.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Email Pengembang RPS:danar.retno@poltekba.ac.id |
Generated by SPMI apps :@May 9, 2025, 1:17 am Form. Code: FRM/AK/08.133.0 |
|
JURUSAN TEKNIK ELEKTRO |
|
||||||
PROGRAM
STUDI TEKNIK ELEKTRONIKA |
||||||||
RENCANA
PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) T.A 2023/2024 |
||||||||
MATA KULIAH |
KODE |
BOBOT SKS |
JAM/SMT |
SEMESTER |
TANGGAL PENYUSUNAN |
|||
T |
P |
TOTAL |
||||||
Pemrograman Aplikasi Bergerak |
TE220819 |
1 |
1 |
2 |
56 |
4 |
25-02-2024 |
|
OTORISASI |
DOSEN PENGEMBANG RPS |
KETUA PROGRAM STUDI |
||||||
Scan QR untuk Akses
Dokumen ini |
|
|
||||||
Danar Retno Sari |
Qory Hidayati S.T., M.T. |
|||||||
NIP/NIK. |
NIP/NIK. 198611142019032014 |
|||||||
Capaian Pembelajaran
(CPL) |
CPL
- PRODI |
|||||||
SIKAP |
||||||||
(S-9) Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahlian secara mandiri (S-10) Menginternalisasi semangat kemadirian, kejuangan dan kewirausahaan |
||||||||
PENGETAHUAN |
||||||||
(P-3) Menguasai pengetahuan tentang perangkat pemrograman, simulasi dan penggunaan teknologi informasi untuk rekayasa dan penyelesaian pekerjaan bidang instrumentasi dan sistem kendali (P-6) Menguasai pengetahuan tentang tata cara komunikasi dengan pihak lain dengan memperhatikan etika komunikasi |
||||||||
KETRAMPILAN
UMUM |
|
|||||||
(KU-3) Mampu memecahkan masalah pekerjaan pada bidang instrumentasi dan sistem kendali didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggungjawab atas hasilnya secara mandiri (KU-5) Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif pada bidang instrumentasi dan sistema kendali |
||||||||
KETERAMPILAN
KHUSUS |
||||||||
(KK-4) Mampu melakukan pengujian dan pengukuran instrumentasi dan system kendali berdasarkan prosedur dan standar IEC untuk menganalisis, menginterpretasi dan menerapkan sesuai peruntukan (KK-8) Mampu mengintegrasikan sistem kendali dengan menggunakan komunikasi kabel dan atau nirkabel |
||||||||
Capaian Mata Kuliah
(CP-MK) |
CP
- MK |
|||||||
CP-MK1: Mahasiswa dapat menguasai konsep dasar pembuatan aplikasi bergerak beserta arsitektur Android Studio sebagai tool untuk aplikasi berbasis Android CP-MK2: Mahasiswa dapat merekayasa dan menganalisis proses dan parameter komputasi dalam aplikasi bergerak berbasis Android CP-MK3: Mahasiswa dapat Menggunakan software Android Studio, SQLite, PHP, dan MySQL dengan aplikasi tidak hanya berbasis client namun juga berbasis server |
||||||||
KEMAMPUAN
AKHIR SETIAP PERTEMUAN (Sub-CPMK) |
||||||||
Sub CP-MK1: Mahasiswa mampu menguasai dan memahami konsep activity class dan intention Sub CP-MK2: Mahasiswa memahami cara membuat UI dengan berbagai macam layout dan pilihan menu Sub CP-MK3: Mahasiswa memahami dan mampu mengguanakn picker dan list view untuk menampilkan list item Sub CP-MK4: Mahasiswa memahami dan membuat tampilan waktu menggunakan analog dan digital clock view Sub CP-MK5: Mahasiswa mampu membuat layanan, thread, alert, dan toast pada aplikasi yang dibuat Sub CP-MK6: Mahasiswa memahami dan mampu menyimpan dan mengambil file dengan shared preference Sub CP-MK7: Mahasiswa memahami dan mampu membuat dan menggunakan SQLite Database Sub CP-MK8: Mahasiswa memahami dan mampu melakukan materi pertemuan 1-7 Sub CP-MK9: Mahasiswa mampu memahami dan membuat aplikasi pengiriman pesan SMS secara terprogram Sub CP-MK10: Mampu mengimplementasikan Konsep Dasar Location pda Android Sub CP-MK11: Mahasiswa memahami dan mampu menampilkan Google Maps dan memperoleh data geografis menggunakan GPS Sub CP-MK12: Mahasiswa memahami dan mampu menggunakan Application Mobile pada Arduino Sub CP-MK13: Mahasiswa memahami dan mampu menggunakan Light Intensity dan Temperature Sensing Sub CP-MK14: Mahasiswa mampu memahami dan menggunakan sensor touch dan sensor alarm Sub CP-MK15: Mahasiswa memahami dan mampu membuat aplikasi dengan tiga layout yang terkoneksi Sub CP-MK16: Mahasiswa mampu memahami materi pertemuan 9-15 |
