.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:andi.yasir@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 12:30 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN PERHOTELAN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TATA BOGA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
TEKNIK SUPERVISI |
TB240415 |
1 |
2 |
3 |
70 |
4 |
23-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Andi Yasir Amsal S.Pd., M.Pd. |
Dr. Tuatul Mahfud S.Pd., M.Pd. |
|||||||
NIP/NIK. 199105052022031009 |
NIP/NIK. 198609252012121001 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika (S-3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila (S-9) Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri (S-11) Menunjukkan sikap responsif dan inovatif, profesional sesuai dengan global code ethic of tourism |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-6) Menguasai konsep dasar manajemen (P-14) Menguasai prinsip dan teknik komunikasi efektif untuk bekerja dalam tim (P-16) Menguasai pengetahuan factual tentang regulasi ketenagakerjaan |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur (KU-3) Mampu memecahkan maslah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, berinovatif dalam pekerjaannya (KU-6) Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang verada di bawah tanggungjawabnya (KU-7) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang verada dibawah tanggung jawabnya, dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-11) Mampu menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerjanya dan dapat bekerjasama dalam kerja kelompok (team work) (KK-13) Mampu menerapkan etika pergaulan dan praktik profesional dalam pekerjaan (KK-14) Mampu mengelola SDM dalam bekerja secara kelompok baik sebagai anggota maupun sebagai pemimpin |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mahasiswa mampu menguasai prinsip dan dapat menerapkan fungsi sebagai seorang penyelia di bagian tata boga |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Mampu memahami dan menjelaskan tentang pengertian supervisor dan kedudukan supervisor Mampu memahami dan menjelaskan tentang syarat-syarat sebagai seorang supervisor, peranan supervisor Mampu memahami tentang supervisor masa lalu dan supervisor masa kini Mampu memahami struktur organisasi restoran dan dapur serta fungsinya masing- masing Mampu memahami tentang tugas dan tanggung jawab supervisor Mampu memahami tentang pokok-pokok pengawasan supervisor, pengawasan supervisor untuk sumberdaya manusia, hal- hal yang harus menjadi pengawasan supervisor untuk penggunaan material, hal- hal yang harus menjadi pengawasan supervisor untuk peralatan kerja Mampu memahami tentang pokok-pokok pengawasan supervisor, hal-hal yang harus menjadi pengawasan supervisor untuk aspek finansial, hal-hal yang harus menjadi pengawasan supervisor untuk pemakaian energi, hal-hal yang harus menjadi pengawasan supervisor untuk sistem kerja, hal-hal yang harus menjadi pengawasan supervisor untuk lingkungan kerja Mampu memahami tentang supervisor dan instrumen bantu pengawasan, Mampu memahami dan mendeskripsikan tentang production record dan informasi –informasi yang ada di dalamnya Mampu memahami dan mendeskripsikan tentang supervisor manual dan informasi –informasi yang ada di dalamnya Mampu memahami dan mendeskripsikan tentang employee presence record dan informasi –informasi yang ada di dalamnya Mampu memahami dan mendeskripsikan tentang daftar penilaian kinerja dan informasi –informasi yang ada di dalamny Mampu memahami dan mendeskripsikan tentang house rules dan informasi –informasi yang ada di dalamnya Mampu memahami tentang supervisor dan instrumen bantu pengawasan Mampu memahami dan mendiskripsikan tentang log book dan informasi –informasi yang ada di dalamnya Mampu memahami dan mendiskripsikan tentang work time schedule dan informasi –informasi yang ada di dalamnya Mampu memahami dan mendiskripsikan tentang questioner dan informasi –informasi yang ada di dalamnya Mampu memahami dan mendiskripsikan tentang masukan informasi dan informasi –informasi yang ada di dalamnya Mampu memahami dan mendiskripsikan tentang checklist dan informasi –informasi yang ada di dalamnya Mampu memahami tentang komunikasi, tujuan / sasaran komunikasi, perencanaan komunikasi, hal-hal yang dapat mengganggu proses komunikasi, faktor- faktor yang mempengaruhi efektifitas komunikasi lisan, langkah-langkah komunikasi lisan secara efektif, bentuk- bentuk komunikasi tertulis, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam komunikasi tertulis Mampu memahami dan menjelaskan tentang pengertian motivasi, menjelaskan jenis-jenis motivasi, menjelaskan dan mendeskripsikan model komunikasi positif dan model komunikasi negatif, teori –teori motivasi menurut Maslow dan Herzberg Mampu memahami dan menjelaskan tentang pendelegasian wewenang, kegagalan dalam pendelegasian wewenang, cara-cara pendelegasian wewenang yang efektif Mampu memahami dan menjelaskan tentang penilaian Kinerja Karyawan, tujuan penilaian kinerja karyawan, menyebutkan hal-hal yang dinilai dari kinerja karyawan, kelemahan-kelemahan yang mungkin terjadi dalam penilaian kinerja karyawan, dapat melakukan penilaian kinerja karyawan Mampu menjelaskan tentang penarikan tenaga kerja, melakukan proses penarikan tenaga kerja, menyebutkan hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam proses penarikan tenaga kerja yang dilakukan dalam penarikan tenaga kerja, menjelaskan pengertian dan tujuan seleksi, menyebutkan tahapan seleksi, menyebutkan beberapa kualifikasi yang dipakai dalam penarikan tenaga kerja, menjelaskan tentang orientasi kerja Mampu memahami dan menjelaskan tentang pendidikan dan pelatihan, menyebutkan metode-metode pelatihan, menjelaskan manfaat pelatihan, menjelaskan langkah-langkah pelatihan, menjelaskan prinsip-prinsip belajar bagi orang dewasa, menjelaskan traine to trainer |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah TEKNIK SUPERVISI mempelajari konsep, teori dan praktik terutama dalam pengetahuan tentang supevisor, tugas dan tanggung jawab supervisor, pokok-pokok pengawasan supervisor, instrumen pengawasan supervisor, supervisor komunikasi dan motivasi, pendelegasian wewenang, penarikan tenaga kerja, pendidikan dan pelatihan karyawan. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Pengertian Supervisor |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Bartono PH,SE & Ruffino EM,SE, 2010, Hotel Supervision, Penerbit ANDI, Yogyakarta |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Andi Yasir Amsal, |
Mata Kuliah |
TEKNIK SUPERVISI |
|||
Kode Mata Kuliah |
TB240415 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Mampu memahami dan menjelaskan tentang pengertian supervisor dan kedudukan supervisor |
|
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk : Diskusi Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 3 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id
|
Materi Pembelajaran :
Pustaka : 1. Bartono PH,SE & Ruffino EM,SE, 2010, Hotel Supervision, Penerbit ANDI, Yogyakarta |
3 |
|||
2 | Mampu memahami dan menjelaskan tentang syarat-syarat sebagai seorang supervisor, peranan supervisor |
|
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 3 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran :
Pustaka : 1. Bartono PH,SE & Ruffino EM,SE, 2010, Hotel Supervision, Penerbit ANDI, Yogyakarta |
3 |
|||
3 | Mampu memahami tentang supervisor masa lalu dan supervisor masa kini Mampu memahami struktur organisasi restoran dan dapur serta fungsinya masing- masing |
|
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 3 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran "
Pustaka: 1. Bartono PH,SE & Ruffino EM,SE, 2010, Hotel Supervision, Penerbit ANDI, Yogyakarta |
3 |
|||
4 | Mampu memahami tentang tugas dan tanggung jawab supervisor |
Ketepatan menjelaskan tentang tugas dan tanggung jawab supervisor |
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 3 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran : Tugas dan tanggung jawab supervisor Pustaka: 1. Bartono PH,SE & Ruffino EM,SE, 2010, Hotel Supervision, Penerbit ANDI, Yogyakarta |
3 |
|||
5 | Mampu memahami tentang pokok-pokok pengawasan supervisor, pengawasan supervisor untuk sumberdaya manusia, hal- hal yang harus menjadi pengawasan supervisor untuk penggunaan material, hal- hal yang harus menjadi pengawasan supervisor untuk peralatan kerja |
|
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 3 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi pembelajaran:
Pustaka: 1. Bartono PH,SE & Ruffino EM,SE, 2010, Hotel Supervision, Penerbit ANDI, Yogyakarta |
3 |
|||
6 | Mampu memahami tentang pokok-pokok pengawasan supervisor, hal-hal yang harus menjadi pengawasan supervisor untuk aspek finansial, hal-hal yang harus menjadi pengawasan supervisor untuk pemakaian energi, hal-hal yang harus menjadi pengawasan supervisor untuk sistem kerja, hal-hal yang harus menjadi pengawasan supervisor untuk lingkungan kerja |
|
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 3 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran :
Pustaka: 1. Bartono PH,SE & Ruffino EM,SE, 2010, Hotel Supervision, Penerbit ANDI, Yogyakarta |
3 |
|||
