.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:fatmawati@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 2:29 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Bahasa Indonesia |
TS120222 |
2 |
0 |
2 |
28 |
2 |
28-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Fatmawati S.T., M.T. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 198402152019032009 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-1) Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius (S-2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika (S-4) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila (S-5) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan (S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-6) Menguasai pengetahuan teknik berkomunikasi (lisan, laporan teknis, dan grafis) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-9) Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-9) Mampu membuat dokumen kontrak dan syarat-syarat administrasi untuk tahap perencanaan, pelaksanaan dan pasca konstruksi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK 1: Mampu menjelaskan hakekat dan konsep bahasa Indonesia sebagai bagian dari keragaman budaya CP-MK 2: Mampu menjelaskan beragam fungsi bahasa CP-MK 3: Mampu menjelaskan ragam bahasa CP-MK 4: Mampu menjelaskan unsur pembentuk struktur bahasa Indonesia CP-MK 5: Mampu menyampaikan gagasan ilmiah dalam struktur kalimat efektif Cp-MK 6: Mampu menyampaikan wacana dalam teks mikro dan makro sesuai kaidah tulisan ilmiah CP-MK 7: Mampu membangun dan menuliskan argumen dalam teks makro CP-MK 8: Mampu memahami dan menjelaskan informasi teknik penulisan karya ilmiah dan nonilmiah CP-MK 9: Mampu menghasilkan karya tulis |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP- MK1: Mampu memahami hakikat dan fungsi bahasa Indonesia [C2, A2, P1] Sub CP-MK2: Mampu memahami dan membedakan ragam bahasa Indonesia [C2, A2, P4] Sub CP-MK3: Mampu membedakan kelas kata dalam struktur bahasa Indonesia [C2, A2, P4] Sub CP-MK4: Mampu menjelaskan peran dan konsep frasa dan klausa dalam tata bahasa Indonesia [C2, A2, P4 Sub CP-MK5: Mampu menuangkan gagasan ilmiah dalam bentuk kalimat efektif [C3, A2, P4] Sub CP-MK6: Mampu menggunakan unsur-unsur ejaan, seperti huruf, tanda baca, dan penulisan unsur serapan dalam bahasa Indonesia dengan benar [C2, A2, P4] Sub CP-MK7: Mampu menggunakan diksi secara tepat sesuai konteks tulisan (Genre makro) [C2, A2, P4] Sub CP-MK8: Mampu menuangkan gagasan secara tepat dalam paragraf (teks mikro) [C2, A2, P4] Sub CP-MK9: Mampu menulis esai dengan karakteristik dan struktur yang tepat [C3, A2, P4] Sub CP-MK10: Mampu memahami dan mengeksplorasi karya tulis. [C2, A2, P4] Sub CP-MK11: Mampu menjelaskan orisinalitas karya tulis [C2, A2, P4] Sub CP-MK12: Mampu menjelaskan struktur dan sistematika penulisan artikel. [C2, A2, P4] Sub CP-MK13: Mampu menuangkan gagasan kreatif dalam proposal [C3, A2, P4] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Bahasa Indonesia mempelajari Fungsi dan Kedudukan Bahasa Indonesia, Ragam Bahasa, Struktur Bahasa Indonesia/kalimat Efektif, Ekplorasi Karya Tulis, dan Orisinalitas Karya Tulis. | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
A. Fungsi dan Kedudukan Bahasa Indonesia B. Ragam Bahasa C. Struktur Bahasa Indonesia/Kalimat Efektif D. Eksplorasi Karya Tulis E. Orisinalitas Karya Tulis F. Artikel Ilmiah G. Proposal PKM |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : LCD Proyektor Laptop White Board |
|||||||
Dosen Pengampu |