||||||||
Deskripsi Mata Kuliah |
Pada mata kuliah ini mahasiswa mempelajari: 1. perancangan aplikasi berbasis mobile, 2. mobile services, 3. merancang spesifikasi kostumisasi teknis smart phone/tablet, 4. merancang Penggunaan dan Pengembangan Mobile API, 5. mengidentifikasi Layanan Geolocation dan Geofencing, 6. Menyusun Mobile Location Based Service, GPS dan Mobile Navigation, 7. merancang Input-Output Android - Arduino, 8. Connectivity Sensor Light, Temperature, Touch, Alarm pada perangkat mobile Ardunio | |||||||
Materi Pembelajaran/
Pokok Bahasan |
Activity base class Intention Layout Widget Option Menu Contextual menu Menu Pop-up Service Shared Preference Location API Google Maps Sensor Light, Temperature, Alarm, Touch to Arduino |
|||||||
Pustaka |
1. Mario Böhmer, Beginning Android ADK with Arduino.
2. Gargenta, M. (2011). Learning Android. (A. O. and B. Jepson, Ed.). Sebastopol: O’Reilly Media, Inc.
3. Grummitt, C. (2018). iOS Development with Swift. (K. Petito, Ed.). Shelter Island: Manning Publications Co.
4. Landis, J., Haff, G. G., & Weatherford, Z. (2015). Android Programming Guide for Beginners. (N. Vyas, Ed.) (1st ed.).
Birmingham: Packt Publishing Ltd.
5. Iversen, J., & Michael, E. (2014). Learning Mobile App Development. Indiana: AddisonWesley
6. Phillips, B., & Hardy, B. (2013). Android Programming: The Big Nerd Ranch Guide (2nd ed.). Indianapolis: Big Nerd
Ranch, LLC. |
|||||||
Media Pembelajaran |
Perangkat Lunak: Android Studio, SQlite, PHP, dan MySQL
Perangkat Keras: Notebook & LCD Projector |
|||||||
Dosen Pengampu |
Danar Retno Sari, |
Mata Kuliah |
Pemrograman Aplikasi Bergerak |
|||
Kode Mata Kuliah |
TE220819 |
Minggu ke- |
Sub
CP-MK (sebagai kemampuan
akhir yang diharapkan) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk
Penilaian |
Metode Pembelajaran
(Estimasi Waktu) |
Materi Pembelajaran
(Pustaka) |
Bobot Penilaian
(%) |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|||
1 | Sub CP-MK1: Mahasiswa mampu menguasai dan memahami konsep activity class dan intention |
1. Ketepatan dalam menerapkan styles dan themes kedalam activities 2. Ketepatan dalam menggunakan intent object kedalam link activities 3. Ketepatan dalam menampilkan alerts user menggunakan notifikasi |
Kriteria: Ketepatan Bentuk non-tes: Observasi Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Discovery Learning [TM: 1 mg x (2 sks x50")] Tugas-1: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus [P: 1 mg x (2 sks x60")] Karakteristik: sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik,kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa Metode Pembelajaran : |
• Activity base class • Intention
1. Mario Böhmer, Beginning Android ADK with Arduino. 2. Gargenta, M. (2011). Learning Android. (A. O. and B. Jepson, Ed.). Sebastopol: O’Reilly Media, Inc. |
5 |
|||
2 | Sub CP-MK2: Mahasiswa memahami cara membuat UI dengan berbagai macam layout dan pilihan menu |
1. Ketepatan dalam mengelola dan menyesuaikan perubahan pada orietansi layar 2. Kesesuian dalam membuat UI secara terprogram 3. Keterampilan dalam membuat dan menggunakan tampilan menu dalam suatu aplikasi |
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian, keterampilan Bentuk non-tes: Praktikum Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Small Group Discussion 2. Discovery Learning 3. Collaborative Learning [TM: 1 mg x (2 sks x50")] Tugas-2: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus [P: 1 mg x (2 sks x60")] Karakteristik: sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa Metode Pembelajaran : |
