.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:arwin@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 2:39 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK MESIN |
|
||||||
PROGRAM
STUDI ALAT BERAT |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Intermediate Powertrain |
AB220422 |
1 |
2 |
3 |
70 |
4 |
27-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Arwin S.Pd., M.T. |
Ali Abrar S.Si., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. 199001072022031005 |
NIP/NIK. 197702032015041003 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai konsep teroritis secara umum tentang tujuan dan metode perawatan, sumber daya, perangkat IT, dan teknologi modern yang sesuai untuk melaksanakan program perawatan alat berat (P-3) Mengusai konsep K3L |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-1) Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku (KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri (KU-4) Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan (KU-5) Mampu bekerjasama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaanya |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-5) Mampu melakukan proses melepas dan memasang komponen-komponen utama alat berat sesuai dengan service literature dan memperhatikan K3L (KK-6) Mampu melakukan proses membongkar dan merakit komponen-komponen utama alat berat sesuai dengan service literature dan memperhatikan K3L (KK-7) Mampu melakukan pemeriksaan visual dengan menggunakan checklist dan service literature kebocoran, kerusakan struktur, kelainan suara, kelainan gas buang, kelainan system dengan memperhatikan K3L (KK-8) Mampu melakukan diagnose dan pemecahan masalah sederhana pada unit alat berat dengan memperhatikan konsep troubleshooting dengan memperhatikan K3L |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
Mampu mendiagnosa (diagnose) dan memperbaiki (repair) sistem kopling gesek dan fluid koping (torque converter), transmisi manual, transmisi otomatis, drive shaft, dan final drive pada alat berat sesuai dengan SOP dan K3L |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub-CPMK 1 : Mampu mendiagnosa (diagnose) dan memperbaiki (repair) sistem kopling gesek dan fluid kopling (torque converter pada alat berat. (C4, P2,A2) Sub-CPMK 2 : Mampu mendiagnosa (diagnose) dan memperbaiki (repair) transmisi manual pada alat berat. (C4, P2,A2) Sub-CPMK 3 : Mampu mendiagnosa (diagnose) dan memperbaiki (repair) transmisi otomatis pada alat berat. (C4, P2,A2) Sub-CPMK 4 : Mampu mendiagnosa (diagnose) dan memperbaiki (repair) drive shaft pada alat berat. (C4, P2,A2) Sub-CPMK 5 : Mampu mendiagnosa (diagnose) dan memperbaiki (repair) final drive pada alat berat. (C4, P2,A2) |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Intermediate Powertrain mempelajari tentang cara melakukan diagnosa (diagnose) dan langkah perbaikan (repair) sistem kopling gesek dan fluid kopling (torque converter), transmisi manual, transmisi otomatis, drive shaft, dan final drive pada alat berat sesuai dengan SOP dan K3L. |
|||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Kopling gesek dan fluid kopling (torque converter) |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: 1. Automotive Engineering, Powertrain, Chasis System and Vehicle Body, David A. Crolla (2009), Elsevier Inc. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : Laptop, proyektor, papan tulis, spidol, penghapus, kertas, pulpen, unit engine stand Nissan, torqueflow transmission, manual transmission, automatic transmission, differential dan tandem differential, serta unit truck Iveco. |
|||||||
Dosen Pengampu |
Arwin, |
Mata Kuliah |
Intermediate Powertrain |
|||
Kode Mata Kuliah |
AB220422 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1,2,3 | Sub-CPMK 1 : Mampu mendiagnosa (diagnose) dan memperbaiki (repair) sistem kopling gesek dan fluid kopling (torque converter pada alat berat. (C4, P2,A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode Pembelajaran: TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1 x 60 menit. Tugas 1 Membuat ringkasan tentang troubleshooting pada kopling gesek dan fluid kopling (torque converter) BM, 1 x 60 menit. Merangkum materi pertemuan ke-1-3 di BLP2. Praktikum 3 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) |
Materi Pembelajaran:
Pustaka:
|
3 |
|||
Sub-CPMK 1 : Mampu mendiagnosa (diagnose) dan memperbaiki (repair) sistem kopling gesek dan fluid kopling (torque converter pada alat berat. (C4, P2,A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode Pembelajaran: TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1 x 60 menit. Tugas 1 Membuat ringkasan tentang troubleshooting pada kopling gesek dan fluid kopling (torque converter) BM, 1 x 60 menit. Merangkum materi pertemuan ke-1-3 di BLP2. Praktikum 3 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) |
Materi Pembelajaran:
Pustaka:
|
3 |
||||
Sub-CPMK 1 : Mampu mendiagnosa (diagnose) dan memperbaiki (repair) sistem kopling gesek dan fluid kopling (torque converter pada alat berat. (C4, P2,A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode Pembelajaran: TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1 x 60 menit. Tugas 1 Membuat ringkasan tentang troubleshooting pada kopling gesek dan fluid kopling (torque converter) BM, 1 x 60 menit. Merangkum materi pertemuan ke-1-3 di BLP2. Praktikum 3 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) |
Materi Pembelajaran:
Pustaka:
|
3 |
||||
4, 5, 6 | Sub-CPMK 2 : Mampu mendiagnosa (diagnose) dan memperbaiki (repair) transmisi manual pada alat berat. (C4, P2,A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode Pembelajaran: CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, diskusi kelompok (Interaktif,integratif, kontekstual) BT, 1x60 menit. Tugas 2 Melakukan review jurnal tentang transmisi manual alat berat BM, 1x60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-4-6 di BLP2. Praktikum 3 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) |
Materi Pembelajaran:
Pustaka:
|
3 |