Fatmawati, |
Mata Kuliah |
Bahasa Indonesia |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS120222 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP- MK1: Mampu memahami hakikat dan fungsi bahasa Indonesia [C2, A2, P1] |
1. Ketepatan menjelaskan hakikat bahasa Indonesia 2. Ketepatan menjelaskan fungsi penggunaan bahasa Indonesia |
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 1. Tes lisan 2. Observasi |
Proses Belajar (1 minggu x 2 SKS x 50') Ceramah, diskusi (kontekstual, interaktif, integratif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x 2 SKS x 60') Tugas 1: Mengumpulkan data kebahasaan melalui berbagai sumber, seperti media sosial, TV, spanduk, poster, dll Kegiatan Mandiri 1 minggu x 2 SKS x 60' |
Pustaka: 1 |
2 |
|||
2 | Sub CP-MK2: Mampu memahami dan membedakan ragam bahasa Indonesia [C2, A2, P4] |
1. Ketepatan menjelaskan konsep umum ragam bahasa 2. Ketepatan menjelaskan ragam bahasa 3. Ketepatan mengidentifikasi penggunaan ragam bahasa tertentu sesuai konteks |
Observasi |
Proses Belajar (1 minggu x 2 SKS x 50'): Ceramah, diskusi (holistik, kontekstual, interaktif, integratif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x 2 SKS x 60') Tugas 2: Melakukan survei penggunaan ragam bahasa di lingkungan sekitar Kegiatan Mandiri (1 minggu x 2 SKS x 60') |
1. Ragam bahasa 2. Faktor timbulnya ragam bahasa
Pustaka: 1 & 6 |
2 |
|||
3 | Sub CP-MK3: Mampu membedakan kelas kata dalam struktur bahasa Indonesia [C2, A2, P4] |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x 2 SKS x 50'): Ceramah, diskusi (holistik, kontekstual, interaktif, integratif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x 2 SKS x 60') Kegiatan Mandiri (1 minggu x 2 SKS x 60') |
Pustaka: 1 & 6 |
2 |
|||
4 | Sub CP-MK4: Mampu menjelaskan peran dan konsep frasa dan klausa dalam tata bahasa Indonesia [C2, A2, P4 |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian: 2. Observasi |
Proses Belajar (1 minggu x 2 SKS x 50'): Ceramah, presentasi, diskusi (holistik, kontekstual, interaktif, kolaboratif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x 2 SKS x 60') Kegiatan Mandiri (1 minggu x 2 SKS x 60') |
Pustaka: 2 & 3 |
2 |
|||
5 | Sub CP-MK5: Mampu menuangkan gagasan ilmiah dalam bentuk kalimat efektif [C3, A2, P4] |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x 2 SKS x 50') Ceramah, presentasi, diskusi (holistik, kontekstual, interaktif, kolaboratif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x 2 SKS x 60') Tugas 3: Menyusun laporan dengan kalimat efektif dan presentasi terkait kegiatan survei ragam bahasa Kegiatan Mandiri (1 minggu x 2 SKS x 60') |
Kalimat Efektif dalam bahasa Indonesia Pustaka: 2 & 3 |
3 |
|||
6 | Sub CP-MK6: Mampu menggunakan unsur-unsur ejaan, seperti huruf, tanda baca, dan penulisan unsur serapan dalam bahasa Indonesia dengan benar [C2, A2, P4] |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x 2 SKS x 50'): Ceramah, diskusi (holistik, kontekstual, interaktif, efektif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x 2 SKS x 60') Tugas 4: Menemukan kesalahan ejaan dalam laporan penelitian Kegiatan Mandiri (1 minggu x 2 SKS x 60') |
Ejaan bahasa Indonesia Pustaka: 2 & 3 |
3 |
|||
7 | Sub CP-MK7: Mampu menggunakan diksi secara tepat sesuai konteks tulisan (Genre makro) [C2, A2, P4] |
|
Kriteria penilaian: Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x 2 SKS x 50'): Ceramah, praktik, diskusi (holistik, kontekstual, interaktif, efektif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x 2 SKS x 60') Tugas 5: Membuat video penggunaan diksi sesuai konteks Kegiatan Mandiri (1 minggu x 2 SKS x 60') |