• ViewGroup • Menu 1. Gargenta, M. (2011). Learning Android. (A. O. and B. Jepson, Ed.). Sebastopol: O’Reilly Media, Inc. 2. Grummitt, C. (2018). iOS Development with Swift. (K. Petito, Ed.). Shelter Island: Manning Publications Co |
5 |
|||
3 | Sub CP-MK3: Mahasiswa memahami dan mampu mengguanakn picker dan list view untuk menampilkan list item |
1. Ketepatan dalam menggunakan basic views pada Android untuk mendesain user Interface 2. Ketepatan dalam menggunakan picker views untuk menampilkan list item 3. Ketepatan dalam menggunakan list views untuk menampikan list pada item |
Kriteria: Ketepatan Bentuk non-tes : praktikum Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Discovery Learning [TM: 1 mg x (2 sks x50")] Tugas-3: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus [P: 1 mg x (2 sks x60")] Karakteristik: sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa Metode Pembelajaran : |
• Layout (Linier Layout, Relative Layout, Frame Layout, Table Layout) • Widgets (Form Widgets, Text Fields Text, Layouts, Composite, Images & Media, Time & Date) 1. Mario Böhmer, Beginning Android ADK with Arduino. 2. Gargenta, M. (2011). Learning Android. (A. O. and B. Jepson, Ed.). Sebastopol: O’Reilly Media, Inc. |
5 |
|||
4 | Sub CP-MK4: Mahasiswa memahami dan membuat tampilan waktu menggunakan analog dan digital clock view |
1. Ketepatan dalam menggunakan gallery, ImageSwitcher, GridView dan ImageView untuk menampilkan gambar 2. Keterampilan dalam membuat tampilan options menu dan context menu 3. Kejelasan dalam menampilkan waktu menggunakan tampilan AnalogClock dan DigitalClock |
Kriteria: Ketepatan, keterampilan, kejelasan Bentuk non-tes: Praktikum Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa
|
1. Collaborative Learning [TM: 1 mg x (2 sks x50")] Tugas-12: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus . [P: 1 mg x (2 sks x 60'')] Karakteristik: sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa Metode Pembelajaran : |
• Option Menu • Contextual menu • Menu Pop-up 1. Grummitt, C. (2018). iOS Development with Swift. (K. Petito, Ed.). Shelter Island: Manning Publications Co. 2. . Landis, J., Haff, G. G., & Weatherford, Z. (2015). Android Programming Guide for Beginners. (N. Vyas, Ed.) (1st ed.). Birmingham: Packt Publishing Ltd. |
5 |
|||
5 | Sub CP-MK5: Mahasiswa mampu membuat layanan, thread, alert, dan toast pada aplikasi yang dibuat |
1. Ketepatan dalam memahami kosep layanan pada android di belakang layar 2. Keterampilan dalam mengimplementasikan layanan seperti service, thread, alert, toast dan notif pada aalikasi yang akan dibuat |
Kriteria: Ketepatan, keterampilan Bentuk non-tes: Praktikum Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Collaborative Learning [TM: 1 mg x (2 sks x50")] Tugas-12: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus [P: 1 mg x (2 sks x60")] Karakteristik: sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa Metode Pembelajaran : |
• Services : Unbound, Bound • Method Service : onCreate(), onStart(Intent intent, int startId), onDestroy(), Ibinder onBind(Intent intent) Landis, J., Haff, G. G., & Weatherford, Z. (2015). Android Programming Guide for Beginners. (N. Vyas, Ed.) (1st ed.). Birmingham: Packt Publishing Ltd. |
5 |
|||
6 | Sub CP-MK6: Mahasiswa memahami dan mampu menyimpan dan mengambil file dengan shared preference |
1. Ketepatan dalam memahami konsep penyimpanan data pada Android 2. Ketepatan dalam menyimpan dan mengambil simple application data denganShared Preference 3. Ketepatan dalam menyimpan dan mengambil File dengan mengimplementasikan Java I/O |
Kriteria: Ketepatan Bentuk non-tes: Observasi Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa
|