|||
Sub-CPMK 2 : Mampu mendiagnosa (diagnose) dan memperbaiki (repair) transmisi manual pada alat berat. (C4, P2,A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode Pembelajaran: CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1x60 menit. Tugas 2 Melakukan review jurnal tentang transmisi manual alat berat BM, 1x60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-4-6 di BLP2. Praktikum 3 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) |
Materi Pembelajaran:
Pustaka:
|
5 |
||||
Sub-CPMK 2 : Mampu mendiagnosa (diagnose) dan memperbaiki (repair) transmisi manual pada alat berat. (C4, P2,A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode Pembelajaran: CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, diskusi kelompok (Interaktif,integratif,kontekstual) BT, 1x60 menit. Tugas 2 Melakukan review jurnal tentang transmisi manual alat berat BM, 1x60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-4-6 di BLP2. Praktikum 3 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) |
Metode pembelajaran:
Pustaka:
|
5 |
||||
7 | Sub-CPMK 3 : Mampu mendiagnosa (diagnose) dan memperbaiki (repair) transmisi otomatis pada alat berat. (C4, P2,A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode pembelajaran: TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, tanya jawab, dan diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1x60 menit. Tugas 3 Membuat ringkasan tentang prinsip kerja dan kerusakan yang sering terjadi pada Automatic Transmision BM, 1x60 menit. Mempelajari materi pertemuan 7 di BLP2. Praktikum 3 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) |
Materi Pembelajaran:
Pustaka :
|
2 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9,10 | Sub-CPMK 3 : Mampu mendiagnosa (diagnose) dan memperbaiki (repair) transmisi otomatis pada alat berat. (C4, P2,A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode Pembelajaran: TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1 x 60 menit. Tugas 3 Membuat ringkasan tentang prinsip kerja dan kerusakan yang sering terjadi pada Automatic Transmision BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke- 9-10 di BLP2. Praktikum 3 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) |
Materi pembelajaran :
Pustaka:
|
3 |
|||
Sub-CPMK 3 : Mampu mendiagnosa (diagnose) dan memperbaiki (repair) transmisi otomatis pada alat berat. (C4, P2,A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode Pembelajaran: TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, diskusi kelompok (Interaktif,integratif) BT, 1 x 60 menit. Tugas 3 Membuat ringkasan tentang prinsip kerja dan kerusakan yang sering terjadi pada Automatic Transmision BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke- 7-10 di BLP2. Praktikum 3 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) |
Materi pembelajaran :
Bahan Pustaka:
|
3 |
||||
11,12 | Sub-CPMK 4 : Mampu mendiagnosa (diagnose) dan memperbaiki (repair) drive shaft pada alat berat. (C4, P2,A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode Pembelajaran: CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, diskusi kelompok (Interaktif,integratif, kontekstual) BT, 1 x 60 menit. Tugas 4 : Studi kasus artikel/jurnal tentang troubleshooting pada drive shaft alat berat BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-7 di BLP2. Praktikum 3 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) |
Materi Pembelajaran:
Bahan Pustaka:
|
3 |
|||
Sub-CPMK 4 : Mampu mendiagnosa (diagnose) dan memperbaiki (repair) drive shaft pada alat berat. (C4, P2,A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Tes ( Soal Essay) |
Metode Pembelajaran: CBL TM, 1 x 50 menit. Ceramah, pemaparan materi, diskusi kelompok (Interaktif,integratif, kontekstual) BT, 1 x 60 menit. Tugas 4 : Studi kasus artikel/jurnal tentang troubleshooting pada drive shaft alat berat BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-11-12 di BLP2. Praktikum 3x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) |
Materi Pembelajaran:
Bahan Pustaka:
|
3 |
||||
13,14,15 | Sub-CPMK 5 : Mampu mendiagnosa (diagnose) dan memperbaiki (repair) final drive pada alat berat. (C4, P2,A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Non Tes (Observasi) |
Metode Pembelajaran: TM, 1 x 50 menit. Ceramah, tanya jawab (Interaktif,integratif) BT, 1 x 60 menit. Tugas 5 : Melakukan review artikel/jurnal tentang troubleshooting pada final drive alat berat BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke 13-15 di BLP2. Praktikum 3 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) |
Materi Pembelajaran:
Sumber Pustaka:
|
3 |
|||
Sub-CPMK 5 : Mampu mendiagnosa (diagnose) dan memperbaiki (repair) final drive pada alat berat. (C4, P2,A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Non Tes ( Observasi) |
Metode Pembelajaran: TM, 1 x 50 menit. Ceramah, tanya jawab (Interaktif,integratif) BT, 1 x 60 menit. Tugas 5 : Melakukan review artikel/jurnal tentang troubleshooting pada final drive alat berat BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-13-15 di BLP2. Praktikum 3 x 170 Men (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) |
Materi Pembelajaran:
Bahan Pustaka: Shop manual IVECO Truck. |
3 |
||||
Sub-CPMK 5 : Mampu mendiagnosa (diagnose) dan memperbaiki (repair) final drive pada alat berat. (C4, P2,A2) |
|
Kriteria : Rubrik (Pedoman Penskoran) Bentuk Penilaian : Non Tes ( Observasi) |
Metode Pembelajaran: TM, 1 x 50 menit. Ceramah, tanya jawab (Interaktif,integratif) BT, 1 x 60 menit. Tugas 5 : Melakukan review artikel/jurnal tentang troubleshooting pada final drive alat berat BM, 1 x 60 menit. Mempelajari materi pertemuan ke-13-15 di BLP2. Praktikum 3 x 170 Menit (Kolaboratif, berpusat pada mahasiswa) |
Materi Pembelajaran:
Bahan Pustaka: Shop manual IVECO Truck. |
3 |
||||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
30 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Arwin lahir di Toli-toli pada tanggal 07 Januari 1990 Jabatan fungsional Jurusan TEKNIK MESIN Program Studi Alat Berat |
|