU-7) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang verada dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri (KU-8) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-9) Mampu berkomunikasi dalam bahasa asing (KK-11) Mampu menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerjanya dan dapat bekerjasama dalam kerja kelompok (team work) (KK-12) Mampu menerapkan teknik-teknik berkomunikasi secara efektif (KK-13) Mampu menerapkan etika pergaulan dan praktik profesional dalam pekerjaan (KK-14) Mampu mengelola SDM dalam bekerja secara kelompok baik sebagai anggota maupun sebagai pemimpin (KK-15) Mampu menyiapkan dan menyusun laporan tertulis tentang hasil pekerjaan baik yang menjadi tanggung jawabnya sendiri maupun menjadi tanggungjawab kelompok kerja (team work) secara komprehensif (KK-16) Mampu melakukan evaluasi etrhadap pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya sendiri maupun menjadi tanggungjawab kelompok kerja |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu menerapkan strategi membaca yang tepat dan membuat serta mendemonstrasikan teks deskriptif, prosedural dan argumentatif sesuai dengan unsur-unsur kalimat dan tata bahasa baku bahasa Inggris. |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai learning strategy, evaluation, learning contract, and introduction to general English. Mahasiswa mampu menerapkan strategi membaca yaitu skimming. Mahasiswa mampu menerapkan strategi membaca yaitu scanning. Mahasiswa mampu mengembangkan pemahaman kosa kata (building vocabulary). Mahasiswa mampu mengidentifikasi elemen yang ada pada paragraf. Mahasiswa mampu mengidentifikasi perbedaan antara inferensi dan kesimpulan. Mahasiswa mampu membuat inferensi. Mahasiswa mampu menulis teks deskriptif. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan teks deskriptif. Mahasiswa mampu menulis teks prosedural. Mahasiswa mampu melakukan demonstrative speech. Mahasiswa mampu menulis teks argumentatif. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan argumentative speech. Mahasiswa mampu mengerjakan TOEIC simulation pada bagian reading. |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Bahasa Inggris 1 mempelajari strategi membaca, pemahaman kosakata, paragraf, kesimpulan, dan inferensi sebagai persiapan menghadapi test TOEIC. Selain itu, juga mempelajari beberapa jenis teks yaitu teks deskriptif, prosedural, dan argumentatif. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Introduction to General English |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: Buku Ajar Bahasa Inggris 1 Semester 1 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : M.PowerPoint Slide Alat: Whiteboard Laptop LCD |
|||||||
Dosen Pengampu |
Abdul Gafur, |
Mata Kuliah |
BAHASA INGGRIS |
|||
Kode Mata Kuliah |
TB110415 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mahasiswa mampu menjelaskan mengenai learning strategy, evaluation, learning contract, and introduction to general English. |
Ketepatan menjelaskan poin penting pembelajaran dan memiliki motivasi dalam mempelajari Bahasa Inggris 1. |
Kriteria: Sikap dan Keaktifan (Rubrik Afektif) |
Ceramah Tanya-Jawab (200 Menit)
|
Introduction to General English Buku Ajar Bahasa Inggris Semester 1 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
3 |
|||
2 | Mahasiswa mampu menerapkan strategi membaca yaitu skimming. |
Mahsiswa mampu menjelaskan dan menguasai strategi membaca cepat menggunakan metode skimming. |
Kriteria: Sikap dan Keaktifan Soal-soal latihan |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi (200 Menit) |
High-speed reading technique: skimming Buku Ajar Bahasa Inggris Semester 1 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
4 |
|||
3 | Mahasiswa mampu menerapkan strategi membaca yaitu scanning. |
Mahasiswa mampu menjelaskan dan menguasai strategi membaca cepat menggunakan metode scanning. |
Kriteria: Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi (200 Menit) |
High-speed reading technique: scanning. Buku Ajar Bahasa Inggris Semester 1 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
4 |
|||
4 | Mahasiswa mampu mengembangkan pemahaman kosa kata (building vocabulary). |
Mahasiswa mampu menjelaskan tentang jenis dan sistem kosakata bahasa Inggris untuk menunjang kemampuan dan ketrampilan berkomunikasi lisan dan tulisan dalam bahasa Inggris yang baik dan benar. Mahasiswa mampu menjelaskan makna kata sulit dengan menggunakan petunjuk konteks. |
Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda Soal Fill in the Blank |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi (200 Menit) |