7 | Mampu memahami tentang supervisor dan instrumen bantu pengawasan, Mampu memahami dan mendeskripsikan tentang production record dan informasi –informasi yang ada di dalamnya Mampu memahami dan mendeskripsikan tentang supervisor manual dan informasi –informasi yang ada di dalamnya Mampu memahami dan mendeskripsikan tentang employee presence record dan informasi –informasi yang ada di dalamnya Mampu memahami dan mendeskripsikan tentang daftar penilaian kinerja dan informasi –informasi yang ada di dalamny Mampu memahami dan mendeskripsikan tentang house rules dan informasi –informasi yang ada di dalamnya |
|
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 3 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran :
Pustaka : 1. Bartono PH,SE & Ruffino EM,SE, 2010, Hotel Supervision, Penerbit ANDI, Yogyakarta |
4 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Mampu memahami tentang supervisor dan instrumen bantu pengawasan Mampu memahami dan mendiskripsikan tentang log book dan informasi –informasi yang ada di dalamnya Mampu memahami dan mendiskripsikan tentang work time schedule dan informasi –informasi yang ada di dalamnya Mampu memahami dan mendiskripsikan tentang questioner dan informasi –informasi yang ada di dalamnya Mampu memahami dan mendiskripsikan tentang masukan informasi dan informasi –informasi yang ada di dalamnya Mampu memahami dan mendiskripsikan tentang checklist dan informasi –informasi yang ada di dalamnya |
|
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 3 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran :
Pustaka : 1. Bartono PH,SE & Ruffino EM,SE, 2010, Hotel Supervision, Penerbit ANDI, Yogyakarta |
4 |
|||
10 | Mampu memahami tentang komunikasi, tujuan / sasaran komunikasi, perencanaan komunikasi, hal-hal yang dapat mengganggu proses komunikasi, faktor- faktor yang mempengaruhi efektifitas komunikasi lisan, langkah-langkah komunikasi lisan secara efektif, bentuk- bentuk komunikasi tertulis, hal-hal yang perlu diperhatikan dalam komunikasi tertulis |
|
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 3 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran :
Pustaka : 1. Bartono PH,SE & Ruffino EM,SE, 2010, Hotel Supervision, Penerbit ANDI, Yogyakarta |
4 |
|||
11 | Mampu memahami dan menjelaskan tentang pengertian motivasi, menjelaskan jenis-jenis motivasi, menjelaskan dan mendeskripsikan model komunikasi positif dan model komunikasi negatif, teori –teori motivasi menurut Maslow dan Herzberg |
|
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 3 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran :
Pustaka : 1. Bartono PH,SE & Ruffino EM,SE, 2010, Hotel Supervision, Penerbit ANDI, Yogyakarta |
4 |
|||
12 | Mampu memahami dan menjelaskan tentang pendelegasian wewenang, kegagalan dalam pendelegasian wewenang, cara-cara pendelegasian wewenang yang efektif |
|
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 3 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran :
Pustaka 1. Bartono PH,SE & Ruffino EM,SE, 2010, Hotel Supervision, Penerbit ANDI, Yogyakarta |
4 |
|||
13 | Mampu memahami dan menjelaskan tentang penilaian Kinerja Karyawan, tujuan penilaian kinerja karyawan, menyebutkan hal-hal yang dinilai dari kinerja karyawan, kelemahan-kelemahan yang mungkin terjadi dalam penilaian kinerja karyawan, dapat melakukan penilaian kinerja karyawan |
|
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 3 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran :
Pustaka : 1. Bartono PH,SE & Ruffino EM,SE, 2010, Hotel Supervision, Penerbit ANDI, Yogyakarta |
4 |
|||
14 | Mampu menjelaskan tentang penarikan tenaga kerja, melakukan proses penarikan tenaga kerja, menyebutkan hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam proses penarikan tenaga kerja yang dilakukan dalam penarikan tenaga kerja, menjelaskan pengertian dan tujuan seleksi, menyebutkan tahapan seleksi, menyebutkan beberapa kualifikasi yang dipakai dalam penarikan tenaga kerja, menjelaskan tentang orientasi kerja |
|
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 3 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran :
Pustaka : 1. Bartono PH,SE & Ruffino EM,SE, 2010, Hotel Supervision, Penerbit ANDI, Yogyakarta |
4 |
|||
15 | Mampu memahami dan menjelaskan tentang pendidikan dan pelatihan, menyebutkan metode-metode pelatihan, menjelaskan manfaat pelatihan, menjelaskan langkah-langkah pelatihan, menjelaskan prinsip-prinsip belajar bagi orang dewasa, menjelaskan traine to trainer |
|
Kriteria : Ketepatan penjelasan materi Bentuk :
Karakteristik Pembelajaran :
|
Metode : Interaktif Estimasi Waktu : Luring : Diskusi (TM: 3 x 50 Menit) Daring : https://blp2.Poltekba.ac.id |
Materi Pembelajaran :
Pustaka : 1. Bartono PH,SE & Ruffino EM,SE, 2010, Hotel Supervision, Penerbit ANDI, Yogyakarta |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Andi Yasir Amsal lahir di Bulukumba pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan PERHOTELAN Program Studi Pengelolaan Perhotelan |
|