Penggunaan diksi dalam genre makro Pustaka: 2, 4, 5, 6, & 8 |
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
30 |
|||||||
9 | Sub CP-MK8: Mampu menuangkan gagasan secara tepat dalam paragraf (teks mikro) [C2, A2, P4] |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x 2 SKS x 50'): Ceramah, praktik, diskusi (holistik, kontekstual, interaktif, efektif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x 2 SKS x 60') Tugas 6: Mengidentifikasi jenis paragraf dalam teks |
Pengembangan ide dalam paragraf (teks mikro) Pustaka: 2, 4, & 9 |
3 |
|||
10 | Sub CP-MK9: Mampu menulis esai dengan karakteristik dan struktur yang tepat [C3, A2, P4] |
|
Kriteria penilaian: Rubrik deskriptif Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x 2 SKS x 50'): Ceramah, praktik (holistik, kontekstual, integratif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x 2 SKS x 60') Tugas 7: Menulis esai sesuai dengan topik yang ditentukan |
Menuangkan gagasan dalam esai Pustaka: 2, 4, & 9 |
3 |
|||
11 | Sub CP-MK10: Mampu memahami dan mengeksplorasi karya tulis. [C2, A2, P4] |
|
Kriteria penilaian: Rubrik deskriptif Bentuk penilaian:
|
Proses belajar (1 minggu x 2 SKS x 50'): Kuliah, diskusi (kontekstual, integratif, interaktif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x 2 SKS x 60') Tugas 8: Menyusun argumentasi dalam sebuah teks ulasan Kegiatan Mandiri (1 minggu x 2 SKS x 60') |
Menulis teks ulasan Pustaka: 4, 5, & 9 |
3 |
|||
12 | Sub CP-MK11: Mampu menjelaskan orisinalitas karya tulis [C2, A2, P4] |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x 2 SKS x 50'): Ceramah, diskusi (holistik, kontekstual, integratif, interaktif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x 2 SKS x 60'): Tugas 9: Menginternalisasi nilai-nilai orisinalitas karya tulis Kegiatan Mandiri (1 minggu x 2 SKS x 60') |
Menerapkan sistem kutipan dan pustaka untuk menghindari plagiasi Pustaka: 4, 5, dan 9 |
3 |
|||
13 | Sub CP-MK12: Mampu menjelaskan struktur dan sistematika penulisan artikel. [C2, A2, P4] |
|
Kriteria penilaian: Pedoman penskoran Bentuk penilaian:
|
Poses Belajar (1 minggu x 2 SKS x 50'): Ceramah, praktik (holistik, kontekstual, integratif, interaktif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x 2 SKS x 60'): Kegiatan Mandiri (1 minggu x 2 SKS x 60') |
Struktur dan sistematika artikel ilmiah Pustaka: 4, 5, dan 9 |
3 |
|||
14 | Sub CP-MK13: Mampu menuangkan gagasan kreatif dalam proposal [C3, A2, P4] |
|
Kriteria penilaian: Rubrik deskriptif Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x 2 SKS x 50'): PjBL, diskusi (Tematik, holistik, integratif, interaktif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x 2 SKS x 60'): Kegiatan Mandiri (1 minggu x 2 SKS x 60') |
Menyusun Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Pustaka: 4, 5, & 9 |
4 |
|||
15 | Sub CP-MK13: Mampu menuangkan gagasan kreatif dalam proposal [C3, A2, P4] |
|
Kriteria penilaian: Rubrik deskriptif Bentuk penilaian:
|
Proses Belajar (1 minggu x 2 SKS x 50'): PjBL, diskusi (Tematik, holistik, integratif, interaktif) Penugasan Terstruktur (1 minggu x 2 SKS x 60'): Kegiatan Mandiri (1 minggu x 2 SKS x 60') |
Menyusun Proposal PKM Pustaka: 4, 5, & 9 |
4 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Fatmawati lahir di Pare-Pare pada tanggal 15-02-1984 Jabatan fungsional Tenaga Pengajar Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|