Vocabulary Building: Unfamiliar vocabulary Synonym and Antonym Buku Ajar Bahasa Inggris Semester 1 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
4 |
|||
5 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi elemen yang ada pada paragraf. |
Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian main idea, topic dan title. Mahasiswa mampu menentukan main idea, topic dan title. |
Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi (200 Menit) |
Elements of Paragraph: Main Idea Topic Sentence Supporting Sentences Concluding Sentences Buku Ajar Bahasa Inggris Semester 1 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
4 |
|||
6 | Mahasiswa mampu mengidentifikasi perbedaan antara inferensi dan kesimpulan. |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep inferensi dan kesimpulan. Mahasiswa mampu mengidentifikasi perbedaan inferensi dan kesimpulan dalam sebuah teks. |
Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda Presentasi |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi (200 Menit) |
Konsep Inferensi dan Kesimpulan Buku Ajar Bahasa Inggris Semester 1 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
4 |
|||
7 | Mahasiswa mampu membuat inferensi. |
Mahasiswa mampu membuat inferensi dalam sebuah teks bacaan. |
Sikap dan Keaktifan Soal Pilihan Ganda |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi (200 Menit) |
Konsep Inferensi Steps in making inferences Buku Ajar Bahasa Inggris Semester 1 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Mahasiswa mampu menulis teks deskriptif. |
Mahasiswa mampu mempraktekkan menulis teks yang berisi tentang deksripsi object. |
Sikap dan Keaktifan Menulis Essay/Teks |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi (200 Menit) |
Definition of Descriptive Text Characteristics of Descriptive Text (The use of Simple Present) Generic Structure Buku Ajar Bahasa Inggris Semester 1 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
4 |
|||
10 | Mahasiswa mampu mendemonstrasikan teks deskriptif. |
Mahasiswa mampu mendeskripsikan object (things) secara lisan dengan baik dan benar. |
Sikap dan Keaktifan Presentasi |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi (200 Menit) |
Ciri dan elemen teks deskriptif "How-to" speech Buku Ajar Bahasa Inggris Semester 1 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
3 |
|||
11 | Mahasiswa mampu menulis teks prosedural. |
Mahasiswa mampu menjelaskan konsep procedural text. Mahasiswa mampu mempraktekkan menulis teks procedural. |
Sikap dan Keaktifan Menulis teks procedural |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi (200 Menit) |
Defnition of Procedural Text Characteristics Generic Structure Buku Ajar Bahasa Inggris Semester 1 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
3 |
|||
12 | Mahasiswa mampu melakukan demonstrative speech. |
Mahasiswa mampu melakukan demonstrative speech dengan baik dan benar. |
Sikap dan Keaktifan Presentasi |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi (200 Menit) |
Demonstrative Speech: Definition Explaining How to Do Something or How Things Work Buku Ajar Bahasa Inggris Semester 1 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
3 |
|||
13 | Mahasiswa mampu menulis teks argumentatif. |
Mahasiswa mampu mempraktekkan menulis teks argumentatif. |
Sikap dan Keaktifan Menulis teks argumentatif |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi (200 Menit) |
Argumentative Text
Buku Ajar Bahasa Inggris Semester 1 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
3 |
|||
14 | Mahasiswa mampu mendemonstrasikan argumentative speech. |
Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip argumentative speech. Mahasiswa mampu mendemonstrasikan argumentative speech dengan baik dan benar. |
Sikap dan Keaktifan Debate |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi (200 Menit) |
Argumentative speech Buku Ajar Bahasa Inggris Semester 1 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
3 |
|||
15 | Mahasiswa mampu mengerjakan TOEIC simulation pada bagian reading. |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal reading comprehension pada TOEIC. |
Soal multiple choice |
Ceramah Tanya-Jawab Diskusi (200 Menit) |
Reading Comprehension of TOEIC Buku Ajar Bahasa Inggris Semester 1 Program Studi Tata Boga, Oleh: Abdul Gafur, S.Pd., M.Pd |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Abdul Gafur lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Lektor Jurusan PERHOTELAN Program Studi Tata Boga |
|