.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:mariatul.kiptiah@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 12, 2025, 4:30 pm Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK SIPIL |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK SIPIL |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Laboratorium Uji Bahan |
TS120822 |
0 |
2 |
2 |
84 |
2 |
25-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Mariatul Kiptiah S.T., M.Eng. |
Ezra Hartarto Pongtuluran S.T., M.Eng. |
|||||||
NIP/NIK. 199008172019032031 |
NIP/NIK. 199110232019031013 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-8) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-2) Menguasai prinsip pengujian dan pengukuran komponen bangunan sipil sesuai codes dan standar (P-8) Menguasai prosedur dan standar kerja (SOP) bangunangedung di area praktikum, studio dan kegiatan laboratorium dengan mengaplikasikan prinsip sistem keamanan dan kesehatan kerja dan lingkungan (SMK3L) |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-2) Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur (KU-5) Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data (KU-8) Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-2) Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah pelaksanaan bangunan sipil yang terdefinisi secara jelas, dengan menganalisis data, memanfaatkan standar dan pedoman teknis, serta mampu memilih metode penyelesaian yang tepat dengan memperhatikan aspek kesehatan, keselamatan publik , lingkungan (SMK3L),aspek hukum dan ekonomi (KK-7) Mampu melakukan pengujian dan kontrol mutu berdasarkan prosedur dan standar uji bahan konstruksi, uji kelayakan tanah, mengolah data uji dan membuat laporan pengujian untuk keperluan fase konstruksi |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
mahasiswa mampu membuat campuran beton berdasarkan SNI 2834-2000 tentang Tata Cara Pembuatan Rencana Campuran Beton Normal, melaksanakan pemeriksaan agregat campuran beton dan pengujian beton |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK 1: Mampu memeriksa dan menguji bahan pembentuk campuran beton [C3, A4] Mampu merencanakan campuran benda uji beton normal (Mix Desain) Sub CP-MK 2: Mampu Membuat Benda Uji Beton Normal [C3, A4] Sub CP-MK 3: Mampu Mengevaluasi Uji Slump campuran beton [C3, A4] Sub CP-MK 4: Mampu Merawat beton [C3, A4] Sub CP-MK 5: Mampu memeriksan berat volume beton segar menguji kuat tekan benda uji beton norma [C3, A4] Sub CP-MK 6: Mampu Mampu memilih dan menetapkan Kendala dan kasus permasalahan pemeriksaan material bahan campuran beton normal di lingkungan konstruksi atau industri sekitar Kota Balikpapanl [C3, A4] |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Matakuliah Laboratorium Uji BahanĀ mata kuliah praktek yang mempelajari pengujian terhadap bahan material pembentuk beton yaitu agregat halus dan agregat kasar. Dengan pengujian dasar berupa pemeriksaan gradasi, kadar air, pemeriksaan berat jenis & penyerapan, pemeriksaan berat isi, kadar lumpur dan uji keausan khusus untuk agregat kasar. Melakukan mix design beton dilanjutkan dengan membuat dan merawat sampel beton dan diakhiri dengan melakuakn uji tekan beton. Melakukan Pembuatan Campuran Beton dengan bahan tambahan, penggambungan dua kombinasi agregat kasar dan penggambungan dua kombinasi agregat halus | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Pemeriksaan agregat - Pembuatan beton normal - Pengujian beton normal |
|||||||
Pustaka |
Pustaka Utama: |
|||||||
Media Pembelajaran |
Media : |
|||||||
Dosen Pengampu |
Mariatul Kiptiah, |
Mata Kuliah |
Laboratorium Uji Bahan |
|||
Kode Mata Kuliah |
TS120822 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK 1: Mampu memeriksa dan menguji bahan pembentuk campuran beton [C3, A4] |
|
Kriteria penilaian : Laporan praktik Pedoman penskoran Bentuk penilaian : 1. Soal essay 2. Observas |
Metode Pembelajaran: 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tugas dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 6 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
1. Pendahuluan 2. Perkenalan alat dan bahan praktik Pustaka 1 |
2 |
|||
2 | Sub CP-MK 1: Mampu memeriksa dan menguji bahan pembentuk campuran beton [C3, A4] |
|
Kriteria penilaian : Laporan praktik Bentuk penilaian : 1. Soal essay 2. Observasi praktik |
Metode Pembelajaran: 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tugas dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 6 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Pustaka 1 |
5 |
|||
3 | Sub CP-MK 1: Mampu memeriksa dan menguji bahan pembentuk campuran beton [C3, A4] |
|
Kriteria penilaian : Laporan praktik Bentuk penilaian : 1. Soal essay 2. Observasi praktik |
Metode Pembelajaran: 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tugas dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 6 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
|
3 |
|||
4 | Sub CP-MK 1: Mampu memeriksa dan menguji bahan pembentuk campuran beton [C3, A4] |
|
Kriteria penilaian : Laporan praktik Bentuk penilaian : 1. Soal essay 2. Observasi praktik |
Metode Pembelajaran: 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tugas dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 6 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Pustaka 1 |
3 |
|||
5 | Sub CP-MK 2: Mampu Membuat Benda Uji Beton Normal [C3, A4] |
|
Kriteria penilaian : Laporan praktik Bentuk penilaian : 1. Soal essay 2. Observasi praktik |
Metode Pembelajaran: 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tugas dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 6 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Pustaka 1 dan 2 |