1. Discovery Learning 2. Self-Directed Learning [TM: 1 mg x (2 sks x50")] Metode Pembelajaran : |
a. shared preference b. File - Pre Package - Created On Device 1. Grummitt, C. (2018). iOS Development with Swift. (K. Petito, Ed.). Shelter Island: Manning Publications Co. 2. Landis, J., Haff, G. G., & Weatherford, Z. (2015). Android Programming Guide for Beginners. (N. Vyas, Ed.) (1st ed.). Birmingham: Packt Publishing Ltd. |
5 |
|||
7 | Sub CP-MK7: Mahasiswa memahami dan mampu membuat dan menggunakan SQLite Database |
1. Keterampilan dalam memodifikasi preferences menggunakan PreferenceActivity class 2. Ketepatan dalam memahami bagaimana menulis file pada internal storage 3. Ketepatan dalam membuat dan menggunakan SQLite database |
Kriteria: keterampilan, keterapatan Bentuk non-tes: Praktikum Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Discovery Learning 2. Self-Directed Learning [TM: 1 mg x (2 sks x50")] Metode Pembelajaran : |
- PreferenceActivity - Internal storage - SQ Lite Database 1. Iversen, J., & Michael, E. (2014). Learning Mobile App Development. Indiana: AddisonWesley |
5 |
|||
8 |
UTS : Ujian Tengah Semester |
15 |
|||||||
9 | Sub CP-MK9: Mahasiswa mampu memahami dan membuat aplikasi pengiriman pesan SMS secara terprogram |
1. Ketepatan dalam mengirim pesan secara terprogram dari aplikasi 2. Ketepatan dalam menerima pesan SMS |
Kriteria: Ketepatan Bentuk non-tes: 1. Praktikum 2. Laporan proyek Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Discovery Learning [TM: 1 mg x (2 sks x50")] Tugas-12: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus [P: 1 mg x (2 sks x60")] Metode Pembelajaran : |
metode sendTextMessage (): - destinationAddress - scAddress - text - sentIntent - deliveryIntent 1. Gargenta, M. (2011). Learning Android. (A. O. and B. Jepson, Ed.). Sebastopol: O’Reilly Media, Inc. |
5 |
|||
10 | Sub CP-MK10: Mampu mengimplementasikan Konsep Dasar Location pda Android |
1. Ketepatan dalam memahami konsep dasar geolocation pada Android 2. Kesesuaian dalam mengimplementasikan konsep dasar location pada android 3. Kesesuaian dalam mengimplementasikan tracking movement dan jarak antar lokasi |
Kriteria: Ketepatan, kesesuaian Bentuk non-tes: Video kegiatan Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa
|
1. Discovery Learning [TM: 1 mg x (2 sks x50")] Tugas-12: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus [P: 1 mg x (2 sks x60")] Karakteristik: sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa Metode Pembelajaran : |
Location API - LocationManager - LocationProvider - Location Listener - Proximity Alert - GeoCoding - Security 1. Mario Böhmer, Beginning Android ADK with Arduino |
5 |
|||
11 | Sub CP-MK11: Mahasiswa memahami dan mampu menampilkan Google Maps dan memperoleh data geografis menggunakan GPS |
1. Ketepatan dalam memahami penggunaan Fragment untuk menampilkan peta 2. Ketepatan dalam memahami penggunaan dari google-api dan penerapannya pada aplikasi 3. Ketepatan dalam menambahkan marker (penanda) pada map dalam sebuah aplikasi 4. Ketepatan dalam memahami dan mampu menggunakan geocode dan reverse geocode. |
Kriteria: Ketepatan Bentuk non-tes: 1. Laporan hasil pengamatan dan analisis 2. Presentasi Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Collaborative Learning [TM: 1 mg x (2 sks x50")] Tugas-12: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus ......................... [P: 1 mg x (2 sks x60")] Karakteristik: sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa Metode Pembelajaran : |
- Location API - Google Maps - Map Fragment - Permission & Library 1. Mario Böhmer, Beginning Android ADK with Arduino. |
5 |
|||
12 | Sub CP-MK12: Mahasiswa memahami dan mampu menggunakan Application Mobile pada Arduino |