3 |
|||
6 | Sub CP-MK 3: Mampu Mengevaluasi Uji Slump campuran beton [C3, A4] |
|
Kriteria penilaian : Laporan praktik Bentuk penilaian : 1. Soal essay 2. Observasi praktik |
Metode Pembelajaran: 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tugas dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 6 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
|
3 |
|||
7 | Sub CP-MK 4: Mampu Merawat beton [C3, A4] |
|
Kriteria penilaian : Laporan praktik Bentuk penilaian : 1. Soal essay 2. Observasi praktik |
Metode Pembelajaran: 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tugas dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 6 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
|
3 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
25 |
|||||||
9 | Sub CP-MK 5: Mampu memeriksan berat volume beton segar [C3, A4] |
|
Kriteria penilaian : Laporan praktik Bentuk penilaian : 1. Soal essay 2. Observasi lapangan |
Metode Pembelajaran: 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tugas dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 6 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
CBL : Material bahan campuran beton normal dengan memanfaatkan bahan material local di Kota Balikpapan
|
5 |
|||
10 | Sub CP-MK 6: Mampu Mampu memilih dan menetapkan Kendala dan kasus permasalahan pemeriksaan material bahan campuran beton normal di lingkungan konstruksi atau industri sekitar Kota Balikpapanl [C3, A4] |
|
Kriteria penilaian : Laporan praktik Bentuk penilaian : 1. Soal essay 2. Observasi prakti |
Metode Pembelajaran: 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tugas dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 6 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
CBL: Kendala dan kasus permasalahan pemeriksaan material bahan campuran beton normal di lingkungan konstruksi atau industri sekitar Kota Balikpapan Pustaka 6,7,8,9 |
5 |
|||
11 | Sub CP-MK 6: Mampu Mampu memilih dan menetapkan Kendala dan kasus permasalahan pemeriksaan material bahan campuran beton normal di lingkungan konstruksi atau industri sekitar Kota Balikpapanl [C3, A4] |
|
Kriteria penilaian : Laporan praktik Bentuk penilaian : 1. Soal essay 2. Observasi praktik |
Metode Pembelajaran: 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tugas dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 6 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
CBL : Malakukan pemeriksan bahan material campuran beton dengan menggunakan bahan dengan memanfaatkan bahan material lokal dan bahan material dari permasalahan campuran beton normal di lingkungan konstruksi atau industri sekitar Kota Balikpapan. berupa pemeriksaan:
|
5 |
|||
12 | Sub CP-MK 6: Mampu Mampu memilih dan menetapkan Kendala dan kasus permasalahan pemeriksaan material bahan campuran beton normal di lingkungan konstruksi atau industri sekitar Kota Balikpapanl [C3, A4] |
|
Kriteria penilaian : Laporan praktik Bentuk penilaian : 1. Soal essay 2. Observasi praktik |
Metode Pembelajaran: 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tugas dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 6 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
CBL: Malakukan pemeriksan bahan material campuran beton dengan menggunakan bahan dengan memanfaatkan bahan material lokal dan bahan material dari permasalahan campuran beton normal di lingkungan konstruksi atau industri sekitar Kota Balikpapan. berupa pemeriksaan
|
3 |
|||
13 | Sub CP-MK 6: Mampu Mampu memilih dan menetapkan Kendala dan kasus permasalahan pemeriksaan material bahan campuran beton normal di lingkungan konstruksi atau industri sekitar Kota Balikpapanl [C3, A4] |
|
Kriteria penilaian : Laporan praktik Bentuk penilaian : 1. Soal essay 2. Observasi praktik |
Metode Pembelajaran: 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tugas dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 6 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
CBL : Malakukan pemeriksan bahan material campuran beton dengan menggunakan bahan dengan memanfaatkan bahan material lokal dan bahan material dari permasalahan campuran beton normal di lingkungan konstruksi atau industri sekitar Kota Balikpapan. berupa pemeriksaan
|
3 |
|||
14 | Sub CP-MK 6: Mampu Mampu memilih dan menetapkan Kendala dan kasus permasalahan pemeriksaan material bahan campuran beton normal di lingkungan konstruksi atau industri sekitar Kota Balikpapanl [C3, A4] |
|
Kriteria penilaian : Laporan praktik Bentuk penilaian : 1. Soal essay 2. Observasi prakti |
Metode Pembelajaran: 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tugas dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 6 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Pustaka 12, 13 |
4 |
|||
15 | Sub CP-MK 6: Mampu Mampu memilih dan menetapkan Kendala dan kasus permasalahan pemeriksaan material bahan campuran beton normal di lingkungan konstruksi atau industri sekitar Kota Balikpapanl [C3, A4] |
|
Kriteria penilaian : Laporan praktik Bentuk penilaian : 1. Soal essay 2. Observasi prakti |
Metode Pembelajaran: 1. Ceramah 2. Diskusi 3. Tugas dengan karakteristik proses pembelajaran interaktif, konstektual, scientific, dan berpusat pada mahasiswa BM : 2 x 60 menit (membaca RPS dan Materi Pendahuluan yang diupload BLP) TM : 6 x 50 menit (pemaparan RPS dan pemaparan materi) BT : 2 x 60 menit (Mengerjakan soal latihan) |
Pustaka 13 |
3 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
25 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Mariatul Kiptiah lahir di Palangka Raya pada tanggal 17-08-1990 Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK SIPIL Program Studi Teknik Sipil |
|