1. Ketepatan dalam memahami dan menggunakan InputOutput method pada Android ke Arduino |
Kriteria: Ketepatan Bentuk non-tes: Praktikum Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Discovery Learning [TM: 1 mg x (2 sks x50")] Tugas-12: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus . [P: 1 mg x (2 sks x60")] Karakteristik: sifat interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa Metode Pembelajaran : |
- Button - Switch - Pull-up Resistor - LED - Arduino Sketch 1. Mario Böhmer, Beginning Android ADK with Arduino. 2. Gargenta, M. (2011). Learning Android. (A. O. and B. Jepson, Ed.). Sebastopol: O’Reilly Media, Inc. |
5 |
|||
13 | Sub CP-MK13: Mahasiswa memahami dan mampu menggunakan Light Intensity dan Temperature Sensing |
1. Ketepatan dalam memahami konsep MVC pada pengembangan aplikasi IOS 2. Keterampilan dalam menerapkan konsep MVC pada aplikasi IOS |
Kriteria: Ketepatan, keterampilan Bentuk non-tes: 1. Laporan proyek 2. Presentasi Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Contextual Learning 2. Project Based Learning [TM: 1 mg x (2 sks x50")] Tugas-12: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus P: 1 mg x (2 sks x60")] Metode Pembelajaran : |
- Visible Light Color Ranges - Sensing Light Intensity with a Photoresistor - Termistor - The Steinhart-Hart Equation - Android Sketch 1. Mario Böhmer, Beginning Android ADK with Arduino. 2. Gargenta, M. (2011). Learning Android. (A. O. and B. Jepson, Ed.). Sebastopol: O’Reilly Media, Inc. 3. Grummitt, C. (2018). iOS Development with Swift. (K. Petito, Ed.). Shelter Island: Manning Publications Co. |
5 |
|||
14 | Sub CP-MK14: Mahasiswa mampu memahami dan menggunakan sensor touch dan sensor alarm |
1. Ketepatan dalam memahami dan menerapkan sensor touch 2. Ketepatan dalam memahami dan menerapkan sensor alarm |
Kriteria: Ketepatan Bentuk non Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Discovery Learning 2. Project Based Learning [TM: 1 mg x (2 sks x50")] Tugas-12: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus ......................... [P: 1 mg x (2 sks x60")] Metode Pembelajaran : |
- Temperatur - Thermistor - SMS Alarm - Tilt Switch - Camera Alarm - IR Light Barrier - Android Sketch 1. Mario Böhmer, Beginning Android ADK with Arduino. 2. Gargenta, M. (2011). Learning Android. (A. O. and B. Jepson, Ed.). Sebastopol: O’Reilly Media, Inc. 3. Grummitt, C. (2018). iOS Development with Swift. (K. Petito, Ed.). Shelter Island: Manning Publications Co |
5 |
|||
15 | Sub CP-MK15: Mahasiswa memahami dan mampu membuat aplikasi dengan tiga layout yang terkoneksi |
1. Keaktifan dalam membuat aplikasi dengan beberapa layout yang terhubung 2. Keterampilan dalam menerapkan aplikasi dengan penggunaan datepicker |
Kriteria: Keaktifan, keterampilan Bentuk non-tes: 1. Praktikum 2. Laporan Karakteristik Pembelajaran : Saintifik, Kolaboratif, dan Berpusat pada mahasiswa |
1. Small Group Discussion 2. Project Based Learning [TM: 1 mg x (2 sks x50")] Tugas-12: Menyusun, Menulis, Merancang, Membuat laporan, Melakukan proyek, Melakukan studi kasus ......................... [P: 1 mg x (2 sks x60")] Metode Pembelajaran : |
- Activity, Layouts dan Intents - Activity Class - Intents 1. Mario Böhmer, Beginning Android ADK with Arduino. 2. Gargenta, M. (2011). Learning Android. (A. O. and B. Jepson, Ed.). Sebastopol: O’Reilly Media, Inc. 3. Grummitt, C. (2018). iOS Development with Swift. (K. Petito, Ed.). Shelter Island: Manning Publications Co. |
5 |
|||
16 |
UAS : Ujian Akhir Semester |
15 |
|||||||
.::TOWARD green CAMPUS POLTEKBA::.
Tentang Pengembang
![]() |
Danar Retno Sari lahir di Balikpapan pada tanggal Jabatan fungsional Asisten Ahli Jurusan TEKNIK ELEKTRO Program Studi Teknik Elektronika |
|